Dua Srikandi Penerbang Pertama TNI AU

Siapa sangka dua wanita yang sudah lanjut usia ini merupakan penerbang pertama TNI AU. Mereka adalah Lulu Lugiyati dan Herdini. Keduanya merupakan angkatan pertama pilot wanita TNI AU. Pada tahun 1963 ada 30 orang Wanita Angkatan Udara (Wara) yang menempuh pendidikan sebagai penerbang. Namun, hanya mereka berdua yang berhasil lolos mengikuti pendidikan.

Sejumlah misi rahasia juga pernah mereka ikut. Dengan menggunakan pesawat C-130 pada tahun 1964 keduanya menjalani misi rahasia menyebarkan selebaran propaganda di atas langit Malaysia. Saat itu Lulu Lugiyati masih berumur 23 tahun, sementara Herdini berumur 26 tahun, keduanya berpangkat Letnan Satu.

Lulu juga tercatat pernah mengikuti misi terbang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan sarawak untuk menyebarkan selebaran propaganda anti Malaysia. Saat itu pesawat yang digunakan adalah pesawat pengebom B-25 Mitchell.

Sementara Herdini juga memiliki pengalaman terbang yang tidak akan pernah dilupakan. Dia kerap menerbangkan pesawat yang tidak dilengkapi dengan radio komunikasi ke tower dan hanya mengandalkan kompas. Bahkan, Herdini kerap beberapa kali terbang mengikuti jalur kereta api dan jalan raya. Herdini juga pernah mengikuti pendidikan intelejen militer.

Tinggalkan komentar