Apr 072016
 

Musibah terjadi saat gladi bersih perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI Angkatan Udara. Dua prajurit TNI AU yang sedang terjun payung di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur tidak mendarat sempurna. Akibatnya, kedua penerjuan payung itu, yang bernama Kopral Dua (Kopda) Beni dan Prajurit Satu (Pratu) Supranoto meninggal dunia.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Dwi Badarmanto membenarkan insiden tersebut.

Marsma Dwi menjelaskan, kedua penerjun tersebut terbang dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules. Namun saat melakukan penerjunan, salah satu tali parasut penerjun terbelit sehingga susah dikendalikan lalu mendarat di atas rumah warga di Kompleks TNI AU.

Salah satu penerjun payung TNI AU yang parasutnya gagal mengembang sempurna dalam gladi resik HUT ke-70 TNI AU, di Pangkalan Udara Utama TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis siang (07/04).

Salah satu penerjun payung TNI AU yang parasutnya gagal mengembang sempurna dalam gladi resik HUT ke-70 TNI AU, di Pangkalan Udara Utama TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis siang (07/04).


“Yang satu penerjun di Selatan itu mendarat sempurna, cuma saat mendarat anginnya besar sekali jadi kena impact dan terbentur. Saat ini keduanya sudah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan,” ujar Marsma Dwi.

Marsma Dwi menduga, insiden tersebut terjadi akibat kendala teknis karena dalam penerjunan, parasut memiliki tingkat keselamatan 80% dan penerjun risiko kecelakaannya 20%. “Kalau payung membelit itu merupakan teknis. KSAU sudah tahu, beliau orang pertama yang tahu,” jelasnya.

Meski terjadi insiden tersebut, Marsma Dwi memastikan peringatan HUT TNI AU tetap berjalan sesuai rencana. Ia pun mengimbau agar semua prajurit tetap semangat karena insiden itu bukan sesuatu yang diinginkan, sehingga harus lebih berhati-hati.

liputan6.com dan sindonews.com

 Posted by on April 7, 2016

  76 Responses to “Dua Prajurit Paskhas Meninggal Dalam Gladi Terjun Payung”

  1.  

    Waduh

  2.  

    Turut berduka cita…

  3.  

    Innalillahi wainna ilahi rojiun

  4.  

    Turut berduka cita,,

  5.  

    Masa tugas 2 kusuma bangsa telah habis untuk selama2 nya… Turut berduka innalillahi wa innailaihiroji’un… Hiks…hiks..hiks.

  6.  

    Turut berduka cita.

  7.  

    1 persen aja gede 20/% alamak ini gilaaa,,, omongannya enteng banget kendala teknis,, seakan2 pasrah dan otak males mikir,,, dianggap musibah dg alesan yg kurang ajar,,, 20 % katanya, bukannya standar penerjun itu bawa dua parasut, satu parasut utama dan satu cadangan, faktor angin, apa gak diperhitungkan sama sekali, pasti ada caranya, kalo yg gini2 gak diatasin kok bisa prajurit2 pas mau nyerang Irak anginnya gwede pisan bisa2 aja mendarat dg sempurna…gk bisa ngomong apa2 kalo prajurit kaya gini,,,,

  8.  

    Turut berduka cita

  9.  

    AJAL MENJEMPUT DENGAN DI SAKSIKAN BANYAK ORANG…YA AMPUN.,,ADAKAH YG PUNYA PEMIKIRAN.. HELY STAND BY UNTUK MENGANTISIPASI..PARASUT TIDAK MENGEMBANG…?????

  10.  

    Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un… manusia hanya bisa berusaha. Tp takdir Allah lah yang menentukan… πŸ™

  11.  

    Kalo liat parasutnya bulat ya…harusnya sdh mengembang sejak keluar dr pesawat. Ada yg tahu teknisnya knp bs terbelit?

  12.  

    Seakan tdk percaya klo mendengar kejadian kejadian spt itu. Blm ada sebulan yg lalu penerjun meninggal di pantai jogja skrg tjd lg.

    Beneran.. sulit utk mempercayainya..

