Aug 082017
 

Su-27 saat dikeluarkan dari pesawat kargo raksasa Antonov An-124 (photo : fajaronline.com)

Dua pesawat tempur Su-27SK(M) Indonesia dengan nomor seri TS-2701 dan TS-2702 baru saja datang setelah menjalani perawatan berat di Rusia. Menjalani perawataan sejak akhir tahun 2015, Su-27SK Indonesia batch awal yang sudah lama terparkir di hanggar akhirnya diterbangkan ke Rusia.

Su-27SK yang sudah berubah menjadi Su-27SKM kini sudah kembali dan segera bisa memperkuat Angkatan Udara Indonesia. Sebelumnya Su-27 harus menjalani perakitan semua komponen dan lulus uji terbang.

Rusia meluncurkan varian Su-27SKM atau varian ekspor termodern dari Su-27SK pada tahun 2004 khusus untuk pasar Asia Tenggara dan Timur Jauh. Su-27SKM masuk dalam generasi 4+ atau setingkat diatas level pesawat tempur generasi 4.

Su-27SK dengan tail number TS-2702

Indonesia membeli dua Su-27SK yang didatangkan pada tahun tahun 2003, dan kini total memiliki 5 varian Su-27SKM.

Su-27SKM menggunakan frame yang terbuat dari bahan titanium dan dikombinasi dengan aluminium berkekuatan tinggi. Su-27SKM juga dirancang dengan sistem elektronik terbaru dan mengganti sistem terbang kontrol mekanik lawas dengan sistem fly- by-wire.

Su-27SK yang menjadi Su-27SKM kini memiliki kemampuan tempur multirole. Berkemampuan superioritas udara, Su-27SKM juga mampu melakukan misi serangan darat dan permukaan laut.

Dilengkapi dengan helm mounted sight and display ZSh-5 untuk membidik dan menembakkan rudal jarak pendek R-73 Archer, Su-27SKM juga dapat menembakkan rudal udara ke udara medium seperti R-27 dan RVV-AE, Su-27SKM juga dapat dilengkapi dengan rudal anti kapal Kh-31A.

Datangnya kembali 2 Su-27SKM bergabung bersama Angkatan Udara Indonesia, diharapkan pertahanan udara TNI AU semakin kuat dan bisa melakukan misi-misi berat menjaga wilayah udara Indonesia yang sangat luas.

  89 Responses to “Dua Su-27SK(M) Kembali Perkuat Indonesia”

  1. Jangan lupa dipersenjatai biar lebih memilii efek deteren yang tinggi….mudah2 di modif setara sukhoi 35…..(maunya )….

    • SKM,..?
      masa iya SKM di ubah ke SKM…dr baheula udah SKM

      • d baca lagi bung… itu 2 ekor SU-27 SK batch pertama yg d modif… bkn SU-27 SKM…

        Indonesia membeli dua Su-27SK yang didatangkan pada tahun tahun 2003, dan kini total memiliki 5 varian Su-27SKM

      • bagi para haters Sukhoi, …. Ini kejadian dijadikan alasan bullying produk Sukhoi :
        dibilang SU27 produk rusia ini barang jelek harus di total repair laaa,
        dibilang Rusia pelit tot sucad dan repair laaa ,
        mahal klo repair harus kirim ke rusia laaaa, ….. hmmm …

        Padahal SU27 ini bahasanya adalah repai tetapi sebenarnya upgrade total, itu yang ga dibahas ama haters.
        Upgrade sebesar ini mana bisa di repair di Indonesia, yaa harus dikirim ke sono …
        Upgrade ini bahkan lebih kompleks daripada rekondisi F16 bekas amrik kemarin yang baru datang…

        • Saya cuma mau tanya :

          F16 A/B blok 15 OCU punya RI yang menjalani program Mid Life Upgrade (MLU) itu diupgradenya di RI atau dikirim ke luar negeri ya ?

