Nov 202014
 

Seorang anggota Marinir sedang mengawasi kenderaan khusus Sea Raider yang baru saja diturunkan dari KRI Teluk Sibolga di Pangkalan TNI AL Bitung, Senin (11/3). Kenderaan ini akan digunakan untuk menjelajah 15.909 KM garis pantai Pulau Sulawesi.

DEPOK, KOMPAS.com– Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Orris Blake menyatakan, negaranya siap untuk membantu pertahanan wilayah maritim Indonesia seiring dengan konsep poros maritim dunia Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami siap untuk bekerja sama di wilayah maritim untuk menyokong visi Presiden Jokowi (tentang Indonesia poros maritim dunia),” kata Blake saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Rabu (19/11/2014), seperti dikutip Antara.

Ia menjamin Amerika siap memberikan peningkatan keamanan di wilayah perairan Indonesia dengan sumber daya dari angkatan militer Amerika.

Blake mengatakan, Amerika akan memberikan bantuan semacam pelatihan militer khusus untuk meningkatkan pertahanan Tentara Nasional Indonesia.

“Sokongan pertahanan tersebut bisa berupa pelatihan militer khusus,” ujar Blake.

Selain itu, ia juga menyebutkan siap memberikan bantuan peralatan untuk memperkuat pertahanan di wilayah perairan.

“Ini untuk memastikan keamanan wilayah perairan Indonesia, dan untuk mencegah penangkapan ikan oleh kapal asing,” kata Blake.

Ia menyebutkan, pertahanan wilayah perairan Indonesia menjadi penting mengingat letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh lautan. Apalagi, Indonesia sedang membentuk konsep poros maritim dunia.

Blake mengatakan, Indonesia mempunyai tantangan yang besar dalam bidang pertahanan wilayah perairan ketika berbagai kapal secara global melintasi wilayah Indonesia. (nasional.kompas.com)

Bagikan:
 Posted by on November 20, 2014

  62 Responses to “Dubes: Amerika Siap Bantu Pertahanan Maritim Indonesia”

  1.  

    Kami bisa kok……. terima kasih atas bantuannya Om Sam

  2.  

    Stop…. ada udang di di balik srabe

  3.  

    sAY nO TO aMERIKA.

  4.  

    Hati2 & selalu waspada dgn yg namany USA.. .

    •  

      kita hargai niat amerika, kalau mau bantu sebaiknya bantu melatih pengusaha2 jasa keamanan kita seperti SATPAM dengan manajemen seperti perusahaan jasa keamanan asal amerika seperti G4,,999 ,dll sehingga ketramilan dan manajemennya lebih standar internasional. Kalau untuk hal2 strategis kami masih ingat gimana teknologi roket dan misil balistik kami dulu awal 70an kalian bawa dan Lapan dipaksa tutup satu dekade..

  5.  

    absen bung

  6.  

    trimakasih tawaranny uncle…tp kami bs sendiri kok…gprlu repot2

  7.  

    Tak perlu anti usa ,,, klo mau bantu pelatihan nya sih knp tidak, apalagi di beri peralatan nya,,, asal tidak ikut2an patroli aja,,,

    Klo itu baik buat kita, ga jadi masalah, bermain cantik aja,, manfaatkan semua kesempatan, ambil yg baik nya,,,,, buang yg buruk nya, contek teknologi dan jadikan pengalaman strategi nya, dan waspad tetap dilakukan,
    Yg penting asal jgn ikut jadi sekutu nya,

  8.  

    Kalo mau bantu, kasih saja cadangan minyak negara anda sebanyak 5 juta kiloliter/tahun buat patroli kapal TNI yang jumlahnya banyak. Itulah bantuan yang dibutuhkan.

  9.  

    Paman sam mulai menekan

  10.  

    Waspada waspada aja

  11.  

    Jelas bantu mengamankan offshore chevron, pelatihan biar beli “mainan” ASU + biar TNI AL lebih pro ke ASU

  12.  

    Terima kasih om asu kami masih mampu menjaganya , km sangat berterima kasih sekali apabila anda tdk campur tangan urusan dalam negri kami

  13.  

    ada udang dibalik rempeyek….wakakakak

  14.  

    “FORGET IT” , JUST BULLSHIT NOT MAKE ANY SENSE !!!

  15.  

    Thanks America but we no need your back up on this matter, we are able to do it by our selves.

    If you really want to help us, please deliver the rest of F16 to us immediately with good condition/upgraded, we believed that the payment is already paid to you.

