Oct 102016
 

south-korean-coastguard-vessel-sinks1-1-19644
Foto hanya ilustrasi

Sebuah kapal penjaga Korea Selatan tenggelam setelah ditabrak dua kapal nelayan China. Menurut Korea Coast Guard, saat itu satu kapal penjaga pantai mendekati sekitar 40 kapal nelayan Cina di laut 76 kilometer barat daya dari kepulauan Socheong pada Jumat sore, ketika sebuah kapal nelayan China 100 ton menabrak bagian belakang kapal Coast Guard korea Selatan .

Perahu nelayan lainnya kemudian ikut menabrak kapal Coast Guard, yang menurut pihak Korea Selatan sebagai upaya yang disengaja untuk menenggelamkan kapal.

Pada saat itu, delapan personel Coast Guard berada di atas boat dan bermaksud untuk menangkap para nelayan yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Korea Selatan.

Para nelayan Cina dilaporkan mengunci para personel Coast Guard di ruang kemudi. Kepala tim Coast Guard, yang berada di kapal sebelum tenggelam, dilaporkan melompat dari kapal setelah kapal nelayan Cina pertama menabrak kapalnya.

Untunglah tidak lama kemudian datang dua kapal Coast Guard lain, dimana salah satunya berbobot 3.000 ton menyelamatkan para personel di kapal Coast Guard yang tenggelam.

Kapal-kapal Coast Guard kemudian menembak kapal nelayan Cina dengan senapan K1 dan sebuah peluncur granat yang memaksa kapal Cina berbalik dan melarikan diri. Saat ini kapal nelayan pelaku penabrakan kapal Korea Selatan sedang dicari oleh pihak berwenang.

Menurut Korea Coast Guard, tidak ada nelayan Cina terluka dalam insiden itu, dan semua personel Coast Guard berhasil diselamatkan.

” Coast Guard Korea Selatan akan segera menangkap kapal China itu, kami menduga mereka sengaja menenggelamkan kapal Coast Guard,” kata Lee Joo-sung, Kepala cabang Korea Coast Guard di Incheon. “Dan kami akan mencari langkah-langkah kuat kepada pemerintah China agar menghentikan penangkapan ikan ilegal oleh warganya di perairan Korea Selatan.”

Sementara itu Wakil Konsul Jenderal Cina di Korea Zhu Jizhong menyatakan menyesal dengan insiden itu dan akan melakukan sebisa mungkin untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Bentrokan antara nelayan Cina dan Korea Coast Guard dilaporkan sering terjadi akhir-akhir ini. Pada 29 September sebuah kapal nelayan Cina terbakar dan menewaskan tiga nelayan Cina. Ketika itu Korea Coast Guard melemparkan granat kilat ke kapal nelayan Cina yang menolak untuk menghentikan kapalnya saat akan dilakukan pemeriksaan.

Menurut statistik dari Departemen Kelautan dan Perikanan Korea Selatan, sekitar 200 sampai 300 kapal nelayan Cina menyeberang perbatasan negaranya di Laut Kuning selama musim kepiting.

Koreajongangdayli

  65 Responses to “Ditabrak Kapal Nelayan Cina, Kapal Coast Guard Korea Selatan Tenggelam”

  1.  

    klu terbukti baik ya kita katakan baiklah bung, klu jelek ya kita katakan jelek,

  2.  

    Seharusnya kapal korsel meniru perbuatan pengecut meleymalon, yaitu kabur dan sembunyi sambil termenung di bilik, ……… Aaak kak kak …….. MELEYMALON COWARD !!!

  3.  

    klu nembela kepentingan nasional ya harus beranilah mas, umpama china tiba2 menduduki natuna seterusnya ke wilayah yg lainya. kita semua harus berani perang klu sampai tak berani kita2 semua ini takterkecuali anda sendiri ya kita potong sj burung kita biar tdk punya burung lagi.

  4.  

    Testing

  5.  

    Gak ada sejarah nya bangsa nusantara ini takut apalagi takluk terhadap China.

  6.  

    Gawe rusuh ae singkek iki

  7.  

    Biar nelayan vs nelayan saja…penjaga pantai backup jika nelayan kita kedodoran….tapi ya nelayan jadi jadian saja yg maju,wong RRC ya nelayan KW yg nyerbu

  8.  

    Test

  9.  

    Pasang ranjau laut….nabrak langsung tenggelam….kalau pemerintah china salahkan kita, bilang aja mereka itunranjau peningglan PD 2.

  10.  

    Tungu suatu saatpun akn terjdi jga dilaut NKRi

  11.  

    Tes

  12.  

    sipp, CG korsel. hajar terus para maling

  13.  

    Cb jg dong dinatuna … pgn liat reaksi pemerintah kita … 😀

  14.  

    Dak Dek emang lu siapa ha , ingat jawa nggak pernah takut ama cina …..tau

 Leave a Reply