          Kalau ternyata F16 A/B OCU bisa diupgrade di dalam RI sedang Sukhoi harus diupgrade di luar RI, itu membuktikan apa ya ?

          • Dilihat kasifikasi upgradenya donk. Klo upgrade penambahan dan penguatan frame, mungkin tdk bisa fi dlm negeri. Tp klo upgradenya spt f-5 tiger II itu dilakukan didalam negeri aja bisa ternyata.

          • Hhhmmm… Komentar Saya Hampir Sebunyi Dgn Komen Bank Ruskye…

            Upgrade MLU Yg Cuma Upgrade Body+Penambahan Beberapa Komponen Pesawat Itu Sgt Berbeda Dgn Upgrade Kemampuan Elektronik Yg Menyangkut Tentang Software Pesawat Bung… Dan Nyatanya Su-27 Yg Habis Balik Dari Belarus Itu Menjalani Upgrade Peningkatan Elektronik Dan Bukan Heavy Maintance Dan Juga Upgrade MLU Itu Tdk Sesulit Upgrade Kemampuan Elektronik… Jadi Wajarkan Su-27 Harus Di Bawa Ke Belarus πŸ˜€

          • Kalo F16 blok A/B kita yg diupgrade apa aja ya Bung TN. Sapa tau gak seribet dan sebanyak upgrade pada Su 27 kita. Buktinya F16 blok 25 bekas yg kita terima aja upgradenya ttp di AS, harusnya kan bisa di Indonesia juga upgradenya kalo pola pikirnya ngikutin bung TN. Biaya jasa reparasi/upgrade pasti lebih mahal dari biaya angkutnya. So, kalo Indonesia bisa upgrade MLU aja itu F 16 blok 25 pasti dibawa ke Indonesia aja, buktinya ttp dikerjakan di AS. Itu bukti bahwa program MLU blok 10/15 kita gak sebanyak dan serumit yg dilakukan pada Sukhoi/F 16 blok 25.

          • Ibarat mobil, kalo utk dipake agar bisa awet, ganti oli, karburator, ganti aki hingga airnya bisa kita lakukan sendiri. Beda kalo turun mesin, harus dibawa ke bengkel dealernya. Kita bisa aja tanya2 atau minta diajarin sama orang bengkelnya tapi kan di bengkel lebih bagus fasilitas perbaikannya. Apalagi kita belum punya pabrik suku cadang buat sukhoi, beda dg F16 yg PT DI sendiri bisa buat walo gak banyak, itu juga hasil lobi Pak Habibie. Makanya ntar kalo pabrik sucad Sukhoi jadi bisa dikerjakan disini, sisa sucad bisa beli di India (kalo ada).

          • F16 A/B blok 15 OCU punya RI yang menjalani program Mid Life Upgrade (MLU) itu diupgradenya di RI atau dikirim ke luar negeri ya ?
            ================================
            hahahaha, Bung PHD …
            MLU F16 ini baru surat dari Julia Frifield ke Paul D.Ryan (Senat Amerika) bolehh enggg, kita upgrade MLU F16 Indonesia , tertanggal 18 Mei 2017. Dan sampai sekarang ga ada kabar…..
            MLU ini perlu ijin khusus dan hanya bisa dilakukan di sono bung, jangan ngayal ahhh ..

            Upgrade SU27SK ke SU27SKM , sangat jauh tingkatnya bung…silakan dicek sendiri.
            Ini sudah di atas kemampuan SKATEK TNI AU yang walaupun sering overhoul dan bongkar angkat mesin SU, tetapi jika harus instal radar terbaru, avionic baru, dll …yaa tetep harus dikirim produsennya.

            saya kira berlebihan kiranya hal ini malahan dijadikan alasan merendahkan 2 hal sekaligus : kualitas su27dan kemampuan skatek tni au

        • Kalau dibilang “mana bisa” berarti nggak mau ngajarin RI untuk upgrade dong.

          Dari situ saja jelas terlihat tidak ada niat dari Rusia untuk mengajari RI.

