May 312016
 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ade Komarudin, meminta agar Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, serta TNI dapat segera berkoordinasi dengan baik untuk menghadapi klaim Singapura atas Pulau Manis di gugusan Pulau Batam.

Menurut Ade, Indonesia memang harus menjaga hubungan baik dengan negara tetangga, termasuk Singapura. Namun, bukan berarti niatan membangun hubungan baik justru mengurangi ketegasan dalam menjaga kedaulatan negara.

“Bukan berarti niat menjaga hubungan baik, lalu kemudian kedaulatan negara tidak terjaga. Kedaulatan negara tetap terus harus dijaga,” tegas Ade, di Gedung DPR RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/05).

Peta Funtasy Island.

Peta Funtasy Island.


Klaim Singapura atas Pulau Manis diketahui setelah muncul informasi bahwa terdapat Funtasy Island di lokasi tersebut. Dalam peta yang dirilis, peta negara Singapura memiliki warna yang sama dengan Pulau Manis tersebut. Padahal, Pulau Manis termasuk wilayah Batam dan wilayah administratif Kecamatan Belakang Padang.

Sumber: Berita Satu

Bagikan Artikel :

  64 Responses to “DPR: Pemerintah Harus Tegas Terhadap Klaim Singapura Terhadap Pulau Manis”

  1. Bisa tegas kalau sdh tidak doyan suap…

  2. Ya kan pulau2 Indonesia akan di klaim negara2 tetangga… kuatkanlah alutsista negara ini wahai pemimpin kedaulatan lebih berarti….

    • ya beginilah kalau negara kita yang besar tapi para pemimpin kita ga perhatian terhadap sutu wilayah terluar indonesia.

      coba sekali kali kita klaim wilayah singaporno atau wilayah malingsil.

      jadi pengin tahu reaksi mereka.

      tapi memang kedua negara ini pintar mencari celah terhadap negara kita.

      yang satu negara penadah
      yang satu negara maling.

  3. Bakal rame nih komeng,, siap2 keluarkan stok caci maki okehhh…

  4. suatu negara akan di segani dan di hargai….jika mempunyai kekuatan alutsista tempur dan pertahanan yg kuat dan kekar….Merdeka..

  5. brani ambil tak tempeleng

  6. siiiaaaap…tanda2..awal politik pencaplokan d mulai..kita akan d pecah belah..kita dan sudah d kepung pangkln militer…mulai d mainkn..waspadalah…2x

  7. suatu negara akan disegani dan di hargai…jia mempumyai kekuatan tempur dan pertahanan yg kuat dan kekar….akan menjadi nilai tawar yg tinggindi kancah dunia internasional..

    merdeka..

  8. akhirnya penjepit indonesia sudah mulai menampakkan diri…
    natuna oleh china ,p manis oleh singapure…..yg lain menyusul…

  9. kalah sama singapor masalah klaim,, malu banget lah..!!!!

  10. Asu da mlai lg proxy y.hbis abu sarap trus kri 384 skg singaporno dmainkan.

  11. lebih baik lakukan audit internal diri kita sendiri … dulu siapa yg ijinkan pulau Manis dipakai pengusaha Singapore bikin bangunan disitu ? hayooo acungkan tangan !!!
    kalo msh hidup musti di doooorrrr … kalo sdh mati, semoga kubur nya terbakar api sepanjang masa.

    • hayo…siapa yang jualan pasir untuk menguruk pulau singapure..
      hayo acung tangan…,..wajib mati di gantung dimonas,,

      ha ha ha

      • betul mbak carin,……….gak usah rumit – rumit mikirnya…….lha wong itu cuma akal – akalan si Upil , sederhana saja akal – akalannya yaitu ngurug pasir sehingga pulau singapura tambah luas dan otomatis akan menambah luas ZEE….sedangkan posisi pulau singapura itu berdekatan dengan banyak pulau kecil kita sehingga lama kelamaan akan bersentuhan dengan pulau – pulau kita…….kalau sudah masuk ZEE singapura maka singapura tinggal main klaim saja seperti yang terjadi hari ini , mereka berani main klaim karena merasa sudah mumpuni alutsistanya dibanding punya kita….itulah mengapa singapura selama satu dekade ini banyak melakukan aktifitas :

        1. membeli pasir dari daerah kita di sekitar pulau singapura, meskipun ada pejabat kita yang protes….tapi akhirnya hilang seperti dihembus angin…..
        2. singapura banyak membeli alutsista dan meningkatkan anggaran militernya
        3. bermaksud mengakuisisi F15 SG, upgrade F16, F35, bahkan kapal selam jerman terbaru dan tercanggih.
        4. membuat / menyewa lahan latihan tempur untuk 14.000 prajuritnya di australia

        Ingat Tuhan sudah memberikan tanda – tanda akan adanya hujan badai……agar kita bisa bersiap menghadapinya……

        waspadalah………

        salam NKRI

  12. Ajak ribut aja tuh si UPiL.tambah songong aja.buat pemerintah,jangan banyak mikirlah kalo mau beli alutsista.perkuat otot TNI.jangan mikir gak enak dengan tetangga.mereka beli alutsista aja kita gak ngurusin.

