Jul 222016
 

Kini, Pemerintah tak perlu lagi membeli pesawat terbang tanpa awak atau drone buatan luar negeri, untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia. Hal itu dikarenakan drone OS-Wifanusa yang merupakan buatan dalam negeri telah dinyatakan lolos Uji Sertifikasi Kelaikan Militer dari Indonesian Military Airworthiness Authority (IMAA).

Drone OS-Wifanusa terdiri dari dua tipe, yakni OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4,2 meter) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6,4 meter). Keduanya telah dinyatakan lolos uji sertifikasi kelaikan udara militer.

Masing-masing drone mampu terbang 6-8 jam dan 8-10 jam dengan jangkauan autonomous mencapai 100 km, serta mampu take off dan landing di darat maupun air. Drone OS-Wifanusa juga dapat membawa kamera canggih untuk surveillance serta foto udara untuk keperluan pemetaan.

Drone untuk patroli maritim. (pr1v4t33r / defence.pk)

Drone untuk patroli maritim. (pr1v4t33r / defence.pk)


Pencipta drone OS-Wifanusa, Yulian Paonganan, mengatakan bahwa rangkaian uji sertifikasi IMAA dilakukan dengan ketat. Pengujian drone tipe amphibi itu dilakukan di darat maupun di laut. Uji terbang di darat dilakukan di Lanud Atang Sendjaja Rumpin Bogor, sedangkan uji laut dilaksanakan di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

“Kami sedang menunggu sertifikat diterbitkan oleh pihak IMAA di Pusat Lelaikan, Baranahan Kemenhan. Semoga dengan terbitnya sertifikat drone ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan bisa digunakan untuk kepentingan pertahanan maupun sipil,” ujar Yulian, Selasa (19/7).

Kementerian Pertahanan telah membeli tiga unit drone OS-Wifanusa untuk dioperasikan di wilayah perbatasan dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Natuna.

Sumber: sindonews.com

Bagikan :

  38 Responses to “Drone OS-Wifanusa Buatan Dalam Negeri Lolos Uji Sertifikasi Kelaikan Militer”

  1.  

    Pertamax?

  2.  

    bahagia banget si aceh tenggara hihihi…

  3.  

    Smg bisa memberi inspirasi yg lain utk berkarya demi kemandirian.

    Oh ya coba terbang di udara singapore kl bisa balik berarti dah battle proven kemungkinan jammer drone singapore sdh mampu

  4.  

    Selamat ya bung ACEH Tenggara atas pertamanya…..
    Saya nyimak ajh artikelnya….

  5.  

    Buset dah coment saya g masuk masuk alias g ada ..heemmmmm

  6.  

    Tes

  7.  

    bung najong kemana aja??? dah lama ga nongol kirain……

  8.  

    Keren!
    Tapi akan lebih keren lagi kl ukurannya di besarin, agar mampu terbang 48 jam non stop & mampu bawa rhan 122 juga.

  9.  

    Kl Indonesia mampu mengembangkan listrik tenaga mandiri, maka akan mampu membuat drone dgn berbagai ukuran yg bisa terbang nonstop selama berbulan2, bhkn sampai dron itu rusak dilangit.

    Lumayan kan bisa utk patroli murah, bhkn bisa berguna sebagai satelit, walau autonomousnya baru 100 km juga sudah sangat oke.

    Ane yakin kl sdm kita dari berbagai disiplin ilmu bersatu padu, maka akan mampu mewujudkannya.

  10.  

    @Aa ical ,memang low prabowo bangun rumah mewah apa masalahnya? dia pengusaha sukses dan dari keluarga kaya, uang yg dipakai juga uang pribadi bukan uang negara.lalu salahnya dimana?apa masalahnya ada padamu yg blm bisa bikin rumah mewah?

  11.  

    emang malay man bs apa…? bikin drone mainan buat anak lo ga bs

  12.  

    Good job

  13.  