    Terlihat dlm video yg ditayangkan di tv ttg proses kegagalan mendarat. Terbayang berbagai mcm perasaan dan pikiran penerjun dari sejak parasut tdk mengembang sempurna sampai terjatuh di tanah.. mungkin berdoa, mungkin membayangkn wajah wajah keluarga, mungkin mendoakan teman.. keluarga dsb..

    Semoga kedua penerjun di terima di sisi-Nya. Dan keluarga yg ditinggalkn di berikan ketabahan. Amin

  13.  

    Turut berduka cita atas gugurnya prajurit TNI-AU
    Dalam 6 bulan ini sudah beberapa kali musibah kecelakan terjadi ditubuh TNI-AU entah apa yg sedang yg menimpa TNI-AU akhir2 ini

  14.  

    turut berduka cita.semoga almarhum diterima disisiNYA,dan untuk keluarganya semoga sabar dan tabah

  15.  

    Dia yang tak gentar bertaruh nyawa…
    Dia yang gagah berani menerjang bahaya…
    Dia yang bercucuran keringat dan darah…
    Semua demi nusa dan bangsa…

    Kini… tugasmu telah selesai…
    Penghormatan tinggi telah kau gapai…
    Lantunan doa, akan tetap berderai…
    Mengiringi istirahatmu yang damai…

    4 U… pahlawanku…. πŸ™

  16.  

    Harus ada antisipasi bila parasut sudah kelihatan tidak mengembang,,bukan di tonton dan dibiarkan jatuh..akhirnya cuma berkata “turut berduka”…harusnya kata selamat..

  17.  

    Oya. Besok batas waktu akhir penyerahan uang utk pembebasan sandera. Mungkin malam ini ada operasi militer disana, mungkin skrg lagi panas panasnya negosiasi, mungkin mlm ini persiapan transfer uang dr perusahaan yg mempekerjakan para sandera..dsb..

    Kita doakan jg agar semua yg akan tjd adalah yg terbaik bg Indonesia, filipina dan para sandera..

  18.  

    Innalillahi wainna ilahi rojiun … senantiasa keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan lahir batin. amin

  19.  

    Masalah teknis seharusnya bisa diatasi, teknik melipat parasut ada 3 materi : 1. Melipat parasut utama 2. melipat parasut cadangan 3. Latihan mengatasi belitan tali parasut, jam penerjunan juga ikut menambah pengalaman… menjadi ??? Untuk anggota paskhas AU… masalah teknis atau sabotase??

    •  

      Biarpun berpredikat ‘terlatih’ sekalipun segala kemungkinan bisa saja terjadi. Seperti halnya pilot terlatih dilatih ‘eject’ dalam kondisi darurat, tetap saja ada pilot yang meninggal tidak sempat ‘eject’.

  20.  

    Iya deh tentara anda lbh jaguh..
    Masih di hanggar aja udah eject, kurang hebat bagaimana coba?

    •  

      Fungsi pesawat terbang itu buat terbang klo jatuh berarti wajar. Mungkin pilot kami masih menginginkan kembali kendali & berusaha jatuh ke tempat sepi mangkanya tidak eject.
      Pesawat itu buat terbang bukan buat lompat tinggi di hanggar.

    •  

      Latihan aja malon udah takut mati. Apalagi perang beneran….? πŸ™‚

  21.  

    maaf cakap awak2 indo..saya nak ikut berduka..itulah sehaibat apapun aset2 dn ketenteraan awak tak kan 100% sempurna..so janganlah mengangp pling kuat dn pling haibat..dua orang sdh tewas terhempas..semestinya setiap pasukan bertndk profesional untk mncegh perkara ni..semacam awak pnh cakap tentera malaysia tak kuat.pngsan.sangkut pokok dn macam2 awak cakap..bukti macam ni so mesti nak tanggap dn cakap dlm penyelamatan..@colibri bolh cakap apa pasal ni..!!

    •  

      Jangan gitu bro, nanti ente di gigit sama bung @colibri lho… Hhe”

    •  

      Kalo ane seh orangnya simpel ko ndul, pada dasar semua makhluk hidup di jagad raya ini pasti akan mati…. BERANI HIDUP YA HARUS BERANI MATI, soal kapan, dimana dan penyebabnya apa…. itu semua urusan Tuhan yg Maha Kuasa.

