Dua Pesawat Aerobatik Jupiter TNI AU Tabrakan di Malaysia

Tim Jupiter saat beraksi di Singapore Air Motor Show (AFP)
Tim Jupiter saat beraksi di Singapore Air Motor Show (AFP)

Jakarta – Dua pesawat aerobatik jenis Wong Bee KT-1B bertabrakan di udara. Empat pilot yang berada di dalam pesawat selamat.

“Iya, kejadiannya siang hari ini. Dua pesawat dan empat pilot selamat,” kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2015).

Peristiwa ini terjadi di Langkawi, Malaysia. Para pilot tim Jupiter sedang mengikuti gladi resik dalam rangka persiapan pameran dirgantara di negeri jiran tersebut.

Hadi belum bisa menyebutkan identitas empat pilot tersebut. Yang pasti, kondisi mereka kini baik-baik saja.

Tim aerobatik Jupiter namanya sudah mendunia. Mereka kerap mengikuti berbagai ajang kejuaraan dan pameran di berbagai belahan negara. (Detik.com).


Jakarta – Dua pesawat Wong Bee KT-1B yang digunakan tim aerobatik Jupiter TNI AU bertabrakan saat latihan di pameran dirgantara Langkawi, Malaysia. Para pilot selamat berkat kursi lontar.

“Ini collission (tabrakan). Jadi rentetan sesama Jupiter. Para pilot sekarang kondisinya sehat, mereka selamat karena pakai kursi lontar,” kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2015).

Hadi belum bisa menjelaskan data soal para penumpang. Dia masih akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Peristiwa ini terjadi siang tadi, sekitar pukul 12.00 waktu setempat. Tim aerobatik Jupiter sedang latihan untuk tampil sebelum digelar acara pameran dirgantara pada 17 Maret lusa.

“Ini undangan dari negara sana. Tapi saya belum monitor berapa total pesertanya,” jawab Hadi.

Tim aerobatik Jupiter namanya sudah mendunia. Mereka kerap mengikuti berbagai ajang kejuaraan dan pameran di berbagai belahan negara.

Panglima TNI Jenderal Meoldoko bahkan selalu mengungkapkan kebanggaannya pada Jupiter.

“Jupiters itu sudah banyak show di luar negeri ada beberapa negara dan para panglima negara-negara Asean yang sudah nonton Jupiter, ‘nanggap’ istilahnya, semuanya berterimakasih dan kagum dengan Jupiter kita,” ujar Moeldoko (Detik.com).

Tinggalkan komentar