  16.  

    go away SAM

  17.  

    Merindukan artikel sesepuh

  18.  

    bung diego bagaimana jacket and T Shirt nya JKGR kapan bisa di order?
    mau pesen yang pic SS2 V5. dll.

    salam semoga jkgr makin maju, makin tajam dan bisa melahirkan artikel2 terbaik yang mampu menghadirkan sebuah diskusi hangat anak negri, dan memberikan pendidikan dengan caranya sendiri tuk anak negri… amin…

  19.  

    β€œSokongan pertahanan tersebut bisa berupa pelatihan militer khusus,” ujar Blake.

    Selain itu, ia juga menyebutkan siap memberikan bantuan peralatan untuk memperkuat pertahanan di wilayah perairan.

    > pelatihan militer khusus, why not, tambah ilmu bagus2 aja…

    > bantuan peralatan untuk pertahanan perairan, why not, toh sucadnya sulit diembargo dan bisa dioprek PAL jadi mutan…

  20.  

    100 persen setuju bung danu, dari mn aja sumbernya asal bs memajukan bangsa ini hrs kita ambil. salam knl bung.

    •  

      salam kenal bung, daripada beli f-16 second mending ambil kapal bantuan…

      pespur ruangnya pas2an, mesin sangat sulit diganti buatan negara lain jika diembargo, apalagi komputer yang mengatur kestabilan pesawat.

      kapal kamar mesinnya luas, marine engine bisa pilih buatan perancis, jerman, swedia, finlandia, rusia atau cina…

      cms LEN bisa buat, radar buatan LEN udah dipasang di KRI…

  21.  

    kalau ingin memberikan pelatihan ya gk apa2 mnurut sy it gk masalah atau patroli bersama di daerah perbatasan it lebih baik lagi biar kaprang simalon gk brani masuk wilayah kita lagi hehehe maaf oot

  22.  

    Boleh bantu tapi minta F 22 raptor dong

  23.  

    Amrik, kesannya meremehkan banget kemampuan ri utk menjaga teritorialnya sendiri. Pakai siap melatih segala.
    Apa iya yah ri memang tdk punya kemampuan utk itu? Lalu mana kebanggaannya sbg keturunan sriwijaya dan majapahit sang penguasa samudera?
    Bukan sombong.
    Ada2 saja!
    Sekali2 latihan perang bersama sih gpp lah, asal bkn menganggap ri sbg murid.
    Kita punya Allah. Jadi asal kita mau berusaha dan bekerja keras, apapun yg kita niati akan terlaksana dgn sukses. Insyaallah!
    Jayalah indosiku!

  24.  

    Usa mencari dukungan,,buat membendung pengaruh cina,,karna pamor dia uda jelek di asia,,,dia memberi bantuan ada tujuanya,,,biar tni bisa di intervensi,,,jangan mw saudaraku,,mandiri lebi baek

  25.  

    trimakasih atas bantuanya paman ASU kami mampu untuk menjaga perairan indonesia, klo mau membantu tidak apa2 kirim aja 1 juta barel solar, kami siap untuk menerimanya.

  26.  

    Presiden Jokowi 2 hr lalu sdh tegas menjawab “NGGA PERLU!”…….Mantap !….beliau juga mengatakan “kita mampu menjaga wilayah kita”……itu artinya Presiden percaya dgn kinerja TNI AL, ….anggaran utk matra laut juga akan ditambah, dibuat lagi kapal2 utk patroli, hegemoni Asia Tenggara sdh seharusnya kita yg pegang bukan lagi AS, krn mereka bukan bangsa Asia tenggara…malah bikin rusuh aja…

  27.  

    maaf, saya mampu melakukannya sendiri, terimakasih om sam

  28.  

    bener kt Boris yeltsin, US lg kena demam meriang.. US lah yg memohon bantuan dari Indonesia bkn sebaliknya..

    Bargaining INA harus lbh besar dr US

  29.  

    Setuju bung GIB

  30.  

    Lebih baik asu jgn dekat dekat perairan kita, entar dia bisa mata matai lontong kita yg goib goib terus diinformasikan deh tuh ke aus biar bisa di netralisisir untuk masa masa yg akan datang, hati hati sama asu tinggal kita di asean yg belum mau tunduk dan patuh sama militer asu, kita harus mandiri dalam menjaga wilayah kesatuan republik indonesia.pokoknya katakan tidak.

  31.  

