Sep 302014
 

kapal selam

(Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

 

Liputan6.com, Jakarta – DPR menyoroti pembahasan draf Rancangan Undang-undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 bersama pemerintah soal pembelian kapal selam dari Korea Selatan oleh PT Pal Indonesia. Aksi korporasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dipersoalkan Banggar DPR.

Ketua Banggar Ahmadi Noor Supit mengatakan, ada persoalan teknis yang membutuhkan waktu lama dalam pembahasan RAPBN 2015, termasuk pembelian kapal selam dari PT PAL.

“Ada hal yang bersifat teknis perlu pembahasan cukup panjang, misalnya soal pembelian kapal selam PT PAL dari Kementerian Pertahanan,” ujar Ahmadi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Demi menghindari gugatan dari pihak lain terhadap pemerintah Indonesia, dia menyarankan agar pemerintah dapat melakukan skema pembelian kapal selam melalui pendekatan government to government (G to G) ataupun business to business (B to B).

“Pemerintah Indonesia digugat oleh swasta dan akhirnya pemerintah Indonesia kalah, lalu mempermalukan negara. Jadi kita ingin pemerintah membeli lewat skema G to G dengan Korea atau B to B,” paparnya.

Jika pemerintah Korea, sambungnya, menunjuk perusahaan dalam jual beli kapal selam dengan Indonesia, maka negara ini pun wajib melakukan hal yang sama dengan Negeri Gingseng itu.

“Kalau pihak Korea menunjuk perusahaan, kita juga harus menunjuk perusahaan. Agar kalau terjadi apa-apa bukan pemerintah yang digugat. Supaya bisa jaga governance-nya, dan kemudian persetujuan itu mengakibatkan DPR juga digugat,” pungkas Ahmadi. (bisnis.liputan6.com)

  150 Responses to “DPR Persoalkan Pembelian Kapal Selam PT PAL”

  1. kenapa dipermasalahkan? mau bung PS berubah semakin sereemmm?

    • mbok ya dicerna dulu sebelum berkomentar. selama ini yang membuat biaya pengadaan alutsista membengkat karena pembeliannya lewat “makelar” sehingga harganya membengkak.

      tahu tidak, sekali makelar senjata dapat order maka ia bisa istirahat selama setahun. artinya fee yang mereka dapatkan besar sekali. tidak percaya? silahkan baca wawancara dengan CEO Cardig Air (di majalah Angkasa) yang sebelumnya berbisnis senjata

      MLRS Astroz dan Super Tucano bisa dapat harga bagus, konon karena tanpa mekelar. (ada arsipnya di JKGR)

      • oalah dari dulu juga setiap pengadaan lewat makelar alutsista,makanya tuh ratusan triliun cuma dapet alutsista itu2 ajah,dan kenapa dri dulu anggaran selalu disetujui dpr kalo emg lewat makelar buat beli alutsista

    • Asal komentar sampean Mas…
      Ga selalu DPR itu salah omongannya…
      Baca isinya gak sampean?

    • Pernah dibahas di sini kan .. kalau tekhnologi changbogo adalah tekhnologi jerman .. dan jerman pernah protes kalo korea ga punya lisesnsi kenapa kok beri ToT ke indonesia .. mungkin itu yg dipermasalahkan skrg .. kalo ga ada masalah buktinya dpr mencairkan dana 1,5t buat kapal selam dalam bentuk penyertaan modal di pt pal … kita cuman bisa berharap proyek kapal selam nasional jalan terus dengan sesuai prosedur tanpa merugikan negara dengan dpr sebagai pengawasnya … bukan kpk yg ngawasin

      • daud breuhh…ciyussssss????awalnya Jerman dan Turki sedikit kecewa dan menyatakan bahwa mereka tdk bertanggung jawab atas desain KS kelas ini…. kenapa akhirnya mereka diam, bukan karena kita kemudian akuisisi 212 dan 214, tetapi Indonesia mengajak ke dua negara tersebut untuk turut dalam tim pembangunan KS ini secara incognito…. 2 kapal dibangun di Korea dengan pengawasan tim PT PAL yg berisikan engineer Indonesia plus tim TNI AL dan tim engineer Jerman serta Turki….instalasi sistem diawasi ketat oleh tim 3 negara ini…. satu kapal dibangun PAL dengan pembelian peralatan machinery dari Jerman dan Turki, Korea hanya kebagian fee design saja tanpa terlibat pembangunan di PAL… imho

  2. Pertamax Kah,,met sore buat sesepuh dan warjagers,,

  3. DPR lagi ?

  4. emm lagu lama penyanyi baru neh…..DPR !

