Oct 242017
 

Jet Tempur Su-35 (photo : Jacek Siminski)

Jakartagreater.com. Pesawat tempur Su-35S akan dapat menghancurkan kapal angkatan laut (naval) -dari kapal kecil hingga kapal induk, serta menghancurkan bala bantuan militer (reinforcements) dan bahkan peralatan militer lapis baja. Fitur ini diberikan kepada jet tempur itu oleh rudal jelajah presisi tinggi X-35U (Kh-35U -red), dirilis Izvestia, 23/10/2017.

Setelah tes tempur, “pembunuh kapal induk / “killer of aircraft carriers” secara resmi disertakan dalam persenjataan pesawat tempur Su-35. Menurut para ahli, berkat pengalaman baru dan unik dari pesawat tempur, yang menerima julukan spesialis “pembunuh udara”, maka pesawat akan menjadi kompleks penerbangan multifungsi yang benar-benar mampu menyelesaikan berbagai tugas.

Rudal X-35U (Kh-35U -red) diciptakan di korporasi Tactical Missile Armament (KTRV). Ini adalah rudal kombinasi penuh pertama (first fully unified missile), yang penggunaannya memungkinkan untuk menyasar: kapal permukaan dan kapal selam, sistem rudal pesisir, dan kapal induk.

Seperti yang diberitahukan pihak Departemen Militer Rusia kepada Izvestia, keputusan untuk memasukkan rudal Kh-35U ke dalam persenjataan reguler jet tempur Su-35 dilakukan pada awal September. Itu adalah hasil uji coba militer terhadap rudal tersebut di Suriah, yang berlangsung pada musim panas ini. Untuk bisa diaktifkan di Su-35, perubahan dilakukan pada perangkat lunak dan elemen desain rudal dan jet tempur terbaru. Ini memungkinkan untuk sepenuhnya menggabungkan X-35 dan Su-35.

Sebelumnya, Ketua Military Scientific Committee of the Armed Forces -Wakil Kepala Staf Gabungan Rusia, Letnan Jenderal Igor Makushev mengatakan bahwa selama penempatan pesawat Su-35S di Suriah, pesawat tersebut melakukan tugas untuk melindungi air strike groups dengan berpatroli dan menempatkan penghalang udara di sekitar area misi tempur. Pesawat tersebut menggunakan bom udara dan rudal udara-ke-permukaan yang dipandu.

Rudal X-35U memiliki bobot 550 kg. Dari jumlah tersebut, 145 kg merupakan hulu ledak. Kecepatan penerbangan 300 m/s. Rentang aplikasi – 260 km. Rudaltersebut hadir di: beberapa seri kapal permukaan rudal/korvet class, pesawat Su-24, Su-30, MiG-29K/Kuba, Su-35S, T-50 dan helikopter anti-kapal selam Tu-142, serta helikopter Ka -27, Ka-28 dan Ka-52K. Rudal juga digunakan di kompleks rudal “Bal” (BAL-E Coastal Missile System -red).

Rudal Kh-35 (photo: turbosquid.com)

“Penciptaan senjata berpadu (all together) memungkinkan kita untuk mengoptimalkan biaya dengan membuat satu rudal untuk berbagai jenis kendaraan,” ujar Nikolai Vasiliev, perancang utama kompleks rudal tersebut, kepada Izvestia. Rudal ini sudah digunakan pada pesawat tempur MiG-29K/KUBR, helikopter serangan Ka-52. Pada awal tahun ini, telah diuji coba di pesawat tempur tempur masa depan generasi kelima T-50.

Profesor Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Rusia, Vadim Kozyulin mengatakan kepada Izvestia bahwa pesawat tempur Su-35S dianggap sebagai kendaraan tempur paling maju dari pasukan kedirgantaraan Rusia. Sebenarnya, ini adalah model transisi tempur sebelum kemunculan T-50 terbaru di pasukan. Dengan kendaraan yang lebih maju, Su-35 dibuatkan : kabin “digital”, mesin baru AL-41F-1C dengan daya traksi naik menjadi 14,5 ton, sistem kontrol digital dan memperpanjang usia pesawat. Ini memberi kendaraan tidak hanya kecepatan dan kemampuan manuver yang bagus, tapi juga kemampuan untuk membawa lebih banyak senjata. Pada suatu waktu, jet tempur Su-35S ditingkatkan untuk membawa beban tempur hingga 8 ton ke udara.

