Jun 032016
 

Moskow – Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan angkatan lautnya, Indonesia berencana membeli dua kapal selam buatan Rusia, Proyek 636,3 Kilo-class (atau Varshavyanka kelas) kapal selam diesel-listrik serta pesawat amfibi Beriev Be-200ChS, ujar Duta Besar Indonesia untuk Moskow, M Wahid Supriyadi, kepada kantor berita Rusia TASS, 30 Mei 2016.

“Kami benar-benar berencana untuk membeli pesawat amfibi yang dikembangkan oleh Biro Desain Sukhoi dan kapal selam Kilo class dari Rusia,” ujar diplomat tersebut. “Kami sedang bekerja pada pembelian tersebut,” kata Supriyadi, menambahkan bahwa “spesialis Rusia yang relevan akan diundang ke Indonesia”.

Negara Asia Tenggara dapat menjadi salah satu yang pertama menerima Be-200ChS, seperti dilaporkan TASS bahwa Rusia siap untuk memulai pengiriman pesawat jet amfibi bertenaga ke Indonesia. Pesawat Be-200ChS dimaksudkan sebagai platform multirole, tetapi dengan utilitas tertentu bisa memadamkan kebakaran dan operasi pencarian dan penyelamatan di pesisir.

Laporan datang hanya beberapa hari setelah Moskow dan Indonesia menandatangani kesepakatan pertahanan kerjasama untuk memfasilitasi pertukaran data intelijen, kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pembentukan fasilitas industri bersama.

Selama pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 18 Mei, Presiden Indonesia Joko Widodo disajikan daftar belanja negaranya, yang meliputi tidak hanya kapal selam kelas Kilo tetapi juga pesawat tempur Sukhoi Su-35, menurut The Jakarta Post.

Surat kabar itu juga melaporkan bahwa Jakarta berencana membangun pusat pemeliharaan dari sistem persenjataan yang dibeli serta produksi bersama amunisi dan senjata lainnya di Indonesia.

Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut: TNI-AL) saat ini mengoperasikan dua kapal selam Cakra class 209/1300 yang dibangun pada akhir tahun 1970, yang diproyeksikan akan pensiun dan digantikan oleh kapal diesel-listrik baru di tahun awal 2020-an.

Negara ini telah berjuang untuk meningkatkan kekuatan bawah permukaan lautnya, untuk beberapa tahun dan Kementerian Pertahanan (MoD) menandatangani kontrak dengan Korea Selatan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) pada akhir 2011, untuk memasok tiga kapal selam serang Chang Bogo kelas (Type 209) diesel-listrik pada tahun 2020.

Sumber : Janes.com

Bagikan Artikel :

  49 Responses to “Duta Besar : Indonesia Berencana Beli Kapal Selam Rusia”

  1. rencana muluu….

  2. Kapan Kapan….kita melihat kilo….xixixi

  3. Ga capek apa mberitain ini melulu …huahahahaha

  4. benar-benar berencana…………………..
    karena KB sukses negara ikut-ikutan jadi negara BERENCANA, dikit2 rencana, lagi-lagi rencana, sudah dalam perencanaan……..

    Semoga sukses perencanaannya….

  5. Mblegedes semua hanya rencana

  6. Hoax

  7. Cuma janji sebatas dibibir saja akakakakkkkk

  8. berencana terus kapan belinya

  9. tenang aja orang sabar di sayang tuhan. semuany kn masih RENCANA jd tunggu aja realisasiny tinggl hitung jumlahny nanti kn Qta semua bisa senyum2 sendiri kl dh ada bukti.

  10. saya lihat dalam mimpi : 1 skadron sukhoi 35 …. 8 pesawat sukhoi 34 …… 4 pesawat amphibi BE-200 ……

  11. @paimo sama dg mimpiku ….xixixi….

  12. Bangsa ini untuk menentukan pilihan saja tidak bisa mandiri.

  13. Bangsa ini untuk menentukan pilihan saja belum bisa mandiri.

  14. Rakyat ibarat anak, pemerintah ibarat orang tua, tidak semua kebutuhan orang tua diberi tahukan kepada anaknya, kalau anak marah marah tidak diberi tahu kebutuhan orang tua, itu namanya anak ngelunjak…..

  15. Sakarep mu…ra urus….!!

  16. Negara 1001 rencana 😀

  17. Berencana, berencana, berencana, berencana dan berencana… belinya sehari sebelum ww3, hancur hati minah coyyyy….

  18. Promosi Rusia dengan cara memberikan bantuan pemadaman kebakaran hutan dan pencarian kecelakaan pesawat jatuh menggunakan BE-200 berhasil 😀

  19. Lama2 forum ini ditinggal

  20. Kita lihat dulu “geopolitik”…..?????

    G enak sama tetangga….