  5. lama gk nongol d jkgtr..hee

  6. gak paham omongane pak Ahmadi….ngawur kali

  7. mungkin banggar gak dapet cipratannya, soalnya dia yg ngatur duitnya,,,,,,

  8. alasannya DPR cukup masuk di akal.
    Selama itu demi kebaikan NKRI dan TNI saya setuju.. 🙂

  9. Dpr lg dpr lagi,,,

  10. Belum mabok udh mau muntah, ternyata ada DPR!!

  11. Ada apa lagi duhai DPR ?

  12. Absen nya pada cepat bgt.

  13. komplain ya dah telat pak kontrak dah diteken dr taon lalu…………
    ada apa dengan DPR!???

  14. Kadang yg melemahkan bangsa Indonesia justru pola pikir dari dalam, terutama dpr selama ini.Ada ada saja yg dikritik dan tak pas dgn fikiran mereka. Sesungguhnya dpr itu mewakili siapa??? Rakyat?????

  15. Klo memang teknis nya seperti anggota DPR sebutkan, dan demi menjaga agar pemerintah dan TNI kedepannya tidak muncul masalah (gugatan dari negara lain), kami akan dukung itu.
    Asal jangan UUD saja…

    • Ini kan urusan GtoG antara indonesia dan korea bung, trus negara mana yg mau gugat, urusannya apa.? Bukannya ular seperti ihi yg dibicara para sepuh slm artikel yg terdahulu yg tdk ingin indonesia maju dan mandiri dlm hal alutsista…
      Mohon pencerahan klo bung punya pengetahuan…

  16. Hadeehhh aee…!! Nie yang berkicau gak karuan anggota baru atau lama..? Emangnya siapa yg bakal gugat, bukannya pembelian udah G to G ya sehingga dapat ToT…
    Ada2 az nih dewan yg terhormat…

    • Pernah dibahas di sini kan .. kalau tekhnologi changbogo adalah tekhnologi jerman .. dan jerman pernah protes kalo korea ga punya lisesnsi kenapa kok beri ToT ke indonesia .. mungkin itu yg dipermasalahkan skrg .. kalo ga ada masalah buktinya dpr mencairkan dana 1,5t buat kapal selam dalam bentuk penyertaan modal di pt pal … kita cuman bisa berharap proyek kapal selam nasional jalan terus dengan sesuai prosedur tanpa merugikan negara dengan dpr sebagai pengawasnya … bukan kpk yg ngawasin

  17. Udeh gak usah dengerin dpr deh percuma di persulit begini..
    Mending langsung buat kapal selam nuklir yang gede 😀

  18. Ada benernya juga sih….cuman kenapa baru di permasalahkan sekarang setelah berjalan..bukannya setiap clausul DPR sudah pasti tahu ?????kemaren ngebahas apaan dong ah….

    #ngopi lagi ah

  19. Lagi2 anggota hewan yg terhormat

  20. bilang aja ga dapet komisi hahaha

  21. Bikin peraturan boleh” az..tapi jgn cuman menjegal/ menghambat..aneh..dah tahap kedatangan barangnye baru dipersoalkan..klo diliat anggota dpr kaya kumpulan balas dendam..apelagi dari partai lain yg menang dari partai sebelumnye yg berkuasa..susah klo anggota dpr cuman buat kepentingan partai..kapan nih negara semua partainye & anggotanye yg pade beda., niatnye sama buat kemajuan bangsa ..??? Ngimpi kali yee..!! Klo bisa dibuat sulit ngapain dibikin gampang, klo bisa dibikin mahal ngapain dibikin murah, klo bisa beli ngapain bikin sendiri…!!! Hehehe…#tepok jidat sambil guling2…

    …NKRI HARGA MATI…

    • aneh..dah tahap kedatangan barangnye baru dipersoalkan..
      ————-
      Karena sebelumnya yang satu ini sibuk menggoalkan UU MD3 dan UU PILKADA. You nggak baca koran or nonton tv?

