Mar 052015
 
Sukhoi SU-35

Sukhoi SU-35

Jakarta – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, menyatakan telah dihubungi perwakilan Indonesia soal rencana peremajaan alat tempur TNI AU. Dia mengatakan alutsista yang hendak dibeli adalah jet tempur Sukhoi Su-35.

“Memang sudah ada rencana dari pemerintah Indonesia untuk menambah sekaligus meremajakan alat tempurnya. Kami berharap kesepakatan pembelian Sukhoi Su-35 bisa terjadi,” kata Galuzin di kediamannya, Jakarta, Kamis (5/3).

Galuzin berharap bisa membicarakan realisasi pembelian alutsista udara tersebut langsung dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Rusia akan sangat terbuka bila Indonesia ingin membahas isu-isu lebih teknis.

“Kami terbuka, sangat terbuka jika Menteri Ryamizard Ryacudu mendiskusikan hal tersebut dengan kami,” lanjutnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan tertarik untuk membeli alutsista milik Rusia. Selain Sukhoi, TNI juga tertarik membeli armada jet tempur JAS-39 Gripen dari Swedia atau F16 buatan Amerika Serikat.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) tahun lalu mengajukan permintaan untuk mengganti pesawat F-5 Tiger buatan Amerika Serikat yang semakin uzur.

Informasi rencana pembelian Su-35 oleh TNI AU ternyata menjadi sorotan dunia. Sejumlah situs persenjataan dunia ikut menyoroti soal pembelian jet tempur canggih ini.

Situs airforce-technology.com dan defenseworld.net, spesialis membahas khusus kekuatan tempur udara, mengulas gagasan Indonesia membeli peralatan canggih buatan Rusia itu.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Agus Supriatna dikutip mengincar pesawat Su-35 untuk anggaran 2015. Menurut Agus, produsen jet Rusia masuk dalam daftar incaran karena dapat memenuhi kebutuhan alutsista TNI Angkatan Udara, serta lebih mudah dioperasikan. Satu unit Su-35 bernilai USD 65 juta (setara Rp 844 miliar). Lebih murah dari F-16 buatan AS yang harga jual per unit mencapai USD 165 juta (setara Rp 2,1 triliun).

“Semua bisa dipesan, tapi kami sebagai operator ingin pesawat baru,” ujarnya. Sukhoi Su-35 merupakan model terbaru dari Su-27M Flanker, di mana terdapat peningkatan terhadap kemampuan superioritas tempur udara, dan didesain agar bisa menembak berbagai target dengan menggunakan peluru kendali maupun non-kendali. (Merdeka.com).

Bagikan Artikel :

  131 Responses to “Dubes Rusia Undang Menhan Bahas Pembelian Sukhoi SU-35”

  1. Selamat datang,,,,,flanker

  2. Bungkus, ga pake laaamaaaa!

  3. Mantabzzzzzzzzz,,, ngetuh dulu gan sambil nungu kehadiran su 35 nya ,,

  4. nyimak, well come su 35

  5. Bentar lagi udah lewat gerbang pelangi su35 nya….

  6. piye kabare…. jas-39?

    • rawan embargo, 80% perangkat2 nya dan onderdil2 nya made in usa. resiko ” nguntal bomb ” lagi kita kalo benar beli itu. lebih baik J-20 ato J-31 kerjasama dgn china. murah meriah banyak bonusnya,

  7. Yang di nanti2 akhirny hampir dpt di pastikan datang..selamat datang SU35.musuhmu F35 sbentar lgi jdi tetengga dekatmu

  8. “Semua bisa dipesan, tapi kami sebagai operator ingin empat pesawat baru,” ujarnya.
    Ada yg diedit admin artikelnya nampaknya, perasaan di portal aslinya tulisannya seperti diatas..

