Apr 012014
 

image: ROL

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –DPR menilai sebaran radar pertahanan milik TNI AU sangat terbatas. Karenanya, jumlah 20 radar perlu diperbanyak demi menjaga wilayah udara NKRI.

Belum lagi banyak radar yang berusia cukup tua sehingga perlu diremajakan. “Sebenarnya ini belum cukup karena banyak yang harus diperbaiki atau diganti,” kata anggota Komisi I DPR Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati ketika dihubungi, Selasa (1/4).

Ia mengungkap hasil analisis Komisi Pertahanan banyak ruang kosong yang tidak terkover radar militer. Hal itu tentu riskan kalau dibiarkan terus berlanjut. Pasalnya, bisa saja sebuah benda asing lewat begitu saja tanpa terdeteksi ketika melewati wilayah udara NKRI.

“Pengadaan radar harus diperbanyak mengingat sistem pertahanan udara kita rawan intervensi asing,” kata politikus Partai Hanura itu.

Susaningtyas menyadari, luasnya wilayah NKRI memang membutuhkan komitmen kuat dari pemerintah untuk memperkuat alutsista TNI AU. Hanya saja, Kemenhan menghadapi kendala lantaran tidak disokong anggaran besar.

Dia menyarankan agar Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) diberi wawasan Nusantara demi mendukung peremajaan alutsista. Dengan cara itu, sambung dia, pemenuhan radar militer baru yang canggih dapat direalisasi. “Betul anggaran alutsista kita terbatas. Bappenas harusnya juga memiliki visi pertahanan.”

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq mengatakan Indonesia belum memodernisasi peralatan radar militer pantai dan udara. Sebab menurutnya Indonesia masih berfokus pada pengadaan alutsista utama (senjata dan kendaraan tempur).

“Untuk Angkatan Udara alutsista pendukungnya masih radar lama dan belum semua pangkalan udara militer dilengkapi radar,” kata Mahfudz Siddiq ketika dihubungi Republika, Senin (31/3).

Mahfudz mengatakan sebagian besar radar militer Indonesia sudah tidak berfungsi optimal. Ini karena radar yang digunakan sudah tidak moderen. Menurut Mahfudz anggaran alutsista sebesar Rp 120 triliun selama 2009 sampai 2014 tidak  memadai.

“Memang diakui dalam rencana strategi (renstra) 2014 belum bisa biayai radar militer,” ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengusulkan agar ada peningkatan anggaran alutsista periode 2014–2019. Mahfudz mengatakan modernisasi radar militer udara dan pantai sudah tidak bisa ditunda. Pasalnya lalulintas udara dan perairan Indonesia sudah semakin padat.

“Saya usulkan belanja alutsista periode berikut Rp 200 triliun,” katanya.

Mahfudz menolak belanja alutsista TNI tidak tepat guna. Dia menjelaskan fungsi alutsista tidak optimal karena belanja alutsista tidak dilakukan dalam paket menyeluruh. Mahfudz mencontohkan, saat membeli pesawat Sukhoi, Indonesia tidak sekaligus membeli persenjataan Sukhoi. “Pembeliannya bertahap karena keterbatasan anggaran,” ujarnya. (ROL)

Bagikan Artikel :

  124 Responses to “DPR: Pertahanan Udara Rawan – Peralatan Militer Indonesia Belum Dimodernisasi”

  1. pertamax kah saya?

  2. kedua kali or keiga

  3. Saya ikut, nomer barapa ya?? 🙂

  4. 200 trilyun bisa dpat banyak sukhoy 35 nihh.. dan s 300 , pantsir, buk dan dong feng 21

  5. Semoga ke empat. Hehehe..!

  6. Mantabs, radar di wilayah barat dan timur harus jadi prioritas.

    • Terima kasih bung Jalo info link nya. Tragedi MH370, yang merupakan Boeing 777 200 ER produksi yang ke 404 (and you know what I mean when you encouter this number in internet) memberi pelajaran pada kita semua untuk bisa bereaksi cepat, salah satu nya dengan melengkapi radar militer yang canggih.

      Dari analisis skyvector, berikut kira kira perjalanan MH370 yang melintasi perairan Indonesia di Aceh, dari data ping satelit inmarsat: http://bit.ly/1dsNWBB

      Banyak analisis luar negeri tidak percaya bahwa militer kita tidak mendeteksi MH370, makanya pembelian radar militer, harus menjadi skala prioritas, dan alhamdulillah sudah dilakukan. Salam NKRI

  7. 200 triliun banyak juga tu. . .bsa beli lontong ma mpek mpek yang banyak. . .hehe

  8. Harus cepat ditinggkatkan supaya pengelaran dan response lebih cepat oleh tni au trim salam

  9. test

  10. Ke empat atau kelima. Hehehe..!

  11. dengan kurs sekarang hanya $17-18bn USD. Saya cari partai yang usul 25bn USD untuk MEF 2014-2019 🙂

    • KURANG AH BUNG@NYD…. NAIKIN DIKIT 50BN…HEHEHE…TAK COBLOS partai nya nanti asal TNI MAJU JAYA LARIS MANIS.. GAGAH PERKASA.OTOT KAWAT TULANG BESI WALAUPUN MAKANYA TAHU TEMPE SAMBAL TERASI PLUS IKAN ASIN, DENGAN MINUM KOPI LUWAK..

