Sep 052014
 
DSME Sub

DSME Sub

Dalam kunjungannya ke PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Kamis 4 September 2014, sejumlah anggota DPR Komisi VI yang tergabung dalam tim Panja Aset BUMN mengakui peranan industri stategis harus dikembangkan, apalagi sudah ada Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri strategis.

Ketua Komisi VI dari F-PG yang juga ketua Tim Kunker Panja Aset -aset BUMN Airlangga Hartarto mengatakan, dalam RAPBN Perubahan 2014, pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran senilai Rp 1,5 triliun untuk PT PAL. Anggaran tersebut bukan untuk modal kerja, namun untuk menjalankan misi pembanguan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) berupa pembuatan kapal selam yang di produksi oleh Indonesia.

Sementara itu, Anggota Komisi VI Azam Azman Natawijana menjelaskan PT PAL meminta penyertaan modal negara tahun 2015 sebesar Rp 1,5 triliun dan 2016 sebesar Rp 1 triliun, untuk digunakan sebagai fasilitas pembuatan kapal selam Kementerian Pertahanan. Kementerian ini membeli tiga kapal selam dari perusahan swasta Korea, yang dua dibuat di Korea dan satu di buat di Indonesia serta diminta untuk membuat fasilitas tersebut.

Oleh karena itu PT PAL meminta fasilitas itu dengan nilai Rp 2,5 triliun dibagi dalam dua tahun dan perusahaan ini masih punya kewajiban seperti utang jangka panjang yang jumlahnya menurut audit cukup besar. Dia mempertanyakan apakah layak penyertaan modal negara (PMN) ini.

Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto menegaskan, DPR ingin mendalami lebih detil terkait pemberian PMN untuk membangun fasilitas kapal selam. Pembahasan PMN untuk kapal selam bakal digelar lagi dalam wujud rapat pendalaman dengan manajemen PT PAL dan Kementerian BUMN.

“Pembahasan PT PAL agar dilengkapi datanya. Termasuk dana PMN masa lalu untuk apa,” ujarnya. (dpr.go.id/viva.co.id).

  91 Responses to “DPR dan Anggaran Kapal Selam PT PAL”

  1. Cepet cairkan pak dewan….!!!

    • Ini anggota yg ngantor di senayan niatnya tulus pengen bantu dg dana PNM dan sidak langsung ke pal bertujuan murni mengontrol agar pal smakin baik kedepanya apa ada tujuan lain nih πŸ˜€

      Asal jangan ada wacana jual asel ΒͺjΒͺ pak kapal selam pesananayan jga belum jadi, kami masih terima pendapat anda yg mempertanyakan tentang PMN ke PAL yg Thn sebelumnya sudah cair sudah digunakan untuk apa saja dan sdh sampai mana kondisi kesehatan BUMN strategis ini pasti kami bangga memilih anda sbagai wakil kami di senayan

    • semoga segera dicairkan …. dan bila perlu melibatkan kpk untuk pengawasan ……….
      biar lebih cepat maju, mandiri, dan transparan ………..

      nb : agar juga anggota dewan yang terhormat ikut mengawasi dan diawasi ……………..

    • nyari muka dari dirut PAL kebagian apa ga duit 2,5T utk anggota dewan komisi VI kalo kebagian duit cepet keluar kalo ga ya rasain tunggu sampe stroke baru di kasih hehehe…

    • Anggota DPR terus terang aja kalau mau minta jatah….