        • Bagaimana juga dengan kasus heli Mi yang juga harus dikirim ke luar RI untuk overhaul.

          Kelihatan juga khan Rusia nggak ada niat untuk mengajari RI ?

          • Bukan tak ada niat ngajarin tapi lebih khawatir di tubuh pemerintah saat ini berseliweran agen FBI. semua tekhnology tersembunyi istimewah / khusus milik TNI terbongkar dah oleh agent aseng. heheheeee

          • Kalo dasarnya gak suka, alasan apapun akan dicari2 utk pembenaran. Karena berangkat dr ketidaksukaan.
            Walaupun dijelaskan detail gmn pun tetap aja ada alasan yg dicari utk mengcounternya. Gak akan pernah ketemulah jika dasarnya hanya mencari2 alasan semata.

            Jimmy….ente dpt bonus brp dr jualan sukhoi, tolong dibagi donk sama bung TN,Phd. Dagangan dia blom laku2 soalnya…..xixixi
            Pisss…bung

          • Hahaha.. Bank Ruskye Lagi Laper Dan Mau Mancing Ikan Betok Ya?…

          • Bung Ruskye,

            Namanya juga adu argumen jadi ya sah-sah saja.

            Bonus Jimmy biarlah untuk Jimmy… Saya lebih baik dapat nafkah dari sedikit untung dari jual lontong sayur daripada terima uang dari jual beli senjata.

            Saya tidak benci Rusia. Saya masih suka dengar alunan musik ciptaan Tchaikovsky, menonton balet Rusia yang gemulai dan tarian
            Kalinka yang energik.

            Yang saya tidak suka itu pada akal licik Rusia dalam berjualan alutsista 11-12 mirip China.

          • Anjay… Ternyata Woof Woof Suka Sama Balet… πŸ˜†

            #Sumpa Saya Kaget Bacanya

          • Kalau nonton balet itu saya terutama suka nonton yang sedang menari.

            Tuh buktinya pernah saya upload tari balet juga di Ayo Mari Berhitung tentang Black Swan.

          • Tentu…adu argumentasi itu sah2 saja dan hal yg wajar selama berpegang pd aspek objectivitas bukan berdasarkan penilaian subjective.
            Tentu bung TN msh ingat kebaikan US memberi ofset pd penjualan f-16 kan. Saksi bisunya masih ada tuh di timur Indonesia yg akhir2 ini diributkan. Seandainya itu tdk ada. Msh maukah berbaik hati.? Makan siang mana yg gratis.? Apalagi sambil nikmati tarian balet rusia. Asal benar sukanya nonton yg sedang nari bukan yg …….xixixi
            Pissss…bung2 sekalian

  2. Kayanya ada yg di tanam di pesawat ini emmm kira2 apa yh

  3. Mungkin Setara 35/su27sm3

  4. sukhoi darurat perbaikan di indonesia bukan di rusia

  5. ini kan yang kemaren di kirm overhaul di Belarusia itu kan…

  6. dgn helm display bidik berarti avioniknya sdh di upgread dgn model glass kockpit kah????
    apa betul begitu???
    saya butuh presentasi dr sales rosoboron

  7. Berarti su 27 SKM setara dengan su 35 generasi 4+

  8. Yg jd pertanyaan selama dlm overhoul yg ganti in tugas mereka dimari sapa ya?

  9. Su-35 … barang ghoib ini…

  10. Tak terpikirkan..overhole lamanya 2th..menang di sana di kelumbrukne ya…ke depanya AURI harus siap” jadi tukang reparasi su.

  11. Keren pesawat russia

  12. selamat datang kembali su 27 …colek bung jimmy ah…siapa tau beliau mau kasih rembesan yg abis di oprek

    • Hahaha… Sedikit Aja Ya Bung. Yg Jelas Su-27 TNI AU Dah Sebanding Sama Su-30 RMAF

      • ah masa sih sebanding dg yg punya RMAF …apa hampir sm dg yg punya belarus …eh ngemeng2 kasih dong dikit intipan tentang kesepakatan apa lg dr rusia soal barter .. g mungkin cuma mentok di sukro doang..

