Jul 072017
 

Polisi Meksiko (Daniel Case / commons.wikipedia.org)

Mexico City – 28 orang tewas dalam kerusuhan di satu penjara Negara Bagian Guerrero, Meksiko Selatan, Kamis 6-7-2017, usai terjadinya perseteruan antara gerombolan, kata pemerintah lokal.

Pemerintah negara bagian memberi keterangan baru tentang jumlah korban jiwa dari 5  menjadi 28 orang setelah Polisi memeriksa Penjara. Tiga tahanan lagi menderita luka ringan.

Juru Bicara Keamanan Guerrero Roberto Alvarez Heredia, mengatakan perkelahian mulai terjadi pada Kamis 6-7-2017 sekitar pukul 04.00 waktu setempat di Penjara Las Cruces di Acapulco. Perkelahian terjadi di Blok 1, Blok 3 serta di halaman Penjara.

Sejauh ini belum ada keterangan tentang identitas orang yang tewas tetapi Heredia mengatakan keluarga mereka akan diberitahu lebih dulu. Perkelahian dapat dihentikan setelah Polisi menguasai Penjara. Tidak ada tahanan yang melarikan diri.

Heredia menjelaskan, “Peristiwa ini terjadi akibat pelaku lama antara kelompok yang berseteru di dalam Penjara.

Gubernur Guerrero Hector Astudillo Flores telah mengeluarkan perintah agar “perkelahian diselidiki sampai tuntas dan  hukum sepenuhnya ditegakkan atas mereka yang bertanggung-jawab.

Heredia menambahkan, “Penyelidikan akan meliputi seluruh Pegawai Negeri di dalam Penjara Las Cruces.”

Penjara Las Cruces adalah yang paling penuh di Guerrero, dengan 2.100 orang tahanan, sesuai data statistik Pemerintah Meksiko, dilansir Antara/Xinhua, 7-7-2017.

Bagikan:

 Leave a Reply