Oct 282014
 

DRU Lampung Tertutup Soal Insiden Kebakaran KRI Teluk Bintuni

KRI Teluk Bintuni mengalami insiden kebakaran, Minggu malam, meski sudah berhasil ditangani, hingga sore ini tak satupun petinggi PT DRU selaku pembuat kapal yang bersedia menceritakan kronologisnya | Dok

 

Saibumi.com, Bandar Lampung – PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung masih tertutup soal insiden kebakaran pada KRI Teluk Bintuni yang terjadi tadi malam. Pantauan langsung Saibumi.com di lokasi PT DRU Lampung di Jl Alamsyah Ratu Prawiranegara KM 12 Srengsem, Panjang, Bandar Lampung, Senin 27 Oktober 2014.

“Maaf, tidak boleh masuk yah. Soalnya para pimpinan lagi keluar,” langsung kata salah satu security begituย Saibumi.com parkir di depan pintu pagar utama. Waktu ditanya siapa saja para pimpinan PT DRU yang keluar, pemuda bertubuh gemuk itu terdiam sambil menghubungi seseorang via HT. “Maaf tetap nggak bisa masuk. Soalnya para pimpinannya lagi meeting!,” katanya kembali memberi alasan berbeda.

Masih di areal depan pagar pintu masuk PT DRU, kembali Saibumi.comย  menghubungi para petinggi PT DRU lewat ponsel. Tapi hasil masih nihil. “Aduh, belum bisa omong apa-apa yah. Soalnya masih dalam investigasi secara internal dan eksternal. Jadi, tidak ada yang bisa diberi tahu. Tapi tadi perwira tinggi dari Kemenhan (Kementerian Pertahanan) sudah datang kok,” kata Kepala Bagian Umum PT DRU Lampung Yahya singkat saat kebetulan bertemu di areal parkir PT DRU.

Langkahnya bergegas memasuki pintu pagar yang langsung tertutup rapat begitu kakinya menginjak halaman dalam PT DRU Lampung. Terlihat dari sisi pintu pagar, halaman depan dipenuhi oleh beragam kendaraan termasuk kendaraan Pomal.

“Bang, ijin ambil foto tampak depan yah,” tanyaย  Saibumi.com. “Aduh, jangan. Tidak boleh ambil foto yah, nanti kami yang kena marah,” kata security itu lagi sambil tersenyum terpaksa.

Sebelumnya terjadi insiden kebakaran di KRI Teluk Bintuni. Informasi terbaru dari salah satu petugas pemadam disebutkan bahwa kebakaran tersebut diduga dipicu korsleting listrik. “Katanya ada instalasi listrik yang bermasalah di kapal. Lagi dibenerin. Eh, korslet jadilah kebakaran. Lokasinya diruang atas yang banyak tombol dan ada kursi besarnya. Ada empat damkar yang diturunkan. Dua mobil dari BPBP pos pusat, satu mobil dari Bumi Waras dan satu mobil lagi dari Tanjung Karang Timur. Sampai sekitar jam 9-an asap masih tebal yah,” papar petugas tersebut rinci.( Saibumi.com / Saryah M Sitopu )

 Posted by on October 28, 2014

  39 Responses to “DRU Lampung Tertutup Soal Insiden Kebakaran KRI Teluk Bintuni”

  1. Absen sore
    Ijin melintas @ all

  2. Kasus KLEWANG terulang, gimana nih!

  3. pertamax dulu ah

  4. waduh..

  5. Yang terbakar itu hanya imitasinya yang AsLinya aman , kayak kejadian KRI KLewang ๐Ÿ˜‰

    • tau aja bung PCM ๐Ÿ˜† :mrgreen:

      • He he bung Zero-1 , Lagi dipasangin duri2 tajem tuh kayaknya si bintuni bung yah , alesannya ga’ bisa difoto , cobanya ada bung wehr , mungkin dia bisa beri pencerahan??

        • iy kayanya bung ๐Ÿ˜† dulu jg sy sempat tertipu wkt kebakaran klewang bung, tp akhirnya ad temen yg ngebisikin :mrgreen: ,sy mengutip dari bung Kutut Sanjaya
          ” 1. Kri Klewang Yang Terbakar ukurannya lebih kecil yakni 50m dibandingkan aslinya 63m
          2. Pemerintah tenang-tenang saja dengan kebakaran itu.
          3. Tidak ditemukan sisa-sisa material kapal
          4. Tim investigasi tidak pernah datang ke TKP.
          5. Kapal ini dibawa keliling indonesia sebelumnya.