        • Hahaha… Iya Bung Ini Sebanding Sama MKM Dan Su-27 Punya BAF (Belarusian Air Force) Udah Pensiun Bung Dan Di Ganti Sama Su-30 Dan Mungkin Pembelian Be-200 Juga Akan Di Sertai Skema Imbal Dagang…

          • Sebanding sama MKM ?

            MKM itu khan singkatan MaKaM ?

          • Hhhmmm… ‘Modernizirovannyi Kommercheskiy Malaysia’

          • Ahhhh…bosen dengar jimmy ngoceh dagangannya terus.
            Pingin dengar ulasan dari bung TN tentang prospek masa depan Gripen di Indonesia. Kasi bocorannya donk bung TN. Asal jangan ember bocor aja….xixixi

          • Masa depan RI dengan kawasan saja bagaimana ?

            Tapi masih dibikin dan belum selesai padahal udah hampir 3 bulan bikinnya.

            Penuh hitungan yang saya saja bikinnya sampai lieur.

          • Hahaha… Kok Bosen Sih… Perasaan Saya Ngomong Tentang Dagangan Cuma Di Artikel Yg Berhubungan Dgn Alutsista Rusia Lho…

          • ” Masa depan RI dengan kawasan saja bagaimana? ”

            Tapi dibatasi pd aspek militernya saja bung. Jng libatkan aspek ekonomi dan politiknya, nanti malah gak pernah muncul lg adik bung TN, itu krn takut saya tagih bualan dan ocehannya dia tahun lalu….xixixi

            Dr pada baca jualan si jimmy yg sdh pasti larisnya tp dia kagak jg bagi2 bonus ke kita2….xixixi

          • Dr pada baca jualan si jimmy yg sdh pasti larisnya tp dia kagak jg bagi2 bonus ke kita2….xixixi

            ——————

            Hahaha… Anjir… πŸ˜†

  13. ente piro rek biayane.. ?

  14. jammer+radar+ peperangn elektronika+mungkin setara su 35

  15. Camo nya kok beda ya?

  16. yah, mudah2an sudah rasa su35..

  17. Buka bengkel Sukhoi aja di Indonesia

  18. klo bisa nambah lagi 2 skuadron Su-27SKM,ni pesawat handal dng harga murah

  19. Su-27SK yang sudah berubah menjadi Su-27SKM kini sudah kembali dan segera bisa memperkuat Angkatan Udara Indonesia. Sebelumnya Su-27 harus menjalani perakitan semua komponen dan lulus uji “terbang.”

    ——————————————————

    Hahaha Itu Membuktikan Bahwa Su-27 Pesanan Batch Pertama Indonesia Masih Bisa Terbang Dan Tdk Seperti Yg Di Katakan Oleh Blog Sales SAAB Abal-2 ‘Dark Rider’

  20. Wah bkln nguntungin neh, klu ada bengkel kelas berat Sukhoi di kawasan Pantura Jawa. Emang bener neh kudu ada figur-figur yg punya kemampuan nego berpolitik, teknik ama marketing

  21. jadi yang 3 su 27 skm yang baru dikirim ke rusia taun ini diupgrade menjadi skm2 bung?

  22. itu su 27 di perbaiki atau di upgrade?

  23. Hmmmm, benar ” moncer sekarang su 27 jaman si mbok sekarang sudah sangat sakti 4+ level nya diatas generasi level 4.

  24. jika memang benar itu Su27 berbahan titanium & dikombinasikan dgn aluminum? sudah pasti itu su27 lebih cepat manuvernya, karna struktur itu pesawat ringan & kuat yg membuat manuvernya lebih cepat

  25. Bagus rusia mau upgrade
    Kita punya f16 puluhan tahun tp tetap aja gak bisa bikin sendiri, maklumlah amrik pelit takut kalau Indonesia kuat

 Leave a Reply