“Dengan diperkenalkannya rudal jelajah terpadu dalam persenjataan, Su-35S akan mampu mencapai keseluruhan target dengan efisiensi yang sama, dari kapal hingga ke benteng pertahanan serta kendaraan lapis baja musuh,” kata Vadim Kozyulin. -Keuntungan utama rudal X-35U adalah passive head of homing. Berbeda dengan yang biasa (aktif), rudal X-35U tidak memindai (scan) ruang, namun menangkap radiasi dari benda yang diserang. Hal ini memungkinkan rudal, tanpa mengungkapkan dirinya sendiri, untuk melewati sistem pertahanan udara dan secara akurat menghancurkan sasaran.

Saat ini, lebih dari 60 jet tempur Su-35 beroperasi bersama Russian air and space forces. Pada awal Januari 2016, empat pesawat baru dipindahkan ke pangkalan udara Khmeimim (Suriah). “Pesawat Tiga puluh lima” dilengkapi dengan mesin variable thrust vector, radar ultra-tinggi “Irbis” dan stasiun elektronik-optik OLS-35 yang unik. Pesawat ini tidak hanya bisa melawan target udara, termasuk pesawat tempur generasi kelima F-35 dan F-22, namun juga menembak target darat di semua kondisi cuaca siang dan malam.

  98 Responses to “Duet Maut Sukhoi Su-35 dan Rudal X-35U”

  1. Berarti nggak hebat.

    Harusnya duel maut Su-35 dan rudal x35u.

    Jadi bisa dites hebat mana Su35 atau rudal x35u.

  2. wkkkk… Wah di bikin part 2 sm bung diego

    penggunaannya memungkinkan untuk menyasar: kapal permukaan dan kapal selam, sistem rudal pesisir, dan kapal induk…. Kagak ada raptor harap di baca baik2 yah warjager rudal ini tuh anti ship misile

    • Oh antiship ya.

      Gue kejar pertamax soalnya.

    • harusnya tadi gw diemin aja yah kikikiki……… wkwkwk 😆 sekarang malah digoreng lagi…..

      • Xixixi… Jng salah paham lho yah… Ane masih tetap dukung Su-35 kok… Cuman ada satu pendukung sukro yg pekok harus di bulli wkkkk… Untung cuman satu kalau gerombolan kek dia semua bisa2 banyak yg kena penyakit sukrophobia xixixi…

        • Coba buktikan kalau loe minat su35, jgn buktinya karn loe di bully bung bammbo yaa

          Hahhahaaa

          • Wkkkkk…. Buktikan dulu omongan sok tahu loh tentang K-35 buat nembak raptor… Qarin2 belain sukro boleh aja tapi jng suka pake cara Hoaxiyah… Justru loh yg bikin malu pendukung sukro dng ngemeng asbun dan sok tahu

          • Lhaaa aku kena colek bu qarina xixixi

          • Mungkin dia nge fans x sm bung bamboo wkkk… Hati2 bung bamboo kalau deket2 di sangka selingkuh sm mbah bowo loh ente di santet deh sm mbah bowo xixixi…

          • Kan sudah dikatakannya itu rudal memindai radiasi, supaya sy nyateken tentang radiasi itu sperti: gelombang panas dr gesekan bodi pesawat dgn udara atmosfer, radiasi dr radar pesawat, radiasi dr radar rudal yg masih digendong pespur, radiasi panas lanjutan dr mesin.
            Kalau utk kapal radiasinya sprti dr bodi, kapal yg mengantarkan gelombang magnetik, radiasi dr radar kapal, radiasi dr suara & panas mesin kapal & radiasi sbginya termasuk radiasi gigimu itu bisa melumpuhkanmu.