      Dalam kasus ini, ane melihatnya sebagai sebuah resiko profesi, sebelum masuk TNI/POLRI setiap calon anggota memang bisa dikatakan sudah teken siap mati dan mulia untuk Indonesia…. Soal pihak TNI-AU mau mengadakan penelitian kasus dan akan melakukan evaluasi untuk perbaikan kedepannya, itu memang sudah menjadi kewajiban.

      Yang namanya suatu sistem, sekali diterapkan langsung sempurna… itu nonsense. Yg jelas pasti butuh perbaikan2, evaluasi dan kajian2, untuk menyempurnakan itu sistem dgn menyesuaikan kondisi, situasi dan teknologi yg selalu dinamis. Dan itu semua membutuhkan waktu dan proses yg panjang dan lama.

      Dah cukup segitu aja ndul, besok2 lagi kalo ada apa2 ga usah manggil2 ane lagi…… belajar mikir sendiri, biar pinter….. biar bisa bikin kapal perang sendiri, biar bisa bikin submarine sendiri, biar bisa bikin tank sendiri, biar bisa bikin UAV sendiri, biar bisa bikin helikopter sendiri, biar bisa bikin pesawat terbang sendiri….. Jangan bisanya cuma beli mulu…iya kalo ada uang, kalo ga ada gimana ??… Negaramu sekarang khan lagi miskin !!…. kwaaakk..kwaaakk..kwaaak…

      Jangan terus sedikit2 Colibri, sedikit2 Colibri……. Colibri ko sedikit2…xixixi…

  22.  

    Turut Berduka cita…Resiko seorang prajurit komando dgn segenap pengabdiannya takkan pernah ada yg hrs disalahkan… Itulah prajurit yg tak pernah menghitung untung rugi dan tak pernah bertanya apa nanti resiko dan akibatnya…Karmanye Vadikaraste Mafalesu Kadatjana.. Tiada yg bisa menolak takdir siapapun manusianya.. Justru sbg seorang prajurit parakomando mereka bangga bisa kembali keharibaan tuhannya dalam menjalankan tugas..Selamat Jalan Komando..!!! Semangatmu tak kan pernah hilang di jiwa kami bangsa Indonesia…Semoga Allah memberikan kalian tempat yg terbaik di sisiNYA.. Amin YRA

  23.  

    @TMB.. trims yaa bro,. Sudah sepatutnya kita sesama muslim saling mendoakan, smoga menjadi pelajaran bg kita semua

  24.  

    Labil nih bocah…. (wak doyok)

  25.  

    Innalillahi πŸ™
    semoga keluarga diberi ketabahan.
    RIP.
    tahun-tahun yg berat buat TNI AU, banyak cobaan. Semoga kedepannya tidak terulang lg . . .

  26.  

    Turut berduka, tapi resiko jadi tentara.lebih baik berbuat sesuatu meski nyawa tarohannya

  27.  

    Innalillahi….semoga diampunkan dosa2nya. Dan diterima amal ibadahnya disisi ALLAH SWT.

  28.  

    @Bung Sastro.. Payung terjun sebaik apapun tetap ada resikonya.. Sama spt alat tempur di TNI lainnya..jika berbicara penerjunan pasukan faktor angin dan cuaca juga sgt menentukan bahkan pesawat yg berbobot lebih berat dari manusia pun memiliki ancaman ini terutama pada saat landing dan take off.. dan faktor ini bisa berubah cepat dilokasi penerjunan baik diketinggian maupun di sekitar tempat pendaratan.. Contoh kejadian di jogja kemarin walau titik pendaratan sdh dihitung secara baik dan parasut menggunakan parasut dinamis(atlit Fasi) bukan statis(bulat) spt yg dimiliki pasukan linud TNI , akan tetapi tetap saja pada saat angin kencang sang penerjun bisa salah mendarat di tengah laut .. Utk itu pada saat persiapan penerjunan setiap personel para diharuskan melipat dan mempersiapkan sendiri payung yg akan digunakannya, shg nyawa si penerjun memang ditangannya sendiri.
    @wak doyok prajurit yg terlatih memang memiliki byk resiko, dan pastinya berbeda jauh kualitas dgn prajurit negara anda yg tak pernah berlatih tak akan pernah ada resiko.. Terbukti semua prajurit dan pilot tempur TNI kami lebih terampilt dan terlatih dibanding prajurit negara anda..dan dunia sdh mengakuinya..!!
    Resiko kematian bagi seorang prajurit adl keniscayaan..krn mereka memang dilatih utk menghadapi tugas yg sarat dgn ancaman kematian.. Salam sehat selalu warjag.. Adios Amigos

