Dua Orang Rusia Bicara Tentang Alutsista Indonesia

Jet tempur Su-35 (photo : Vitaly V. Kuzmin)

Harian terkemuka Rusia, Tass.com mengatakan Kontrak untuk pengiriman jet tempur Rusia Su-35 untuk Indonesia akan segera ditandatangani. “I believe it will be signed in the coming months,” ujar Director for International Cooperation and Regional Policy of Russia’s state hi-tech corporation, Rostec Viktor Kladov, 17 Februari 2017.

Tak lama kemudian muncul pernyataan dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, Senin, 27/2/2017. Seperti yang dilansir Viva.co.id Galuzin menegaskan kerja sama teknis antara Indonesia dan Rusia yang terkait pertahanan, akan diperkuat tahun ini. Berbagai pembicaraan dan pembahasan juga telah dilakukan kedua negara.

“Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Indonesia tertarik dengan berbagai tipe persenjataan dari Rusia. Kami siap untuk melakukan dialog dengan pemerintah RI terkait hal ini,” ujar Galuzin, di Jakarta, Senin, 27 Februari 2017 kepada Viva.co.id

Menurut Galuzin, kerja sama bilateral kedua negara terutama dalam bidang militer sangat positif dan mengalami kemajuan signifikan. Dalam beberapa waktu terakhir juga telah ditandatangani finalisasi pembelian pesawat tempur Rusia ke Indonesia. Namun Galuzin tidak merinci kerjasama pertahanan yang dimaksud.

Sebelumnya, Direktur Kerjasama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec, Viktor Kladov, mengatakan kepada TASS pada Jumat 17/2/2017 bahwa sebuah kontrak untuk pengiriman jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia untuk Indonesia diharapkan ditandatangani dalam beberapa bulan mendatang.

“Kami berharap bahwa kontrak untuk pesawat Su-35 akan ditandatangani dalam waktu dekat. Saya percaya itu akan ditandatangani dalam beberapa bulan mendatang,” ujar Kladov seperti dilansir TASS pada Sabtu (18/2/2017).

Semoga saja pernyataan Mikhail Galuzin terkait dengan informasi yang disampaikan oleh Viktor Kladov, tentang pembelian Su-35 oleh Indonesia.

Sumber : Tass.com & Viva.co.id

Tinggalkan komentar