Jan 172015
 
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kanan) menjawab sejumlah pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, 24 Desember 2014. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke PBNU untuk meraih dukungan soal hukuman mati bagi terpidana pengedar narkoba dan upaya gerakan deradikalisasi di Indonesia. ANTARA/Widodo S. Jusuf

Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kanan) menjawab sejumlah pertanyaan wartawan usai melakukan pertemuan di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, 24 Desember 2014. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke PBNU untuk meraih dukungan soal hukuman mati bagi terpidana pengedar narkoba dan upaya gerakan deradikalisasi di Indonesia. ANTARA/Widodo S. Jusuf

TEMPO.CO, Jakarta – Rencana pemerintah Indonesia menghukum mati 20 terpidana narkotik, enam di antaranya akan digelar besok, mendapat kecaman keras dari pegiat hak asasi manusia dan dunia internasional.

“Pengumuman akan dilaksanakannya eksekusi mati terhadap enam terpidana narkoba di Indonesia, termasuk seorang warga Negara Belanda, sangat disesalkan,” kata Federica Mogherini, Perwakilan Tinggi Uni Eropa Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan sekaligus Wakil Presiden Komisi Eropa, dalam pernyataan pers yang diterima Tempo, Jumat, 16 Januari 2015.

Uni Eropa juga menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk tidak meneruskan eksekusi mati terhadap terpidana lain dan mempertimbangkan moratorium hukuman mati sebagai langkah awal menuju penghapusan hukuman mati secara menyeluruh.

Senada dengan sikap yang diambil Uni Eropa, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel, juga meminta Indonesia menghentikan eksekusi.
“Jerman, seperti seluruh anggota Uni Eropa lainnya, menentang diberlakukannya hukuman mati. Hal itu tidak efektif dalam menurunkan angka kejahatan. Terutama dalam kasus pelanggaran narkotik,” kata Witschel lewat akun Facebook Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Jumat.

Sedangkan aktivis HAM internasional, Human Rights Watch, menuding Indonesia memberlakukan standar ganda soal hukuman mati. “Pemerintah Indonesia yang mengejar grasi bagi Ahmad di Arab Saudi sementara terus memberlakukan hukuman mati adalah kemunafikan terhadap hak untuk hidup,” kata HRW, yang menyebutkan pengampunan yang diupayakan Indonesia terhadap Satinah binti Jumadi Ahmad, TKI yang diganjar hukuman mati pada 2010, dan berhasil dibebaskan pada 2014.

HRW mengingatkan bahwa Komite HAM dan pakar PBB telah mengutuk pengenaan hukuman mati dalam kasus narkoba. Komisaris Tinggi PBB Bidang Kejahatan dan Narkotika juga telah menyatakan keprihatinan serius atas penggunaan hukuman mati dalam kasus narkoba. “Semua ini membuat penetapan hukuman mati oleh Indonesia terkait dengan narkoba sangat menjijikkan,” kata HRW.

Adapun Amnesty International menagih janji pemerintah Joko Widodo untuk meningkatkan penghormatan terhadap HAM. “Ini akan menjadi kemunduran besar jika pemerintah meneruskan rencana mengeksekusi 20 orang tersebut tahun ini,” kata Rupert Abbott, Direktur Riset Asia Tenggara dan Pasifik Amnesty International, kemarin.

Keenam orang yang akan dieksekusi Minggu ini adalah seorang warga Indonesia, Rani Andriani alias Melisa Aprilia, dan lima warga negara asing, yakni Daniel Enemuo (Nigeria), Ang Kim Soei (Belanda), Tran Thi Bich Hanh (Vietnam), Namaona Denis (Nigeria), dan Marco Archer Cardoso Moreira (Brasil).

Lima orang akan dieksekusi di hadapan regu tembak di Nusakambangan, sedangkan untuk Tran Thi Bich Hanh dilaksanakan di Boyolali.

