Divif-2 Kostrad Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di Benteng Ngawi

Penanaman pohon Matoa sejumlah 22 batang dan benih ikan yang ditebar di kolam-kolam yang dibuat disekeliling bangunan Benteng Ngawi (Benteng Tentara Belanda) sebanyak 10.000 ekor, jenis ikan Nila.

Benteng Ngawi, Jakartagreater.com – Setelah selesai mengikuti upacara penyerahan simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) tahun 2017 Kepala Staf Divif 2 Kostrad, Brigjen TNI Syafrial, psc., M.Tr. (Han) melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan pada Sabtu 16 September 2017 di lapangan Benteng Pendem (Van Den Bosch) Ngawi (Eks Markas Yonarmed 12/76 Para Kostrad).

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon Matoa sejumlah 22 batang, sedangkan benih ikan yang ditebar di kolam-kolam yang telah dibuat disekeliling bangunan Benteng Van Den Bosch (Benteng Tentara Belanda) sebanyak 10.000 ekor, dengan jenis ikan Nila.

Brigjen TNI Syafrial, P.sc, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan positif yang harus terus dilakukan, sebab Benteng Van Den Bosch adalah peninggalan sejarah yang wajib kita jaga. “Jangan sampai karena kurangnya kepedulian kita justru akan merusak peninggalan sejarah yang ada”, jelas Brigjen TNI Syafrial, P.sc, M.Tr (Han)

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon dan pelepasan benih ikan yang dilaksanakan ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan upaya kita untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem Benteng.

“Sebagai generasi penerus, bentuk penghargaan dan penghormatan kita kepada para pejuang pendahulu adalah selalu menjaga, merawat dan memelihara peninggalan-peninggalan mereka, salah satu contohnya bangunan Benteng Van Den Bosch ini”, imbuh Brigjen TNI Syafrial, P.sc, M.Tr (Han) .

Sementara itu, Komandan Yonarmed 12 Kostrad, Letkol Arm Wahyu Jatmiko mengatakan bahwa Benteng Van Den Bosch merupakan aset peninggalan sejarah jaman Belanda yang merupakan salah satu Objek wisata di kabupaten Ngawi. “Bangunan ini sangat potensial untuk bisa dikembangkan menjadi tujuan wisata unggulan, sebab mempunyai  rangkaian sejarah yang panjang”, ujar Letkol Arm Wahyu Jatmiko .

“Demi mengoptimalkan potensi serta menjaga ekosistem di objek wisata tersebut, Yonarmed 12 Kostrad selalu berupaya untuk tetap menjaga kelestarian serta ekosistem Benteng Van Den Bosch ini”, ungkap Letkol Arm Wahyu JatLetkol Arm Wahyu Jatmiko.

“Menjaga dan melestarikan lingkungan serta ekosistemnya adalah tugas dan tanggung jawab kita semua sebab banyak manfaat yang akan kita peroleh jika lingkungan beserta ekosistemnya terjaga dengan baik”, tegas Komandan Yonarmed 12 Kostrad, Letkol Arm Wahyu Jatmiko . (Penkostrad)