Dua Pesawat Tempur Multirole MiG-29M/M2 Mesir

28

Dua pesawat tempur MiG-29 baru yang dibangun di Kompleks Produksi No. 1 RAC MiG di Lukhovitsy (wilayah Moskow) untuk Angkatan Udara Mesir terlihat beredar di dunia maya.

MiG-29M berkursi tunggal tersebut terlihat dengan tail number 8705 (705) dan kursi tandem MiG-29M2 dengan tail number 8804 (804).

Gagal mengakuisisi MiG-35 karena terlalu mahal, Mesir memilih MiG-29M2 yang merupakan salah satu pesawat tempur multirole dengan kemampuan ganda, selain supoerioritas udara, MiG-29M2 juga mampu melakukan serangan permukaan, didarat dan laut, juga mampu beroperasi siang dan malam hari.

MiG-29M2 menggunakan badan terbuat dari bahan komposit dan lapisan cat khusus untuk mengurangi deteksi radar musuh. Terdiri dari dua varian, berkursi ganda dan berkursi satu. Untuk MiG-29M2 dengan satu kursi mendapat tambahan tanki bahan bakar dibelakang kokpit untuk semakin memperpanjang daya operasinya.

Keunggulan lainnya dari MiG-29M2 konon mampu mengadopsi bukan hanya persenjataan Rusia namun juga persenjataan buatan Eropa.

27 KOMENTAR

    • TNI AU tidak akan berminat dngan MIG.. daripada MIG mending F-16 viper, atau menambah lgi SU-35, atau bahkan membeli pesawat generasi ke-5 sekalian. MIG itu pesawat multirole, Indonesia sudah lumayan banyak jenis pesawat multirole seperti F-16 dan SU-30.. mending menambah Air Superiority yg sekarang hanya dipegang 5 SU-27..

      • F-16 Viper, saya sedikit kurang respect dengan upgrade untuk meningkatkan jarak tempuh dengan menambah kemampuan membawa minyak… secara langsung pasti berpengaruh ke kemampuan aerodinamisnya… hanya gara2 sekarang ini lebih disukai jet tempur dengan kemampuan jelajah yang jauh…
        Sebenarnya F-16 versi lama itu sudah yang terbaik secara aero dinamisnya… bandingkan dengan Sukro atau Mig yang tidak mengorbankan aerodinamisnya dalam setiap pengembanganya…