Dec 132018
 

RAAF F/A-18E/F Super Hornet. (Chris Phutully via commons.wikimedia)

Manado, Jakartagreater.com   –  Lanud Sam Ratulangi akan menjadi tempat latihan bersama Elang Ausindo Tahun 2019. TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Australia (RAAF) akan menggelar latihan bersama dengan sandi “Elang Ausindo 2019” di Manado, Sulawesi Utara. Latihan Bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang.

Bertempat di ruang VIP Pemda Sulut, Selasa 11-12-2018, Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH, M.Avn, M.gt, mengatakan, saat ini Rapat pembahasan masih berlangsung, Lanud Sam Ratulangi adalah sebagai pendukung, mana mana hal-hal yang bisa bisa kita dukung dengan baik.

Sementara itu, aspek-aspek yang akan kami lengkapi dengan pihak Angkasa Pura untuk masalah kereta api Domestik dan Internasional, Diberikan dengan Berbagai macam dari Lanud Sam Ratulangi setelah Latihan Bersama Elang Ausindo 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Rapat pembahasan dipimpin oleh Kolonel Pnb Djoko Hadi Purwanto (Danwing 3 Lanud Iswahjudi) selaku ketua Delegasi, sedangkan dari RAAF sebanyak 4 orang dipimpin oleh Duta Besar Australia Mr. Stephen Bruce Cook (Atase Udara Kedutaan Besar Australia).

Hadir pada pertemuan tersebut Kolonel Pnb Danang Setyabudi (Paban 3 Sopsau), Letkol Nav Sonny Benny, Walikota Pnb Wibowo, Walikota Tek Nurma Yoga dan perwira Lanud Sam Ratulangi.

Hasil dari tindakan-tindakan yang melibatkan bersama-sama di mana kedua pihak akan mencakup pesawat tempur F-16 Falcon dari skadron udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun dan pesawat F-18 Super Hornet Angkatan Udara Australia Royal. (tni-au.mil.id)

  55 Responses to “Elang Ausindo 2019 RAAF Kirim F-18 Super Hornet”

  1.  

    F16 yg mana neh yg mau turun gelanggang? Hangan jangan F16 A/B yg ditirunkan TNI AU kekekekekkeke

  2.  

    Mungkin 15 UNit MIG.35 TNI AU yang turun gelanggang……..
    Atau 8 Unit SU. 35 kah…………..
    atau masih di rahasiakan

  3.  

    Kekuatan udara tetangga selatan luar biasa 72 unit F35 + 24 unit f18 super hornet + 72 f18 a/b hornet

  4.  

    kadang2 otak perlu dikalibrasi lebih turun biar bisa pham pola pikir mereka.

    •  

      Maksudnya, harus paham mana joke mana opini gitu??

      •  

        satir sebenarnya buat mereka yg menganggap fpda adlah pakta militer utk melawan indonesia

      •  

        Agato mungkin mau mnjd ahli ite, akibat f35 blm diminati lingkar
        😆 😆

      •  

        Ya, nice bait.

      •  

        Halah…komen kok muter muter tok koyo komedi puter…
        Kemaren katanya iya setujua fpda dibentuk atas dasar ancaman pihak indonesia pada saat orla…tapi masih mempertahankan hingga orba bahkan hingga saat ini…
        Gue komen kemaren loe juga ngak ada bantahan malah meng iya kan…
        Sekarang gue tanya lagi untuk apa fpda terbentuk dan dibentuk….???

        Jangan juga loe jawab kayak masalah penempatan marinir usa untuk menekan politikus australia…itukan engak masuk diakal…anak tk juga engak percaya…apa lagi yang tua di internetan…
        Paling juga loe minta link lunk…sama gue…xaxaxa…
        Rasionalitas padam pada mereka yang cendrung tertutup hatinya dengan kedengkian….!!!

      •  

        lah emangnya sya pernah membantah fpda didirikan atas tindakan antisipasi keagresifan Indonesia

        kan ada garis jelas antara perjanjian keamanan dan pakta militer, klo gak ada malon sam singapur tetap adem ayem toh

        soal penempatan marinir asutralia ada politik internal asutralia sendiri klo otak situ msih berkutat dlm negeri dgn meyederhanakan informasi alias bermental orba urusan sendiri2.

        kedengkian tak berarti di ranah geopolitik hubungan internasional karena negara2 tak pernah yakin 100 persen dgn i’tikad tetangga2nya.

        soal rasionalitas mungkin ente bisa mulai seperti sya dgn mengkonfrontir hoax2 sumber kedengkian china daratan yg bertebaran di forum2 seperti Zhihu ttg pembunuhan 500 ribu etnis china di Indonesia tahun 1965 dan ratusan ribu lagi di tahun 1998.