    Good job nkri

  14.  

    tingkatkan lagi jarak tempuhnya.min 400km.kalo bisa operatornya tni-al biar lebih mobile lepas landas dari fregat.korvet.lpd.

  15.  

    Udah ajak aja si tukang sate bantu bakar kambingnya bung…. ­čść

  16.  

    kalo cuma intelejen cukup teknologi murah pake “game pokemo” semua bisa dilihat lewan kamera handphone dan posisinya dilacak lewat gps,simpel enak ya jadi negara memiliki teknologi canggih tinggal duduk depan komputer semua bisa dimonitor,tidak perlu pake satelit militer yg super mahal dan spionise.

  17.  

    Lucu komennya. Tapi jengkelin. syiall #ketawasambilkesel.
    Iya lu, emang malay bisa apa, dasar tukang nyaru, pindah aja lu kesana

  18.  

    wah… ada yg selingkuh nih sama nama gue…

  19.  

    Kapan Indonesia bisa punya drone yg Ada PETASANNYA biar bisa meledak kek kembang API gituh???

  20.  

    alhamdulillah …karya anak bangsa yg mumpuni…ternyata bangsa ini bnyak org yg mumpuni dlm segala hal ….BANGGA MENJADI BANGSA INDONESIA
    walau di pandang sumir oleh negara lain …. negaraku unik serba kekurangan tapi menghasilkan yg memuaskan dan positif …semangat yg tak ada di negara lain ( mungkin) ..hanya pendapatku saja

  21.  

    bikin yg lebih gede pak, biar bs bawa spidol,. aku yakin pasti indonesia bisa.

  22.  

    Kok msh pakai baling2 sih? … Seharus nya cuma 2 tipe aja klo wulung bisa pkai mesin jet min , laah yg ini di khusus kan makai baling2, jangan trus semua pakai mesin baling2 dong ..

  23.  
  24.  

    tinggal ganti mesin yang kuat, cantelin rudal plus gatlin, suruh ngider cari separatis.

  25.  

    Model kok kyk jiplak pesawat amphibi A5

  26.  

    Untuk meningkatkan daya angkat dan efiesiensi bahan bakar, mungkin bisa ditambahkan winglet di ujung sayap untuk mengeliminir turbulensi. Seperti improvement di CN-295 dan pesawat R-80 -nya Habibie

  27.  

    selanjutnya dikembangkan terus menjadi lebih sempurna dan canggih

  28.  

    Uang babat hutan di kalimantan banyk tenang aja aa ical….

  29.  

    Itu bukan jendela asli. Nantinya drone ini akan dikembangkan mjd pesawat amfibi berawak 4 orang dan menjadi pesaing pesawat Icon A5 Amerika dan Aron Flying Ship Korea. Coba lihat artikel ini:
    http://imi-indonesia.org/pendidikan/imi-finalisasi-riset-pembuatan-flyingboat/

  30.  

    Bagus tapi jangan berhenti sampai disitu seolah olah udah tercapai finish…

    Teknologi yg lebih canggih masih belum dikuasai..itu fakta..jadi jangan besar kepala…

    •  

      Sebagai info mereka sekarang ini sedang mengembangkan untuk jadi pesawat betulan yang bisa di awaki manusia langsung .Tapi untuk kesana perlu dana dan dukungan semua pihak . Saya berharap semoga DI bisa ikut proyek ini sebab kalau cuma mereka tentu berat karena mereka belum punya peralatan dan pengalaman dalam membuat pesawat betulan seperti DI.

  31.  

    Drone yg bagus.. td pagi lewat atas rmh gue

  32.  

    Tes

  33.  

    hehehehe… yg bs bawa bom,anti jammer,radar n jarak tempuh lebih dr 100 km udh di kembangin kok…

  34.  

    Test

  35.  

    kw ini barang.
    rongsokan.
    dilempar batuk juga rontok.

 Leave a Reply