            Jadi coba loe buktikan loe itu minat su35, tapi bukan karna loe di bully bung bambo sehingga loe minat su35

          • Halah pake Nulis sok muter2 di atas aja udah di terangkan itu Rudal bukan Sam di wiki juga sm, hanya loh doang prof Krupuk jengkol yg ngeyel… Pembuat rudalnya ente x yah…

          • Dgn kata lain itu rudal bisa memindai mandiri ke sasarannya, jadi bukan tidak mungkin itu rudal bisa ditembakkan udara ke udara

            Hahhahaaaa

          • Tuh liat ternyata hanya Asumsi sok tahu dia sendiri kan… Sialahkkan di cati Artikel tentang KH-35 tidak ada satupun yg mendukung omongan asbun dia… Menggelikan loh qarin kalau mo debat pake sumber2 yg benar bukan Khayalan udah jelas omongan loh tuh Hoax

          • Kan loe mmng kagak habisnya merengek meluluuu

            Hahhahaaaa

          • Keluar alaynya deh kalau ga bisa membuktikan… Gue cuman meladeni bualan loh yg ga da habisnya… Bikin malu pendukung sukro…

          • Itu kan disebutkannya kh-35 itu rudal jelajah.
            Apa mungkin rudal jelajah tidak berpemindai mandiri, bagai mana itu rudal mendekati sasarannya hingga ancoorr?

            Hahhahaaa

          • Ancooor tapi bukan tapi bukan raptor itu rudal utamanya Anti ship, Khayalan loh doang itu Raptor… Biar gue kasih contoh yah biar ga di isi semua dng Omongan asal loh… Ambil cintoh lah Rudal Javelin anti tank misile punya asu bisa di gunakan menghancurkan Helikopter yg hovering… Tapi tidak buat helikopter yg bergerak apalagi pespur karena javelin itu gunanya yah buat lawan tank anti tank misile sm kek KH-35 itu anti ship misile bukan buat pespur… Cuman di khayalan loh doang tuh rudal bisa nembak raptor…wkkkkk

          • Kan gue bilang bukan tidak mungkin bisa ditembakkan udara ke udara, walau fokusnya bukan pespur.
            Mudh2an ini komen gak nyangkut digigimu lg & lg sebelum gigi loe itu melumpuhkanmu sendiri.

            Jadi rudal yg hampir sama dgn kh35u yg memindai radiasi fokus pd pespur adalah R37 R172 R77ME & R77TE

            Hahhahaaaa

          • Ya itu cuman pendapat pribadi loh sendiri dng ini rudal bisa buat nembak raptor dng kata lain hanya omong kosong… Jng bawa2 omong kosong apa lagi buat debat itu cuman membuat loh keliatan lebih bodoh dan di bulli… Mudah2an komen ini bikin loh tobat asbun yah tukang nyimeng

          • HhjbAnda merasa tau tapi kagak tau juga, diberi tau malah merengek.

            Hahhahaaaa

          • Anda meraJsa tau tapi kagak tau juga, diberi tau malah merengek.

            Hahhahaaaa

        • Halah ga jauh keluar lagi omongan alaynya, dan emang lebih parah nih orang dari si DR soal hoax… Capek juga ngeladenin omong kosong si qarin… Nih baca aja gih sodara2

          https://en.m.wikipedia.org/wiki/Kh-35

          Cuman khayalan tuh yg bilang Rudal ini bisa nembak raptor…

          • Kan, selalu ajja merasa tau tapi kagak tau juga, dibilangin makin merengek pula

            Hahhahaaaa

          • Sebenarnya gue masih pengen ngeladenin bualan loh… Tapi gue takut di pentung ntar sm bung diego gara2 artikel ini isi komengnya kebanyakan omong kosong luh semua Xixixi…

          • Pakarnya barang Dagangan (Sales) Rusia kemana nih? Colek ah bung Jimmy. xixixixixixi…

          • Merengek melulu yaa

            Hahhahaaa

          • Hahaha… Bung @FNC. Mungkin Maksudnya Neng Qarin Buat Nembak Raptor Yg Lagi Parkir x… 😆

  3. Ayo ayo,merapat….

  4. Ada 2 artikel yaa?
    1 artikel aja para pembela amrik sdh pada nangis, kalau ada 2 ntar jadi apa mereka yaa?
    Xixixi …

    • Di sini ada pembela amrik? Kasihan amat.