    • yg penting nilai riil nya… 😀

      bung nowyou nih mesti nyusun artikel lagi, sebetulnya dlm anggaran MEF-1 apa saja yg sudah terbeli (versi bawah meja tapi), sampe akhir des 2014 kan 40 % ya..
      kalo liat listingan bung nara dulu, sepertinya jenis2 alutisita sudah mewakili Line up utama.
      berarti MEF-2 memang menuju kuantitas dari yg sudah ada dlm list (paling banter beda merk).
      apakah MEF-2 bakal ada kejutan sesuatu yg BARU..??
      yg terbayang sih Long range bomber… Aircraft carrier..msh agak jauh 😀 😀

      • Jika MEF 2 produk dalam negeri sudah bisa menggantikan alutsista luar, itu nilai yang besar. bisa ngejar kualitas atau kuantitas. tapi kayaknya hingga 2019 kebanyakan masih akan ngejar kuantitas buat ngisi Kogabwilhan.

        nope. saya ga akan nyusun daftar belanja 😀

    • Kepingan puzzle dari Bung Nara mulai terkuak satu persatu. Hihihii… Kapan neh Bung @NYD ada artikel yang ngebahas tentang Frigate, Destroyer, dan terutama Slava Class Cruiser ?

    • saya cari partai yang dukung 2% untuk anggaran pertahanan… hahahaha

      • 5% bung one, biar makin garang……

        • Vote untuk 5% Anggaran Militer,

          Misalkan mef ada 3 renstra, cara radikal adalah NAIKAN DULU % anggaran, lalu perlahan menurun menyesuaikan setelah mef-3 berakhir.
          Cara Normal dgn kenaikan perlahan 0,1%, tidak effectif, untuk situasi tidak normal.
          Kuat dulu lalu nyicil, apa nyicil dulu lalu kuat.?
          Jika Perkuatan Militer suatu negara adalah INVESTASI, maka kuat dulu secara militer yg didukung besaran anggaran, setelah postur tercapai pasca mef-3 lalu perlahan melakukan penyesuaian anggaran adalah langkah best gambling.imho.

          semua ini memang tergantung analisa proyeksi militer atas respon dinamika ancaman di kawasan dan kesepakatan komponen bangsa ini sendiri.

          toh jika memang potensi ancaman itu sebegitu dekat dan nyata, anggaran untuk bidang lain dlm kondisi darurat perang (massive) menjadi sesuatu yg hampir useless.

          vote untuk Anggaran militer 5%.

        • Vote 5% anggaran MEF Plus 1% buat riset

  12. Akhirnya dimuat jg,smoga kedepan anggaran pertahanan ditambah lg

  13. Duh,koneksinya kaya ingus

  14. @ bang NYD
    Bang, pak mahfudz siddik kan bilangnya anggaran renstra 1 kan 120 trillion rupiah, tp kok pak brigjen sisriadi bilangnya yg dibelanjain alutsista baru cuman 57 trillion rupiah.. sisanya yang 63 Trillion rupiah dibeliin apa yah? Atau jangan2 57 T hanya untuk alutsista yg dipublish aja, dan sisanya 63 T di belanjain alutsista strategis dan rahasia?
    Bagaimana dengan SIPRI ? Katanya setiap pembelian alutsista hatus dilaporkan, apakah berlaku untuk alutsista strategis? Kalo memang setiap pembelanjaan harus lapor, dimana unsur suprise nya donk?

    • kenaikan dollar kan akhir 2013. jika tidak salah 150 t atau (waktu itu) 16bn usd, yang kepake 6bn USD masih sisa agak banyak dan walahualam dibeliin apa saja 😀 coba baca2 lagi artikel A1 list bung Nara. Mengenai SIPRI mereka kebanyakan hanya berdasarkan laporan terbuka, yang dilindungi perjanjian kerahasiaan ya mereka ga tau juga.

