Dua KRI Perkuat Koarmabar

Prajurit Satkor Koarmabar melaksanakan Latihan Visit Board Search And Seizure (VBSS)

Dua KRI Perkuat Koarmabar 1

Tanjungpinang – Dua Kapal Republik Indonesia (KRI) jenis patroli yang diproduksi PT Karimun Anugerah Sejati akan memperkuat Komando Armada Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar).

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S Irawan, di Dermaga Yos Sudarso Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat, 24/3/2-17 mengatakan pengoperasian dua KRI itu diresmikan oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi pada 31 Maret 2017 di Batam.

“Kapal canggih ini buatan anak bangsa, yang bekerja di PT KAS, Batam. Ini akan memperkuat alutsista TNI AL untuk memberantas kejahatan di perairan barat Indonesia,” ujar Irawan, yang masih merahasiakan nama dua KRI itu.

Dia mengemukakan jumlah personel pada masing-masing KRI sekitar 40 orang. Di atas kapal itu terdapat meriam kaliber 30 MM dan senjata kaliber 12,7 MM.

“Kapal ini akan memperkuat pengawasan di kawasan perbatasan,” katanya.

Sementara terkait usulan Lantamal IV agar TNI AL memiliki KRI bernama Raja Haji Fisabilillah, Irawan mengatakan usulan itu diterima Koarmabar, dan sudah disampaikan kepada KSAL.

“Mudah-mudahan segera terealisasi,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Antara, Oktober tahun 2016 PT KAS memproduksi dua kapal dengan nama KRI Torani 860 dan KRI Lepu 861 untuk memperkuat sistem pertahanan di wilayah barat Indonesia, tepatnya di sepanjang Selat Melaka.

Antara

Leave a Reply