Nov 302017
 

Dansatsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa selaku Dansatgas Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017, melaksanakan upacara gelar pasukan yang berlangsung pada Rabu 29 November 2017 di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung Surabaya.

Surabaya, Jakartagreater.com – Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017, melaksanakan upacara gelar pasukan yang berlangsung pada Rabu 29 November 2017 di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung Surabaya.

Dansatsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa selaku Dansatgas Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017, melaksanakan upacara gelar pasukan yang berlangsung pada Rabu 29 November 2017 di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung Surabaya.

Dalam kegiatan tersebut, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dadi Hartanto, MTr.(Han)., selaku Staf Itjenal meninjau langsung pemeriksaan pasukan beserta perlengkapan yang digunakan dalam latihan Search and Rescue Kapal Selam.

Adapun yang diperiksa diantaranya adalah :

  1. Dua Alat Selam Close/Semi Amphora milik Kopaska.
  2. Baju Selam dan peralatan selam Dislambair Koarmatim,
  3. Sekoci Karet milik KRI Nagapasa-403.
  4. Satu unit mobil Chamber Dislambair Koarmatim.
  5. Satu unit mobil Chamber milik Lakesla.
  6. Satu unit mobil Ambulance Diskes Koarmatim.

Dansatsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa selaku Dansatgas Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017, melaksanakan upacara gelar pasukan yang berlangsung pada Rabu 29 November 2017 di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung Surabaya.

Setelah pelaksanaan upacara selesai, dilanjutkan dengan Drill Lapangan yaitu melaksanakan simulasi korban keluar dari kapal selam dan cara evakuasi oleh tim kesehatan melalui sekoci dari KRI P.Rupat, selanjutnya korban yang berhasil selamat dan dievakuasi dimasukan ke dalam Chamber KRI P. Rupat untuk penanganan medis lebih lanjut.

Selain itu, pada latihan escape atau penyelamatan diri dari kapal selam, awak kapal yang keluar dari kapal selam melaksanakan evakuasi oleh tim medis.

Dansatsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa selaku Dansatgas Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017, melaksanakan upacara gelar pasukan yang berlangsung pada Rabu 29 November 2017 di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung Surabaya.

Hadir dalam acara Latihan Penyelamatan Kapal Selam tahun 2017 tersebut adalah :

  1. Personel KRI Pulau Rupat-712.
  2. KRI Sultan Hasanuddin-366.
  3. KRI Nagapasa-403.
  4. Puspenerbal.
  5. Satkopaska Koarmatim.
  6. Dislambair Koarmatim.
  7. Diskes Koarmatim.
  8. Lakesla Mabesal.

(Dispen Armatim)

  81 Responses to “Drill Lapangan Latihan Penyelamatan Kapal Selam”

  1. nah gitu bung admint kalo masuk artikel satu satu asal rajin….jangan masuk sekalian kaya pasaran aja….!!!
    bung TN ini boleh di itung jam menyelam jangan ngitung jam tengelam…horror tauuu….!!!!
    😀

  2. dengan banyaknya latihan maka akan semakin terbiasa hingga menciptakan awak yang propisional…sehingga ada kejadiaan serupa tidak membuat awak panik…karna sudah terbiasa latihan….
    karna banyak kecelakaan yang mengakibatkan banyak korban karna kepanikan….jadi menciptakan personil yang tangguh membutuhkan latihan dan disiplin…hingga menciptakan personil yang propisional….
    itu menurut primbon bung colibri…!!!
    😉
    😀

  3. test….

  4. mana nikomen engak nongol nongol…malu kali yaa…!!!
    😳

  5. wah bung angga kayak mana koment engak masuk masuk…..!!!!

  6. test

  7. :'(
    😛

  8. 😥

  9. bung angga bung diego kena mutasi dimana…???…!!!!!
    🙂
    😀

  10. bung angga bung diego kena mutasi apa pensiun ..???…!!!!!
    🙂
    😀

  11. Iya nih, sudah lama bung Diego tidak ngeposting artikel.

    Bung Angga, bung Diego ke mana ya ?

