Dua Pesawat Aerobatik Jupiter TNI AU Tabrakan di Malaysia

77
70
Tim Jupiter saat beraksi di Singapore Air Motor Show (AFP)
Tim Jupiter saat beraksi di Singapore Air Motor Show (AFP)

Jakarta – Dua pesawat aerobatik jenis Wong Bee KT-1B bertabrakan di udara. Empat pilot yang berada di dalam pesawat selamat.

“Iya, kejadiannya siang hari ini. Dua pesawat dan empat pilot selamat,” kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2015).

Peristiwa ini terjadi di Langkawi, Malaysia. Para pilot tim Jupiter sedang mengikuti gladi resik dalam rangka persiapan pameran dirgantara di negeri jiran tersebut.

Hadi belum bisa menyebutkan identitas empat pilot tersebut. Yang pasti, kondisi mereka kini baik-baik saja.

Tim aerobatik Jupiter namanya sudah mendunia. Mereka kerap mengikuti berbagai ajang kejuaraan dan pameran di berbagai belahan negara. (Detik.com).


Jakarta – Dua pesawat Wong Bee KT-1B yang digunakan tim aerobatik Jupiter TNI AU bertabrakan saat latihan di pameran dirgantara Langkawi, Malaysia. Para pilot selamat berkat kursi lontar.

“Ini collission (tabrakan). Jadi rentetan sesama Jupiter. Para pilot sekarang kondisinya sehat, mereka selamat karena pakai kursi lontar,” kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2015).

Hadi belum bisa menjelaskan data soal para penumpang. Dia masih akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Peristiwa ini terjadi siang tadi, sekitar pukul 12.00 waktu setempat. Tim aerobatik Jupiter sedang latihan untuk tampil sebelum digelar acara pameran dirgantara pada 17 Maret lusa.

“Ini undangan dari negara sana. Tapi saya belum monitor berapa total pesertanya,” jawab Hadi.

Tim aerobatik Jupiter namanya sudah mendunia. Mereka kerap mengikuti berbagai ajang kejuaraan dan pameran di berbagai belahan negara.

Panglima TNI Jenderal Meoldoko bahkan selalu mengungkapkan kebanggaannya pada Jupiter.

“Jupiters itu sudah banyak show di luar negeri ada beberapa negara dan para panglima negara-negara Asean yang sudah nonton Jupiter, ‘nanggap’ istilahnya, semuanya berterimakasih dan kagum dengan Jupiter kita,” ujar Moeldoko (Detik.com).

77 KOMENTAR

  1. bangga sich tapi jangan berlebihan
    pesawat itu dibeli dari uang rakyat, jadi pergunakan sebagaimana mestinya
    pesawat itu digunakan untuk melatih pilot untuk menangkan pertempuran udara bukan untuk mahir main sirkus,,,,maaf sekedar ikut prihatin saja

    • Membantu tambahan sudut pandang buat bro putra petir…
      “Kehadiran tim aerobatik TNI-AU di negara tetangga atau negara sahabat adalah bentuk diplomasi udara bahwa Indonesia memiliki penjaga wilayah udara yang tangguh, terampil, terlatih”.

    • SETUJU. Tim aerobatik bukanlah solusi untuk memamerkan ketangguhan dan kemampuan penerbang TNI AU. TNI AU sudah serba kekurangan dari segi alutsista dan dana masih sempat bermain dengan resiko yang tidak perlu. IMO, satu pesawat demonstrator saja sudah cukup untuk unjuk gigi kemampuan pilot TNI AU.

      Kejadian gini sama dengan buang-buang duit, jam terbang, energi, pikiran, ego, rekor keselamatan, dll untuk impian yang tidak perlu.

    • Coba lihat dari sisi lain Bung ,Ini juga sebagai alat diplomasi .Kita kasih tahu dunia bahwa kita punya pilot pilot yang hebat,berani nyerempet nyerempet bahaya. Kita kan sering kesal diremehkan negara lain,nah ini salah satu alat untuk meningkatkan penghargaan negara lain pada kita..

    • Anda hapal dengan yg namanya KRI DEWARUCI kapal kelas Barquentine dengan 3 tiang tingginya fungsinya untuk melatih para kadet AAL, Peran KRI Dewaruci menjadi multi fungsi, selain sebagai wahana pendidikan dan pelatihan Kadet AAL, juga membawa MISI DIPLOMASI sekaligus MISI KEBUDAYAAN memperkenalkan Indonesia ke Manca Negara…. lalu apakah anda ikut prihatin juga dengan pembelian KRI DEWARUCI karena bukan murni untuk melatih kadet AAL tp juga membawa misi diplomasi dan kebudayaan dengan melakukan muhibah ke berbagai penjuru nusantara bahkan ke luar negri….saya sepakat dengan bung Pager Wojo kehadiran team Jupiter adalah sebagai bentuk diplomasi udara bahwa kita memiliki pilot-pilot terampil penjaga langit nusantara…Salam!

