Feb 222019
 

The Scrab III displayed at IDEX 2019 © Thales Army Recognition

JakartaGreater.com – Emirates Advanced Reasearch and Technology (EARTH) dan mitranya Systemas de Control Remoto (SCR) dari Spanyol memperkenalkan drone turbojet yang disebut SCRAB III, seperti dilansir dari Army Recognition.

Scrab III ini telah dirancang sejak awal, mengingat operasi pelatihan militer dimana sistem senjata rudal jarak jauh berkecepatan tinggi digunakan, diantaranya seperti sistem Patriot, NASAMS berbasis AMRAAM.

Kendaraan udara nirawak (drone) SCRAB III ditenagai oleh dua mesin turbojet yang memberikan tingkat kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya pada kecepatan tinggi, yang memungkinkannya untuk naik ke ketinggian yang tidak terjangkau oleh sebagian besar sistem drone lain.

Autopilot drone mampu menjalankan rencana penerbangan yang sepenuhnya otonom mulai dari lepas landas hingga ke pemulihan secara tepat dan andal dengan cakupan datalink yang melebihi 100 km dan layanan ketinggian operasional maksimum 26.247 kaki.

SCRAB III mudah dioperasikan dan dirawat setelah program pelatihan singkat.

Drone memiliki berat take-off maksimal 140 kg, termasuk muatan 13 kg. Kecepatan maksimumnya adalah 389 knot dan daya tahan rata-rata sekitar 1 jam.