      • Info begini nih yg ane suka.. mudah2an list a1 bung nara memang benar2 diakuisisi, amin..
        Tp ada yg mengganjal juga nih bung NYD, kalo belanja alutsista strategis yang sangat rahasia, pake jalur DPR gak? Kan dalam pembelanjaan alutsista, birokrasi nya kan ribet gt, yg ngawal pengadaan juga dari berbagai instansi, dari mulai BPK ampe KPK(yg enggak mungkin cuman ibu2 PKK aja ^_^), blom lg waktu rapat DPR juga temen2 pers kayak bung jalo jg hadir, pastinya ada information leak donk.. ya ga?
        Di mohon pencerahannya untuk proses pengadaan alutsista jalur khusus yah..

    • MEF III kira2 gambaran umumnya seperti apa bung Nara? 2020-2024 Indonesia ada di 10-5 besar militer dunia 😥

      • 😎

        banyak destroyer, rudal coastal defence, pespur, radar dan satellite 🙂 ..mantap

        dan satu yang bikin merinding: kemampuan preemptive strike

      • Bung nara udah jarang check in sekarang, sekalinya check in Bawa oleh2 yg bikin bulu kuduk warjager tegang2..
        Tar tgl 9 colok bung nara aja ah daripada bingung nyolok apa.. >_<

      • Wkwkwk kan Bung Nara kagak nyaleg..

      • A1 list kmaren aja bacanya merinding..
        Gimana yang MEF III..

        • wow…permanent member DK PBB…umumnya ada nuclear bombs… apa kesana arahnya kang Nara?

        • isu nya sih kita akan menuju kesetaraan dengan Negara yang sudah lebih dulu menjadi anggota tetap di PBB tapi itu nanti target di tahun @ 2025 😀 benar ga nih bung Nara.oh ya denger2 ada project dari salah satu Universitas di jawa timur juga sudah menemukan alat untuk latihan menembak buat para taruna TNI.alat ini berbentuk laser yang sinkronisasi dengan senjata original TNI apakah bener gitu bung Nara. Maaf banyak nanya

          Hanya Orang Awam

      • bung@Nara,si Teteh yang usianya kembar 2,sudah ada yang rebahan di kampungnya si poltak ya??salam hormat.

  15. Klo boleh usul tuk anggaran pertahanan jadi 3% ( harap )

    Demi NKRI

  16. bung NYD @ itu 4 radar yg dari Thales, di tempatkan di daerah mana yah bung? WIB/ WITA / WIT?

    • yg link bung Jalo? di berita sih kayaknya WIT/WITA banyakan rensta 2 dan 3. WIB duluan, konon di pesisir selatan jabar sudah ada yang mantengin dan jagain

    • Nambahin dikit, Master T dah ada di papua mepet pantai selatan, buat ngintip pespur sonotan yang coba-coba masuk wilayah kita, jangkauan radarnya lumayan .. Salam Kenal buat bung Andri Dan bung Now..

  17. Beberapa waktu yg lalu pernah di bahas masalah anggaran militer yg begitu kecil..sangat jauh dg anggaran yg lain..anggaran militer ngga sampai 1% klo bisa presiden yg baru berani mengambil keputusan yg berani..angaran militer 20% untuk segera menutupi alat pertahanan yg perlu diperbarui & ditambah karena kebutuhan yg sangat mendesak seiring perubahan jaman yg semakin syarat konflik..jgn sampai kita terseret konflik baru kita tambah anggaran militer kesadaran yg sangat terlambat,rakyat pasti akan setuju anggaran yg lain dikurangi klo buat pertahanan negeri ini yg terpenting transparan dlm pengeluarannya. Bolehlah yg bersifat rahasia ga usah di publish ke umum. Percuma juga kan kita membangun negeri ini dg anggaran yg besar namun saat musuh menyerang negara ini ga bisa menangkalnya yg akhirnya hancur luluh lantak pembangunan yg tlh dibangun dg biaya yg besar. Karena militernya melempem. “NKRI HARGA MATI”

  18. Mantap !!! surantap . Mudah2an Anggran Militer Terus ditingkatkan.

  19. stju dengan bung laoghi anggaran nya kalau bisa 3% atau lebih.

  20. Masalah Radar Hanud sudah sering kita bahas
    Yang pasti kita terus mengembangkan radar hasil produksi dalam negeri
    PT LEN dan Thales sudah membuat Mou kerjasama memenuhi kekurangan radar sejak beberapa tahun yang lalu
    Pemasangan dan pengadaan radar pertahanan udara Di tiga radar pertahanan udara jenis Master-T di Merauke, Saumlaki dan Timika.itu salah satu bentuk kerjasama Thales dan PT Len
    Jenis dan jumlah yg di pasang PT Len Industri dan Thales Raytheon Systems (TRS) tiga radar pertahanan udara jarak jauh jenis Master-T untuk Indonesia Bagian Timur.

