Sep 122019
 

Latgab TNI 2019 di Situbondo, Jawa Timur

Situbondo – Jakartagreater.com,  Pesawat nir-awak drone CH4 berjenis MALE (Medium Altitude Long Endurance) ditampilkan dalam latihan gabungan TNI dengan sandi “Dharma Yudha 2019” di Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur.

“Drone CH4 ini dikendalikan dari Surabaya,” ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat meninjau latihan gabungan tersebut, pada Rabu, 11-09-2019 dirilis Antara.

Marsekal Hadi mengatakan Drone ini dapat terbang dengan durasi hingga 12 jam, disertai kemampuan radius jangkauan hingga 1.000 km apabila diintegrasikan dengan satelit BLOS (beyond line of sight).

Drone CH4 memiliki keistimewaan karena selain berfungsi sebagai alat pengawasan, pesawat tersebut juga dapat melancarkan serangan menggunakan bom. “Seperti yang kita laksanakan kemarin kita menembak, mengebom dari ketinggian 15 ribu kaki dan kita rilis hasilnya sangat presisi,” ujar Marsekal Hadi.

dok. Drone CH-4 Rainbow (DNEWS CHN)

Panglima TNI menyebut bahwa drone CH4 masuk dalam pengadaan pada rencana strategis (Renstra) TNI Tahap II tahun 2019. Rencananya TNI akan mendatangkan enam pesawat serupa untuk menambah kekuatan pada dua skadron.

Selain drone CH4, TNI juga menampilkan sepertiga kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaik lainnya, termasuk pesawat dan tank.

Latihan gabungan TNI “Dharma Yudha 2019” digelar sejak 9 September hingga 12 September 2019, dengan melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Dijadwalkan puncak acara latihan gabungan TNI “Dharma Yudha 2019” akan dihelat pada Kamis 12-9-2019 dengan tajuk “Fire Power Demo”, dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri.

  3 Responses to “Drone CH4 Ikut Latgab TNI 2019”

  1.  

    Wuiik…..semakin galak saja…..

  2.  

    KALAU BELI YA PASTI SEMANGAT LAH.
    COBA DANANYA BUAT MENGEMBANGKAN DRONE HASIL KARYA ANAK BANGSA.
    SUPAYA BISA SEHEBAT DENGAN DRONE YG LAIN.

  3.  

    WULUNG DAN RAJAWALI GIMANA KOG GA IKUT LATIHAN.