          Karena KRI Klewang terbuat dari fiberglass / carbo composite tak mungkin terbakarnya asap mengebul. “CARBON COMPOSIT JIKA TERBAKAR APINYA WARNA KUNING”dan jarang ada asap nya
          walaupun begitu carbo dapat rentan terbakar hanya saja dalam waktu yang cukup “LAMA” dan sekali lagi carbon kalau terbakar apinya kuning

          yang saya amati dari kebakarannya, saya cuma bisa bilang carbon fiber tidak terbakar seperti itu, karna sifat carbon fiber adalah api tidak bisa (atau lebih tepatnya tidak mudah) untuk menembus carbon fiber hingga api tersebut menyembur dengan tekanan 245 Mpa (sebagai info: api dengan tekanan 245 Mpa itu seperti semburan api pada oven tembakau dengan kekuatan sekitar 4,5x lebih kuat dari normalnya) karna itu carbon fiber digunakan dalam industri aviation (yang berkontak langsung dengan temperatur udara mencapai 235 derajat C) dan untuk bahan pelapis anti panas (biasanya ada pada pelapis gagang teflon)

          Yang menjadi tanda tanya adalah kenapa hanya dengan percikan api saja klewang bisa terbakar hebat padahal dalam kelistrikan carbon fiber banyak digunakan pada kontak tegangan tinggi di PLN yang notabenenya selalu memercikkan bunga api, dan seperti kita ketahui klewang terbelah dua hingga mencair saat terbakar, ini malah lebih tidak masuk akal lagi karena carbon sememangnya tidaklah mencair, karna ia bukan senyawa atau unsur pencetak, dalam ilmu teknik, carbon jika terbakar akan kembali menjadi carbon karna ia merupakan senyawa tunggal. dan menurut penglihatan saya api yang ditimbulkan oleh bakaran carbon tidaklah merah seperti itu, itu seperti resin yang terbakar, api dari carbon yang terbakar berwarna kuning dan sedikit pudar pada pangkalnya .
          jadi kesimpulannya ada sesuatu yang aneh dengan terbakarnya klewang.” :mrgreen: ๐Ÿ˜Ž

    • kkkkkkkk…. :mrgreen: yg terbakar tuh dari kertas aja om, yg aslinya d umpetin biar jdi barang goib.. nanti pas perang tetap d umpetin biar benar2 jdi barang goib..hihihiii :mrgreen:

    • Iya bung haL ini sengaja terjadi , masaLah Negara kita dijuLuki THE MOUST AMFIBIUS ARMY , apaLagi kehadiran bintuni ini , beLum Lagi RheimetaL dukung kita buat amunis Leopard dan pembutan Tank ringan WieseL , bisa Meriang Bombay nih Tetangga kite :mrgreen:

      • Iy bung. sy jg heran tingkah laku tetangga utara & selatan kok beraninya nerobos cuman pake pesawat sipil. mereka tau kita g akan asal tembak klw yg melanggar pesawat sipil. mgkin jg mereka sudah trauma pespur mereka di tembak jatuh sama BUK-M2,HQ-16 & S-300 MPU bung ๐Ÿ˜† :mrgreen:

  6. rusak terus, kpn berlayarnya nih kapal?….

  7. big ten

  8. Dari ruang nahkoda. Kenapa korslet diruang yang ada kursi besarnya? Ini insiden kedua setelah insiden nyebur laut duluan. Perlu investigasi mendalam ini kapal proyek. Telpon KPK cepetan.