    Dalam website resmi Thales Raytheon disebutkan bahwa TRS dan PT Len Industri telah SEPAKAT untuk bekerjasama dalam pengadaan radar berikutnya bagi TNI. Yang di mulai pengadaan nya beberapa bulan lalu (link bung Jalo) ,
    Pihak PT Len Industri mengatakan bahwa radar Master-T tetap akan diajukan, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengajukan radar seri lain yaitu Ground Master 400 (GM-400). Radar GM-400 ini telah dipesan juga oleh Angkatan Udara Malaysia.
    Sama seperti radar Master-T, radar GM-400 beroperasi pada frekuensi S-band (2-4 GHz) dengan jangkauan 470 km. Disain radar GM-400 tergolong unik karena radar head dan cabin-nya digabung, meskipun hal ini akan membuat ukuran cabin menjadi kecil namun menjadikannya sebagai radar yang kompak.

    Dari kerjasama ini antara PT Len dan TRS ini maka PT Len akan mendapatkan porsi 40% dalam muatan lokal,untuk pengadaan tender yg akan datang.

    Suatu saat PT LEN bisa membuat pengembangan rafar berbasis radar Master T dan GM-400
    semoga tercapai

    • Bung satrio apakah benar radar militer kita tidak slalu di operasikan full 24jam? Seandai’y tdk broperasi full bgaimana cara mengcover wilayah yg radar’y sedang off? Btw untuk radar sipil apakah mampu mendeteksi pesawat militer musuh yg cb masuk ke wilayah udara kita?

      • Dulu memang beberapa Satrad tidak beroperasi 24 jam
        Jam berapa tidak aktifnya dan Satrad yang mana saja itu rahasia karena biar tidak diantisipasi oleh pihak lawan.
        Beberapa Satrad Jangkaunnya saling overlaping..kalau salah satunya gantian tidak beroperasi maka tidak begitu mengkawatirkan
        Tetapi bila ada saat kritis dan darurat ,,ya semua satrad beroperasi 24 jam

        Radar sipil tidak bisa mendeteksi pesawat militer musuh
        Cmiiw

        • Bung satrio.. mau nanya Seandainya kejadian MH-370 itu terjadi pd maskapai penerbangan kita dmn ada seseorang yg mematikan transponder pd pesawat dan mengubah rute atau melenceng dr rute yg ditetapkan baik itu sengaja ataupun tidak bagaimana sop tindakan yg dilakukan? Apakah akan d intercept atau gmn? Kita simulasikan pilot tidak membuka saluran komunikasi dgn ATC ataupun militer? Dan seandainya pesawat komersil itu dibajak dan di intercept oleh pespur kita tp pilot tsb menolak utk di daratkan tindakan spt apa yg dilakukan? Apakau lgsg merudal pesawat tsb?

    • Selamat Pagi Bung Satrio.. Apakah memang pengembangannya ke Master T dan GM 400 ya?
      Kalau tidak salah Thales juga mengeluarkan radar Master M yang jarak jangkauannya sedikit lebih jauh. Konon kemampuan deteksi untuk pesawat-pesawat yang RCS-nya kecil lebih mumpuni ketimbang Master T yang diakuisisi TNI.

      • Mou nya kan sudah dari tahun kemarin jadi masih ke Mater T dan GM 400
        Kalau master M bisa saja kita minta ditingkatkan kesana asal membeli juga radar Master M

        Thales juga main rahasia rahasian lho ,,laporan mereka tahun kemarin menyebutkan ada proyek upgrade radar radar thomson mereka ditingkatkan kemampuannya
        upgrade midlife terhadap empat radar high-altitude TRS 22XX dan enam radar medium-altitude TRS 2215, sekaligus membuat radar tersebut memiliki kemampuan 3D dan sesuai dengan aturan Uni Eropa tentang regulasi emisi elektromagnetik.

        Up grade oleh TRS ini juga meliputi upgrade radar dari dua hingga tiga negara lain yang tidak disebutkan namanya,
        emboh punya siapa yg diupgrade
        Nah kalau kita dikasih ilmuny upgrade saja da lumayan tuk mengupgrade thomson 2 kita

        Dibandara Eltari Satrad 226 mengoperasionalkan Radar Thomson TRS 2215 R buatan pabrik Thomson-CSF Airsys Bagneux, Perancis 1980 dan dioperasionalkan oleh Satrad mulai tahun 1982
        Sebagai ground control interception (GCI) Radar ini dilengkapi dengan Secondary Surveilance Radar, untuk membedakan pesawat kawan dan lawan. Selain itu berfungsi juga sebagaiIdentification Friend and Foe (IFF)

        Nah saat Insiden EL Tari 1999 pesawat Hawk 109/209 kita dijaming oleh hornet sonotan maka radar TRS 2215 ini yang membantu dua pilot kita nguber dan nyegat hornet mereka yg songong itu
        Kapten (Pnb) Azhar Aditama sbg tactical lead menerbangkan Hawk-209 TT-1207. dgn wing man Mayor (Pnb) Henry Alfiandi & Lettu (Pnb) Anton Mengko Hawk-100 versi tandem TL-050 melock dua hornet sonotan diatas pulau roti,dan mereka kabur
        sayang malamnya 2 flight hornet mereka melintas tinggi diatas eltari ngece.