  9. welcome home…super flanker 🙂

  10. Nggak usah tunggu lama lagi.cepat beli 1 skuadron sukhoi untuk ditaruh di pulau natuna

  11. Tetangga pasti pd panas kupingnya.

  12. Nggak usah tunggu lama lagi.cepat beli 1 skuadron sukhoi untuk ditaruh di pulau natuna kalau perlu tambah s 300.

  13. Udah bungkusss…kelamaan mikir.

  14. Semoga bukan hanya wacana,tertarik dan berkeinginan

  15. Sebentar lagi ada tail number TS-3501 dst…. Dan TS-3401 dst….
    Amin…..

  16. SelaMat datang su 35…

  17. Belum fix, msh nunggu, ngimpi lagi dah

  18. Lihat kenyataan yg masih mikir goib2, ini aja baru mau nego, tapi ada yg bilang sudah dibayar lunas, malah ada yg bilang sudah dimari

  19. Yg saya pikirkn mlh perasaan si malon…disaat semua tetangganya ramai2 pada blnja brng baru buat mainan anak2nya…dia mlh cmn ggit jari jd pnnton…mknya pas punya duit jngn terlalu jumawa ..lon lon….

  20. Nih kalo jadi di akuisisi, kira2 tahun berapa ya datengnya?

  21. Kalau bisa, Sepaket sama Cocor Bebek juga 1 SK cukup

  22. Jika memang jd kita membeli Su 35, baru kita Negara ke 2 yg membeli su 35 selIn china.. mudah2 an pak Menhan langsung beli 2 skuadron,,,

  23. Plus centelanya pak menhan…

  24. itu harga salah kali. Gak mungkin f 16 165jt. harga segitu mending ambil F35. Lagi pula Mana mungkin Su35 lbh murah dari Su 30 mk2?

  25. Beli paket dong…. jangan kosongan dan pake tahapan2 segala.

  26. Mantap, semoga kesepakatan ini bisa jd keran yg kebuka buat amur dan alutsista strategis lain dr Rusia :mrgreen: tot kuznetzov gt kek hehe
    tp saya berharap pembelian ini hanya stop gap, untuk pembelian PAKFA hehe :mrgreen: 4 – 5 ska gt . .

  27. Murah meriah? EMANG LOE BISA BELI?

  28. Akhirnya..del juga kawalan mania su 35.

  29. Baru masih nego..belum fix 100 persen bisa2 di tikungan terakhir ada yg nyalip. Smoga lancar aja jgn koar2 dulu..saya sih terserah user mau pakai sukhoi typhoon gripen g masalah asal jgn ada embargo seperti elang botak

  30. SU35s Full Weapon… Efek deterent bukan detergent

  31. Gagal jadi yg keempat. Mudah2an lain kali bisa.
    Btw, udah ambil 8 skadron sekalian. biar baru mendengar gemuruhnya sj si canberra class langsung menenggelamkan diri beserta isi2nya. Hehehe!

  32. Su-35 TNI AU dah ada di makasar..lw ga percaya lihat aj ke sana…

  33. Sebagai pengamat militer indonesia Pilihan tepat jika membeli Su 35 dijamin tidak ada embargo ketimbang beli produk nato. Jangan lupa ToT join produksi, perawatan , sistem persenjataannya. Sekalian bungkus nasi rames rasa russia S-400, amur, kapal destroyer, kapal frigate, T-50 PAK FA . dengan catatan disertai ToT untuk kemandirian nasional. “JIKA INGIN DAMAI INDONESIA HARUS SIAP BERPERANG” jgn lembek jika sudah menyangkut kedaulatan NKRI

  34. Sungguh hebat permainan indonesia_ rusia…barang dah di mari..ribut nya baru sekarang..NKRI…harga mati…

  35. Sedikit demi sedikit mimpi buruk nato itu makin dekat ke sini.

  36. Secepatx klo bisa jgn terlalu baxk mikir so f 35 si abbot udah mau datang…..

  37. Murah meriah,? Ente kira beli bala-bala di warungnya mpok ijah, murah meriah 2000 perak dapet tiga,.

  38. CNN Indonesia memuat berita keberatan Uni Eropa terhadap hukuman mati gembong narkoba. Bisa saja berikutnya akan diikuti dengan embargo alutsista dari Uni Eropa kalau Indonesia tetap mengeksekusi terpidana narkoba. Masih bermimpi beli alutsista dari Uni Eropa? Sakitnya di sini kalau diembargo. Begitu kata pak RR waktu mengalami embargo scorpion dan hawk. xixixixi.

    • Kalau yang dihukum mati karena narkoba orang RUSIA gimana bos ?

      Dulu kita juga kena embargo RUSIA, MiG-15/17/21 dan Bomber serta 12x Kapal Selam langsung Pensiun, Dulu Macan Asia langsung turun jadi Kucing Asia, Sakitnya di sini kalau diembargo.

