Doktrin Poros Maritim Presiden Jokowi

55
111
Presiden Joko Widodo membeberkan visinya terkait menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. (Reuters/Damir Sagolj)
Presiden Joko Widodo membeberkan visinya terkait menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. (Reuters/Damir Sagolj)

Nay Pyi Taw, – Presiden Joko Widodo membeberkan doktrin lima pilar utama poros maritim dalam pidatonya pada forum KTT Asia Timur, Kamis (13/11) di Naypyidaw, Myanmar.

“Bagi Indonesia, KTT Asia Timur berperan penting bagi keamanan, stabilitas, dan kemakmuran ekonomi di kawasan. Oleh karena itu, saya memilih forum ini untuk menyampaikan gagasan saya tentang Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dan harapan saya tentang peran KTT Asia Timur kedepan,” kata Jokowi membuka pidatonya.

Berikut lima pilar poros utama maritim yang disampaikan Jokowi di KTT Asia Timur.

Pilar pertama, menurut Jokowi, Indonesia akan membangun kembali budaya maritim Indonesia. Sebagai negara yang terdiri dari 17 ribu pulau, bangsa Indonesia harus menyadari dan melihat dirinya sebagai bangsa yang identitasnya, kemakmurannya ditentukan bagaimana mengelola samudera.

Pilar kedua, Indonesia akan menjaga dan mengelola sumber daya laut, dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, melalui pengembangan industri perikanan, dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.

“Kekayaan maritim kami akan digunakan sebesar-sebesarnya untuk kepentingan rakyat kami,” kata Jokowi

Ketiga, Indonesia akan memberi prioritas pada pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, dengan membangun Tol Laut, deep seaport, logistik, dan industri perkapalan, dan pariwisata maritim.

Pilar keempat, melalui diplomasi maritim, Indonesia mengajak semua mitra-mitra Indonesia untuk bekerjasama di bidang kelautan, menghilangkan sumber konflik di laut, seperti pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, sengketa wilayah, perompakan, dan pencemaran laut.

“Laut harus menyatukan, bukan memisahkan kita semua,” tutur Jokowi.

Kelima, sebagai negara yang menjadi titik tumpu dua samudera, Indonesia memiliki kewajiban untuk membangun kekuatan pertahanan maritim.

“Hal ini diperlukan bukan saja untuk menjaga kedaulatan dan kekayaan maritim kami, tetapi juga sebagai bentuk tanggungjawab kami dalam menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim,” ujar Jokowi.

Jokowi menilai cita-cita dan agenda di atas akan menjadi fokus Indonesia di abad ke-21. Indonesia akan menjadi Poros Maritim Dunia, kekuatan yang mengarungi dua samudera, sebagai bangsa bahari yang sejahtera dan berwibawa. (CNN Indonesia).

55 KOMENTAR

  1. Good idea…he..he..ma’af,akan tetapi pernyataan harus di tindak lanjuti dengan pelaksanaan,bangun sarana dan prasarana untuk mengaplikasikan ide tsb,gunakan segala sumber daya yg ada di dalam negeri sendiri dulu (saya yakin bisa kok),sumber daya kita mampu kok untuk melaksanakan ide tsb…

    • …gunakan segala sumber daya yg ada di dalam negeri sendiri dulu…

      tergantung sudut pandang juga bung MIRZA, jika merasa asal eksis sudah cukup, boleh aja memotong anggaran pembangunan APBN 100T demi subsidi asap knalpot, sementara 29 juta rakyat yang berada di bawah kemiskinan boleh menunggu hingga kapan2 untuk hidup lebih sejahtera…

      sebaliknya jika ingin mengangkat 29 juta jiwa ke atas garis kemiskinan sesegera mungkin, akan lain lagi sikapnya, seolah 24 jam/hari kurang…

      dalam management proyek dikenal 7 M;

      method (incl. ilmu rekayasa)
      measurement (incl. spec)

      MONEY
      man
      material
      machine

      > marketing

      method dan measurement sudah cukup kita kuasai

      4 berikutnya, yang paling penting money, tanpa money semua gak jalan.
      money kita sendiri jelas terbatas, gak cukup untuk ngebut membangun agar rakyat lebih cepat sejahtera
      solusinya, undang money orang lain kemari

      dan itu misi jokowi kemarin, marketing…

      • Ok tx atas pencerahan nya bung danu,nih yg aq belum tahu,apakah ada jaminan jika nanti marketing nya pak RI 1 sukses menarik modal/money dari LN rakyat yg Β±29jt jiwa itu akan terentas dari kemiskinan bung danu…???ma’af bung kagak ngeh aq,maklum tk nyangkul…he..he.

  2. Pilar kedua, Indonesia akan menjaga dan mengelola sumber daya laut, dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, melalui pengembangan industri perikanan, dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.
    β€œKekayaan maritim kami akan digunakan sebesar-sebesarnya untuk kepentingan rakyat kami,” kata Jokowi

    Kata – kata ini yang sangat menyejukkan… πŸ™‚
    tanpa mengenyampingkan pilar yang lainnya…

    Salam NKRI… πŸ™‚

  3. Assalamu ‘alaikum.
    Salam kenal semua!
    Smg rencana menjadikan ri sbg poros maritim dunia ini bs menjadi kenyataan. Amin!
    Betapa bangga dan bahagianya hati ini jika semua rakyat ri tanpa kecuali hidup makmur. Dan pertahanannya kuat. Ayo kerja keraslah pak presiden! Kami rakyat ri mendukungmu. Oh ya pak Jokowi, bikin industri mesin kendaraan dong!
    Manfaatin sdm2 kita yg hebat. Masa kalah sama India yg merdekanya belakangan. Ingat, tdk ada negara maju yg tdk bs bikin mesin kendaraan!
    Maaf oot.

