JakartaGreater.com - Forum Militer
Oct 102016
 

south-korean-coastguard-vessel-sinks1-1-19644
Foto hanya ilustrasi

Sebuah kapal penjaga Korea Selatan tenggelam setelah ditabrak dua kapal nelayan China. Menurut Korea Coast Guard, saat itu satu kapal penjaga pantai mendekati sekitar 40 kapal nelayan Cina di laut 76 kilometer barat daya dari kepulauan Socheong pada Jumat sore, ketika sebuah kapal nelayan China 100 ton menabrak bagian belakang kapal Coast Guard korea Selatan .

Perahu nelayan lainnya kemudian ikut menabrak kapal Coast Guard, yang menurut pihak Korea Selatan sebagai upaya yang disengaja untuk menenggelamkan kapal.

Pada saat itu, delapan personel Coast Guard berada di atas boat dan bermaksud untuk menangkap para nelayan yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Korea Selatan.

Para nelayan Cina dilaporkan mengunci para personel Coast Guard di ruang kemudi. Kepala tim Coast Guard, yang berada di kapal sebelum tenggelam, dilaporkan melompat dari kapal setelah kapal nelayan Cina pertama menabrak kapalnya.

Untunglah tidak lama kemudian datang dua kapal Coast Guard lain, dimana salah satunya berbobot 3.000 ton menyelamatkan para personel di kapal Coast Guard yang tenggelam.

Kapal-kapal Coast Guard kemudian menembak kapal nelayan Cina dengan senapan K1 dan sebuah peluncur granat yang memaksa kapal Cina berbalik dan melarikan diri. Saat ini kapal nelayan pelaku penabrakan kapal Korea Selatan sedang dicari oleh pihak berwenang.

Menurut Korea Coast Guard, tidak ada nelayan Cina terluka dalam insiden itu, dan semua personel Coast Guard berhasil diselamatkan.

” Coast Guard Korea Selatan akan segera menangkap kapal China itu, kami menduga mereka sengaja menenggelamkan kapal Coast Guard,” kata Lee Joo-sung, Kepala cabang Korea Coast Guard di Incheon. “Dan kami akan mencari langkah-langkah kuat kepada pemerintah China agar menghentikan penangkapan ikan ilegal oleh warganya di perairan Korea Selatan.”

Sementara itu Wakil Konsul Jenderal Cina di Korea Zhu Jizhong menyatakan menyesal dengan insiden itu dan akan melakukan sebisa mungkin untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Bentrokan antara nelayan Cina dan Korea Coast Guard dilaporkan sering terjadi akhir-akhir ini. Pada 29 September sebuah kapal nelayan Cina terbakar dan menewaskan tiga nelayan Cina. Ketika itu Korea Coast Guard melemparkan granat kilat ke kapal nelayan Cina yang menolak untuk menghentikan kapalnya saat akan dilakukan pemeriksaan.

Menurut statistik dari Departemen Kelautan dan Perikanan Korea Selatan, sekitar 200 sampai 300 kapal nelayan Cina menyeberang perbatasan negaranya di Laut Kuning selama musim kepiting.

Koreajongangdayli

Berbagi

  65 Responses to “Ditabrak Kapal Nelayan Cina, Kapal Coast Guard Korea Selatan Tenggelam”

  1.  

    kendel temen

  2.  

    wah seru nih pada ngadu kapal

  3.  

    Bukan nelayan itu, tp pla nyamar jd nelayan..

  4.  

    pertamax

  5.  

    Ngadu biji karet..

  6.  

    Meskipun berwenang namun kalo ga punya kekuatan sama saja bohong, ga bakal digubris.

    Kaya Indonesia punya wewenang dari Sabang sampai Merauke, tapi kalo ga punya daya mau apa? koar2 doang
    Ingat Cantik itu luka.

  7.  

    China udah gila ya pake kapal ikan buat nabrak kapal Patroli itu juga yg terjadi di laut natuna

  8.  

    Kapal nelayan china iku mayak tenan….sdh tahu maling kok di tangkap malah melawan….sengaja pula nabrak sampe ancur tenggelam….pelajaran buat Indonesia kalau ketemu kapal nelayan china….jika mau nangkap ilegal fishing kapal nelayan china, jalan satu satunya tenggelamkan aja kapalnya sebelum kapal kita di tabrak oleh mereka.

  9.  

    sebentar lagi akan ada klaim wilayah mancing tradisional di TKP. Wuih sudah bener2 arogan nih tetangga jauh kita.

  10.  

    Apa guna hukum laut internasional bagi negara besar dgn mudahnya melanggar
    Penyelesaian hanya dengan alutsista yg modern dan tangguh baru bisa menjaga wilayah kelautan darat dan udara

  11.  

    hehehe…nunggu kapal china di kepruk ama korsel..masalah nya korsel punya nyali ga?

