Aug 132014
 
EC725 Brazil Navy (photo:defenseindustrydaily.com)

EC725 Brazil Navy
(photo:defenseindustrydaily.com)

Bandung – Enam helikopter canggih EC 725 Super Cougar buatan Prancis akan tiba di Bandung pada akhir tahun dan menjadi tantangan baru bagi Satuan Pemeliharaan 16 Depo Pemeliharaan 10 TNI Angkatan Udara.

“Helikopter ini merupakan helikopter terbaru dan akan datang mulai akhir tahun, satu persatu secara bertahap masing-masing selama 3 bulan,” kata Komandan Depohar 10 TNI Asmawi Prawiro, di Pangkalan Udara Husein Sastranegara, seusai serah terima jabatan Dansathar, Rabu (13/8/2014).

Asmawi meminta para personel yang bertugas khusus memelihara helikopter milik TNI AU ini lebih meningkatkan kemampuannya, karena mereka pun sebenarnya sudah dikursuskan di Prancis untuk perawatan khusus helikopter tersebut.

“Jadi setelah pesawat datang, kita sudah siap menangani pesawat dengan konfigurasi dan peralatan baru. Selain itu, kita juga harus menguatkan sarana pra sarana, hingga perangkat. Harus mampu meningkatkan kinerja dengan maksimal,” kata Asmawi.

Asmawi dalam kesempatan tersebut memimpin serah terima jabatan Dansathar 16 dari Jhon Kennedy Ginting ke Arief Tandju, dan dihadiri sejumlah pejabat TNI AU di Husein Sastranegara.

Sementara itu ditemui usai pelantikan, Arief menegaskan, dirinya siap memajukan Sathar 16 dengan berupaya meningkatkan kinerja serta kompetensi anak buahnya. Arief pun mengaku akan meneruskan kebijakan-kebijakan yang dibuat pendahulunya, Jhon Kennedy Ginting.

Dari data yang dihimpun di lapangan usai pergantian tersebut, Jhon Kennedy Ginting akan mengisi jabatan baru sebagai Staf Perencanaan di Mabes TNI AU. (Mochamad Iqbal Maulud/ Pikiran-Rakyat.com).

  44 Responses to “EC 725 Super Cougar TNI AU”

  1. Baru bisa komen

  2. pertamax

    • sory oot, diwarung sblh ada yg ngebhas soal 2 jurnalis asal francis yg tertangkap dipapua klo mereka trlbat dgn opm, tolng dong admin dibabar jg dimari. . .

  3. selamat buat tni au

  4. absen dulu..koq td sempet closed bung diego comment form nya?

    • wah cepet juga ya akhir tahun ini dah gabung..mantap..

    • Iya, saya juga sempat melihat seperti itu. Mungkin tadi gangguan teknis. Sudah normal kembali. Thanks

      • Dari semua warjagers dan komentator di sini, baik dari sesepuh pinisepuh, amatir pinimatir, kayaknya cuman Bung Diego yg bawaanya sll dan hampir setiap koment singkat, padat dan seriuuuus banget. Nggak ada basa-basinya, nggak prnh ada guyonannya, sama sekali. Saya bayangkan Bung Diego ini orgnya berbadan besar, tegap, berkumis tebal ala Pak Raden, matanya melotot memerah, tangannya lebih sering mengepal, suara besar berwibawa dll, dls, dst, heheheeee… (jusd kidding sambil berharap dpt konfirmasinya).
        Sundul Bung @gue, Bung @jalo…

        menghindar dari den karung, gaciiiiirrrrr….

  5. hwmm…

  6. enam… wedew… salah satu gada hulu balang Indonesia yang lumayan dikagumi

  7. Kenapa ga dirakit di PT. DI ya, biar dapat ToT. Colek sesepuh nih utk infonya……..

  8. yoooo makasihhh

  9. bikin di PT DI yg banyak !!!

  10. Besok ikutan dipajang ga nih?

  11. Semoga nasibnya lbh baik dr M17 TNI

  12. PT.DI buat bodinya doang ya ?

  13. Tambah lagi kekuatan TNI,Lanjutkan….!!!

  14. Wues arumbaaaa

  15. Affirmative 😈

  16. rolas mas

  17. Cuma 6 unit..?

  18. Battle proven (Afghanistan/Africa). Andalan untuk SARpur dan misi assault AB perancis… Cuman cari lagi helli yang pakai ramp door untuk AU kita, buat ngangkut ranpur ringan…

  19. Apa ini Heli yg pernah disebut macan dri perancis yg akan memperkuat TNI ato ada heli macan yg lain nih? Mohon pencerahaanya

    • Kalau itu kayanya yg dimaksud Tigre. Heli serang sekelas Apache. Tapi kalau tdk salah di warjag ini jg sdh pernah dibahas mengenai kebenaran pembelian Tigre itu. Bedanya, Cougar ini utamanya untuk angkut pasukan dan SAR Tempur, walau bisa juga untuk serang. Tapi spek-nya beda banget. Kalo Tigre tdk untuk angkut pasukan. Silahkan dicari2 artikelnya di bulan2 sebelum puasa.

  20. maaf OOT…di sebelah ada kabar..KASAD setelah menjajal jadi pilot SU 30 berkata bahwa dia sangat mengharapkan kalau TNI AU memiliki SU 35 sebagai pengganti F5 Tiger..itu KASAD lho yg ngomong bukan KASAU…Hayoo….

  21. Pemimpin akan silih berganti, tapi pasukan (prajurit) akan terus abadi … (TUPAC)

  22. bung papa mana yah, kok ngga tau muncul

  23. mantap nih cougar,rencana pnmpatanya cm d bandung aja yah?g ditaruh diluar jawa jg kah?

  24. Slm knal nih. . . .mas Jalo. . . . .
    Ngomong2. . . .gm kbr Kapal perang qta yg dpesan dr Ukraina. . . ?

 Leave a Reply