Donald Trump Resmi Menjadi Calon Presiden AS,

21
2486
Donald Trump resmi jadi Calon Presiden AS

Donald Trump telah resmi menjadi calon presiden Amerika Serikat setelah memenangkan telak atas Ted Cruz dalam pemungutan suara dalam Konvensi Partai Republik.

Dalam Konvensi yang digelar di Ohio Selasa malam (19/07/2016) waktu setempat, Trump memperoleh lebih dari 1.700 suara dari delegasi, sedangkan Cruz hanya memperoleh 400 suara. Perolehan suara Trump melampaui batas minimal perolehan suara Partai Republik, yakni 1.237 suara.

Rencananya, Gubernur Indiana Mike Pence akan diumumkan sebagai calon wakil presiden mendampingi Trump.

Trump selanjutnya, akan bertarung di Pemilu AS, November nanti dengan Hillary Clinton yang sudah mendeklarasikan diri sebagai capres Partai Demokrat.

Setelah resmi menjadi calon Presiden AS, Trump terus menuai kontroversi. Sekutu utama Trump yang meruoakan Gubernur New Jersey Chris Christie menyatakan jika Donald Trump memenangkan pemilu presiden Amerika Serikat mendatang, maka ia akan membersihkan pejabat pemerintah federal yang ditunjuk secara politis oleh Presiden Barack Obama.

Seperti dikutip dari Reuters, Christie juga mengatakan tim kampanye kini tengah menyusun daftar karyawan pemerintah federal yang akan dipecat jika Trump mengalahkan rivalnya dari Demokrat, Hillary Clinton. .

Pernyataan Christie itu juga mengacu pada program televisi yang dibintangi Trump, “The Apprentice.” Salah satu kalimat khas Trump yang sering dilontarkannya dalam siaran itu adalah, “Anda dipecat!”

Rencana pemecatan tersebut dipicu kekhawatiran Para penasihat Trump bahwa Obama akan mengangkat para pejabat yang ditunjuknya menjadi pegawai negeri sipil, yang tentu saja memiliki keamanan kerja yang lebih tinggi ketimbang pajabat yang ditunjuk secara politis. hal tersebut memungkinkan para pejabat dari masa Obama dapat mempertahankan pekerjaan mereka dalam pemerintahan yang baru.

Sumber CNN

21 KOMENTAR