      • Lihat kontek dan wktunya..
        Kita pda wktu itu diembrgi krna apa..

      • Dulu bukan embargo !!! … yg terjadi kita belum bayar lunas seluruh mesin perang Rusia yg dikirim saat bung Karno memerintah, saat president Suharto memerintah … Rusia tdk mau kirim sucad karena kita msh ngutang.
        btw … bung Karno sangat piawai nego Rusia … kirim dulu bayar belakangan

  39. Yakin Gripen gak ada embargi bung Jas,?? Yakin bener ente, ky udah tau luar dalam pembuat pesawat tsb aja

  40. semoga anggaran nya ada

  41. Misal indonesia punya 2 ska gripen dan 2 ska tipun, terjadi kasus narkoba hukuman mati warga ostrali, selandia baru, singapur, malaysia. Lalu Kemudian mereka ngadu sama mama elly. Besoknya dapat telpon dari london : jok lu berani tembak warga FPDA saya pastikan gripen ama tipun lu kagak ada yg bisa terbang dan pesanan yg lainnya akan kami stop. Atau gripen sama tipun nya dapat cuman pakai pestol air doang tanpa pensil. Mau???

  42. pilot kita lebih tahu pesawat mana yang lebih baik, klo bicara knp harga pswat barat lebih mahal bisa saja mereka mangmbil keuntungan yang lebih besar,
    Ausi aja prnah menginginkn SU 35. jgn2 anda antek keteknya barat bung! 😀

  43. come and get closer……..!

  44. luarbiasaa..

  45. Melihat berita minggu2 ini soal hukuman mati kasus narkoba, layak diperhatikan siapa negara2 yg protes, brasil, uni eropa, asutralia, philipina, so….JANGAN PERNAH membeli alutsista NATO group dan anteknya, manis didepan nabok dibelakang, hanya keledai dungu yg masuk lubang yg sama untuk kedua kalinya. Ini bukannya anti terhadap produk dan kelakuan NATO tapi memang nyatanya demikian, selalu embargo dijadikan alasan buat menekan negara tertentu

  46. ToT Rusia ke Indonesia belum pernah terjadi/terbukti
    ToT Eropa ke Indonesia udah sering terjadi

    • Yakin?? Bukankah awalnya kita blajar teknologi roket (kartika) dr rusia/unisoviet?
      Lagian skrg sdh ada undang2-nya klo beli harus ada tot dan rusia pasti menyesuaikan diri ngasih tot..

    • Ya, roket kartika 1 yang terhenti di tengah jalan belajar dari para ahli uni soviet. Sisa-sisa SAM Uni Soviet yang sudah dibedah A sampai Z, masih ada di Lab Kalijati Subang.

      Sayang kita belajarnya gak tuntas, karena angin politik dalam negeri saat itu, berubah haluan

    • Aduhh… Bahasanya Nekolim banget nih

    • Pada waktu itu kita beli berapa MiG ? Berapa kapal (termasuk KRI Irian) ? Berapa kapal selam ? berapa Tu-16, berapa rudal ?
      Berapa Duit yang keluar ? konon Hutang itu baru lunas tahun 1983 (hampir 30 tahun)

      Kartika-1 lebih kearah perakitan dan pendidikan (ITB), karena 100% komponen (knock down) buatan UniSov, lalu apanya yang ToT ? kenapa ngak ToT MiG saja yang dikasih (merakit) ?

      Sama Khan dengan India dan China. Beli Banyak baru dikasih ilmu

      Bandingkan dengan Eropa.
      CN235, Anoa, SS1-SS2, Amunisi, Mereka mau berbagi Ilmu meski hanya beli bijian.

      TNI hanya mampu beli 16-unit, paling banter hanya ToT bantuan Service saja, sama seperti kasusnya BMP-3F

    • kalem saja bung sarsek. kita lihat saja dramanya apakah pesawat andalan ente si gripen atau andalan ane su-35/typhoon. bayar mahal kok beli pesawat type petinju kelas capung. selain itu deliverynya diulur-ulur harus nunggu ijin us. lihat thailand kalau thailand tidak isu order perbaikan f-16nya ada kemungkinan belum lengkap itu 1 sq.