    • Kayak nya rudal x35u ini bisa menenggelamkan kapal induk krn bobot warhead 145 kg dan jenis HE pula, apalagi ditembakkan dlm jarak 5 km, kagak sempat kapal induk nyiapin anti rudal nya krn tdk nyampe 16 detik x35u sdh sampai sasarannya.

      Apalagi kalau SU35 dikasih rudal R-27EA yg sdh ada radar active hooming dan radar infra red, dgn kecepatan 4,5 match maka bikin f35 – f22 nangis batin, pilotnya f22 bakal kangen sama baso jengkol sebelum pesawat f35 dan f22 meledak …

      Uhuks uhuks

      • X-35 ditembaki dg warhead 145 kg ditembak dari jarak 5 km bisa nenggelamin kapal induk USA ??? Peff… Lol, U make My Day Budd.. Kenapa pilotnya Su-35 gak nabrakin aja tuh pespur ke kapal induk, kan kata si Qarina tuh Su-35 udah Stealth kan, susah kedetek radar kapal/pespur USA kan?? Hhhhhhhhhh

        Gak perlu RIM atau bahkan Standar Missile, cukup tembakan meriam kapal dah hancur tuh Su-35 dari jarak 28 km. Yah, buat ngadepin Super Flanker yg “sok” Stealth ya ntar ditembaki Ama meriam elektronik railgun yg bakal dipasang di USS Zumwalt aja, jarak 100 km udah bakal kena, mau milih mana, terbang rendah cukup hajar pake alur balistik, terbang tinggi, dihajar lurus aja. Su-35 mau joget2 ya tinggal di salvo aja. Coba bakal menang mana pespur siluman lawan karang Siluman, Su-35 cuma bawa 1 Onix/1 Brahmos atau cuma bawa 4 X-35. USS Zumwalt?? Hahaahaahahahaha, bisa bawa 60 khusus SM aja, bahkan bisa ditingkatkan, kalo kurang, pake elektronik railgun, masih kurang, pake laser. Dan ingat, walo Zumwalt baru dibuat sedikit tapi kalo yg jalan satu armada ya Su-35 bakal ngadepin ratusan SM dari Zumwalt , Arleigh Burke, dan Ticonderoga. Itu juga bakal dihadapi sama 6 EA F-18 dan 48 F/A F-18 Superhornet dibantu Erieye. So, Yakin Su-35 bisa nenggelamin kapal induk?? 3 squadron aja gak akan cukup

        Hhhhhhhhhh

        • Kalau pespur sudah stealth ngapain pula ngawar ngiwir, kecuali babi, kalau babi yaa ngawar ngiwir & mudah ditandai & rudal kh-35u mmng sudah dilengkapi anti radar, jd gak penting itu pespur nabrak kapal yg penting rudalnya yg menabrak kapal.

          Hahhahaaaa

        • Bisaaa …
          Bisaaa …
          Kita gak usah pake teori tp dipraktekin aja, kamu siapin 1 kapal induk (ingat 1 kapal induk aja) dan sy siapin 3 rudal X35U tp dgn syarat jika kapal induk kebanggaan mu tenggelam maka negara yg punya kapal induk tsb tdk boleh marah, gimana? Setuju?

          • Logika yang aneh, mana ada uji coba seperti itu kecuali kapal induk yg memang sengaja buat uji coba. Kalo X-35 cuma bisa nyerang kapal induk yg diam berarti kemampuan X-35 hanya segitu saja, sama aja Bom GBU bisa ngancurin 1 Su-35, yang lagi parkir di hanggar.
            Tolong kalau begitu membalas analisis harus yang jelas dan cerdas, ini forum militer bukan forum chatting anak SMP.

            Hhhhhhhhhh.

          • Di media tv diberitakan x-35 mau di uji coba dari pespur yg bisa mengelabui sistem pertahanan, mau thaad atau apalah itu namanya? X-35 sulit utk dicegat. Ini menandakan setiap negara akan butuh teknologi baru utk mencegat X-35

            Hahhahaaa

          • @agato, warjag memandang logika mu malah yg paling aneh, berasumsi sendiri kayak anak SD mungkin Paud, dlm forum diskusi baik selevel SD – SMA apalagi diskusi ilmiah teknologi para pakar kalau sdh rencana pembuktian maka teori dan logika hrs dikesampingkan dulu.

