Ditangan Filipina, FA-50 Jadi ‘Battle Proven’ (2)

FA-50PH dengan rudal AGM-65 Maverick (photo : Update)

Di tangan Filipina, FA-50 kini bukan hanya sebagai Golden Eagle tapi sudah menjadi ‘Tiger Shark’. Mungkin ungkapan yang berlebihan, namun bersama Filipina FA-50 mulai dipersenjatai dengan rudal ‘panas’ yang benar-benar siap ditembakkan.

Filipina kini sudah menerima rudal udara-ke-permukaan AGM-65 Maverick dari AS, rudal ampuh yang mampu menghancurkan target darat seperti tank, gedung beton atau benteng tebal pertahanan musuh.

Sudah lebih sebulan terjadi pertempuran di kota Marawi, militer Filipina telah kehilangan 62 personel dengan ratusan lainnya mengalami luka-luka. Kesulitan dan minim pengalaman dalam perang kota, personel darat Filipina tidak siap menghadapi taktik brutal musuh dalam pertempuran dari rumah ke rumah.

Dengan rudal Maverick, Filipina bisa lebih mengintensifkan serangannya ke kota Marawi yang sebagian masih dikuasai militan Maute. Rudal bisa menghancurkan target dengan daya hancur besar dan lebih tepat sasaran.

Selain rudal AGM-65 Maverick, FA-50PH juga dipersenjatai rudal-udara-ke-udara jarak pendek AIM-9 Sidewinder dan bom free fall Mark 82.

Diharapkan dengan rudal Maverick, Filipina bisa lebih cepat mengakhiri pertempuran di Marawi melawan militan Maute.

Sharing

Tinggalkan Balasan