  2. absen dulu

  3. insyaAllah pertama

  4. hadirrrr

  5. Mantap

  6. limo

  7. Kalau mereka benar-benar cinta tanah air dan bangsa, seharusnya langsung disetujui saja anggaran nya.

    • Saya tidak stuju bung, akan lebih baik lagi kalau stiap ada rencana yg tujuanya baik tetap harus ada sistem kontrolnya agar smua rencana yg sudah baik dpt berjalan dan terwujud sesuai rencana, tapi kalau niatnya para wakil rakyat ini sekedar kamuflase ngontrol sidak ke pal ada niat tersembunyi ya ga tau nnti ujung2nya pasti merugikan bangsa ini πŸ˜€

      • segera dicairkan mungkin akan lebih baik bung “arjuna, bung data” …..

        tapi perlu pengawasan kpk, dpr ….. agar semuanya jadi cepat terealisasi …….. dan dipastikan tidak ada korupsi oleh semua pihak ……

        klutik.com.kikuk.

    • ya tatanan administrasi dan pertanggunjawaban keuangan negara ya jadi kaco to ……….

  8. ndan PS..monggo..kopi ama rokok dah siyap neh..ane sambi nggawe yo.. :mrgreen:

  9. semoga lebih cepat disetujui bapak/ibu wakil rakyat di DPR krn kita butuh ni Infrastruktur penunjang agar kita bisa membuat KASEL made in Indonesia,….2,5 T buat bangun Hambalang cepet bnget di setujui kagak pake Tim Panja

  10. Yg penting bukan cairnya,tapi kukernya.

  11. . Buruan dana ny dicairin donk. . pendalaman mulu, klo mau lbh dalam,. Ikut aja nyelem ma kasel ny … Tp diiket dlambung kasel.

  12. Fee Dari PAL bellum deal ya pak boss?

  13. Jangan kelamaan pembahasannya…cepat cairkan…biar segera terwujud kapal selam made in Indonesia

  14. Jgan2 kunjungan tuk negesin “wani piro aku oleh opo”
    Curiga mode on…
    tabiat oknum pejabat yg terhormat.

    moga aja emang bner buat kmajuan bngsa. Berharap bener, bener2 berharap.

    • xixixixi ….. ku doakan jika ada anggota DPR yang mencoba “” wani piro ..?? “”
      semoga segera mati kena struk….. gen kuapokk ….

      xixixixi …. iyo opo ora …??

  15. anggota dewan ma kuli pabrik beda tipis, kalo gak ada lembur dapur kurang ngebul…..ups ! …salam dulu ma Dan PS…salam kenal Dan PS !

  16. yup beberapa tahun kebelakang masih sering merugi, tapi setelah beberapa anak perusahaan yang bergerak bukan dalam core businnes induknya dilepas mudah-mudahan sudah mulai untung hehehe… :mrgreen:

  17. harus segera dicairkan bung ” pengamat kampung ” tapi dipastikan tidak boleh ada celah korupsi disemua pihak …… biar cepat mandiri, dan berkembang …….

    dipastikan …. dipastikan …. dipastikan ……. tidak boleh ada celah korupsi semua pejabat terkait ….. hehehe …….. pasti PT. PAL akan menjadi gajah mada nusantara

  18. bocah sing ngantor ning senayan iki kok mbulet ae koyo kacang ijo keno banyu…

  19. lontong super siap disajikan

  20. Ada selentingan kabar bahwa penundaan pencairan dana tersebut karena dulu ada anggota kelompok yg cukup berpengaruh yg ngantor disenayan itu punya kepentingan agar pt pal mau bekerja sama dan menandatangani kontrak tanpa perlu melalui mekanisme yg berlaku tetatpi pal langsung menolak dan menyarankan agar mengikuti proses sesuai aturan yg ada sehingga membuat kelompok orang tersebut marah, mungkin orang tersebut masih menyimpan rasa dendam sehingga mengakibatkan proses pencairan dana menjadi ribet dan susahnya minta ampun πŸ˜€

    Dana 2,5T sudah ada dan sudah disetujui olah mentri keuangan bahkan dulu waktu rapat di banggar tidak ada yg menolak dan mayoritas anggota banggar DPR menyetujui dan tinggal nunggu proses pencairan akir disalah satu komisi DPR itu saja

    • xixixixi ….. ku doakan jika ada anggota DPR yang mencoba β€œβ€ wani piro ..?? β€œβ€
      semoga segera mati kena struk….. gen kuapokk ….

      xixixixi …. iyo opo ora …??….