    •  

      Argumen yg mencerahkan…selalu di nanti coment bung @BW
      innalilahi wainnalilahi roji un untuk paskhas yg mengalami kecelakaan…tunai sudah janji bakti

    •  

      Jempol lah buat bung BW…. πŸ™‚

    •  

      Hehehehe.. Sehat selalu @bung matanesphet @bung mr klowor… Hanya mencoba meluruskan pemahaman dan prasangka yg terjadi di forum ini bung.. Bahkan sgt miris pada saat kita berduka beberapa troller dari nick negara musang msh saja melakukan hujatan dan hinaan tanpa ada rasa empati..dan Bahwa semua yg terjadi adl resiko yg tdk bisa dihindari oleh siapapun dan tdk ada yg layak disalahkan.. Dan kita hrs berbangga bahwa TNI kita merp prajurit pejuang yg tdk kenal takut dgn resiko apapun yg menghadang.. Ingat penerjunan pasukan infiltrasi TNI kita di Irian dan Kalimantan dlm ops trikora dan dwikora yg sgt dramatis dgn one way ticket tanpa ada jaminan kembali dan penjemputan pulang.. Bahkan militer belanda dan inggris pun mengakui kenekatan prajurit parako kita pada ops tsb yg berani terjun malam utk penyusupan pada medan hutan hujan yg rapat dan belum terjamah manusia… Salam sehat selalu warjag Adios amigos

  29.  

    Kebalik bung. HAHO=High Altitude High Open. Terjun dari ketinggian, buka parasut masih tinggi. HALO=High Altitude Low Open. Terjun dari ketinggian, buka parasut saat rendah.
    Kurang tahu, ini sedang paskhas-nya freefall atau bukan. Kalau freefall pastinya HALO.

  30.  

    Selamat jalan perajurit sejati. Tuhan menyertaimu

  31.  

    Yang harus sadar kamu malon. Kalo ngomong di pikir dulu. Emang gampang apa ngurus 250jt jiwa warga indonesia…?

  32.  

    @mrklowor. Sabar bro dia selalu melihat dari satu sisi.
    Mangkanya pemerintah membikin memoratorium baru tentang tki yg di malon, skr menurut BPS tki di malon tinggal 1,5jt (tidak sampai setengahnya kota SBY) mangkanya kerajaannya mendatangkan 2jt buruh migran dr Myanmar.
    Sabar aja bro, tinggal tunggu tanggal mainnya aja pekerja asli malon bakal tersingkir dr rumahnya.

  33.  

    Bro kambing: Yg bikin aku ga terima itu di bilang indonesia tukang ngemis. Dia bilang suruh mikir. Tp malon sendiri ga mikir. Padahal malon lah yg ngemis-ngemis minta merdeka… ck,ck,ck… #tepoj jidat malon…#

  34.  

    Insiden diudara yg melibatkan pespur atau personel penerjun prosentasenya sgt kecil bisa selamat krn waktu yg tersedia untuk membuat keputusan sgt sempit dan dlm hitungan detik biasanya waktu mereka habis pada saat berusaha keluar dari masalah teknis yg ada.. Jika mobil mogok bisa parkir di tepi jalan maka pesawat apalagi pespur hanya 2 kemungkinan berusaha mendarat darurat atau eject..jika kita bayangkan kondisi yg sama juga dialami penerjun yg dalam posisi emergency dan tubuh berputar 360′ maka tingkat kesulitan semakin tinggi utk mengambil keputusan dan keluar dari masalah yg ada.. Salam adios amigos

  35.  

    ancur lebur papan kari tulis….
    perlaya di medan danalaga…
    mati di medan jurit…
    lebur di medan tempur…
    rest in peace soldier….