    THANK YOU, Kalo ASu mau bantu Indonesia, enyahlah dari bumi Papua, biarkan freeport kami yang urus sendiri, ASu tidak usah ikut campur urusan dalam negeri Indonesia,………………. SO PLEASE GO AWAY !!!

  32.  

    Selama tidak ada agenda tersembunyi menurut saya ini bukan masalah

  33.  

    Amrik takut klo indonesia kerjasama dgn rusia dan china membentuk poros maritime

    •  

      ….Amrik takut klo indonesia…

      saya suka kata2 ini, ada nuansa PD

      yang lain terlalu banyak retorika kosong, dulu BK juga bilang ke amrik “go to hell with your aid” sepintas emang terdengar gagah, tapi nyatanya kas negara kosong melompong, jaman orla terjadi 2x pemotongan uang / sanering…

      kemampuan kita menjaga lautan udah tercermin dari insiden terakhir ketika akan mengejar kapal maling, solar kapal patroli habis…

      mungkin amrik belum takut, tapi pasti mulai mengawasi lebih cermat, seperti orang mulai waspada ketika macan yang tidur lelap mulai menggeliat, gak lama lagi akan bangun.

      kedubes amrik di jakarta banyak agen CIA-nya, mereka mengamati segala kebijakan pemerintah dengan cermat, apa saja dampaknya bagi kepentingan nasional mereka…

      ketika pemerintah memboroskan anggaran 300 T untuk subsidi asap knalpot, bahkan sampai memotong anggaran pembangunan 100 T mereka hanya senyam senyum, gak bakal maju negara model begini, santai aja.
      apalagi mereka tahu permainan mafia migas yang diberi fasilitas, penggagalan pembangunan kilang, senyum mereka makin lebar.
      (dan presiden bilang amrik tanah air keduanya)

      dan pemerintahan berganti, mafia migas mulai digoyang, rencana swasembada pangan, beras, kedelai, jagung, gula digulirkan, subsidi dipotong diganti lis panjang infrastruktur yang akan dibangun termasuk listrik 35,000 MW, rencana pembangunan kilang mulai didengungkan, senyum mereka mulai sirna.

      jika vietnam yang kere aja tidak mensubsidi bbm sehingga mampu beli 6 kilo, gepard dsb, alutsista apa yang akan mampu dibeli bahkan dibuat RI yang jauh lebih kaya ketika semua proyek tsb rampung dan ekonomi berdenyut lebih kencang ?

      sun tzu bilang, keep your friends close, but your enemies closer, mungkin RI bukan musuh amrik, tapi pasti bukan sekutu mereka.
      dan mereka jauh lebih suka untuk dekat dengan negara yang akan menjadi kuat daripada harus berseberangan…

      jadi usaha mereka mendekat dapat ditafsirkan untuk mengambil hati RI, bukan untuk mengakali, itu dulu ketika RI masih culun (saya lebih suka istilah kram otak) dan lebih banyak tidur, sekarang terpaksa ganti taktik.

      imho lho – gak usah terlalu defensif dan trauma akan ditipu. PD aja lagee…

  34.  

    Amerika : saya bantu supaya kamu(Indonesia) lebih lemah dr singapura n australia. . .#paman sam gak pernah tulus kpd Indonesia, sudah terbukti ber-kali2. . .

  35.  

    klo menurut gua emang tuh licik pura2 bantu itu malah usaha untuk masuk wilayah kita dengan dalih latihan pengamanan laut dia dengan seenaknya melitas wilayah kita setelah itu dia bawa antek2 yang dulu cerita nya negara sebelah tempat buangan para pencuri dari si lingis, senarnya suku abon ringi di sebelah tuh juga dijajah dengan memasok minuman keras sehingga mereka ketagihan dengan minuman dari seberang laut. makanya pas ane jalan di utaranya benua mereka dulu 2007 ane liat banyak suku abon nongkrong dibahwah beringin. maaf jf cerita sejarah… heeee heee
    pokok e.. eke ga setuju klo kita dibantu ame tu orang….

  36.  

    kalau saya berpendapat, manfaatkan tawaran kerja sama ini asalkan ada keuntungan yang signifikan buat militer negara ini, bagaimanapun amerika serikat adalah pemilik armada laut terkuat di dunia, kapal-kapal perang permukaan maupun bawah permukaan mereka ada di seluruh lautan di dunia, baik yang konvensional maupun yang bertenaga nuklir

    pelajari kehebatan mereka, tiru yang baik dan bermanfaat bagi militer kita, ambil bantuan yang menguntungkan militer kita tanpa syarat, buang yang jelek dari mereka …….

 Leave a Reply