  12.  

    ide yg sangat menarik yaitu melempar granat dan menembak nelayan ilegal, korea lbh suka cr itu ketimbang menahan kapalx

  13.  

    kalau da kapal nelayan masuk laut kita terutama di natuna langsung tembak,jgn basa basi.bravo tni

  14.  

    Saking banyaknya jml tentara pembeasan rakyat (PLA),,ditambah haluan politiik China saat ini yang Offensif dan Expansionis,,mereka menugaskan para tentaranya menjadi Nelayan,,,PLA mengirim sebagi peninjau atau pengumpul data lapangan sekaligus untuk uji nyali para tetangganya..memang kalu dibandingkan/dipikirkan,,kalu sekedar nelayan sipil asli, maka nelayan Cina sungguh hebat nyalinya berani nabrak Kapal penjaga pantai Korea,,namun kalu dilihat kedatangan nelayan yang jumlah nya cukup masif, sangat logis jika orang lain/negara lain mempertimbangkan bahwa itu adalah “sebuah pekerjaan yang terkoodinasi dan disengaja”..

  15.  

    Kalau bisa tni juga bawa kapal barang tapi ada senjatanya kalau ketemu yang beginian harusnya di tenggelamkan

  16.  

    padahal korea uda bagus maritime guardnya masih berani ngelawan. lah bagai mana tetangga kita yg disamperin 100 nelayan andy lau. tp hanya memantau????

  17.  

    jiah….si jiping klu semakin didiamin makin tamba arogan…
    berani nabrak kapal Indonesia sampai tenggelam gitu artinya kita war…

  18.  

    pla doyan nya gertak aja…..tinggal…ping….kabur dia…

  19.  

    tetangga jaguh kita,ya cukup memantau saja,dan nelayan china sudah tidak berani datang

  20.  

    Kalo bakamla ga punya kapal2 besar buat adu banteng dg kapal nelayan cina,bekali senapan mesin berat otomatis(rcws),kalo masih ga sanggup lagi yah urusan TNI Al yg mesti menghandle.
    Melihat cara2 nelayan cina berikut kapal2nya yg mkn besar2 bisa jadi utk persiapan invasi ke negara lain. Disamping memiliki kekuatan laut yg besar bisa jadi kapal2 nelayan tuh siap dipersenjatai jg sbg unsur samaran thd kapal2 lawan.

  21.  

    betul [email protected] bin rodi sudah ping bolak balik cina berulah di Natuna, schedulnya sih mereka rotasi masuk wilayah Natuna lalu geser ke Malaysia lalu ke vietnam, kemarin Jepang, skg Korea, berarti setelah Filipina mereka dijamin akan masuk Natuna lagi mungkin dibackup destroyer, rutinitas terprogam kalaupun ada gesekan ntar ribut diplomatik bentar, lain kali masuk lagi begitu seterusnya, jadi sebaiknya Indonesia mempersiapkan diri…..yakin sajalah

  22.  

    Waduh kapal Segede itu aja ditenggelamkan….berarti diindonesia …tidak boleh sendiri patrolinya…minim 3 kapal,yg 1 kapal TNI..bener Bu Susi minta kapal2 induk utk dititik2 tertentu(utk pos diam ditengah lautan)..biar range patrolinya terjangkau karena kapal2 kita kebanyakan yg 40-60m…kenapa gak pakai kilang2 minyak lepas pantai utk pos ya..

  23.  

    TNI tidak akan gentar melawan China…tapi Pemerintah berani ga????

    Berani membela kepentingan Nasional??? Berani menyediakan Alutsista Gahar??? atau jgn2 alutsista bakal dari china semua ni…wkwkwkk

  24.  

    Tes format br jkgr

  25.  

    Wow seru nich

  26.  

    Wow seru

  27.  

    woooowww jkgr tampilan barunya KEREEEEEEENNNN BOOOO….!!!!

  28.  

    korea selatan mesti belajar dari TNI. bahwa kalo patroli bawalah korvet atau fregatte jangan..jaga kedaulatan jangan nangung nangung. gebuk gebuk sekalian dari pada kena gebuk terus.

  29.  

    bung @alterego ,saya setuju dengan ide anda bung…. andaikan saja nelayan2 kita di selipkan tni dan mereka di latih dengan bela negara di saat melaut mereka akan menjadi kekuataan yg jauh lebih punya daya gentar yg luar biasa bagi siapapun yg akan maling ke laut NKRI……
    SALAM KENAL BUNG…

  30.  