  13. Nyantai aja pak kan pulau kita msh bnyk…ngapain tegas kl duit suap msh enak…kn blm sampek kejadian sprt yg di srobot malon dulu..he..he..he….

  14. judul artikel mengenaskan, gak pake baca lagi, lanjut absen, biar gak ilang nafsu makan :@

  15. Gak usah terpancing. Si upil lg ngigau dari mimpinya. Biarkan saja dia lagi menikmati mimpi manis dalam tidurnya. Toh…begitu dia bangun nanti jg akan sadar klo dia sudah tertidur didepan mulut macan yg lg lapar.

  16. Wong emang udah dijual kok ama singapur…

  17. ia gilee bener dono…..pulau natal/christmas saja bisa punya ausie…..bukan indonesia…padalal…cuma sekitar 200 km dari daratan indonesia ..dibandingkan ke daratan ausie yang 3000 km an

    https://www.google.co.id/maps/place/Christmas+Island/@-8.8097034,105.1142475,7.5z/data=!4m5!3m4!1s0x2ef59a27e3c0a7cf:0x15e7d6090475ea16!8m2!3d-10.4445977!4d105.7049561?hl=en

    ha ha ha

  18. kita ludahin aja tenggelam dia

  19. Batam sekalian klim

  20. berani klain…?emg udah siap negara mu abis di bom tni

  21. waduh…
    jdi ketuker email gini y…

  22. Test…

  23. kl sudah begini yang songong pemerintah,apa kita para rakyat jelata..!hhhhh

  24. Ayo cari Siapa yg awalnya ijinkan Orang Singapura buat bangunan Bisnis di pulau manis?

  25. Jadi kan senang rakyat batam tidak susah dan di pandang rendah kalau gabung sama batam indonesia harus ferindom batam pasti rakyat batam gabung sama singapura

  26. ayo tni jaga dong pulau2 kt, jgn hanya d jakarta saja, menyebar2 kedaerah berikut alusista terbaiknya d sebar dong..

  27. Pasir di perairan Tanjung balai karimun di sedot ratusan kapal keruk. Batu granit di Tanjung balai karimun yo di sikat habis. Tapi pembangunan di sana gak ada. Kemana duitnya..? Jika warga jkgr main ke sana pasti miris. Dan gemesin..kencingi rame2 tuh singaporn pasti bah pesing..

  28. knp ya indonesia selalu di begiin??? negara tetangga kaya ga da respect ma kita…

  29. Lama-lama yg jengkel & ngotot perang malah rakyatnya dah, kalo pemerintahnya melempem. Hahahaha..indonesia memang bangsa hebat, bukan rakyatnya yg takut perang malah pemerintahnya yg takut perang.. Seeerrrrbuuuuu…!!!!!

  30. abis lama” indonesia dikit” klo kaya gini trs caranye d klaim pulau tp ttep letoy aja n mikir ne ntow mulu..kelamaan pake NOS donk
    nasib nasib

  31. Berita buruk lagi, siap2 untuk berunding para warjag, gak ada ampun untuk pengganggu keutuhan NKRI.

  32. Sabotase

  33. Singoporno ini gemesin buwaanget yach….pegen di cipok basah rasa nya…..di ulek2 pake cabe ijo trus di ubol tu bokong nya….singaporn asue

  34. Memang harus diakui bahwa bisnis Pariwisata Indonesia sekarang ini sudah banyak yg dikuasai oleh asing/aseng mulai dari wisata Bali hingga ke Raja Ampat di Papua, dll-nya!

    Namun, kasus klaim yg terjadi di Pulau Manis Batam tidak sesederhana seperti penguasaan asing/aseng seperti daerah2 lainnya di Indonesia, karena pulau ini langsung berbatasan dengan NKRI-Singapura.

    Mengingatkan kita pada metode yg pernah dilakukan Malaysia saat memenangkan klaim Sipadan-Ligitan yg berbatasan dgn NKRI, yaitu ketika mereka memulai dari pengembangan daerah setempat pd awalnya, lalu masyarakatnya pun turut menikmati pengembangan daerah tsb, langkah selanjutnya daerah tsb dijadikan sbg obyek wisata yg di buat semenarik mungkin dan menguntungkan, maka bila sudah berlaku seperti itu hingga pada saat titik tertentu akhirnya mereka berani dan yakin utk mengklaim wilayah tsb sbg wilayah mereka, mengapa?