Sebelumnya, Indonesia mengumumkan 20 eksekusi akan dilaksanakan tahun ini. Desember lalu, Presiden Jokowi telah menolak sedikitnya grasi atas 64 individu yang divonis hukuman mati terkait narkoba.(TEMPO.CO)

Bagikan Artikel :
 Posted by on January 17, 2015

  68 Responses to “Dunia Desak RI Batalkan Hukuman Mati”

  1. lanjutkan… biar ada efek jera pikirkan generasi muda yg rusak karena konsumsi narkoba yang sdh mngkhwatirkan…

    • mereka Teriak2 HAM ,krn ada lima warga negara asing.

    • sayng yg pada korup ga sekalian di hukum mati………

    • biar ga pada ribut bagaimana kalau para penjahat narkoba dilenyapkan dgan senyap. mirip cara orba gitu

    • Saya pribadi sih dukung banget hukuman mati ini dilaksanakan, karena dalam agama saya sendiri (bukan maksud sara) hkuman mati. Nah bagi pegiat HAM yang beragama islam menginginkan hukuman mati di dunia ini dihapuskan, sama saja dengan menentang Allah SWT.

      Omong-omong dengan masalah ini, apa pengiriman Pesawat Tucano dan Kerjasama pembuatan Frigate dengan Belanda bakal kena imbasnya? secara waktu masalah ini belum adapun Pengiriman dan Kerjasama pembuatan Frigate banyak masalah2 juga.

  2. Ini tindakan sbenarnya sdah benar. Tpi tdk tahu mengapa di era jokowi yg baru bbrpa bulan ini, citra indonesia semakin buruk, seolah2 indonesia ini negara kejam. Lihat thailand, vietnam, malaysia, brazil, dan bnyak lgi negara yg memberitakan indonesia dgn citra buruk nan kejam seolah2 tk punya rasa berkawan dan perikemanusiaan.

    • BELANDA bicara ham sama aj pepesan kosong wong mreka dulu paling sering langgar ham kpd nenek moyang kita ratusan thun

      Jerman bicara HAM tpi ko dukung israel yg jlas langgar ham berat tehdap palestina bhkan jrman sumbang kpal selam dan kpal perang pd isreael..

      JADI SIAPA SI PELANGGAR HAM YG SBENARNYAAAA BUNGG ? ANEH EROPA

    • ini artinya, presiden yang baru ini susah diatur barat bung, makanya berusaha ditekan lewat berbagai cara….

  3. Nyimak aja

  4. kalau bisa asing yang komen ikut hukuman mati.. merusak generasi muda..

  5. kemenlu kurang aktif bekerja menggarap citra setiap kebijakan publik indonesia di luar negeri nih.
    harusnya kemenlu bisa melakukan lobi dan pencitraan bahwa tindakan yg dilakukan indonesia adalah tindakan untuk kebaikan rakyat indonesia dan merupakan internal state affairs yang dituntut oleh konstitusi kita

  6. Wkakaka.. masih dibilang “Standart Ganda” juga Kata:Komnas

  7. negara barat sudah biasa menerapkan standar ganda mengenai ham,kalau segala resiko sudah diantisipasi segera laksanakan.saya mendukung

  8. Jangan peduli sama pendapat negara lain, mereka selalu merasa merekalah yang paling benar, lakukan saja, yang penting tidak melanggar konstitusi, titik.

  9. Laksanakan eksekusi! Korban narkoba sangat banyak…

  10. Tadi di artikel ada organisasi internasional yg bilang Indonesia standar ganda soal grasi TKW di Arab Saudi. Jelas ga sama. TKW itu orang kerja halal, udah gitu disiksa, diperkosa, eh dihukum mati pula. Wajarlah kalo diperjuangkan supaya bebas. Sedangkan bandar narkoba ini ga ada bedanya dengan teroris. Wajarlah kalau mrk dihukum mati

  11. Udah jgn di dengar itu kan akal akalan pihak asing, kita mesti juga memperhatikan generasi kita ke depan, kalau mereka kan maunya kita dihancurkan dgn membuat hancur generasi kita.