  47. Su-35 TNI AU dah ada di makasar..lw ga percaya lihat aj ke sana
    Sy kutip pernyataan bung swonolondo no.35
    Memang betul sudah ada 2 unit di mks. Ayo ke mks jalan jalan

    • Memang su35 itu ibarat kumis artis penyanyi dangdut ternama, iis dahlia..ditutupiin rapat pake makeup tebal tapi masih bs dirasakan ada atau tdknya..hanya penonton yg memperhatikan seksama yg bs ngeliat kumis itu ada atau nggak..

      Maaf neh lagi nonton dangdut academy..

    • Abang ane juga bilang gitu

  48. Biasa.. bung imam ini kl diibaratin seperti istilah “Sirik tanda sakit hati” eh salah, tak mampu he..he..,

  49. perwakilan uni eropa menemui wapres membahas hukuman mati,,meminta agar hukuman mati d tiadakan,dan hari ini d kabar sindo news, kantor berita radio selandia baru membocorkan sadapan snowden tahun 2009 terhadap semua pelanggan telkomsel di indonesia oleh LIMA MATA,
    Kalo alutsista masih buatan barat masih sangat riskan d akuisisi.
    Mungkin MENHAN bisa mempertimbangkan alutsista RUSIA sbg pilihan utama.

  50. Pusing 7 keliling…

  51. Habis kalimatnya ambigu

    Sorry 😀

  52. “Semua bisa dipesan, tapi kami sebagai operator ingin empat pesawat baru,”

    Hanya pak H.Qurais sihab yg bisa menafsirkan kalimat tersebut

  53. Saya sempat mimpi: Kata terakhir dari pembelian senjata adalah, mendengarkan pendapat user yang telah mencoba pesawat-pesawat yang akan dibeli.

    Setibanya di Jakarta, dia akan ditanya si Bos: Bagaimana pesawatnya ?.

    Nah di moment ini yang krusial. Apa kira-kira jawaban pilot yang sudah mencoba pesawat tersebut.

    Persoalannya adalah, apakah pilot itu bisa bicara bebas (speak free).

    Takutnya, sebelum tiba di Jakarta, ada suara gaib ke si pilot: “Nanti kalau ditanya di Jakarta, bilang yang ini…. yang bagus ya..!.

    Nah, kalau sudah begitu, kira-kira user akan jawab apa ?. 😀

    Tapi saya pikir Indonesia tidak akan seperti itu, Indonesia profesional

    • Tapi kalau dikasih amplop dan itu “orang indonesia” (termasuk saya) ceritanya akan lain, yg merah bisa jadi pink atau yg hitam bisa jadi coklat… hehehe lumayan bisa buat beli toyota alphard

  54. Tadi saya buka lapak online .. singkatnya sih indonesia akan punya 8 skadron pesawat type “su” sampai 2024. Jadi kemungkinan SU 35 tinggal masalah waktu menurut saya.

  55. Bner tuh. . .mas Diego(slm knal),kjujuran n kedisiplinan modal dasar utk maju lbh jauh. . . . .hebat lh

  56. Opini saya

    Su35BM

    Memiliki jiwa dan kharisma yg kuat

    Dari segala aspek

    Baik kekurangan maupun kelebihan
    Jika dibandingkan pesawat lain

    Jiwa yg kuat SU35

    Rasa yang tak bisa dibeli dari pesawat lain

    Siapapun pilot nya

    Akan merasa kuat

    Penguasa duel udara

    Gagah

    Untuk yg bisa menandingi saat ini belum ada walaupun mungkin ada psawat yg lebih baik

    (Ngayal jadi pilot deh)

  57. Wiiihhhh…klo bhas su35 rameee..semangat ya..

  58. ” Indonesian Style ” :
    biasanya kalo sudah menjadi sorotan dunia Indonesia kagak akan jadi mengakuisisi ( SU-35S ), seperti yang sudah sudah, memang aneh, miris, memprihatinkan, …….. tapi mudah2an kali ini tidak terjadi !!!

  59. Su 35 mah dah lama nongkrong di Makasar dan Halim……

  60. Sebenarnya saya ga suka klw gripen masih diungkit-ungkit sebagai pilihan. Padahal sudah jelas kita hanya membutuhkan pengisi kekosongan pengganti F5 hingga 2025.
    SU30MK2 kita sudah lebih baik dari gripen Perancis. 4 SU35 sudah cukup untuk memantau ancaman dari luar. Itu pun klw kita tidak kena dampak dari embargo UE dan US terhadap RosoboronEx.
    Herannya kita, kenapa ketika Legislatif dan TNI sudah clear.. kenapa pemerintah malah main tarik ulur yg bikin pusing rakyat. Main lirik2 si gripen nyamuk segala. Kalau begitu terus lebih baik alutsista ga usah jadi. Anggarannya untuk dalam negri saja.