  22. DPR jangan mengada ada, DPR sebenarnya mau apa, minta jatah uang komisi ???

  23. sabar yang terlihat di media bukan berarti sama dengan permasalahan sesunggunya

  24. Komandan PS kemana yak…kok gk nongol2??

  25. Ijin nyimak dulu….

  26. Anggota dewan bsanya cuma nyakitin perasaan rakyat doang,, ? Gak ada yg bsa d banggakan semua pd mikirin kepentingan golongan Dan partai alasan demi rakyat … Laut aja loh made

  27. Semakin jelas kenapa pemerintah lebih baik membeli arsenal strategies secara ghaib ataupun yang berwenang saja yang tahu, karena bila dibuka menjadi nyata…hambatannya beraneka macam.

    • se7 bung, adakalanya kita harus beli dan rahasiakan

      • Maaf bung fei-fei.. Tapi skema pembelian yang di rahasiakan atau terima komisi duluan yang harus menjadi rahasia? Soalnya banyak pengadaan yg dilaksanakan oleh banyak nama perusahaan tetapi bosnya itu2 aja. Di luar mereka, hanya jadi objek penderita dan akhirnya jadi kambing hitam.. MbeeekK.. *Maaf kebawa nuansa Bulan

  28. apakah asu tidak senang? perlu ditelusuri

  29. aneh..dah tahap kedatangan barangnye baru dipersoalkan..
    ————-
    Karena sebelumnya yang satu ini sibuk menggoalkan UU MD3 dan UU PILKADA. You nggak baca koran or nonton tv?

  30. Nanti kalau B to B seperti permintaan DPR pasti menimbulkan masalah lagi. Tentang penunjukan perusahaannya, transparansi penunjukan dlll…

    Owalah ora ono pener e lek kanggo DPR, kecuali wong DPR diwenehi sogokan.

  31. Anggota dewan yg menjadi wakil rakyat malah mengerucutkan niat bangsa untuk memodernisasi , mulai dari anggaran yg di persulit, dan sekarang mengomentari tentang apbn .padahal TNI dan kemenhan sudah memikirkan apa yg sebelum pihak dpr ketahui,
    Pesan dari pak karno ”musuh kedepan indonesia adalah dari dalam diri bangsa indonesia sendiri yg di rongrong oleh lsm dan anggotanya.”

    sarang korupsi yg pertama kali dan terbesar di indoneaia salah satunya dari dpr.coba dpr teranga2an minta duit negara buat foya.pasti dikasih sama presiden….(lokap)

    SEEBELUMNYA SAYA MINTA MAAF.
    KALAO ADA DPR YG SR DI MARI. BAGI2 ILMUNYE KE KITE YG AWAM.SEBELUMNYA HARUS MEREFRESSH MEMORY NYA DAN LULUS TES PSIKOLOG….

    SALAM DR YG AWAM

    • kagak usah minta maaf bung patech lah mereka wakil kita, berarti kita bosnya seharusnya bos memarahi wkilnya. kayak gni “HEY LU KERJA UDAH DIBAYAR MAHAL, SERING BOLOS, SERING MOLOR, WAKTU SIDANG MALAH NONTON MIYABI… LU INGET YAH NIH KAPAL SELAM BUAT PERTAHANAN NEGARA KALO SAMPE GAGAL GUA TABOKIN LU, wkwkwkk bos dilawan 😀

  32. Ijin nyimak dong. Salam,

  33. Sudahlah, bahas yg lain z bung, ampe teriak 7 tahun jg mereka gk bakal denger kecuali ketua partai yg ngomong…..hehehehe, bapak mana bapak..

  34. DPR..TNI..PT.PAL..klo isinya MANUSIA sama aja patut dicurigai..!!!!!!
    kagak usah saling menyalahkan lah..kecuali isinya diganti Malaikat ..nah itu baru ane percaya..!!!!!
    tapi biasanya sih..yg ngaku bersih tu yg banyak korupsinya…!!!
    #lagulama.com#

  35. DPR lg ya.. .hadeww Capek klo ngbhas tgkh laku anggota dewan d negri ini. .

  36. Kalau saja aku punya temen alien, yg mau mbikinin aku baju ironman, maka dngan make baju itu aku datangi gedung kura-kura, aku jeweri telinga para hewan2 disana.

  37. ojo tukaran. gak ilok dirungokne tangganee.

