Jul 232019
 

Grafik jet tempur F-21. (@ Lockhead Martin)

Elbit System Israel akan ikut berpartisipasi memasok system avionik kepada Lockheed Martin dalam proyek jet tempur F-21 di India.

“Sebagai pemasok jangka panjang avionik canggih untuk Lockheed Martin, Elbit Systems sedang menjajaki cara untuk mendukung upaya Lockheed Martin untuk memaksimalkan konten asli pada F-21 untuk Angkatan Udara India dan pada Helikopter Utilitas S-76 Angkatan Laut India, ”Kata pernyataan Elbit.

Lockheed Martin sebelumnya telah menawarkan varian evolusi F-16 yang menjelma menjadi F-21 untuk pengadaan pesawat tempur multi-peran India. Pesawat tempur ini akan dibuat di India sebagai bagian dari persyaratan pemerintah India untuk membangun lebih dari 100 pesawat di India dengan bantuan mitra India. Lockheed Martin dilaporkan telah menjalin kerjasama dengan Tata Grup India.

Pada Oktober 2018, Tata Advanced Systems (TASL) dan Lockheed Martin Corp. mengumumkan kesepakatan untuk memproduksi sayap F-16 di India untuk ekspor. “Inisiatif strategis ini memposisikan TATA untuk menjadi penyedia sayap bagi semua pelanggan di masa depan dan memperkuat perannya dalam rantai pasokan global F-16,” bunyi pernyataan TATA.

“Langkah produksi sayap F-16 yang direncanakan ke India tidak bergantung pada pilihan F-16 oleh Pemerintah India untuk Angkatan Udara India,” kata TATA.

Langkah untuk mengganti nama F-16 yang populer sebagai F-21 untuk India dikatakan didorong oleh meningkatnya penjualan F-16 secara internasional. Versi Block 70 telah dipesan oleh beberapa negara bahkan ketika Lockheed Martin sedang berdiskusi dengan India untuk memproduksi jet eksklusif di India untuk pasar dunia.

Selain itu, kebijakan administrasi Trump untuk mempertahankan pekerjaan Amerika di AS telah membentuk Lockheed Martin untuk tidak memindahkan pabrik F-16 ke India seperti yang dijanjikan sebelumnya, tetapi justru mendirikannya di South Carolina.

Defenceworld

 Posted by on July 23, 2019