  9. Semoga bukan sabotase agar impor produk luar sejenis..m ๐Ÿ™

  10. lagi tes ketahanan terhadap api. yg dibakar duplikatnya

  11. hihihihi

    terlalu tergesah2 buat ngejar tampil di hut tni,ehh gak tampil

    lalu gak ada kabar

    sekali ada kabar ehh kebakaran

    semoga jadi pembelejaran,mau terus buat LSTnya,kasian si LEO mau ngelaut tuh ๐Ÿ˜†

  12. memang benar…kapal ini terlalu dipaksakan untuk segera turun melaut,banyak hal yg belum rampung dan di bereskan secara tergesa gesa…akibatnya…terbakar lagi
    mudah mudahan tidak terjadi kerusakan yg serius

  13. Munculnya banyak industri kapal sebenarnya sangat baik bagi negara ini, namun yg perlu diingat membuat kapal tidaklah mudah,, sehingga untuk membuat kapal yang sedemikan besar (kasus bintuni) dan sedemikan canggih (kasus klewang) seharusnya tidak perlu diburu buru…apalagi ini merupakan major order bagi DRU dan Lundin…kemmatangan seperti PT PAL yang harus dicontoh, dan proses menjadi matang itu merupakan proses yang panjang, penuh perjuangan, tenaga, pikiran, keringat dan airmata….moga2 ini menjadi pelajaran yg berharga bagi TNI AL sebagai user untuk ikut memberikan edukasi dan kontriibusi bagi seluruh galangan kapal nasional demi terwujudnya cita2 jalesveva jayamahe…

  14. saya sebagai pembayar pajak.. lebih bangga produk dalam negeri..walau sering terjadi insiden..kedepan kita pasti lebih hebat

  15. Sabotase kah? Utk menjelekan citra praduk dalam negri? Hanya tuhan yg tau

  16. Nyimak aja………
    Baru dugaan terjadi konsleting listrik, belum jelas penyebab sebenarnya terjadi kebakaran.
    Semoga bukan karena kelalaian DRU dalam memasang instalasi.

  17. Lagi2 korsleting listrik penyebabnya. apa gk ada alasan lain.

  18. Ada tetangga yg ketakutan didarati MBT Indonesia
    Shg dgn segala cara berusaha melemahkan KRI Teluk Bintuni. Mrk mengirimkan agen2 menyusup di PT. tsb dan mensabotase kapal

  19. Waduh..sabotase.? setelah KRI Klewang..

  20. Jadikan insiden ini sebagai pelajaran berharga..hal yang wajar perlu banyak belajar dari pengalaman untuk kearah yang lebih baik. Janganlah putus asa teruslah berkarya. Insyallah industri kita akan smakin kuat

  21. Waduhh.. Baru di luncur kok kebakaran kayak kri klewang lagi

  22. Bagus klo kebakarnya sekarang sebelum kapal diluncurkan dan diopersionalkan TNI AL , tidak ada suatu produk yang dibuat tanpa melewati fase trail dan error, kecuali yang bikin Gusti Allah, semoga dengan penerapan sistem K3 di dok ato galangan kapan akan menghasilkan produk yang bermutu, maju terus galangan kapan Indonesia semoga menghasilkan produk kapal sipil dan militer yang terbaik di dunia..

  23. ya mungkin kebakaran sebagian
    bukan kayak klewang
    kadang2 kan media tidak bisa menjelaskan secara gamblang supaya publik berpikir lain
    hehe

  24. Nga papa namanya br belajar bikin ya sedikit sedikit di perbaiki, negara sekelas as aja produk nga lngsung sempurna.

    • nih komen yang gua suka, lebih baik introspeksi sambil memperbaiki yang belum benar, jangan malah dikira imitasi lah konspirasi lah, barang tiruan lah sebgaja dibakar lah, dipikir buat kapal segede gitu murah kali, apalgi sudah ada peresmian pula…..hduuuh cpek deh

  25. Batalin kontraknya aja dah…..yg terlanjur bayar dan jadi buat angkut truk aja jgn dipake angkut tank terlalu berisiko atau dihibahkan aja ke pemda

  26. Klo galangan kapal itu dilihat dari fasilitasnya, seperti nggak meyakinkan ????

  27. walaupun terbakar saya masih tetap bangga pembuatan kapal tersebut.. pembuatan kapal sebesar itu membutuhkan keahlian, teknik, dll. dengan adanya kejadian itu ada hikmah yang diperoleh dan pasti ada ilmu/ inspirasi baru dalam teknik pembuatan kapal sebesar itu untuk diaplikasikan kedepannya.. dan saya yakin dalam kejadian ini tidak akan ada pembiaran terus menerus

    tidakkah suatu perjuangan membutuhkan pengorbanan??

 Leave a Reply