        Kalau sekarang coba kalau berani hehehe

  21. selamat malam BUNG@SATRIO maaf oot
    bung gimana ya kabarnya LATMA KOMODO penasaran ni

    • Waduh gak tahu perkembangannya belum baca baca 😀
      Nunggu konfirmasi dari bung nara aja yaa,
      Saya lagi pantengin kapal yang kagak tampak di formasi mereka apa aja yaa ?
      sovremeny dan kirvak pada ngumpet kemana nee hehehehe

      • bung@ Satrio yakin bung sovremeny dan kirvak di ajak wisata oleh papabear
        slava gimana apa juga di ajak pesiar hehehe..

      • Kbr dr Om Nara brp hri yg lalu sih nie 2 ekor Sovrey lg leye2 diantara 2 pulau Om..maklum abis jln jauh sih..

        Sya gk inget nama nya ribet bgt.. Bung@Nowy nie yg hafal namany..colek bung@Nowy..

        • bilang saja Soekarno-Hatta class Destroyer biar gampang 😀

        • Nah itu dia Om Nara..lidah sya smpe keseleo ngucapkan nya.. Btw..ntar tuh sovry nama Indonesia nya apa Om.? Apa spt yg diblg Bung@nowy..? Kyk nya tu Soekarno-Hatta class kan nama yg dipersiapkan utk CV, bkn utk Distro Om..

          • untuk urusan nama ada yang ngurus, dan konon memang tidak asal comot begitu saja. Itu sebabnya mengapa Usman-Harun juga ga akan dirubah dan menyiratkan sikap baru RI yang lebih ‘berani’ dan intimidating :mrgreen: dan IMO nama seperti Sukarno atau Gajahmada atau Majapahit class akan punya bobot politis juga.

            tapi siapa tau usulan di forum seperti ini juga diambil sebagai masukan

    • nah itu, jika jadi, apa hanya platform-nya saja atau plus gembolannya dikasih juga

      • ane lg ngebayangin sovremeny, apalagi si slava class…beuh kalo ampe nongol beneran di mari..langsung keder tuh aushit…itu kira2 slava class rencananya yang mau di ambil hull ukrayina yg baru tahap 80% yam om nowy? kabar-kabarnya tinggal butuh 30 jt dollar lagi bener ga tuh om??…hehe salam kenal om

        • salam kenal bung @idor.

          Itu hull Russia, hanya saja memang disimpan di Ukraina. Slava class yang belum terselesaikan karena dulu terkendala dana memang hanya 1 unit. tahun 2013 ada berita Russia berencana menghidupkan kembali Slava class dan akan dilakukan pada 2015

  22. Benarkah indonesia telah mempunyai rudal balistik berhulu ledak nuklir yg di namai rx 1000 dan diangkut oleh anoa

  23. bung@Roeli rx1001 di angkut oleh mobil hybrid esemka

  24. Coba dulu jaman ibu ******** duit BLBI yang ratusan trilyun dibelikan alutsista pasti TNI sudah menjadi naga, contohnya para cukong dan bangkir yang dapat aliran dana BLBI mereka sekarang sudah jadi naga di Indonesia dan Singapura.

    saya sebagai rakyat jelata merasa tidak rela uang negara atau uang rakyat indonesia yang mayoritas penduduknya hidup dalam kondisi “berjuang” dibagi bagikan begitu saja tanpa ada pertanggung jawaban yang memadai

    • @Bung & Mbak Surti, sedikit koreksi dana BLBI dicairkan pada masa dan era Pak Soeharto pun diselewangkan juga di era itu karena praktis setalh krisis moneter tidak ada pencairan BLBI lagi, dan di era Pak Habibie,Gus Dur dan Bu Mega sd 2004 adalah era cuci piring konsekuensi penalty dari IMF harus cuci gudang jual aset negara secara murah (meski banyak sekali makelar2 nya org2 belanda berambut item), sebagai rakyat jelata tentu kita tdk rela hal itu terjadi dan parahnya di era itulah TNI kita dilemahkan sistematis dan NKRI pun juga (ingat banyak rusuh dimana2).
      Semoga kita bisa belajar dari sejarah

  25. karena itulah saya menyarankan memilih partai dengan aleg yang mampu menjaga dan memanfaatkan uang negara dengan benar. jangan golput dan jangan salah pilih pemimpin jika MEF 2,3, ToT dan BUMNIS nya bisa berlanjut dengan lancar. dengan cara inilah kita memperjuangkan NKRI menjadi macan sekaligus naga asia….mutan kali y..

