Dec 212014
 

image

Jakarta – Dua Kapal pencuri ikan ditenggelamkan di Teluk Ambon oleh TNI AL. Penenggelaman kapal ini disaksikan Panglima Komando Armada Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Ari Henrycus Sembiring. “Sudah, sudah ditenggelamkan,” demikian jelas Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, Mayor Laut Eko Budimansyah saat dikonfirmasi detikcom pukul 12.00 WIB, Minggu (21/12/2014).

Kapal besar yang akan ditenggelamkan pagi ini, Minggu (21/12/2014) pada pukul 10.00 WIT, merupakan 2 dari 8 kapal yang ditangkap di Laut Arafura dengan berbendera Papua Nugini. Saat ditenggelamkan, posisi Kapal bernama KIA Century 4 dan Century 7 sudah berada 2 mil dari Pantai di sekitar Amahusu.

Kapal-2

Dari informasi yang didapat, kapal Century 4 berbobot 250 grosston dan Century 7 memiliki bobot 200 grosston. Saat ditangkap pada 9 Desember lalu, Century 4 memiliki muatan 43 ton ikan sementara Century 7 membawa 20 ton ikan.

Meski berbendera Papua Nugini, seluruh ABK 2 kapal Century ini berkewarganegaraan Thailand. Cenrtuy 4 membawa 45 ABK dengan nahkoda bernama Thanaphom Pamnisti, dan Century 7 dinakhodai oleh Thong Ma Lapho dengan ditumpangi oleh 17 ABK.

image

Dua kapal berwarna biru dengan lambung hijau ini biasa berlabuh di Port Reg Bangkok, Thailand, dan hanya memiliki dokumen Papua Nugini. Meski tak memiliki dokumen Indonesia, mereka nekat menangkap ikan dengan tujuan komersil di Laut Arafura, Maluku. Tindakan penenggelaman kapal sudah sesuai dengan aturan dan dikabulkan oleh pengadilan setempat.

“Menyatakan memberikan izin kepada Komando Armada RI kawasan Timur Pangkalan Utama TNI AL IX untuk melakukan pemusnahan/penenggelaman barang bukti kapal KM Century 7/PNG-064,” demikian kutipan surat penetapan penenggelaman Kapal Century 4 dan Century 7 yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Ambon. (Detik.com).

  89 Responses to “Dua Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan di Teluk Ambon”

  1. Mantaab lanjut terus tenggelamin maling2

  2. Pertamax rupanya

  3. Nampaknya Pemerintah ngga main2 trhdp aksi pencurian ikan ne.
    libur tlah tiba…
    jd Puput bs absen lg di Jakarta Greater ne..

  4. penengelaman ini publishnya sangat luar biasa sekali,jadi terkesan kejar setoran.alangkah baiknya dipublishkan juga upaya pencegahan lain bagi ilegal fishing antara lembaga terkait.

    • penenggelaman emang hrs di publis agr gaungnya terdengar jauh sampai ke negeri seberang biar ada effec gentarnya, jngan berfkir negatif tp berfikirlah bahwa apapun yg di lakukan pemerintah jelas untuk kepentingan indonesia.

  5. nunggu komentar mbah bowo :cool

  6. Bravo !!!
    kenapa tidak 8 kapal nya sekalian yang ditenggelamkan ???

  7. Lanjutkaaannn ….

  8. Yg gedel aja yg ditenggelamkan yg tradisional jgn ya

  9. MOHON JANGAN SEMBORONO

    JANGAN PAK, KASIAN NELAYAN MISKIN

  10. MBAH BOWO FOR PRESIDEN… HIDUP MBAH BOWO…!!! HIDUP MBAH BOWO…!!! HIDUP MBAH BOWO…!!!
    AYOOO…. DUKUNG MBAH BOWO…. HAHAHHAHAHAHAHAHHA

    MBAH BOWO PRESIDEN RI PERIODE 3019-3024

  11. lanjutkann

  12. MOHON…
    MOHON….

    MOHON JANGAN DITENGGELAMKAN, KASIAN PAK NELAYAN KECIL YANG CUMA NYURI IKAN TERI KOK DITENGGELAMKAN ???

    BERAPA SEH HARGA IKAN TERI DAN IKAN KECIL KECIL?

    MOHON JAKSA AGUNG DIPATUHI, KAPAL ASING JANGAN DI BAKAR TAPI DI LELANG.

