Dubes Rusia untuk RI, Bicara Soal Rudal S-300

Sistem Pertahanan Udara S-300 MPU
Sistem Pertahanan Udara S-300 MPU

Jakarta – Ketangguhan sistem pertahanan udara rudal S-300 dan S-400 milik Rusia tampaknya tidak hanya akan dirasakan oleh Iran. Ada banyak negara yang diketahui ingin bekerja sama dengan Rusia supaya dapat memiliki rudal yang dikatakan mutakhir ini.

Duta Besar Rusia untuk RI, Mikhail Galuzin, membeberkan bahwa ada banyak negara yang ingin merasakan keefektifan sistem pertahanan udara S-300 dan S-400.

“Saya mengetahui bahwa ada banyak negara yang terpikat ingin membeli dan merasakan keefektikan sistem pertahanan udara kami yakni rudal S-300 dan S-400. Namun, saya belum tahu berapa jumlah pastinya,” ujar Dubes Galuzin kepada Okezone, Rabu (26/8/2015).

“Pastinya kami selalu terbuka jika ada negara lain yang ingin bekerja sama merasakan ketangguhan sistem pertahanan udara kami, termasuk Iran,” sambungnya.

Sebagaimana diberitakan, Rusia memang telah membuka jalan bagi Iran untuk memiliki rudal udara mutakhir miliknya. Merespons hal itu, Iran langsung membeli rudal S-300 dan telah meminta pengiriman dilakukan tahun ini.

Iran dikabarkan telah menyiapkan infrastruktur yang tepat untuk menerima rudal S-300 Rusia. Negara yang telah sukses dengan kesepakatan program nuklir itu juga telah mengirim beberapa ahli persenjataan ke Rusia. Mereka akan dilatih untuk mengerti aspek-aspek taktis dari sistem pertahanan udara rudal S-300.

News.okezone.com

Tinggalkan komentar