    Bila sampai terjadi pertikaian mana yg paling berhak atas wilayah yg diklaim, maka mereka tinggal mengadukan ke Mahkamah Internasional (MI), dan biasanya MI tinggal menyerahkan pilihan tsb kepada aspirasi masyarakat daerah setempat, …. dan dg metode seperti ini akan mudah ditebak kemana masyarakat akan memilih bergabung!

    • Yang terjadi di Sipadan-Ligitan, MI menelusuri hingga saat Inggris menjajah Malaysia dan Belanda menjajah Indonesia, dimana ada bukti Inggris pihak pertama yang mengeluarkan peraturan terkait 2 pulau tersebut. Peraturan diartikan sebagai penguasaan atas kedua pulau.

  35. pembangunan pertama memang itu dilakukan oleh investor dari singapore,termasuk konsultan,marketing ada disingapore semua,biar pun kontraktornya semua orang lokal,mungkin itu mengapa singapore memasukan dlm peta mereka,tapi mereka tidak benar2 punya dana,jadi banyak kontraktor yg jadi korban.tapi kalau gak salah sekarang investor sebagian udah dipegang orang lokal.

  36. kantor pengelola p manis jadi satu dengan pelabuhan very sekupang batam,jadi rasanya tidak mungkin kl singapore mengklaim itu masuk dlm wilayahnya.

  37. Semoga jangan sampai lepasnya pulau sipadan-ligitan kembali terjadi krn kurang tegasnya pemerintah

  38. awal2 pembangunan kontraktor yg terlibat adalah pt pdp dan pt sba kebetulan saya pernah jadi bagian dari direksi pt sba(sudah mengundurkan diri th 2009),sedikit banyak mengetahui p.manis,jadi rasanya tidak mungkin kl singapore mengklaim itu,kecuali kl memang singapore ngajak perang.

  39. nah loh…kapokmu kapan,kena claim dari berbagai penjuru…..msh berleha² sedikit demi sedikit lama² hilang.singapura ingin mperlebar daerahnya,sperti negara israel di asia itulah singapura…negara kecil ingin mencaplok negara besar…FIR aja g beres² blum bisa diambil,sekarang pulau,besok apalagi…jngalah main diplomatik trus,terlalu lembek…sikat aja tunjukan tajimu wahai indonesia,katanya mau jadi macan asia #ngimpiajadeh

  40. klo mo di klaim singaporn, sabah itu loh lebih dekat

  41. masih intro kyaknya.
    dari nyanyian amerika yg ditujukn ke Indonesia.
    mgkin nnti reffnya.

  42. Don’t worry…. uuyeeeee….

  43. horee… paling seneng gw kl di provokasi gini terus…. hayo pak,sebelum telat itu pengadaannya di percepat… plus plus nya jangan lupa.. kipas terus biar panas…

  44. harus ada Pos TNI di Pulau Si Manis walau cuma satu pleton tp sebagai Simbol kepemilikan

  45. ini yang bikin klaim funtasyisland.com … mungkin salah warna, bukan Negara Singapore …

    orang Singapore aja masuk pulau itu harus pakai passpor …

    kalau orang Singapore masuk pulau itu cukup pakai KTP Singapore … baru deh ribut …

  46. Jadi ingat saat mantan presiden RI bapak SBY saat mengunjungi pulau sebatik (termasuk bpk jokowi jg) saat sengketa dg malaysia. Kenapa ga juga disambangi jg tuh pulau oleh bpk presiden shgga bisa jadi opini ketegasan bahwa pulau itu milik RI. Minimal bpk Panglima TNI yg menyambangi pulau tsb, gak usah pake ijin2an lgs sambangi bawa pengawal plus personel TNI. Wes beres.. .

  47. Tancapkan Merah Putih di sana, datangi oleh RI 1 dan panglima TNI…resmikan markas buat TNI di sana…Kalau Singapura banyak bacot, ladeni saja, kalau nekat berani ambil…ya resikonya kita sikat saja, pites saja, lha wong peralatan tempurnya banyak di parkir di Australia.

  48. itulah knapa pemikiran pemimpin kita di masa lalu tidak futuristik, sekarang hampir dan bahkan sudah terlambat. Hasilnya indnesia dibagi-bagi

  49. indon mana berani dengan singapura??? indon cuma besar cakap sahja, hanya besar baccod di formil.

  50. Yg ngomong aja ketua dpr kok dul2…..emang kamu siapa?

  51. pasir di jual ke singapora buat reklamasi .fir dia punya. orng korup di kasih suaka

  52. Bukan mustahil suatu saat hal seperti ini akan dilakukan si singaporno dkk terhadap NKRI, apabila para pejabat RI masih doyan KKN, sehingga pengadaan alutsista terabaikan dan ala kadarnya, ………… ( seperti sekarang ini ) !!!

 Leave a Reply