Mar 312015
 

Duabelas Pesawat TNI AU Dukung Latihan PPRC

Pagi tadi (31/3), ketika seluruh warga masyarakat Malang tengah terlelap dalam tidurnya, sejumlah 615 orang pasukan gabungan Brigif Linud Kostrad yang tergabung dalam Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) telah mandi keringat untuk mempersiapkan diri melaksanakan Latihan tersebut.  Pada waktu yang sama insan-insan dirgantara TNI AU juga tidak kalah sibuknya untuk menyiapkan pesawat C-130 Hercules dan CN-295 Casa yang bertugas menggeser ke-615 pasukan tersebut menuju daerah Latihan Poso.   Setelah semua persiapan selesai masing-masing pasukan segera memasuki 10 pesawat Hercules (5 herky dari Skadron 31 dan 5 lainnya dari Skadron 32 ) serta 2 pesawat CN-295 dari Skadron 2 Halim Perdanakusuma.  Ketika waktu menunjukkan pukul 01.51 WIB, satu per satu burung besi tersebut lepas landas meninggalkan Lanud Abd Saleh menuju daerah latihan yang telah ditetapkan.  Dua jam kemudian ke-12 pesawat tersebut telah sampai di koordinat yang dituju, satu per satu mereka menapakkan rodanya untuk menurunkan pasukan yang berada diperutnya.  Selamat berlatih wahai pejuang dan pemersatu NKRI.  Di pundakmu kami percayakan kejayaan Bumi Pertiwi.

Duabelas Pesawat TNI AU Dukung Latihan PPRC 1

Sementara untuk mendukung kesuksesan Latihan tersebut, Lanud Abd Saleh tadi malam (30/3) menggelar Pengajian dan doa serta zikir bersama di Masjid Baiturrachman Lanud Abd Saleh yang dihadiri seluruh pejabat dan anggota Lanud Abd Saleh beserta Insub dan  dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Sungkono, S.E., M.Si.

Sebelum pengajian dimulai Danlanud Abd, terlebih dahulu menjelaskan bahwa Latihan PPRC yang dilaksanakan di Poso melibatkan kurang lebih 3.222 personel TNI, dan ini merupakan jumlah yang besar serta melibatkan alutsista TNI AU yang banyak.  Latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dengan skenario melaksanakan penindakan awal untuk menghancurkan agresor guna merebut kembali Poso Sulteng dalam rangka mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI.   Oleh karena sebagai bagian unsur latihan, Lanud Abd Saleh memandang sangat perlu melaksanakan doa bersama, agar latihan PPRC tahun 2015 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

(ilustrasi, photo okezone.com)

(ilustrasi, photo okezone.com)

“Mari kita jadikan acara dzikir dan doa bersama ini sebagai sarana untuk memohon kepada Allah SWT agar semua yang bersilaturahim di Masjid ini, senantiasa mendapatkan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan lahir dan batin,  serta latihan PPRC Tahun 2015 dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” kata Danlanud Abd mengakhiri sambutannya. (tni-au.mil.id)

 Posted by on March 31, 2015

  29 Responses to “Duabelas Pesawat TNI AU Dukung Latihan PPRC”

  1. nah lo iNDOnesia BISA

  2. Wah

  3. Top markotop

  4. Top Five..

  5. selamat berlatih satria bangsa..ingat2..utamakan keselamatan..percuma sukses latihan jika harus ada nyawa yg terkorban..

  6. Beberapa hari lalu ada rombongan beberapa Herky terbang di atas Malang siang siang ke arah Utara.

    Saudara saudara, ada info nggak:
    – Tucano ikut serta latiha PPRC tidak?
    – Pesawat TNI AU apa saya yang ikut?

    Terima kasih.

    • Bung Tria…. menurut info yg di terima, pesawat TNI yg ikut dlm latihan itu adala Pesawat Susi Air yg di pasang berbagai rudal,,, dan bom. Dan di pasang Rudal Yahont di bawah pesawtnya,,,,,,,

  7. Sikat habis pengganggu NKRI

  8. Dukung selalu TNI! Para teroris2 itu ibarat kecoa yg harus dibasmi sampe modar. Jangan sekali2 berani ganggu NKRI, Pancasila dan UUD 45.

  9. Goodd jangan masih ada yg ngimpi.

  10. pantesaaaaan…. enak2 tidur trus kaget suara bising……. lirik jam ternyata jam 02.15 malam. hebaatt malam2 terbang rendah.

  11. habis itu latian gab lgi ke sorong,ato maluku.
    kemudian,lat pengamanan di ibukota ato latian pencegahan agresor

  12. Tambah herky lagi 2 skuadron type J. kalau utk pesawat angkut ambil dari paman sam ndak apa2.

  13. Wahh pantesan tadi pagi di makassar ad rombongan “sang penjelajah” tak kirain mau gladi untuk 9april ternyata untuk drop pasukan toh.

  14. klo ini latihan pergeseran pasukan PPRC seperti skenario perang harusnya dpet pengawalan juga dri Skuadron tempur tpi kok gak disebutkan ada gak pesawat tempur yg ikut ke Poso

  15. Latihan PPRC TNI-AU selanjutnya diadakan di Aceh serta Papua ……… !!!

  16. Pesawat tempurnya ada F16

  17. Maju terus TNI kebanggaan ku, smga terus jaya

  18. pantesan tadi malam sekitar jam 1 kayak ada suara konvi pesawat…

  19. Belum apa2 tuh LSM KONTRAS dah ngebacot soal penduduk sana yang ke ganggu sama latihan ini

  20. biasa bung emang dah kerjaanya kontras,kalau gak gtu mana bisa dapurnya ngebul???tragis sekali,kok gak malu ya itu sikontras ngebacot mengatasnamakan rakyat,rakyat yg mana???

  21. oh iya..maaf OOT dikit.. Nih buat para sesepuh disini , ane mau nanya nih. Jumlah sukhoi yang dipublikasikan itu ada berapa jumlhnya, 1 skadron kah ??? Soalnya ane baca kolom bawah yang di kompas tv rasanya seperti clue.. Mohon pencerahanya.. Makasih 😀 inget yang dipublikasikan bukan yang ghoib…

  22. Mantab bung suaranya herky.., biasanya jam segitu suara tiang listrik yg bunyi 2 x, eh ini suara herky. Moga para prajurit diberi keselamatan, kelancaran dan dpt kembali ke barak dgn selamat. Amin. Moga sering2 lat semacam ini….moga sukses

 Leave a Reply