  38. Ini maksudnya apa sih DPR..kok pake acara ada gugat menggugat ttg kapal selam lha kan udah tanda tangan MoU brati kan ke2 pihak sudah tau apa syarat2 yg dicantum dalam perjanjian tsb jadi kalo pihak kita benar knpa kita harus digugat…masih gagal paham ni

  39. Yah, Kok gitu sih…. jangan sampe gara2 ada nih masalah pembuatan kasel jadi tertunda
    kan kalo bisa buat sendiri nanti buat kayak I-401 di ars nova yang bisa nembakin torpedo korosif dan meriam supergravity

  40. lha wong namanya aja komisi 1,, komisi no 1,, he3

  41. Hadew….telat lagiiiiii…..errorrr…..btw dpr lagi ya….

  42. Pernah dibahas di sini kan .. kalau tekhnologi changbogo adalah tekhnologi jerman .. dan jerman pernah protes kalo korea ga punya lisesnsi kenapa kok beri ToT ke indonesia .. mungkin itu yg dipermasalahkan skrg .. kalo ga ada masalah buktinya dpr mencairkan dana 1,5t buat kapal selam dalam bentuk penyertaan modal di pt pal … kita cuman bisa berharap proyek kapal selam nasional jalan terus dengan sesuai prosedur tanpa merugikan negara dengan dpr sebagai pengawasnya … bukan kpk yg ngawasin

  43. ….ini ulah anggota DPR yg mau pengsiun yg minta harta gono gini ato anggota baru DPR yg mau dilantik sekedar cari pecutan iseng-iseng berhadiah….

    …..sopir truck lg dongkol.com

  44. kali ini pemikiran para politikus saya setuju g to g atau b to b,apa lg menyangkut alutista tentunya kalau bisa wajib g to g….walaupun nanti sang pembuat dari kalangan swasta dinegara lain,tentunya bila melalui perjanjian g to g,jadi intinya kalau tc swasta mau bikin masalah tinggal tekan pemerintah si buat alutista.

    cuma opini
    maaf cucu lancang

  45. Maaf ini diluar pembahasan pembelian kapal selam. Tadi siang saya lewat jalan protokol Surabaya, saya melihat baliho Selamat HUT TNI 5 Oktober yg terpampang 2 pesawat Gripen (bukan pesawat sukhoi, f16, typhon dan rafale). Apakah ini tanda2x ada deal akusisi pembelian pesawat Gripen sebagai pengganti F5?

  46. “Jika pemerintah Korea, sambungnya, menunjuk perusahaan dalam jual beli kapal selam dengan Indonesia, maka negara ini pun wajib melakukan hal yang sama dengan Negeri Gingseng itu.”

    DPR ini aneh, Indonesia kan menunjuk PT PAL sbgai perusahaan dari Indonesia sebagai perwakilan sama dengan yg di lakukan dgn Kroya..
    ini sebenarnya yg dipermasalahkan dimananya…?

  47. Tumben anggota hewan waras ya?
    Lha gimana nasib yg lain lain yg biasanya kecipretan rejeki kalau ada proyek begini?

    Resistensi pasti ramai, seneng nonton nek ngene 😀

  48. hadeuhh rame euy …
    makanya kàlo mo beli barang lebih baek lewat black market … kagak pake laporan, kagak perlu pake kwitansi, kagak perlu register, kagak perlu pake koar koar, kagak perlu keliatan alias ghoib … paling cuma puyeng kagak pake garansi

  49. Lontong lagi lontong lagi!

    Gambrnya bung Sat, bikin heboh tetangga. Colek bung #PS tk pencerahan.

  50. kata katane anggota dewaj koq njlimet yo…koyo pas vicky prasetyo ne zaskia gothic….wakakakak…

    #pisss

  51. bakar menyan dulu biar nongol bung PS, hehehehe

  52. Dpr sedang melaksanakan fungsinya kritisi yg membangun kan bagus.jangan berfikiran jelek dulu.

  53. Tiru dong cina…
    mengkloning 100 persen setiap produk aja santai dan adem2 aja.
    Nah ini pake tot aja ketakutan.

    berarti pan ada apa2nya dpr ini. Hrusnya dkung dong setiap kemandirian bangsa.

    Hrusnya perjuangkan total dong.
    kya memperjuangkan kunker alias jln2 yg menghbiskan dana trilyunan..

    haduwww…. dpr2… mewakili siapa…

  54. mau minta jatah beli permen mungkin….?

  55. kapan pak ps muncul untuk menanggapi gambar pak satrio, kepada pak ps dipersilahkan

  56. apakah ketua banggar fans kilo? horeeeee………

 Leave a Reply