Jan 022018
 

Pesawat tempur multiperan MiG-35 Rusia © Oleg V. Belyakov

JakartaGreater.com – Jet tempur generasi keempat Rusia ini dalam waktu dekat akan mampu mengeliminasi target sementara berada di luar jangkauan sistem pertahanan musuh, seperti dilansir dari laman Russia Beyond.

Menurut perwakilan perusahaan MiG, Anastasia Kravchenko, misil ini telah lulus serangkaian uji coba. MiG-35 juga telah dilengkapi sistem penyerangan target dengan laser yang dipasang di pesawat, yang meliputi sistem elektro-optik dan penanda eksternal berbasis darat atau udara.

Apa yang Spesial dari Misil Ini?

“Rusia sekarang sedang mengembangkan misil-misil jelajah udara-ke-udara dan udara-ke-darat jarak jauh untuk jet tempur di garis depan. Misil ini akan beroperasi di bawah radar pesawat kami”, ujar seorang sumber di sektor pertahanan kepada Russia Beyond.

Sang sumber mengatakan, misil-misil ini akan memiliki radius serangan 200 kilometer. Sebagai perbandingan, jarak terjauh dari sistem pertahanan misil AS tercanggih (Patriot) adalah 180 kilometer.

Model-model misil untuk jet tempur Angkatan Laut Rusia telah menerima lampu hijau dan sedang diproduksi: nama misil ini X-35AT dan X-31.

“Mereka akan dipasang di jet tempur MiG-35K untuk kapal induk Laksamana Kuznetsov atau Storm (dicanangkan menjadi yang terbesar di dunia). Misil-misil ini dapat menyasar target di atas permukaan air dan di wilayah pesisir,” ujar sang sumber menjelaskan.

Rusia juga dikabarkan sedang mengembangkan versi darat dari misil ini untuk pesawat lini depan milik Pasukan Kedirgantaraan Rusia. “Tidak ada model spesifik yang telah didemonstrasikan untuk jet-jet tempur, namun karena misil yang punya jarak tempuh 4,000 kilometer ini telah dikirim untuk bomber strategis juga, tim desain bisa merancang versi aviasi taktisnya,” kata sang sumber.

Apa Itu MiG-35?

Jet tempur MiG-29 menjadi dasar dari pengembangan teknologi canggih, awal dari jet tempur generasi 4++ MiG-35. Mesin ini dirancang untuk beroperasi di daerah-daerah sulit dengan menggunakan sistem senjata berpandu laser.

Salah satu fitur utamanya adalah kapasitas angkut 6,5 ton untuk berbagai misil pandu berbeda. MiG-35 juga punya kemampuan melacak 10 hingga 30 target di saat yang bersamaan.

Siapa Pesaing Utamanya dari Negara Lain?

Jet tempur terbaru Rusia ini harganya sekitar 17 juta dolar AS (229,6 miliar rupiah) dan dapat dibandingkan dengan beberapa jet tempur Amerika.

“Konsep desain sang pesawat agak mengingatkan pada McDonnell Douglas F/A-18, andalan utama Pasukan Udara AL AS”, kata Pavel Bulat dari Universitas Teknologi Informasi, Mekanika dan Optika kepada Russia Beyond.

Menurutnya, baik jet MiG-35 dan F/A-18 punya kemampuan aerodinamika dan manuver yang luar biasa. Namun begitu, mesin MiG-35 masih kalah dari Rafale milik Prancis dan Eurofighter Typhoon yang dirancang berbagai negara.

Sang pakar mengatakan bahwa MiG-35 dapat berkompetisi dengan jet tempur generasi kelima AS.

“Jika berhadapan dengan Lockheed Martin F-35 Lightning II – jet tempur serangan darat dengan kemampuan bermanuver hebat – MiG-35 yang menang. Namun, mengalahkan Lockheed Martin F-22 Raptors membutuhkan tiga unit MiG-35”, ujar Bulat.

Bagikan Artikel :

  383 Responses to “Eliminasi Target dari Luar Jangkauan Musuh, MiG-35 Akan Dilengkapi Rudal Baru”

  1.  

    waaahhh…makin mantaaff aja nih MIG 35.
    Bisa jadi Pertamax dikelasnya nih pespur..

    •  

      Kalo bicara misil memang Rusia tidak hanya jual kecap, tp survey membuktikan. Pengalaman di palagan Suriah, rudal Kalibr yg diluncurkan dari korvet kecil unyu2 di laut kaspia dapat menghantam tepat kesasaran yg berjarak 1400 an Km.
      Korvet yg gotong rudal pun tidak kalah gaharnya walaupun kecil tp bertaring panjang….xixixi

      Apa kabar dng rudal Tomahawk … bung Agato.?

      •  

        Wah ajak dogfight dipagi hari bung?

        •  

          Bukan ngajak dogfight bung. Saya dan bung Agato ras manusia bukan ras guk guk.