  21. bocah sing ngantor ning senayan iki kok mbulet ae koyo kacang ijo keno banyu…h.h.h..

    • semoga anggota DPR yang datang kali ini murni bekerja untuk pengawasan dan transparan ……….. agar uang dari pajak masyarakat bisa tepat sasaran …… dan …
      jika ada anggota DPR yang mencoba β€œβ€ wani piro ..?? β€œβ€ ku doakan saja
      semoga segera mati kena struk….. gen kuapokk ….

      xixixixi …. iyo opo ora …??

  22. Bung PS :

    Ks kelas midget kita gimana kabarnya bung? mohon pencerahannya..

  23. yang jelas cangbogo sudah ada yng dimari jumlahnya diatas 3 biji, trus yg dibikin di Korsel sebenar nya berapaa yaaa?? mohon pencerahan bung PS

  24. Bang PS,lontong sama cabe merah blv mbak rosinya jdi diambil nggak ya? maaf ngarep bingit…

  25. Bagaimana dengan angin puyuh mistral commandante?..mosok rusia nekat hanya pesan 4? Dan perancis kok ngotot betul bikin pesanan itu?..apa gak ada teknisi kita yang katutan?..kalau dijawab mesem, bisa kita panggil emoticon kak Dafa!?…

  26. Bung@ps, jika ks yg akan dibuat lebih besar dari yg standar apa pt pal mampu membuatnya?jgn sering seyum saja jawabnya ntar giginya kering lho!he…he…

    • lho yang dibuat di korea juga ukurannya diluar standar lho Bung hehehe.. karena itu memang permintaan khusus dari kita, PT. PAL mampu kok Bung, kita punya pengalaman dari overhoul dan perawatan rutin 209 sejak dulu, hanya kelemahannya memang galangan khusus KS kita belum punya, dan itu yang diminta oleh PT.PAL kepada pemerintah tapi masih dibahas DPR tuh hahaha… :mrgreen:

  27. Semoga cepat terealisir pt.pal buat ks rasa indonesia.
    Dan semoga al kita semakin jaya mengawal ibu pertiwi.

  28. ndan PS..itu VLS nya lewat anjungan ya..belakang periscope kah?

  29. rusaknya negara ya karena rakyatnya juga. Andai rakyatnya pintar, gak memilih orang yang gak bs dipercaya, tidak mudah di sogok. aq cuma berharap KPK yang membersihkan ini….agar dana lancar dan tepat sasaran serta bs dipertanggungjawabkan.

  30. Makanya agama menyebutkan, hati hatilah memilih peminpin………..

  31. Bung @wedus jgn marah,masalah pencitraan wajar pak sby juga pake pencitraan tapi bedanya pencitraan sby masih dlm hal wajar,sedangkan jokowi itu pencitraan mimpi,contohnya mobil smk yg katanya produksi anak negeri,enggak tahunya made in china.kalau ditipu begitu tentu rakyat yg tadinya simpati jadi benci.jadi gubernur jkt apa janjinya?10 thn jd gubernur saja blm tentu permasalahan jkt terselesaikan.semua bermula dari yg kecil,jika yg kecil selesai insa allah yg besar juga bisa.jadi jgn marah jika ada yg antipati.

  32. Bung @wedus jika jokowi mampu merubah mimpi itu jadi nya saya yakin yg tadinya benci jadi rindu,tapi apakah itu dapat dilakukan disolo baru berhasil sedikit seolah olah masalah selesai.pak jokowi itu terlalu dikarbit oleh partainya coba kalau diselesaikan bertahap mungkin 70% rakyat indonesia mendukungnya tanpa suara sumbang.

  33. Bentar lagi KS nya bisa terbang…

 Leave a Reply