            Apalagi anda berasumsi bahwa kapal tdk boleh bergerak? Itukan asumsi mu pribadi bukan ajakan ku, mana ada namanya battle tanpa bergerak tanpa menembakkan senjata? Ayoo siap tdk? Kalau sy banyak sponsor yg bakal mewujudkan, jadi sy ready lah … xixixi

          • Saya kan gak bilang uji coba, Anda sendiri yg bilang. Kalo uji coba ya tinggal lihat aja hasilnya. Yang saya komentari dari komentar Anda itu logika Anda yg bilang Kapal Induk bisa hancur dari jarak 5 km dg X-35. Kalo anda jelasin itu lewat uji coba ya mungkin aja bisa, tapi kalo dalam perang nyata mana mungkin Su-35 bisa menembus lingkaran pertahanan kapal induk tanpa ketahuan hingga bisa ngeluncurin X-35 dari jarak 5km. Itu konyol namanya.

            Hhhhhhhhhh

          • Agato, sudah pernah diskusi ilmiah secara resmi semisal bahas IT atau mesin pabrik atau dampak lingkungan dll di kehidupan real?

            Analisa, hipotesa, teori akan slalu terjadi perdebatan krn masih berupa perkiraan, seperti teori darwin soal kera sebagai nenek moyang manusia, akan terjadi perdebatan krn masih berupa teori, berbeda dgn teori lampu listrik yg sdh terbukti benar krn sdh diujikan.

            Jadi … hasil uji coba itu adalah supremasi dr teori analisa, hipotesa maka nya bagi ilmuwan sangat suka dgn uji coba biar bisa membuktikan analisanya, ayoo dong jgn jadi jurkam mulu ah?
            Xixixi …..

  5. andaikan bisa digendong caracal ato super puma …

  6. Tni Au Wajib beli nih tuk menemani Kh-35P dan Kh-59ME, buat nakut”in Kapal induk As kalo macem” masuk.
    Spt insiden bawean 2003.

  7. Di beli saja ya…kan rumayan bikin nakut-nakutin kapal Induk atau kapal Naval musuh, pasti moncer nihh rudal….

  8. KOMBINASI YANG MANTAP SANGAT CUKUP LAH BUAT EFEK GETAR NEGARA TETANGGA SEBELAH . SU-35 DENGAN FULL SENJATA ADALAH PILIHAN YANG PALING COCOK BAGI INDONESIA APALAGI DENGAN RUDAL X-35U BAGI NEGARA MARITIM MACAM KITA

  9. teslah coba tenggelamin kapal permukaan AS yg bersliweran di laut bebas, lo terbukti tenggelam lanjut borong 1000 unit, hhaaa..

  10. Borong licensinya yg penting!he3

  11. Ente mau borong ?
    Keringin dulu kerupuknya buat barter

  12. Tuh rudal X-35 masih bisa dihancurkan sama SM blok 3

    Hhhhhhhhhh

    • SM-3 memiliki jangkauan lebih pendek dari SM-2, yang dapat menghancurkan hulu ledak pada jarak lebih dari 200 kilometer up. SM-3 dioptimalkan untuk bekerja pada misi anti-rudal, sedangkan SM-2 Blok IV dirancang untuk digunakan terhadap kedua rudal dan pesawat balistik. SM-2 Blok IV juga setengah lebih murah dari apa SM-3 sehingga SM-3 tidak disarankan kecuali benar-benar diperlukan.

      mudah2an sesuai dengan maksud anda… bukanya X-35 tidak masuk kategori ruda balistik???

      • SM 3 lebih ditujukan buat menggantikan SM 2. Kemampuan SM 3 sangat cocok buat menghadapi rudal jelajah (dg sea skimming rendah) dan rudal balistik (untuk menghadapi rudal balistik terbaru musuh seperti Hwasong 12).

        SM 3 dan SM 2 memang sangat bagus buat menghadapi rudal high subsonik macam X-35 atau Kalibr. Tapi SM 3 masih susah untuk menghadapi Yakhont/Brahmos karena selain kecepatan nya Supersonik dan punya kemampuan Sea skimming tapi juga punya manuver yg unik karena ditujukan buat menghindari CWIS juga. Namun karena Barak 8 udah berhasil digunakan untuk uji coba menangkis Brahmos Mark 1, maka bisa saja SM 3 dikembangkan untuk menangkis Brahmos/Yakhont dan bahkan Zircon/Brahmos Mark 2 yg punya kecepatan hypersonic.