  26. dari perkiraan saya yang awam rasanya memang janggal. Indonesia memang masih mempunyai blankspot radar, dan melihat jalur terbang MH370 di perairan barat Sumatera bisa jadi memang disana radar kita lemah. Tapi harusnya terlacak ketika berbelok ke Andaman, kecuali jika radar kita memang sedang tidak aktif. Menurut India pada jam diperkirakan pesawat MAI itu belok masuk andaman radar India di sana sedang dimatikan.

    Semuanya memang serba janggal, terutama dari informasi dan cara pemerintah Malaysia menutupi informasi yg dibutuhkan untuk pencarian

    • 💡 memang super aneh bung Nara. Andaman juga Diego Garcia-nya India, mulut yang menghubungkan samudra Hindia dengan Pacific, dan juga sama stategisnya untuk dipantau militer Indonesia. Rasanya aneh jika semua bilang gak tau dan ga liat pesawat segede itu. Rudal sea skimming saja bisa terlacak, apalagi pesawat Boeing yang terbang rendah, itu kan berlangsung di atas laut bukan di daerah gunung berbukit

      • apa estafet? dari IAF ke TNI AU terus ke RAAF kemudian jatuh di samudra Hindia karena habis bahan bakar? itu perkiraan yang masuk akal mengingat lokasi beloknya yang hotspot, tapi tidak menjawab alasan mengapa

    • berarti…intruder.
      halal
      😀

    • Bung nara.. Seandainya kejadian MH-370 itu terjadi pd maskapai penerbangan kita dmn ada seseorang yg mematikan transponder pd pesawat dan mengubah rute atau melenceng dr rute yg ditetapkan baik itu sengaja ataupun tidak bagaimana sop tindakan yg dilakukan? Apakah akan d intercept atau gmn? Kita simulasikan pilot tidak membuka saluran komunikasi dgn ATC ataupun militer? Dan seandainya pesawat komersil itu dibajak dan di intercept oleh pespur kita tp pilot tsb menolak utk di daratkan tindakan spt apa yg dilakukan? Apakau lgsg merudal pesawat tsb?

  27. @bung botol kecap…saya rasa ada beberapa teori yang bisa di ambil dri kasus mh 370..

    1.saaya yakin mh 370 terdeteksi di radar,..TNI lalu kata TNI….”sukurin ilang, bukan urusan gue” siapa suruh dulu nya sok hebat ,sok kuat, skrng nyari kapal ilang aja ga mampu

    2.terdeteksi radar australia..lalu di suruh balik arah ke indonesia,karena membangkang..ditembak jatoh australia…( lokasi jatuh dkt dengan australia)

    3.TNI bilang radar kita ga aktip 24jam karena kekurangan bbm..atau radar kita tidak mendeteksi mh 370… tujuan nya ( biar bs dpat radar baru yg canggih) dan biar musuh beranggapan.. TNI lemah..gampang di tembus..

    4.menurut pakar penerbangan MH 370 TERBANG DIATAS 65.000 kaki.. sedangkan jaungkauan radar terbaik TNI CUMA 55.000….wajar bila memang tidak terdeksi..

    5.teori MH370 di tembak jatuh ausie sangat besar..melihat kasus kebelakang.. seperti manusia perahu..yg di usir balik ke indonesia.disini terlihat arogansi ausie

    gitu aja,,,,maaff pendapat pribadi…OOT..

    • Bisa jadi, tapi tetap menyisakan banyak pertanyaan. Pesawat ditembak jatuh Au mungkin saja, mengingat Au sama paranoidnya dgn US, apalagi pasca serangan 9/11. tapi lokasi terlalu jauh dari daratan, sekitar 2000km dari Perth dan jauh melewati Christmas island. Australia punya Jindalee (yang focus memandang ke utara), harusnya objek apapun dari jarak jauh sudah terlacak.

      apalagi pesawat penumpang seukuran Boeing yang terbang di luar jalur. Yang aneh mengapa semua bilang ga tau? masih mending jika Indonesia bilang ga liat karena memang diketahui masih kekurangan radar, tapi India dan Australia tidak bisa ngeles gak liat itu pesawat

      • betul bung@ nyd…aneh kalo si ausie bilang juga ga tau…nyata nyata dia punya peesawat setipe poisedon/awack yang bs melototin langit ampe dalam nya laut.. trus skrng ausi yg paling semangat nyari tuh bangkai mh370….td nya klojatuh nya di selat sunda ane pasti bilang di tembak jatuh pencil s300 atau s30mmk hehehe.