  12. eropa teriak HAM bwt indonesia,,, PALESTINA????? mereka mending tutup mulut meliahat zionis dengan enteng membeli nyawa saudara kita,,,

    sangat miris,,,,

  13. Pak Jokowi lagi di test sama asking. Bisa konsisten tegas ga. Atau akan merubah yg sdh diputuskan sendiri. Saya berharap P. Jokowi tetap pada pendirianya. Dan jgn takut sama asking dengan alasan Ham…ITU bule mbelgedes…lanjutkan pak president…rakyat mendukungmu…

  14. Lanjutkan.. . Mau jd apa negri ni kedepan nya jk generasi muda pda koplo smua cz narkoba.,Jd Jgn dengerin mereka yg teriak2 HAM, . cz HAM tu abu-abu, bnyk pelanggran HAM dibumi palestina tp mereka smua pda diam.

  15. hukum pancug didepan umum biar greget

  16. yg menginginkan pembatalan hanya golongan yg menginginkan generasi indonesia rusak.. lanjutkan pak presiden kami rakyat di belakanmu ttp mendukung…

  17. Malaysia udah mengantung sampai mati ratusan Mafia Mafia nakoba termasuk bule.ayuh teruskan kerja Yang baik ini. Gantung sampai mati adalah Yang terbaik buat mereka

  18. Kalau gak dihukum mati, nanti yang lain gak ada efek jera, kalau hukum mati dihapus pengedar narkoba malah merajalela di Indonesia, bingung kan, terus bagaimana masak dihukum seumur hidup saja, cari solusi yang lain coba lihat di Eropa hukuman pengedar narkoba kira-kira seperti apa

  19. Hukuman mati tidak efektif menurunkan kejahatan.
    Apakah dgn hukuman mati sudah benar2 selesai begitu saja?/tidak.
    Mereka seharusnya mempertanggung jawabkan perbuatannya dan menyesalkanya lalu dipidanakan, bukan eskekusi mati!!

    • Jangan khawatir mbak, mereka yg dieksekusi matipun akan mempertanggungjawabkan perbuatannya di akhirat.

    • Sesudah menyesal trus berbuat lagi,,kata lebih manis kelihatanya,,maklum negara eropa disana masyarakatnya sudah maju dan pintar jadi sedikit yang terjerumus narkoba lah masyarakat kita kan sedang berkembang mau dicekokin narkoba mau jadi apa ntar generasi muda kita, kasian aset kemajuan bangsa mati sia sia kena narkoba,, hukuman mati memang cocok untuk para bandar narkoba kampret

    • kata siapa mas levina…hukuman mati tidak menurunkan kejahatan??? sudah ada penelitiannya kah? kalaupun tidak menurunkan paling tidak sebagai penegasan kepada semua pengedar resiko mengedarkan narkoba di negara kita adalah MATI….jadi bisa buat mereka berpikir 1000 kali untuk coba mengedarkan narkoba di bumi indonesia tercinta ini…terbukti kalau di grasi kaya corby akhirnya malah menjamur..buat stop jamurnya pake kalpanax cabut sampai akarnya…sekarang kalau mas levina pengedar berpikir ga kalau mau ngedarkan narkoba di indonesia kalau tau hukumannya adalah MATI????

  20. Beruntung sekali anda tidak dieksekusi mati.

  21. Masih ada yg mengatakan pak jokowi tidak tegas ??? Hahhhh ! Beliau brani menolak grasi terpidana mati ! Buka mata hati dan yakinlah beliau adalah pemimpin yg tegas dan wali yg tuhan kirim setiap 1 abad untuk memperbaiki umat manusia

  22. betul bung, tkw sejak awal berniat bekerja secara normal, penyelundup narkoba sejak awal berniat jahat. tidak bisa disamakan.

  23. Hukum mati untuk tp Narkoba masyarakat indonesia setuju.

  24. Kalo ad REFERENDUM tentang hukuman mati kasus narkoba,pasti 99,9 % rakyat indonesia setuju,yg tak setuju 1% milik komnas ham,kontras.
    Kira2 BNN berani gk ya tes urin anggota DPR.?

