Mar 262019
 

KRI Teluk Celukan Bawang-532 tiba di Dermaga Pangkalan TNI AL Sabang pada hari Sabtu 23 Maret 2019, sedangkan KRI Sultan Thaha Syaifudin-376 tiba pada hari Minggu 24 Maret 2019.

Sabang, Aceh, Jakartagreater.com    –    Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E., dan Perwira Staf Lanal Sabang beserta Tim Merflug Prajurit Lanal Sabang menyambut kedatangan KRI Sultan Thaha Syaifudin-376 dan KRI Teluk Celukan Bawang-532 di Dermaga Lanal Sabang, Aceh.

KRI Teluk Celukan Bawang-532 tiba di Dermaga Pangkalan TNI AL Sabang pada hari Sabtu 23 Maret 2019, sedangkan KRI Sultan Thaha Syaifudin-376 tiba pada hari Minggu 24 Maret 2019. Kedatangan Kapal Perang milik TNI AL tersebut untuk saling mendukung kegiatan patroli rutin yang saat ini sedang dilaksanakan disekitar Perairan Aceh.

Untuk mendukung kelancaran patroli yang sedang dilaksanakan oleh KRI Sultan Thaha Syaifudin-376 yang merupakan Kapal Korvet Kelas Parchim, kapal ini didesain untuk perang anti kapal selam di perairan dangkal dan pantai.

Pejabat Komandan Kapal saat ini Letkol Laut (P) Eko Budi Prabowo, sebelumnya KRI Sultan Thaha Syaifudin-376 tiba dari India setelah melaksanakan Latihan Gabungan Antar Negara. Sedangkan KRI Teluk Celukan Bawang-532 merupakan armada pendarat bagi pasukan Marinir TNI AL dan juga sebagai kapal pengangkut logistik. Yang saat ini dijabat oleh Komandan Kapal Mayor Laut (P) Faruq Supriyantoro.

Sebagai salah satu tugas pokok kapal pengangkut logistik, KRI Teluk Celukan Bawang-532 yang sedang melaksankan Operasi Alur Udaya yang di BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada I Wilayah Barat, akan melaksanakan suplay bahan bakar solar murni ke KRI. Sultan Thaha Syaifudin-376 tiba dari India dan akan melanjutkan Operasi Rakata Jaya.

Keberadaan 2 Unsur Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut dari Jajaran Komando Armada I di Sabang, untuk menjamin keamanan pengguna laut juga menjamin kenyamanan menjelang Pemilu Tahun 2019. (Dispen Koarmada I)