Apr 212017
 

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Gage Skidmore)

Jakarta – Duta Besar / Wakil Tetap RI untuk ASEAN Rahmat Pramono menilai, konfirmasi kehadiran Presiden AS Donald Trump untuk hadir pada KTT US-ASEAN dan KTT Asia Timur di Filipina, November 2017 menegaskan komitmen pemerintah AS untuk terus melanjutkan kerja sama dengan ASEAN.

Informasi kehadiran Trump dalam dua konferensi penting tersebut, serta KTT APEC di Vietnam, disampaikan Wakil Presiden AS Michael Pence saat berkunjung ke Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis sore, 20/4/2017.

“Selama ini di awal pemerintahan Presiden Trump kita sempat ada keraguan dan rumor kalau AS tidak melihat kita (ASEAN). Faktanya, dia memberikan komitmen terus kepada ASEAN salah satunya dengan memastikan Presiden Trump akan hadir dalam ‘summits’ November nanti. Ini indikasi positif di tengah keraguan yang pernah ada,” ujar Rahmat usai bertemu dengan Wapres Pence.

Selain penguatan kerja sama di berbagai bidang terutama ekonomi dan keamanan, pertemuan Pence dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh serta para anggota tetap ASEAN juga membahas beberapa isu hangat seperti sengketa Laut Cina Selatan dan posisi Cina atas uji coba nuklir Korea Utara.

Pence mengharapkan penyelesaian sengketa Laut Cina Selatan melalui negosiasi kode etik (code of conduct/COC) antara ASEAN dan Cina dapat dilakukan dengan baik demi menjaga stabilitas kawasan.

Di bidang keamanan, AS bersama ASEAN akan akan melipatgandakan upaya untuk menghadapi terorisme dan kejahatan transnasional melalui pertukaran informasi intelijen yang lebih intensif.

“Teknis dari komitmen tersebut sudah tercatat dalam rencana aksi kemitraan AS-ASEAN 2016-2020,” ujar Rahmat.

Tahun ini menandai 40 tahun kemitraan AS dan ASEAN yang telah terjalin sejak 1977 saat AS menjadi mitra dialog bagi ASEAN.

Selama kemitraan tersebut, AS telah menetapkan lima fokus area kerja sama dengan ASEAN yang mencakup mendukung integrasi ekonomi, memperluas kerja sama maritim, menumbuhkan calon-calon pemimpin ASEAN, mendukung pengembangan kesempatan bagi perempuan, serta bersama menghadapi tantangan internasional.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  12 Responses to “Donald Trump Hadiri KTT US-ASEAN”

  1. pagi, mantap jiwa

  2. Kebijakan bermuka dua! Ujung2nya semua harus mengikuti langkah kebijakan AS klu gak mau dipentung.

  3. wah idolanya HARI,FADLI,SETYA

  4. Si pmurt ini nampaknya mau galang dukungan kebijakanya yg ganas keluar..

  5. JKTGR – slogan “Mantap Jiwa”

  6. Test…

  7. Tukimin ini orang

  8. Donal bebek mulai intervensi

  9. 5 fokus usa di asean… salah satunya menumbuhkan calon2 pemimpin di asean? wah parah ni usa ikut2 politik negara lain

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)