  25. Akankah kita kena embargo yang diisukan dengan masalah HAM???

    Hehehe emangnya mereka sekarang berani embargo kita???

    Jelas mereka akan berpikir 2x meski sok2an belanda menarik dubes dari kita, lihat saja siapa yang merugi jika terjadi embargo. Yang jelas bila ada embargo itu akan menunjukkan siapa sebenarnya kawan kita, dan memperlihatkan sebaiknya kerjasama dengan siapakah kita ini masalah alutsista dan bidang2 penting lainnya.

  26. ini namanya asymetric war.. Lanjutkan Pak Joko

  27. ck… ck… ck…

  28. Lanjutkan presiden, kalau ada orang indonesia bilang ham hem ham suruh pindah ke negara lain saja. Hukuman itu sudah tepat dan sesuai dengan resiko yg mereka lakukan. Kalau dihukum sampai ratusan tahun…malah negara ngasih makan dan menambah beban keuangan negara

  29. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.|

  30. bingung gw sama negara luar ini, di eropa, AS, thailand, malaysia, singapura juga berlakukan hukuman mati, kok dikita doang yang diprotes…

  31. Kita duking pemerintah soal penerapan hukuman mati ini …secepatnya…..
    Dan Jangan lupa…..kepada pemerintah utk segera memberi jabatan Menteri Agama atau jabatan dubes Di Saudi Arabia…kepada Mr SAS….agar beliau Tenang….Dan hati hati kalau ngomong….(Dan tidak asal bunyi kalau ngomong)….

  32. Mungkin ini ada kaitannya dengan kekuatan pertahanan militer suatu negara, semakin kuat pertahanan, ekonomi & politik suatu negara maka semakin ciut nyali negara laen u/ ikut nyerawung urusan dalam negeri itu negara. Coba jika yang melalukan hukuman eksekusi mati itu ialah negeri Tiongkok, apakah mereka berani koar2 dengan segala latar belakang filosofinya masing2 (HAM kek, tetek bengek kek, apa kek,,)?!!

  33. Sblm terjerat bandar narkoba..rani sudah tau ini bisa merusak hidupnya..knpa tak dihindari ikut jdi kurir

  34. Kita diprotes karena kita dipandang lemah oleh bangsa asing,jika kita konsisten dan bersungguh sungguh dlm menegakkan hukum kita akan dihormati oleh bangsa asing.

  35. HUKUM AMATI..

  36. Hukum Mati TITIK.

  37. lanjutkan Pak Jokowi,rakyat mendukungmu

  38. Sebuah Renungan ..

    Mau ngomong apa yah, secara pribadi ke 6 (enam) tersangka bersalah namun terlepas dari pada itu semua orang berhak memiliki kesempatan kedua … contoh si Corby dinyatakan bebas ..

    Republik ini juga harus introspeksi diri bahwa banyaknya pintu masuk ke negara ini yg tdk terjaga dengan baik shg peredaran narkoba marak baik dr jalur udara, darat dan laut akses narkoba lebih mudah, disamping itu pula kurangnya pengawasan terhadap wna maupun peredaran barang yg masuk ambil contoh kasus penyelundupan barang illegal melalui pelabuhan tradisional …

    Penegakkan hukum sah sah saja dilakukan namun dalam pelaksanaannya harus mengedepankan keadilan tanpa ada keberpihakan antara penguasa dan rakyat jelata …. Tatkala rakyat miskin maling ayam langsung dijatuhi hukuman berat sebaliknya petinggi entar dulu sekalipun adh ada bukti …

  39. Terkait dengan penarikan Dubes Brazil dan
    Belanda dari NKRI adalah sah saja sebagi
    bentuk kekecewaan terhadap NKRI karena
    Warga Negaranya bersalah dan akan
    dieksekusi mati … NKRI pun akan
    melakukan hal yang sama terhadap warga
    negaranya yg memiliki perkara hukum dgn
    negara lain ..
    PENEGAKAN HUKUM yg dilakukan oleh
    suatu negara adalah bagian dari
    kedaulatan negara itu sendiri, negara lain
    tdk berhak melakukan intervensi dan ikut
    campur dalam perkara tersebut
    hanyasanya negara lain dapat
    mengupayakan jalur diplomasi dalam
    rangka melindungi warga negaranya
    tentunya sesuai dengan prosedur hukum yg
    berlaku dimana warga negaranya
    berpekara .. Imho

  40. Org barat mengira yg punya hak asasi/hak dasar itu cuma mrk. Krnnya, wlupun warganya tlh meracuni org lain, mk dia hrs dibela dan dibebaskan..
    Dasar t*LOL. Hahaha!