    Jd ya rencana dulu….?

  21. @kusni napa jdi nyalahin jkgr, mabok?

  22. di berita lain di sebutkan jumlah yg mo di beli ada 2 kasel lho…
    Duta Besar Indonesia untuk Moskow Mohamed Waheed supriyadi mengatakan bahwa negara itu berencana untuk membeli pesawat amfibi Rusia dan dua kapal selam.Duta Besar Indonesia juga mengatakan bahwa Jakarta tertarik dalam pengembangan kerjasama militer-teknis dengan Rusia dan menambahkan bahwa peralatan militer Rusia tidak kalah dengan rekan-rekan Barat.

  23. tuh kan muncul lg berita kyk gini, untuk pembelian alutsista kelas berat pasti beritanya buram karna sarat dgn politik.
    sdhlh jngn pd mewek mari doakan bersama moga alutsista kla berat cepat deal !

  24. Basi ah

  25. awas nanti giliran terwujud dan mucul di publik….kmu nya justru yg ngilang……

  26. ah tedjo

  27. kalo kilo nya muncul silakan klaim itu idenya pak pur wkwkwkwkwkw

    bikin list belanja gampang yg sulit itu memutuskan skema pembayaran belanja……….

  28. giliran udah di obok” cina 2x tuh natuna baru deeh bergerak cepet
    kayanye yang dtg duluan kemungkinan matra laut ne dibanding sukhoi 35
    karena tuntutan yang ada buat ngimbangin CG atau frigat cina nantinye plus buat ronda alki” RI
    klo buat pespur masih mimpi dulu
    karena mank kayanye buat perang terbuka di LCS kecil kemungkinannye mengingat kerugian perang dlm semua aspek
    baik itu cina,asean maupun asu

  29. amin.

  30. r..e..a..l ..i..s…a..s..i….!!

  31. dari zaman kuda makan kue apem mpe skrng msh aja rencana wkwkwk….

  32. preeeeeeeeeeeettttt……..

  33. Manusia berencana Tuhan yg menentukan

  34. inilah alasan indonesia menunda beli sukhoi dari rusia.
    dalam sebuah ruangan di kremlin,beberapa petugas tampak hilir mudik.presiden jokowi tampak duduk menunggu.tak lama datanglah menlu dan menhan dengan tergopoh gopoh
    Jojowi;gimana sudah siap yang mau diteken.
    menlu;sepertinya kita belum bisa bawa pulang pesawat sukhoi pak.
    jojowi;kenapa?
    menhan;harganya naik pak presiden
    jojowi;piye tho…!!(sambil buang kertas draft perjanjian,dengan gaya ws.rendra)
    bu jojowi:sabar mas….
    jojowi;ga bisa bu.kesepakatanya kan gitu,kok jadi gini.apa yang harus kukatakan pada WARJAGER,mereka pasti kecewa sekaloi….
    akhirnya perjanjian kerjasama Rusia-Indonesia tidak menyangkut masalah sukhoi.saat menyaksikan penandatanganan oleh menhan kedua negara jojowi berbising pada Presiden rusia vladimir putsing.
    jojowi:pak presiden,kenapa harga sukhoi tiba tiba naik?
    putsing;namanya juga mau lebaran,apa sih yang ga naik…
    jojowi;??????

  35. RENCANA lagi dan lagi, …………. pemerintahan sekarang memang tidak tahu malu, preettt !!!

  36. kapan realisasinya….

  37. Sarimi isi 2 kilo…

  38. Dubes rusia jangan mau dibohongin… Sama Pejabat2 yang itu.. tu…udah sering mencla mencle…Pinter planing tapi gagal realisasi…tujuan utama adalah planning realisasi adl tujuan yg kedua…lohh piye to koplax…

  39. Masalah Klasik Terbentur Dengan Anggaran Yang Minim Entah Dikemanakan Anggaran Tersebut…Semoga Mata Hati Para Pejabat Kita Terbuka Untuk Melihat Kondisi Politik Dunia Saat Ini..LCS,ZEE Yang Selalu Di usik Negara2 Tetangga…Pencurian Sumber Daya Alam Dll…Ya Semoga Amin…

  40. Dengarkan tuh wejangan dari nyonya besar….

  41. rencana terus..kapan realisasinya???

  42. Rencana thok …g ada REALISASI

 Leave a Reply