      •  

        Halah komen kayak gono mah banyak diba tar gebang dek…
        Muter muter tok… beda komen diatas beda pula yang dibawah…
        Ujung ujung lari kecina pula…
        Xa….
        Masabodok dek dengan hoax forum cina…engak ngurus…yang dipermasalahkan adalah ancaman yata pada bangsa…seperti kejadian era awal krisis hingga saat ini….fpda selalu mencari celah untuk menghapus indonesia….
        Dan strategi yang mereka terapkan culas dan keji….disaat kita lemah dan tak berdaya mereka bergerak….
        Kalo masalah hoax diforum cina ngak ngurus gue….emang gue menkominfo apa….xaxaxa…

      •  

        mungkin otaknya perlu dikalibrasi jika tak mampu menelaah bahwa ada perbedaan jelas kerjasama perjanjian keamanan dan pakta militer.

        kalaupun fpda ingin menghancurkan Indonesia sangatlah bodoh….terlalu bodoh melakukannya sekrang. bukannya diakhir 90an sampai pertengahan 2000an posisi terlemah negeri ini.

        lah terus ngapain situ kesulut sumbunya waktu saya kritisi kiminis china sendiri?
        atau sya hanya bernostalgia ketika berdebat sengit dgn mereka sewaktu pertukaran pelajar kesana

      •  

        mungkin otaknya perlu dikalibrasi jika tak mampu menelaah bahwa ada perbedaan jelas kerjasama perjanjian keamanan dan pakta militer.

        kalaupun fpda ingin menghancurkan Indonesia sangatlah b0doh….terlalu b0doh melakukannya sekrang. bukannya diakhir 90an sampai pertengahan 2000an posisi terlemah negeri ini.

        lah terus ngapain situ kesulut sumbunya waktu saya kritisi kiminis china sendiri?
        atau sya hanya bernostalgia ketika berdebat sengit dgn mereka sewaktu pertukaran pelajar kesana

      •  

        Halah malah nyalahin otak gue ngak sinkron…padahal komen loe yang engak sinkron…
        Apa pun alasanya apapun mananya mau fakta pertahanan kek mau fakta militer kek mau tokek kek…tetap saja rujukan dari pembentukan fpda khusus diperuntukan mengatasi indonesia…dan fakta mengatakan bahwa mereka ancaman nyata disaat kita lengah dan lemah…itu berdasarkan fakta sejarah …
        Jadi jangan muter muter…kalo engak buang aja tu komen kebantar gangbank….
        Kalo masalah komen loe tentang cina hanya mengalih kan isu masalah…maka gue bilang banyak komen kayak gitu dibantar gebang….
        Dan gue aminin apa yang loe kata tentang cina…apa pun itu gue setuju…mau loe bener kek mau loe hoax kek mau loe tokek kek gue setuju…cina adalah musuh kita yang berbahaya…kita…jangan pula loe nanti ngetrol nanya lunk link….

      •  

        sekarang sy tanya pendapat mu Fpda sebenarnya apa?

      •  

        Naa ini yang gua tunggu tunggu…terus loe minta link….xazaxax

        Sudah jelas tujuan dari fpda untuk mengatasi kita baik secara terang terangan maupun sembunyi sembunyi…karna mereka melihat kita ancaman…dan fpda tidak akan bubar sebelum menghapus ancaman tersebut…link nya loe cari diri sana….xaxaxaxa…

      •  

        Lah kmrn loe sanjung² china, ini kok malah loe sandung, ada apa gerangan?

        😆 😆

      •  

        Orang cinanya belom transper kerekening gue sih…xaxaxa…telat sikit membelot…xaxaxa…

  5.  

    Silahkan jelasin broo apa itu fpda & utk apa dibentuk, klu menunggu penjelasan agato? Bakalan kabur
    😆 😆

  6.  

    saya nggak tahu FPDA siap perang atau tidak dgn china dg konflik LCS ujung2nya minta bantuan AS dan Nato krn ada faktor tidak akurnya sesama mereka kayak beruk malay dg upil klaim batas laut & udara, malay vs brunei & pinoy klaim sabah & sarawak

    •  

      Fpda pecundang dek…kayak tikus sembunyi ditanah…kalo lawan lengah dan lemah baru jaguh dia…kalo kamu udah baca berita di awal 2000an kamu tau betapa mereka lebih sangar dari negara adidaya sendiri…bahkan sampai mengancam meratakan pulau jawa….liat sekarang…kemana kejaguhan mereka…cuma para fans boy nya aja yang muter muter kayak komedi puter…lucu kagak mumet malah iya….