  61. lah harganya bedanya jauh amat, kalo pembeli pinter biasanya beli yang murahnya amit2 dan kualitasnya bagus amat, dan ulasan di atas kedua kriteria harga dan kualitas sudah terjawab, jadi…?

  62. yuk! kita semangati menhan nya bung brici,
    Yo ayo!!
    Ayo Su-35 ,,,
    Ku ingin ,,,
    Kita harus menang!!!
    haha,

    • maaf OOT,
      Kamis, 05 Maret 2015
      Uji Terbang RX-3240
      Roket

      D alam rangka meningkatkan
      kapasitas penguasaan teknologi
      peroketan di Indonesia telah
      dilakukan rekayasa roket RX3240
      sebagai dasar mendapatkan roket
      sonda dan roket dengan jangkauan 3
      digit. Roket ini berdiameter 320 mm
      dg panjang propelan 4000 mm (RX
      3240). Motor roket RX 3240 telah dua
      kali dilakukan uji statik dan
      didapatkan hasil yang baik dimana
      profil thrust dan pressure yang
      dihasilkan identik. Roket ini telah diuji
      terbang pada bulan Agustus 2014
      dan diperoleh data jangkauan
      mencapai 64 km pada sudut elevasi
      70 derajat. Selanjutnya berdasarkan
      hasil uji statik dan uji terbang
      tersebut, untuk validasi konsistensi
      rekayasa RX3240, akan dilakukan
      kembali uji terbang di stasiun
      peluncuran roket Pameungpeuk.
      Uji Terbang dilaksanakan pada hari
      rabu, 19 Nopember 2014 di Balai
      Produksi dan Pengujian Roket
      Pameungpeuk, Garut. Tujuan dari uji
      terbang ini adalah untuk mengetahui
      apakah roket RX3240 mempunyai
      performa terbang yang sama dengan
      yang dilakukan pada uji terbang
      bulan Agustus 2014. Oleh karena itu
      uji terbang RX 3240 ini dilakukan
      dengan tanpa ada perubahan desain,
      struktur dan propelan yang
      digunakan. Roket RX 3240 yang
      diluncurkan diterbangkan dengan
      sudut kemiringan 70 derajat dan telah
      berhasil serta dapat memenuhi
      harapan. Rx 3240 merupakan jenis
      roket sonda untuk misi penelitian
      seperti untuk mengetahui parameter
      atmosfer, kelembaban temperatur.

      LAPAN

  63. Jangan lupa beli missile SAM Dan tambahan helicopter MI 35M / 17 V …& BMP 3P/BTR 82….penting semua itu..

  64. Ni sinetron bukan yaa SU-35 katanya msh negolah, blm acc DPR lah atw apalah,, itu burung jangan2 udah menclok sana sini (pangkalan AU) hanya saja kita rakyat biasa pada ga tau,, kaya kasus Yakhont beritanya pembeliannya ternyata udah 9 thn baru nongol pas HUT TNI kemaren.. Sungguh misteri nih alutsista TNI,, inyong nyimak bae lah yg penting bisa tidur nyenyak, ga ada rudal seliweran diatas genteng aman terkendali.. TNI SETROOONG..!!!

  65. manthap, semoga tdk disalip di tikungan. Su35 sbentar lg mengudara di langit indonesia. belanja di MEE2 1.SU35 besokx apa lg ya hehehe

  66. alutsista gado gado ala TNI yang bikin kejang kejang tetangga sebelah 🙂
    sambil nunggu si tante gendut antonov landing di makassar, nyimak wacana baru pengaktifan kembali squadron bomber TNI AU yang sudah lama tidur. yang diisi dengan kandidat Donal bebek sukhoi 34.

  67. Sekalian minta berkut

  68. kykya yg dibeli f16 v….yak gk ada kapok kapoknya

  69. Binary choice innovation has led to choices that offer 50% to
    500% fixed payouts.

 Leave a Reply