        • https://jakartagreater.com/mungkinkah-rudal-yakhont-brahmos-dilawan/

          Jangan jauh2 dari bumi… untuk rudal dengan kecepatan 2-3 mach seperti Brahmos sudah sulit apalagi yang Hypersonic dengan kecepatan diatas 6mach

          • Lha kalo China pakai brahmos untuk tembak kapal kita gimana ?

          • Memangnya kita memiliki sistem pertahanan Aegis??? realistis lah, kalau memang kita belum memiliki sistem pertahanan mumpuni di kapal perang kita mau seperti apapun ya tetap ga bakalan sanggup melawan…
            Barak 8 dikembangkan oleh India dan Israel, sehingga bagaimana menghadapi rudal itu jelas ada masukan dari India mengenai kemampuan rudal itu dan dicari cara menghadapinya… justru yang aneh mengapa India malah melakukan itu??? Brahmos adalah andalan merupakan pengembangan rudal yang melibatkan India, ketika dibuka teknologinya kepada negara koalisi barat, sama saja membiarkan arsenal andalanya menjadi tidak memiliki dominasi…
            Apakah China juga bisa menghindar ketika kita menembakan Yakhont ke kapal perang mereka???

          • Makanya jangan terlalu memuja alutsista Rusia.

            Apa yang Rusia punya, China juga punya karena China adalah pemesan pertama, lalu China juga punya tiruannya dan sekaligus pengembangannya.

            Kita butuh alutsista penangkal rudal Rusia agar bisa menangkal China di Laut Natuna Utara.

          • Bung tn ini fokusnya selalu ke cina terus… Udah sering dibahas kan jadi dejavu… Iya sih LCS pun ancaman Tapi kita juga butuh barang rusia buat penangkal tetangga sebelah yg barangnya kebanyakan merk asu

          • Betul bro fnc, kita Indonesia tdk pemuja produk Russia krn buktinya Indonesia beli Produk barat juga, sekarang kita butuh produk Russia demi menangkal jika ada ancaman dr negara2 tetangga kita yg punya produk barat, krn faktanya yg sering menekan kita adalah amerika dgn sekutu nya dan salah satu buktinya adalah larangan berkunjung jend gatot ke amrik.

          • Halah, hla kalau brahmos/Yakhont/Oniks itukan embel2nya Russia… lalu mau dilawan pakai apa??? SM3??? memangnya dikasih??? beli Barak 8??? itukan buatan India dan Israel… lalu maksudnya bagaimana???
            Tuh ada C705 yang buatan China justru mempermalukan bangsa… yang ditakutkan dari alutista China bukan akurasinya tetapi erornya seperti apa…

          • @bung fnc & bung Bamboo…
            mereka tutup mata dengan kenyataan itu… mana mau tahu kalau dulu saat kita cuman mengandalkan F-16, malaysia sudah memiliki F-18 dan Mig 29, Sg memiliki F-15… giliran kita beli Su-27/30 tetangga Malaysia langsung beli Su-30MKI 18 biji, Sg memiliki F-15 dan F-16 bejibun dan terbaru…
            kalau kita beli Gripen, apa kata tetangga selain tertawa…
            USA bukanya tidak terlibat, apa yang ditawarkan kepada kita selalu dibawah kemampuan SG dan Malaysia… SG superioritas alutista barat, Malaysia berusaha mengimbangi dengan jenis yang hampir sama…
            China… bahkan Malaysia, Filipina, Vietnam adalah pihak yang berseteru secara langsung dengan klaim China… dan sejauh ini baru Indonesia yang berani keras dengan tetap menangkap kapal nelayan China yang masuk wilayah Indonesia… apakah yang lain berani???

          • Makanya beli Barak dan SM3 sebagai antidotnya.

            Taruh di Laut Natuna.

            Mau dikasih atau tidak faktanya US dan India maupun Israel butuh tambahan duit.