    • Radar ga aktiv nya qo berjamaah ya..?? Apa aktiv berjamaah sebetulnya.??
      gimana pun kunci nya tetap dipihak malaysia, mau buka2an apa adanya.atau mau gimana, jadi X-file pun para tetangga sepertinya ngikut z.
      pertarungan spionase ini 😀

      • dari awal saja pihak malaysia sudah tidak jujur, jika pihak lain merasa dikibulin ya wajar saja jika mendapat jawaban jiran “maaf radar kami mati pada saat itu” masa sekelas india dan apalagi oz yg selalu melotot ke utara tidak mengendus ? aneh bin ajaib

    • Bung Awan info 007 nya tau persisnya nggak? Disamarkan saja ceritanya seperti kebiasaan disini. bung Nara pernah nyenggol tp nggak ada ceritanya. Hehe penasaran soalnya, karena kompensasinya “Satria”.

      • walaupun itu hanya cerita hoax yg pernah saya lontarkan
        tetapi perlu dibetulkan agar tidak salah persepsi (hoax kok dibetulkan 😀 )
        Jamesbond ketangkep itu paket lain bukan bareng ama ks sonotan yang dihancurin

        Sebelumnya ada paket Jamesbond ketangkep ,,beberapa lama kemudian KS sonotan kejepit dan awaknya ditangkap Ks nya dihancurin,
        Jadi ada dua paket yang siap ditukar guling,
        jelas ya bukan berarti jamesbondnya termasuk awak Ks ntu
        hehehe paling pinter ane bikin cerita hoax.
        bung nara gak usah dibetulin yaa ini kan hoax saja 😀
        Selamat malam warjager ijin nyimak

      • Bung Cakra,
        wah saya juga g tau gimana ikhwalnya 007 disini , maka beruntunglah Bung Satrio n Bung Nara yang menjawabnya , he he….
        Bung Satrio n Nara,
        Apakah ini justru Astute yang mau diserahkan ke Indonesia ? Kalau jawabannya benar trus jawab apa adanya , apa ada den karung yang mantengin nih hi hi…

        • Sebetulnya yang menarik buat saya adalah bagaimana Intelijen kita melakukan operasi kontra nya dan berhasil menggulung jamesbond ini. 4 orang lg jamesbond nya. Karena seringkali yang kita liat sehari-hari bahwa sepertinya intelijen kita ini lemah, dengan terjadinya berbagai kasus pemboman, penembakan, provokasi, dll. Apakah memang sengaja terlihat lemah padahal seperti alutsista kita yang wow.
          Dengan adanya hoax jamsebond ini, menujukkan bahwa kapasitas intelijen kita cukup mumpuni. Nah itu yang melakukan kontra apakah dari BIN, BAIS, atau Intelijen dari kepolisian?

  28. Menurut saya sih ada 3 kemungkinan :

    1. Radar kita sedang dimatikan/ tidak beroprasional

    2. Radar kita menangkap pergerakan MH-370 dan mungkin meledak terkena salvo rudal pertahanan udara kita karna mengira ini sebagai pesawat militer asing yg menyusup ke wilayah udara kita yg disebabkan pilot memutus atau tidak membuka jalur komunikasi.. ( serpihannya terbawa arus sampai ke barat daya perth )

    3. Ada sabotase dr CIA untuk semakin memanaskan konflik lcs antara malaysia dan china…

    CMIIW… Mengutip perkataan bung cucu
    Cuma pendapat
    Maaf andry lancang 😀

    • Maaf bung andry, kalau saya lihat digambar kemaren, wilayah yang dilalui pesawat itu diluar wilayah kita tapi diwilayah india. Jadi kita tidak perlu mengindahkannya.

    • kemungkinan ke 4 bung.. mh370 itu penumpangnya kan mayoritas warga negara china, jadi bisa saja itu srategi pihak barat(amerika+fpda) untuk menghambat hubungan mesra china dan indonesia atau memperburuk hubungan kita sehingga china menganggap kita musuh dalam kasus lcs dengan mengkondisikan bahwa indonesia punya andil besar dalam jatuhnya mh370.jadi indonesia dikondisikan ikut bermusuhan dgn china atau berpihak pada asu n the gank.dan dilain pihak china akan tanpa ragu2 lagi akan mengklaim perairan natuna atau lebih buruk lagi pulau natuna. ini terkait sama tuduhan malaysia terhadap kita beberapa waktu silam. toh dunia ini hanya panggung sandiwara.imho.

  29. 200 trilyun….WKWKWKWK…ngayal aja…kalo emang ada mending beliin beras ame terigu…soal sistem radar yang cocok buat indonesia gampang dah….gunain aja jasa paranormal ama dukun buat nerawang apa yg terjadi…WKWKWKWK…

  30. bagaimana bung rekan” warjag sudah dapat pandangan mengenai capres ideal ??
    belum ada yang sreg di hati.
    tapi kalau golput harom hhaa..
    maaf oot.