  36.  

    Itu jadi cermin indonesia jadi selalu menghina kecelakan militer di negara sebelah

  37.  

    Seorang pejuang tidak akan mengatakan selamat tinggal, karena dia pergi untuk kembali…… Selamat jalan pejuang, tetap semangat !!…

    Aku rapopo…..

  38.  

    Hehehehehe.. Yg lembik dan takut mati adl tentera anda.. dan tdk pernah berlatih shg takde prestasi apapun termasuk di aasam.. tangkap nelayan cina saja atm anda tdk berani apalagi perang pak cik.. Semoga mereka tak merapat ke daratan ya pak cik..

  39.  

    Hidup ato mampos itu kehendak Yang Maha Kuasa…. entepun bisa aja sekarang lagi ngakak ato lagi berak mendadak mampos….
    Semua bersandar atas kehendak Yang Diatas Sana….

  40.  

    Innalillahiwaina ilahirojiun, turut berduka cita. Semoga bisa jd bahan evaluasi. Tetep semangat TNI . Jayalah NKRI

  41.  

    Cuma segitu doang hhmm..????…. belum berasa sakit lon !!… kwaaakk..kwaaak…kwaaakk…

  42.  

    Innalilahi wainailaihirojiun

  43.  

    Turut berduka cita sedalam2nya.

  44.  

    turut berduka cita atas musibah yang terjadi pada.TNI AU

  45.  

    Philippine Paratrooper Dies During Exercises
    With US Forces

  46.  

    semoga jasa kalian akan selalu dikenang di seluruh negeri ini saudara ku. terima kasih atas pengabdiannya selama ini.

    gugur dalam tugas merupakan syahid. semoga amal ibadah mereka selalu di terima di sisinya, amin.

    SWA BHUANA PAKSA

  47.  

    miris baca komen anda bung.

  48.  

    WOI PUNGO…JAKENO ILE…ANTEK GAM…WAK DOYOK NI MANTAN GAM YANG LARI…WAKTU DI ACEH DULU DIA TUKANG SURUH 2 NGANTER GANJA KE PERBATASAN BUAT MODAL SENJATA…KAEN LAP NI ORANG

  49.  

    bla..bla…bla…bla..
    hoek..hoek..hoek..
    ah..uh..ah..uh..
    koe omong po umbah umbah jon.
    kah..kah..kah..

  50.  

    Satu email ni orang dengan wak doyok…woi bambu runcing…

  51.  

    Sangat menyesakan dada melihat accident incident trs mendera tni-au.pasti ada yang kurang pas dgn yang seharusnya…apakah mnagement alutsusista,personal ato apanya perlu telaah lbih mendalam.
    Kita mmng d takdirkan sebagai mahkluk darat (bawah),sehingga ketika wahana berpindah d angkasa (atas) dgn menggunakan alat,maka resikonya bila alat rusak adalah jatuh.dan yang bisa d lakukan manusia adalah meminimalkn resiko.dalam kejadian d halim tadi pagi kita tidak tau persis apa yang d hadapi oleh mereka berdua,karena dari segi prifesionalitas mreka gk d ragukan lg.sehingga dlm kondisi emergency mreka akn bisa mengatasinya.pasti ada hal2 unpridecteble yang menghmbt mereka untuk keluar dari kondisi tsb..Rest In Peace.selamat jalan pejuang.

  52.  

    turut berduka cita atas nasib malang alias sial perajurit indon

  53.  

    Innalillahi wainnailaihi rojiun, trut berduka cita, semoga mendapat tempat terbaik disisi-Nya, amin

  54.  

    terkutuklah kmu malaysia…..!etnis mu akan terganti oleh etnis pendatang

  55.  

    Lebih baik mati berjuang dari pada jadi penonton saat 110 kapal nelayan asing masuk dan mengambil barang milik kita.

    Kalau kata orang Madura ” Lebih baik putih tulang daripada putih mata”
    Artinya “Lebih baik mati daripada menanggung malu”.

  56.  

    turut berduka cita

    salam damai selalu

  57.  

    Innalilahi wa Inna ilaihi rojiuunn…

    Resiko selalu ada

  58.  

    Turut berduka cita