          • Lalu saya bisa apa??? saya tidak punya uang untuk membeli itu semua…
            Jika pemerintah mau membeli ya bagus, tetapi kan baik X-35u,SM-3 dan Barak 8 tidak masuk dalam rencana pengadaan alutista…
            Kalau kembali ke asal mula komen, ini sebenarnya memperdebatkan SM-3 vs X-35u, dan saya hanya mempertanyakan apakah benar2 efektif mampu menahan X-35u, kemudian malah muncul Brahmos dan Zircon… jadi memang sebenarnya tidak ada hubunganya dengan LCS dan Indonesia…

          • Betul bung Yuli, siapa tahu mereka tdk hanya sekedar berdiskusi tp ada tujuan agar Indonesia alutsista nya tdk kuat, agar mudah diobok2 tetangga atau ada skenario melemahkan Indonesia dr dlm dgn alutsista kelas ecek2 tp harga selangit.

            Wajar sy berpikir demikian krn asumsi mereka aneh dgn doktrin opini yg dipaksakan terkesan kayak jurkam bukan pakar keamanan, pertahanan dan politik Indonesia Juara.

            😀

          • Setuju, pertama jualan kedua membela habis2an ketiga mereka tidak memperdulikan persaingan kita dengan tetangga sebelah yang dulu resehnya setengah mati, sampai membuat jengkel di ubun2 loo sama mereka…
            sekarang2 ini saja mulai mengendur, mungkin karena takut sama nyali pemerintahan sekarang…
            Tapi kalau terpojok terus digoreng ke LCS… padahal China bakalan berpikir beribu kali untuk mengacak2 Natuna, karena itu akan melanggar hukum internasional, dan bukan hanya Indonesia, bakalan banyak pihak yang akan mendukung kita melawan China…

          • Cuma bahas Alutsista aja dikira punya agenda tertentu, tenang saja. Saya tidak merugikan siapapun kok. Hhhhhhhhhh

        • Bukannya SM utk menggantikan pak bambang brojonegoro ya bung sugi@…?

        • @bung yuli dan bung bamboo… Benar walaupun sekarang mereka membuka tangan buat alutsista mereka tapi memang kejadian2 sebelumnya waktu kita di bully jng sampai di lupakan juga… Dan memang sepertinya Mereka sekarang sok baik dng kita… tetapi alasan utamanya itu karena sifat agresif cina di LCS kalau nggak yah…

          Memang LCS itu sekarang juga jadi ancaman buat indonesia juga… Tapi yg harus di waspadai yah semua ancaman termasuk tetangga2 usil…

          Sekalian mo iseng aja nanya yah sm Bung Tn… Misal ini yah bung, cuman misal… kalau indonesia borong dua2nya apakah ente masih ga rela?? Kan enak Su 35 buat ancaman tetangga… Terus Rafale ehh F-16v buat ancaman cina… Just iseng2 xixixi…

          • saya yakin F-16V belum cukup untuk melawan China… jika jujur lebih baik jika memiliki F-15 dan Su-35 itu akan menjadikan kita memiliki superioritas udara… tetapi ya tidak mungkin, USA tidak pernah menawarkan F-15 kepada kita muapun Malaysia…

          • Gue rela kalau ada TOT.

            Gue kagak rela kalo cuma imbal beli doang.

            Selama ini Rusia hanya mau duit kita saja tanpa peduli TOT walaupun udah berkali2 rapat dan opsi join production udah ditawarkan RI sejak 2013.

            Kita udah beli BMP3F dan kendaraan amfibi lainnya dari Rusia, mana buktinya TOT ?

            Kita udah beli helikopter dan Sukhoi mana TOT nya malah harus dikirim ke luar hanya untuk perbaikan dan upgrade.

            Kita juga udah tawarkan 41 komoditi tetapi sampai detik ini tak ada berita Rusia mau yg mana selain karet dan CPO.

            Mana bukti kemauan baik Rusia ?

            Pabrik suku cadang yg dijanjikan Rusia pasti juga cuma omong tok supaya kita jadi beli Su-35.

            Lagipula ancaman di Laut Natuna Utara itu sudah nyata. Makanya pertahanan di Natuna diperkuat.

            Selama ini nggak ada khan latihan manuver udara bersama China ?
            Itu merupakan salah satu bukti mengapa ancaman di Natuna adalah nyata.

