Drone Pengintai RQ-4 Global Hawk AS Jatuh di California

Drone (pesawat nirawak) pengintai RQ-4 Global Hawk buatan Northrop Grumman, AS. © Wikipedia

Pesawat pengintai tak berawak RQ-4 Global Hawk jatuh di daerah tak berpenghuni di dekat Lone Pine, di wilayah pegunungan Sierra Nevada timur, kata seorang pejabat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards dalam sebuah siaran pers, seperti dilansir dari Defence Blog.

Tidak ada korban yang terluka ataupun tewas yang dilaporkan atas kejadian tersebut.

Pejabat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California mengkonfirmasi bahwa drone high-altitude berdaya tahan besar jatuh selama transit rutin dari Pangkalan Angkatan Udara Beale, lebih dari 350 mil ke sebelah barat laut Hutan Nasional Inyo atau kira-kira 200 mil sebelah utara AFB Edwards.

Meskipun belum ada informasi mengenai kondisi kecelakaan tersebut, ini mungkin berarti drone mengikuti jalur penerbangan yang memanjang di daerah yang kurang padat atau telah kehilangan kontak dengan stasiun kontrol darat dan terbang keluar jalur.

Global Hawk ditugaskan ke Wing Pengintai ke-9 di AFB Beale, California dan sedang dalam penerbangan feri dari AFB Edwards untuk kembali ke stasiun asalnya saat pesawat tersebut jatuh, menurut rilis tersebut.

Penyebab kecelakaan hingga saat ini belum diketahui.

Tinggalkan komentar