    • KAPAN HARI JAKSA AGUNG SUDAH BILANG DEK, JANGAN DITENGGELAKAN, TAPI DILELANG SAJA.

      MOHON JANGAN SEMBORONO, HARUS TAAT HUKUM,
      DI PROSES HUKUM DULU, JANGAN MAEN TENGGELAMKAN KAPAL, MALU DENGAN NEGARA TETANGGA.

      KASIAN PAK NELAYAN MISKIN, KEPANASAN CARI IKAN.

      • mbah.. kl kapal dilelang tar pemiliknya pastï mampu belï lagï..soalnya dr hasil nyuri tu uangnya dah milyaran.. kecil kl cm nebus kapal.. tujuan diledakkan tu biar kapok.. bayangin ada 5.000 kapal lebih.. kalo muatanya/ikanya memang dilelang mbah..

    • kapal kecil kok 100ton lebih

  13. Lanjuttt,,ngk ush sungkan…

  14. jangan banyak” nenggelimnya, pencemaran om

  15. ditunggu kapal yg dari tiongkoknya…

  16. Kapal pencuri ikan ASING = tangkap dan tenggelamkan.
    Setelah ijin tangkap kapal mulai dibuka lagi = Bayar retribusi yang mahal, 10x lebih mahal daripada kapal nelayan lokal, kecuali membuat tempat pengolahan ikannya di Indonesia dan ekspor dari Indonesia. Kapalnya harus dipasangi peralatan yg lengkap utk bisa dipantau real time.
    Buat aturan yg jelas dan transparan dengan menutup peluang penyelewengan dan pungli ijin.
    Lanjutkan terus Bu SUSI, demi kejayaan NKRI.

  17. mantap nih,trus bakar sj kpal2 ilegal itu jendral…like this

  18. mbah bowo kapan giliranya di bom tni hahahahahahahah

  19. Lanjutkan TNI-AL basmi para maling…klo 1 kilo ikan saja di hargai 20ribu Coba brp duit Klo yg dicuri itu hampir 45Ton itu baru satu kapal klo ada 100 bahkan 1000 kapal yg mencuri apa harus di biarkan kan kelakuan para maling seperti ini..nasib baik para ABK nya gak di penjara juga langsung di deportasi lha wong maling ayam saja dipenjara plus dipukulin kok klo ketangkep padahal harga ayamnya mngkin lebih murah dri Ikan yg dicuri oleh asing

  20. Bagus tenggelam kan aja pak..justru mereka harus tau diri..dan tahu hukum indonesia dan internasional…dah puluhan tahun di biarkan…makin lama makin keenakan…

    • Mohon dijaga hub baik dengan tion gkok, jgn bakar kapal tiongkok. smoga bu susi tetap gunakan cara kekeluargaan thd kapal dari tiongkok. Semua bisa dib icaraakan, demi hub baik dengan tanah leluhur

  21. pemerintah singapore mendukung pemerintah indonesia menenggelamkan kapal2 asing yg melakukan ilegal fishing..cm harus adil tidak tebang pilih.
    Singapore mungkin nyindir pemerintah indonesia yg nggak berani nenggelamkan kapal2 dari china

  22. hancurkan seluruh musuh indonesia, termasuk maling-maling ikan meskipun itu china

    • Mohon bung kami juga wni cinta n egri ini, tapi kami tetap ingin agar ad hub baik dengan tanah leluhur. Smoga bu susi tetap gunakan diplomasi dan cara kekeluargaan khusus thd kapal tion gkok. Sy dukung bu susi

  23. mbah bowo bilang mereka nelayan kecil, yang ambil ikan teri. waduh yang diambil tuh tuna mabh, kadang juga cakalang yang punya nilai ekonomis tinggi. gimana sih.

  24. Penenggelaman kapal pencuri ikan ini memang perlu, tujuannya ingin melindungi kekayaan laut Indonesia dan pelindungi nelayan2 kecil Indonesia, agar para nelayan lokal bisa menikmati hasil tangkapan yang melimpah, otomatis kesejahteraan nelayan akan terus membaik.. Sbelumnya Mohon maaf kepada Mbah Bowo, kita tidak perlu merasa kasian dengan para pencuri asing itu, mereka jelas2 salah, mengambil sesuatu yang bukan haknya..