  41. langkah yg bagus pak presiden,,,
    #efect pak prabowo

  42. gmana kalau kementrian hukum dan ham kita edit aja menjadi kementrian hukum saja, lagian pegiat HAM di indonesia kita ini menurut saya tidak mempunyai JIWA Nasionalisme justru sarat dgn kpntingan asing yg ingin menggancurkan Negara kita ini,- bgaimana kawan?

  43. Tuh liat yg barusan kecelakaan di kebayoran lama. Krn konsumsi narkoba juga jd nyetir edan2an gitu. kaya gitu lah efek narkoba di negara indonesia. Lain lubuk lain ilalang. Klo dinegara lain dilegalkan silahkan,tp di indonesia emg gak bs ditolerir.

    Dukung hukum mati pengedar dan bandar narkoba! Percuma penjara seumur hidup,msh bs main narkoba dr dalam sel juga,cih!

  44. salah sendiri ngapain di indonesia diasih narkobanya -_-
    ya terserah indonesia lah kyk mana cara a -_-

  45. Ada upaya terstruktur untuk menghancurkan NKRI melalui narkoba sama halnya upaya menghancurkan China melalui candu oleh bangsa Barat pada waktu yg lampau. Namun konspirasi bangsa barat menemui jalan buntu karena kegigihan Pemimpin Besar dan rakyat China dalam memerangi candu (opium) akhirnya menemui keberhasilan. Kita pun mamp

    Intinya yg harus kita lakukan sekarang adalah mendukung bahu membahu upaya Pemerintah/Presiden bersama2 seluruh komponen rakyat untuk PERANG terhadap narkoba dan keturunannya, dan jadikan negeri ini menjadi negeri yang bebas narkoba selama2nya, titik!!

    Selanjutnya konsisten pada kedaulatan kita sendiri, jangan mempercayai siapapun di zaman yg penuh “Konspirasi Global Terstruktur” meskipun itu via lembaga PBB bentukan AS dkk, maupun maksud dan tujuan/kepentingan terselubung negara2 yg kita anggap sahabat apalagi calon musuh atau musuh NKRI.

  46. Ada upaya terstruktur untuk menghancurkan NKRI melalui narkoba sama halnya upaya menghancurkan China melalui candu oleh bangsa Barat pada waktu yg lampau. Namun konspirasi bangsa barat menemui jalan buntu karena kegigihan Pemimpin Besar dan rakyatnya bahu membahu dalam memerangi candu (opium) sehinga akhirnya menemui jalan keberhasilan.

    Bagaimana dg Indonesia?
    Intinya yg harus kita lakukan sekarang adalah mendukung bahu membahu upaya Pemerintah/Presiden bersama2 seluruh komponen rakyat untuk PERANG terhadap narkoba dan keturunannya, dan jadikan negeri ini menjadi negeri yang bebas narkoba selama2nya, titik!!

    Selanjutnya konsisten pada kedaulatan kita sendiri, jangan mempercayai siapapun di zaman yg penuh “Konspirasi Global yang Terstruktur” meskipun itu datangnya via lembaga PBB (bentukan AS dkk), maupun kepentingan terselubung negara2 yg kita anggap sahabat apalagi calon musuh atau musuh nyata NKRI.

  47. Hehehehe…..lu mabuk ya ndro ech ndra….u sempat gk mikir bila Allah swt mengutus malaikat izrail sebagai eksekutor2 hukuman mati itu utk menyelamatkan ribuan nyawa umatnya

 Leave a Reply