  2. Turut berduka atas insiden yg terjadi, TNI AU hrs mengusut tuntas insiden yg terjadi termasuk faktor human error dg mengkaji kembali parameter2 utk pilot yg ikut dlm event2 yg ada, Sebentar lg SU 35 akan hadir semua parameter harus dijalankan dan dikontrol dg benar.

  3. TOLONG PAK TNI, BEGAL MOTOR MAKIN MERAJALELA, MASAK TUKANG BUBUR DIBEGAL JUGA. KASIAN PAK RAKYAT MISKIN KASIAN.

    MBAH BERPENDAPAT :
    DARIPADA TNI DI BARAK MENDING DIPERBANTUKAN MEMBERANTAS BEGAL MOTOR DENGAN CARA :
    1. DIBERIKAN MOTOR BARU SEBAGAI UMPAN PANCINGAN BEGAL MOTOR
    2. DISURUH LEWAT TEMPAT SEPI SEPI SENDIRIAN PAKE MOTOR BARU DENGAN SENJATA AK 47 BERMAGAZINE FULL BERADA DI TAS RANSEL BELAKANG.
    3. SAAT DIBEGAL MAKA TNI LANGSUNG MENGELUARKAN AK 47 DAN MEMBERONDONG BEGAL MOTOR SAMPAI USUSNYA BEGAL MOTOR TERBURAI.
    4. WARGA HARUS SIAP SIAGA, HARUS SIAP BENSIN, JADI KALAU ADA BEGAL YANG TERTANGKAP LANGSUNG SAJA SI BEGAL DIMANDIIN PAKE BENSIN, DAN LANGSUNG DI SULUT KOREK API.
    5. PERCUMA PAK KALAU DIPENJARA CUMA 3 BULAN SAJA, ABIS ITU BISA KELUAR KARENA DITEBUS.

  4. Kalau istilah pilot USAF : the plane goes back to the tax payer… ( istilah untuk pesawat2 yg tidak bisa tenabang lagi, dipulangkan ke rakyat/pembayar pajak)
    Insyallah balik lagi ke Indonesia team aerobatik ELANG BIRU dgn F 16 nearer.com

  5. kayanya klo sabotase malaysia gak mgkin, soalna akhir2 ini malaysia mulai tahu diri trhdap Indonesia, gak tau kalo dikait2kan beritanya dgn prajurit yg nyelonong krna ngejar penjahat, mgkin ada yg ingin mmbenturkan Indonesia dgn malaysia,

  6. Tentunya turut prihatin. Mudah-mudahan benar bahwa tidak ada korban jiwa. Kejayaan bangsa ini mahal harganya. Ketika seluruh rakyat tetap menjaga semangat, semoga makin berkurang oknum pejabat yang berperilaku tidak terhormat. TNI ku……… terus maju!

  7. Ucapin Alhamdulilah… kl bukan Karna kehehdak Allah Bisa saja musibahnya lebih buruk dari itu,,
    nah jangan dipikirin pesawatnya insyaallah bisa di ganti tapi nyawa manusianya yg penting selamat sehat tidak kurang satu apapun kembali bertugas dan berkumpul sama keluarga. bisa diambil hikmahnya dari kejadian ini… insyaallah kedepannya para pilot lebih hati2 dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak terjadi hal yg serupa dikemudian hari. jangan berfikir negatif apalagi buruk sangaka 🙂

    • yup…setuju om….!!!
      ilmu mereka yg penting….
      pengetahuan atas pengalaman tabrakan yg mereka alami tentunya akan diturunkan pada generasinya kelak…
      supaya ga terulang….
      ini kata kata dosen saya dulu…pas sidangnya ada yg salah…

  8. kalau aq jadi panglima atau marsekal, pilot harus pandai akrobatik….
    jika tabrakan dan selamat malah dikasih bintang penghargaan karena bisa menyelamatkan diri…
    dengan selamat dia bisa berperang lagi dan menghancurkan musuh…
    jika kita cuma suka nyimpan pesawat aja tanpa dipakai maka menjadi teknologi yang tidak sempurna…
    jaya terus jupiter