  25. bagus lanjutkan, berarti baru 5 kapal, saya mau hitung berapa kira2 dalam 1 tahun yg di tenggelemin!

  26. jika melihat apa yang terjadi saat ini…sepertinya negeri ini sedang mencoba menunjukan jatidirinya pada dunia bahwa indonesia telah hadir sebagai penguasa tunggal dikawasan asia tenggara.apalagi kini kemampuan militernya mulai diatas para tetangganya..pembangunan alusista dijaman pak SBY dan digunakan pada saat ini[pak jokowi] telah membuat para tetangga merinding sekaligus meradang.apalagi kini dana tuk pembangunan alusista akan ditambah berlipat kali.mari kita tunggu apa yang kan terjadi nantinya bila moncong22 meriam mulai mengaum dan mengetarkan banyu bening !!!

    • Ini komen yg berimbang….begini yg berfikir bijak. Hargai dan apresiasi presiden yg lama. Dan dukung langkah presiden yg baru asal demi NKRI.
      saya like bung PH.

  27. Maling ikan ini sebenernya dah berlangsung puluhan tahun, ga cuma tetangga dekat aja tersangkanya, tetangga jauh juga. Supaya smooth…selain pressing TNI AL,Airut,dll harusnya program mulia ini dilakukan secara komprehensif, gak parsial “above the line” kayak gini.

    • Sy yakin bu susi akan gunakan cara diuplomasi thd kapal2 tiongkok dan tidak akan membakarnya. Bu susi sudah panggil dubes tiongkok, semua dibicarakan dengan kekeluargaan karna tiongkok dan indonesia punya kedekatan

  28. mbah bowo kya yang udah ikut sm nlayan asing aja..hdoohh..
    masa jauh jauh buat nyuri ikan teri..
    la kalo ngomong yg d fikir dlu lo mbah..jkgr malu punya folower kya situ ngmong nya gx karuan kaya yang ngigo…

  29. mbah bowo kya yang udah ikut sm nlayan asing aja..hdoohh..
    masa jauh jauh buat nyuri ikan teri..
    la kalo ngomong yg d fikir dlu lo mbah..jkgr malu punya folower kya situ ngmong nya gx karuan kaya yang ngigo…
    lg minum ya…xixixi..

  30. Jangan di bom.. Tp langsung di rudal aja semua :2thumbup

  31. saya pernah liat angkatan laut Rusia mempermainkan kapal pencuri ikan dengan menembaki bagian mesin kapal dengan senapan 12,5 mm. akhirnya mesinnya terbakar, lalu di padamin n di semprot pake air oleh ALnya itu. habis di tembakin, di padamin sendiri.. hehe

  32. Mbah Bowo ngomong kayak kentut

  33. seharusnya ribuan kapal ikan di tahan karena karena tidak memiliki dokumen pelayaran yg lengkap
    serta ratusan kapal di bakar atau di tenggelamkan. bukan yg kita liat sekarang belasan atau puluhan
    yg di bakar tapi sisanya pada kabur. kan lucu klo seperti ini kejadianya

    • lebih lucu kemarin2 kalee bung,

      sikon persis sama tapi gak jadi perhatian siapapun termasuk presiden + pemerintah

      sekarang bahkan berbagai lapisan masyarakat jadi aware tentang masalah ini…

      • Ga usah mbanding2in. Jaman dlu udah ada kok penenggalaman kapal ilegal, tapi ga seheboh saat ini. Pemberitaan jaman sekarang ga etis. Kapal bendera papuanugini, thailand, vietnam dsb dengan hebohnya di beritakan di bom lah diledakan di tenggelamkan, saya pikir tidak etis. Kta ASEAN bung, budaya timur. Ada hal yg memang sengaja kita tidak publish untuk menjaga kerukunan.

  34. perintah presiden tentang penenggelaman kapal pencuri ikan merupakan perintah yg tegas, berani dan mendidik……….TNi harus melaksanakan 100% perintah tersebut
    sebab apabila dikasih “kebijakan maaf” pasti dan pasti akan mengulanginya lagi dan dalam maaf tersebut biasanya ada “uang damai”…
    NKRI jgn mau diatur oleh negara lain/lembaga dunia/aturan kapitalis…..Ingat!!! kedaulatan bangsa atas laut NKRI tidak ada posisi tawar…Merdeka

 Leave a Reply