  4. Sy Atas nama Pribadi mendukung 5 PiLar Maritim ini , Terutama PiLar Poros Maritim yang ke 5 untuk membangun Pertahanan , Oh iya sy dukung juga ide dan pendapat Bung Syeikh usahakan kemandirian daLam membuat mesin , Gimana mau jaLan kaLau mesinnya aja di EMBARGO harus bisa bikin sendiri “JANGAN MAU DI STIR DENGAN MAFIA DAGANG SEPERTI JEPANG DAN PIHAK BARAT !!!” .

    • satu dulu aja pcm..petral di tak over pemerintah bisa gak…..karena dia yg mengusai kilang minyak mentah …..janji waktu debat pilpres akan diberantas mafia minyak…..klo besok bbm naik ….ya sama aja dgn pres2 terdahulu……paling sering mahasiswa demo bbm ya di kampung pcm…..

    • Agak kecewa dengan batalnya penamaan kabinet Jokowi sebagai KABINET TRISAKTI (meski Kabinet Kerja jg tdk buruk). Sy menduga perubahan ini karena pemerintah tidak ingin terbebani jika nantinya tidak mampu mewujudkannya. Setidaknya hal ini menunjukkan belum kuatnya komitmen kedaulatan & kemandirian pemerintah.
      Jadi teringat lagi ajaran2 Bung Karno tentang INDONESIA RAYA. Mari kawal, kritik, dan bantu pemerintah, agar perubahan nama ini bukan saja bermakna kerja, kerja dan kerja, namun juga upaya mewujudkan TRI SAKTI untuk bangsa yang berdaulat dan mandiri.

  5. Semoga Bapak masih sama dengan Bapak yang dulu saat menjadi walkot dan gub, bahkan semua bertumbuh lebih hebat lagi. Pimpin kami sebaik baik baiknya Pak, pimpin negara ini yang kami cintai.

    Kami sudah lama juga mau liat TNI AL dan TNI AU dapat porsi jauh lebih besar untuk anggaran militernya, kami kangen Pertahanan Indonesia kembali disegani dan ditakuti oleh negara lain.

    NKRI teruslah damai, jgn terprovokasi masalah di gedung anggota hewan.

  6. Salam kenal bung @PCM!
    Terima kasih atas dukungannya.
    Sebaliknya, saya juga mendukung ide2 brilyan yg tlh anda kemukakan di episode2 jkgr yg lalu. Nmn baru kali ini saya bs berkesempatan utk ikut2an komen.
    Jadinya, ga jadi deh ane jadi sr abadi. Hehehe!

  7. met siang warha jkgr… sy setuju dngn bung seykh kita harus mandiri dlm pembuatn mesin.. tp klo bsa jngn mesin aja tp semua tekhnologi hrus kita kuasai.. kan bnyak ahli2 kita yg gak d berdayakan sma pemerntah kita.. dan smoga cita3 indonesia poros maritim dunia terwujud..

  8. Salam kenal bung @PCM! Terima kasih atas dukungannya.
    Sebaliknya, saya juga mendukung ide dan pemikiran maju anda yg tlh banyak anda tuangkan diepisode2 jkgr yg lalu. Namun baru kali ini sy punya kesempatan utk ikut nimbrung komen dijkgr bareng orang2 pandai, biar ikut jadi pandai gitu loh! Hehehe!
    Ada yg bilang katanya “Man tasyabbaha biqoumin fahuwa minhum.” Barang siapa menyerupai suatu kelompok, mk dia termasuk dari golongan mereka.” Ngarep.com. Hehehe!

  9. Mantap Pak Presiden, segera tindak lanjuti dan laksanakan, jangan sampai terbengkalai, genderang sudah bapak tabuh, Palu sudah bapak ketuk, dihadapan forum international, jgn sampai tidak terlaksana dengan berbagai alasan ( ngeles )…………..apa kata dunia ???
    Maju terus Pantang Mundur, atasi semua rintangan, rakyat mendukung Bapak …… ..!!!!!

  10. Semua yg Ada dilautan Akan di pergunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
    Ikan2 yg ada dilautan Indonesia hrs waspada.., karena mulai saat ini tdk ada lg tempat untuk sembunyi dari jaring nelayan Indonesia..
    Ikan2 di lautan hrs mulai mendengarkan Darwin, evolusi scptnya agar punya kaki untuk hidup di darat krn satu satunya cara selamat dr nelayan Indonesia..

  11. poros maritim mantapppp. tp jgn sampai join denga AS klo urusan menjaga laut kita karena mereka super licik dn licin. bisa-bisa mereka memetakan jalur-jalur yang tidak terawasi oleh kita sehingga KS mereka bisa nyelonong masuk wilayah kita. atau dengan mudah mereka menempatkan KS mereka tepat dibawah kapal potroli mereka sehingga bisa masuk ke wilayah aman. maaf ini cuma kekawatiran saya saja jika ada isu join dalam menjaga laut kita