            Sedangkan ancaman dengan tetangga sekarang sudah diredam dengan latihan bersama antara RI dgn Singapura dan RI dengan Australia.

          • Baik F15 maupun F35 itu ditawarkan untuk 2 skuadron bomber serang maritim.

          • Silahkan tn phd mmbeli f35 atau f15, tapi jgn pula nanti mmbeli su35 hanya utk mmbuat amerika iri dgn maksud supaya amerika mau mnjual barangnya dgn harga trjangkau & amerika makin bersahabat dekat dgn indonesia

            Hahhahaaa

          • F-15 tidak pernah ditawarkan…
            Natuna tidak hanya urusan dengan China justru dengan Malaysia juga lebih intens… Indonesia sudah menunjukan keseriusan terhadap wilayah ZEE, semua kapal ikan yang ilegal ditangkap, bahkan sampai ada insiden penembakan yang di komplain keras oleh China…
            dari jaman dulu juga tidak ada latihan manuver udara dengan China…

          • Ah masa ?

            Lihat tuh masih ada lagi yang mau diadakan :

            1 skuadron air superiority
            2 skuadron maritim strike bomber
            3 skuadron workhorse
            1 skuadron interceptor

            Yakinkah bung jika F15 bukan salah satu peserta tender air superiority dan maritim strike bomber ?

            Xixixixixi

          • ngga…
            F-15 itu di US penggunanya adalah Angkatan Udara… dan meskipun sekarang ditambahkan kemampuan sebagai bomber, tetapi utamanya adalah superioritas udara…
            Jika dibeli untuk angkatan udara sebagai superioritas udara/multirole sesuai, kalau sebagai maritim strike bomber terlalu memaksa… mungkin jika benar ditawarkan hanya untuk menutup celah diakusisinya Su-32/34 yang jelas2 fighter bomber…
            mengapa bukan F-18 yang ditawarkan, lebih cocok karena memang multirole dan memiliki kemampuan yang baik untuk serangan darat…

          • Makasih bro fnc, maaf utk bung tn phd apa krn alasan cuma TOT aja sehingga anti produk Russia, apakah tdk memikirkan demi kejayaan Indonesia, apakah dgn cuma memakai produk amrik Indonesia bakal aman tdk diganggu amrik dan sekutunya serta negara lainnya? Apakah amerika mau menjaga wilayah NKRI dgn gratis?

            Sejak kapan amrik ngasih TOT bikin pespur kayak f16 pd kita? padahal kita sdh beli f16 walau tertulis adalah hibah? Tolong dijawab dgn baik krn sy termasuk yg mengagumi anda, jgn sampai jawaban anda malah bikin hilang hormat pada anda, Siapa tahu dgn diskusi ini kita dpt tot dr amrik berupa bom nuklir, siapa tahu kan?
            😀

          • BMP 3F kalo tidak salah tot pembuatan amunisi nya..kemungkinan besar heli sama sukhoi upgrade..kalo maslah pemliharaan mesin sukhoi dimalang sudah bisa,soalnya india upgrade saja yg menangani harus rusia..laut natuna memang ancaman..tapi masih lama..sekarang oke F15,F35 ikut ditawarkan..mumpuni mana kira2 dengan sukhoi SU 34,..mumpuni mana kinerjanya,dengan sukhoi SU 35 yg diup x-35u??…

          • Mau beli AMRAAM utk F16 aja harus nunggu disetujui dr kongres..kalo gak boleh mau diisi pipa wavin?….

          • Su34 spesialis sbgi bomber kalau su35 full stealth spesialis pencegat & petarung

            Hahhaahaaaa

          • Bung@PHD. Di Saat Pembelian Mil Helicopter Dan Sebagian Sukhoi Undang-2 Tentang ToT Itu Belum Ada Dan Belum Berlaku. 😆 Dan Setau Saya Pembelian BMP-3 Pun Juga Di Lakukan Dalam Beberapa Bacth. Jadi Wajar Aja Klau ToTnya Cuma Membuat Munisi. 😆

  13. Sabar sabar, tunggu saya keringkan ikan teri saya dulu baru kita barter ama tu rudal

 Leave a Reply