    • @aan, mungkin kl desa ente mw kebagian dana desa sebesar 1,2 M mending milih prabowo, janjinya mw gelontorin dana 1,2 M per desa jk terpilih jd RI 1.
      kl mw pendidikan dan kesehatan gratis [ilih ARB, monggo..

  31. jawaban diplomatis terbaik memang sudah disampaikan oleh pihak yang berwenang. dengan jawaban tersebut bisa bermakna bermacam-macam dan dengan tujuan yang bermacam-macam. Indonesian Style, good joob.

  32. sudah betul dan benar jawaban pihak indonesia….
    menunjukkan indonesia tidak SOK PINTAR,SOK TAU DAN SOK PEDULI dengan kejadian manca.karena itu semua jebakan untuk menjadi sebab tuduhan indonesia sarang teroris.sehingga penguatan alutsista dapat diganjal…
    1…MH370 gagal memasuki perairan indonesia untuk mensukseskan mengkambing hitamkan,eee malah mengitarinya…..apakah ada sesuatu yg menggiringnya??
    2.setelah berhasil menggiring MH ke kawasan sahabatnya di sam hindi ausit mendeteksi pespur asing diberi peringatan tak menjawab,malah patah balik ke kandangnya,,padahal pensil ausit sudah meluncur…so siapa yg kena?
    maaf…ngawur

  33. @bung nara, 1 baterai S-300 itu isinya berapa unit peluncur ?

  34. Bung nara membaca berita mengenai Mh730 ini sangat simpang siur sehingga banyak berbagai teori. Nah bung Nara sudah nyenggol sedikit di atas, boleh nggak bakwan nya dibalik biar keliatan? Hehe penasaran soalnya gara2 kebanyakan teori. Diatas juga sdh ada yang menyebutkan kemungkinannya untuk menghalangi kerja sama Indinesia-Cina yang memang lagi mesra-mesranya. Moggo bakwan nya dibalik bung nara biar saya yg biasa SR jadi ikut pinter

    • Tapi mamapanda marah besar ini,,dibuat obyek.
      hati hati buat sonora Siap siap mama panda membalas dengan cara yang tak terduga.

      Dan analisa saya spekulasi yang berkembang bahwa sonora bingung akan mendekat ke panda atau vijay selama ini sudah terjawab,
      Mereka lebih memilih menjauh dgn mama panda..

      duluvirus Flu burung itu dibuat untuk menghambat laju ekonomi panda

      • Wah terima kasih bung Nara dan bung Satrio. Pertama kali posting setelah sekian lama SR langsung dijawab oleh 2 Narasumber. Soalnya menangkap share pembicaraan antara bung Yayan dengan menteri transportasi malaysia Hisamudin Husein, sepertinya memang beliau tidak begitu megetahui/memiliki data mengenai pergerakan penerbangan MH730, sementara pejabat militer nya mengakui sempat menangkap sinyal MH730. Apakah yang bersangkutan memang sengaja menutupi motif hilangnya pesawat ini atau memang betul-betul tidak mengetahui.
        Membaca artikel di jkrg beberapa waktu lalu memang sepertinya ada upaya FPDA memprovokasi kita, dan yang terbaru adalah pernyataan anggota kongres keamanan mamarika. Bahwa memang seperti ada usaha menyudutkan/memprovokasi lanjutan terhadap NKRI.

      • yang saya masih penasaran kenapa nih MH 370 terbang memutari indonesia? apakah mereka menghindari radar indonesia atau mereka di ancam oleh ‘sesuatu’ dari indonesia ? colek bung @Nara

    • Wah kasian sama orang-orang yang ga berdosa bung dijadiin alat negara..
      Pray for them

    • awalnya saya bingung dengan kasus si bongsor MH, dengan penjelasan para SUHU warjager, akhirnya kompas otak ane mulai bner nih, makasih untuk semua untk semua suhu2

    • Sy masih bingung gk mudeng spt apa sesungguhnys

  35. Sr ijin nyimak y om

  36. aalaaah gak usah ditanggapin

  37. toh katanya jatuh dekat aushit juga gk dapat puing2 pesawatnya…sdh jelas ini konspirasi, indonesia harus waspada, jangan di izinkan itu pesawat2 mondar mandir lwt wilayah kita…salam kenal utk bung borneo

  38. konspirasi untuk menjauhkan hubungan cina Dan Indonesia?masuk akal juga c,secara saat ini koko panda sedang hangat2ny dengan tni.pasti ada maksud terselubung Dari kasus ini,,izin nyimak sesepuh semia

 Leave a Reply