    Biar aja bangun naganya gampang kok ngalahinnya , pake air defens aja trus serang pake wizard , naganya mati baru serang pake hog jgn lupa buat spel hahahaha efek COC
    #hanya guyonan

  31.  

    seharusnya si naga sekali kali di gebuk pake batu bata….!!!!. hhiiii

  32.  

    sekarang lagi tren tabrak2an kapal xixi

  33.  

    ini buat pelajaran negara kita ke depan,di natuna kita benar2 harus waspada,waspada dr segi jumlah petugas juga waspada dr segi ukuran kapal dan alutsista lainnya yg di rasa sangat perlu, sy percaya di antara ratusan-ribuan nelayan china itu pasti ada PLA nya

  34.  

    Masih batle crash kapal Made In Indonesia (PT PA) sudah terbukti “Ok”

  35.  

    cina itu naga apa, naga cuma di alam mimpi basah orang cina daratan (bukan saudara2 etnis cina di negara kita lho utamanya yang nasionalis NKRI) itu cuma dongeng mau bobok mereka, Amerika bukan ndak berani lagian ngapain sekarang konfrontasi dengan cina, kalau sungguh2 terjadi saya yakin skore 10 – 90 buat Amerika, kualitas senjata jelas, pangkalan dimana2, peralatan perang battle proven, cina kapan perang? perang sama Jepang saja ngaku2 menang itupun karena Jepang di bom atom Amerika, cina buat senjata banyak karena menyadari bahwa mutunya kw semua jadi satu gagal berharap yang lain bernasib baik, gedein spekulasinya, ingat Irak punya silkworm banyak saat perang badai gurun, tak satupun dari ratusan silkworm mengenai sasaran dan terbukti Irak kalah telak, sekarang silkworm menurunkan C-802 dan C-705 rudal strategis andalan TNI, kmrn katamaran UEA saja tidak tenggelam dirudal C-802 padahal kapalnya dari aluminium masih bisa ditarik dan diperbaiki…Indonesia tidak perlu takut sama cina, terlalu jauh mereka utk invasi ke sini kalaupun mereka nekat datang butuh logistik dan transport yang sangat besar, paling mereka beraninya aneksasi Korut, Taiwan, mungkin Myanmar atau Kamboja

  36.  

    buat pelajaran kita juga ini sebenernya, bisa2 kapal indonesia coast guard juga ditabrak juga secara sengaja oleh nelayan2 yng melakukan ilegal fishing

  37.  

    Akhirnya ….nongol juga beruk penakut….bisa bicara pule.

  38.  

    Nah ini harus di antisipasi aparat indonesia ,saya usul di sekeliling haluan depan kapal patroli baik kkp,coast guard , bea culai di pasang gergaji besi secara melingkar seperti huruf V atau U terbalik .Jika terpaksa harus beradu maka kapal lawan akan sobek oleh gergaji ini .

  39.  

    mas admin, tampilan barunya malah bikin pusing. huruf di comment banyak yg ilang.

  40.  

    Ri patrolinya pake drone aja lbih simpel,di oprasikan dari ata kri biar jangkauannya lbih jauh

  41.  

    klu terbukti baik ya kita katakan baiklah bung, klu jelek ya kita katakan jelek,

  42.  

    Seharusnya kapal korsel meniru perbuatan pengecut meleymalon, yaitu kabur dan sembunyi sambil termenung di bilik, ……… Aaak kak kak …….. MELEYMALON COWARD !!!

  43.  

    klu nembela kepentingan nasional ya harus beranilah mas, umpama china tiba2 menduduki natuna seterusnya ke wilayah yg lainya. kita semua harus berani perang klu sampai tak berani kita2 semua ini takterkecuali anda sendiri ya kita potong sj burung kita biar tdk punya burung lagi.

  44.  

    Testing

  45.  

    Gak ada sejarah nya bangsa nusantara ini takut apalagi takluk terhadap China.

  46.  

    Gawe rusuh ae singkek iki

  47.  

    Biar nelayan vs nelayan saja…penjaga pantai backup jika nelayan kita kedodoran….tapi ya nelayan jadi jadian saja yg maju,wong RRC ya nelayan KW yg nyerbu

  48.  

    Test

  49.  

    Pasang ranjau laut….nabrak langsung tenggelam….kalau pemerintah china salahkan kita, bilang aja mereka itunranjau peningglan PD 2.

  50.  

    Tungu suatu saatpun akn terjdi jga dilaut NKRi

  51.  

    Tes

  52.  

    sipp, CG korsel. hajar terus para maling

  53.  

    Cb jg dong dinatuna … pgn liat reaksi pemerintah kita … 😀

  54.  

    Dak Dek emang lu siapa ha , ingat jawa nggak pernah takut ama cina …..tau

 Leave a Reply