    •  

      Gue sudah sarankan ama cepak baiknya aming lee sj yg lo jual jual kesana, mungkin ada yg menampung dgn keyakinan yg sama dgn aming lee tanpa dipoligami, supaya tdk mnjd rahasia, sperti pria yg msh dirahasiaknnya, karna mslh perbedaan keyakinan dgn keluarganya, jk aming lee ikut keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & kepegawainnya jk dipoligami, jk tdk demikian? Maka msh dirahasiaknnya pria trsebut sambil menunggu keluarga & istrinya tdk ada lg, oleh karna ini baiknya aming lee saja dijual loe jual, blh jd aming le menumakn sekeyakinan disana

      •  

        Loe jangan main saran saran sama cepak…nanti loe dimarahin bung yuni lagi hu…

        •  

          Kayak lagu nya cangcut…saran kiri…saran kanan …main saran….

        •  

          Zebaiknya saran gue sj yg dilaksankn cepak
          😆 😆

          •  

            Yuni bisa marah ha…kamu main saran sama cepak…
            Dan vagai mana pula dengan simbah….xaxaxa…

          •  

            Ah tdk juga, malah yuli mendukung utk cepak melaksankn saran gue sblm gue mutasi cepak mmeras makhluk raguna, jd baiknya saran gue aming lee sj yg dijual kesana, mungkin ada yg menampung dgn keyakinan yg sama dgn aming lee tanpa dipoligami, supaya tdk mnjd rahasia, sperti pria yg msh dirahasiaknnya, karna mslh perbedaan keyakinan dgn keluarganya, jk aming lee ikut keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & kepegawainnya jk dipoligami, jk tdk demikian? Maka msh dirahasiaknnya pria trsebut sambil menunggu keluarga & istrinya tdk ada lg, oleh karna ini baiknya aming lee saja dijual loe jual, blh jd aming le menumakn sekeyakinan disana
            😆 😆

          •  

            Loe tau engak haa apa itu fakta pertahanan…sama engak dengan kerja sama keamanan….maklum gue tuh sekolahnya engak lolus SD…
            Engak kayak mereka lulusan luar negri…apa lagi sampai sampai dapet pertukaran mahasiawa…zazaxaza…jadi loe maklum aja yaa…

          •  

            Karna dia orang pinter lulusan luar negri…wajar…
            Padahal prajurit itu sesuai perintah atasan mau perang mau latihan mau kekiri mau kekanan…itu semua perintah atasan…
            Dan sistem demokrasi politikus lah atasan tertinggi nya…

          •  

            Dah dibilangin dalam sistem democrazy tentara adalah dibawah komando politikus…
            Kalo masalah cina loe teriakan haiiidup cina maka loe dapat satu yuan…semakin loe banyak teriakan maka semakin banyak loe dapat wang….

  7.  

    Orang kuminter berkata apa beda fakta militer dengan fakta pertahanan…itu cuma penamaan dalam istilah legalisasi pembenaran dalam sebuah alasan…
    Coba cari tau apa perbedaan fakta militer dan fakta pertahanan…baru komen. ..jangan sampai kimen hanya meningalkan bau tak sedap atau merusak pemandangan serta mencemari lingkungan….

  8.  

    Tumben neh engak ada yang minta link…mungkin dia langsung mencari tau sendir…atau mungkin langsung bertanya pada sang bunda…xaxaxaxa…
    Gile loe dro…

  9.  

    Pakta pertahanan dan pakta militer itu ya sama aja. Emangnya ada yg bilang kalo itu beda??

  10.  

    baiknya agoto ikut ambil bagian brsama cepak menjual aming lee, mungkin ada yg menampung dgn keyakinan yg sama dgn aming lee tanpa dipoligami, supaya tdk mnjd rahasia, sperti pria yg msh dirahasiaknnya, karna mslh perbedaan keyakinan dgn keluarganya, jk aming lee ikut keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & kepegawainnya jk dipoligami, jk tdk demikian? Maka msh dirahasiaknnya pria trsebut sambil menunggu keluarga & istrinya tdk ada lg, oleh karna ini baiknya aming lee saja dijual loe jual, blh jd aming le menumakn sekeyakinan disana
    😆 😆