    Jangan2 emailku belum dibuka.

    Apa sedang sakit ?

  12. Pepatah di buku tulis mengatakan “Experience is a great teacher”

  13. apa komen kok yang keluarnya duplicate….engak orisinil….!!!
    😀
    😉

  14. pakaian selam nya bisa mencapai kedalaman berapa meter terdalam?

    • itu pakaian buat pelampung bung bukan untuk menyelam….!!!
      🙂

    • replay aja nyasar….!!!

    • @donny prasetyo

      Perlengkapan selam ini namanya “Submarine Escape Immersion Suite” mas bro….yg digunakan awak kasel yg tenggelam/kandas/mengalamai kecelakaan untuk muncul ke permukaan.

      Perlengkapan ini dapat digunakan pada kedalaman maksimal 200 meter, krn lebih dari kedalam tsb organ tubuh manusi sudah tidak sanggup lagi menahan tekanan air laut.

      Dan karena adanya perbedaan tekanan air laut pada berbagai kedalaman (makin dalam, tekanannya makin besar), maka ketika melakukan aksi evakuasi (muncul kepermukaan) ini harus dilakukan secara “intermiten”….enggak boleh terburu-buru, karena menurut sebagian orang, kalo terburu-buru itu tidak enak, karena ribet harus rapi-rapi lagi pakaian/dandanan yg jd berantakan !!!

      Jadi naiknya harus dicicil…tiap naik beberapa meter, pelakunya harus beristirahat sebentar untuk menyesuaikan diri (organ tubuhny gak kaget) thd perbedaan tekanan air laut diatasnya.

      Tindakan evakuasi yg terburu-buru bisa berakibat fatal, seperti yg pernah terjadi pd salah satu komandan kasel kita dan satu staffnya…mereka berdua mengalami pendarahan akibat pecah pembuluh darah karena terlalu cepat ketika muncul kepermukaan dan akhirnya meninggal.

  15. itu pakaian buat pelampung bung bukan untuk menyelam….!!!

  16. masalah kedalaman itu relativ…kekuatan fisik individu masing masing…!!!

  17. masalah kedalaman itu relativ kekuatan individu masing masing maka perlu banyak latihan…!!!
    sori bung netil …maklum koment susah masuk kalo kepanjangan.. 🙂

  18. replay aja nyasar….!!!

  19. replay aja nyasar….!!!
    🙁

  20. Ayo bung tn…posting mari berhitung nya….biarkan dl bung ngadimin lg liburan, skr gantian anda yg jadi tuan rumah dimari,..kasian para warjag udah haus berita2 militer terbaru…ayoo dukung bung tn akuisisi formil ini,…ayoooo….

  21. bung HS kalo dak salah rekor kedalaman menyelam mencapai 321 m….itu orang mesir kalo dak salah..…!!! 🙂

  22. wah gawat neh….warga dimari pada demo….!!!!
    🙂 😀

  23. sama bung Orang mistirius….saya juga baru belajar komen…dimari…!!!
    ibarat kata kaya balita…baru belajar ngoceh…!!! 😀 😉

  24. wah makin seru tambah banyak yang demo….demo kekinian neh demo online…!!!

  25. drama su35 sudah selesai,…
    selanjutnya drama kilo kali,..?

  26. Kemungkinan JKGR sudah diakuisisi kepemilikan saham mayoritasnya oleh bung Angga.
    Sehingga pemilik yg lama hanya sebagai pemilik saham minoritas, utk itu kontribusinya sangat terbatas. Itu sebabnya artikel bung TN Phd direview kembali utk dilihat sisi kelayakan tayangnya agar terbebas dr unsur imajinasi hayalan semu belaka tanpa point2 realita…..xixixi……pissss

  27. Weeh apa ada ini?? Ehh ada apa ini kok rame rame?? Wah waahh .. Jd sr aja deehh..

  28. Artikel tentang teken kontrak pembellian SU-35 kok gak muncul ya?

  29. bung admint sedang sariawan jadi tidak dapat mengkonfirmasi masalah….!!!! 🙂 😀

 Leave a Reply