          Kami cuma adu argumentasi. Dan saya bukan kaum Rusian maupun Mamarika fans boys….xixixi

          •  

            MIG 35 mempunyai satu konsep sederhana dan mendasar yang sangat luar biasa menurut saya yaitu :
            penggunaan MIL-STD-1553 serial data bus yang merupakan standard NATO. Gripen, F16, F15 dan F18 menggunakan ini, termasuk derivativenya Typhon.
            Kelebihan-kelebihan yang lain sudah dijabarkan temen-temen Warjager di bawah, tetapi hal ini lah yang akan mendorong pemasaran MIG 35 di market di kedua kubu.

            “It is not clear if these systems will be offered by default on the MiG-35 considering Russia’s precarious ties with Western Europe, but it is important to note that the MiG-35 was designed to accommodate custom configuration. The use of the MIL-STD-1553 serial data bus, which will enable the MiG-35 to take on commercially off-the-shelf and industry standard munitions and sub-systems, is a clear example”

            Dengan hal ini maka bukan tidak mungkin pengembangan lebih lanjut / advance menjadikan MIG 35 kompatible dengan missile block barat dan timur , atau radar barat dan timur , atau pertukaran data barat dan timur, Who Knows … let’s see …

      •  

        Tomahowk Nyasar Kemana Ya Bung?.

        •  

          Tomahawk tak dpt membaca…

          Hingga

          Tomahawk tak tau jalan pulang…
          🙂

          •  

            Berarti Percuma Tho Bank Itu Tomahowk Pake Banyak Pembimbing Seperti GPS, INS, TERCOM, DSMAC

          •  

            Bukan begitu bung Jimmy…..itu hanya candaan saja 😀

            Maksud saya begini….ehhh begitu aja deh
            Dalam hal teknologi rudal, boleh dikata Rusia sedikit lebih baik dari AS. Ini terbukti dari tingkat akurasi rudal kalibr, dan rudal jarak pendek Iskandar yg tinggi.

            Namun saya blom berani menyimpulkan bagaimana dng SAM dan AAM Rusia.? Yakinkah AMRAAM C-120 lebih hebat dr R-77 Vympel. Benarkah THAAD lebih akurat ketimbang S-500.? Andai tolok ukurnya adalah Kalibr dan Iskandar.

            Monggo diulas bersama bung Agato, saya nonton dr puncak menara eiffel aja….xixixi

          •  

            Jawabannya sudah jelas bung, Ruskye, AS adalah produsen senjata No.1, jadi produknya ya pasti No.1 karena saya nggak tahu yang No.2 itu siapa…

            Xixixixix

      •  

        Ane akui, Presisi Kalibr sedikit lebih bagus dari Tomahawk. Namun itu tetap tidak bisa menjamin bahwa Kalibr masih bisa diluncurkan dari Korvet Rusia dari jarak ratusan dan bahkan ribuan kilometer kalo mata dan telinga mereka dibungkam. Korvet apalagi kelas Buryan tak punya OTHT, terlalu mengandalkan AWACS A-50 dan GLONASS atau satelit recon lainnya akan sangat rentan kalo mereka semua ditembak jatuh. Berbeda dg Arleigh Burke class yg walopun beberapa gak punya hanggar tapi mereka masih punya dek yg bisa didarati helikopter sekelas Sea Hawk SH-60. Dg pake heli atau drone maka jangkauan radar secara real time bisa digelar hingga ribuan kilometer dan jangkauan maksimal Tomahawk masih bisa dijangkau walopun seluruh satelit dan AWACS milik USAF/USN sudah ditembak jatuh. Itulah beda kemampuan perang antara Rusia dg Buyan dan Arleigh Burke dg Tomahawk. Kecuali kalo kekuatan utama Rusia mengandalkan Sergei Gorkhov dan Grigorovich Class, tapi copot dulu BTSnya ya, malu2in. Hhhhhhhhhh

        •  

          Sedikit Gimana Sih. Sak Karepmu Wae Lah.

          •  

            kalo tadi saya sdh nanya keampuhan rudalnya, sekarang saya mau nanya bung Jimmy tentang kehandalan MIG-35.

            Jika head to head antara MIG-35 dng Super Hornet, yg mana sama2 berbekal short dan mediun air to air. dari sisi kemampuan khansnya besar mana memenangkan pertarungan…..hayooo…yg fair ya analisanya…..xixixi

          •  

            Bentar Tk Nyari Bahan Tentang Hornet Dlu

          •  

            *Kita Lihat Dulu Dari Kecilnya RCS

            -Mig-35 Di Situs Ini Tertulis 0.5-2MPersegi.

            http://www.aviatia.net/f-35-lightning-ii-vs-mig-35

            -F-18 Di Sini Tertulis Sebesar 1MPersegi.

            https://www.globalsecurity.org/military/world/stealth-aircraft-rcs.htm

            —————

            *Sekarang Di Lihat Dari Kemampuan Radar Ke 2 Pesawat Tsb.

            -Zhuk-A Punya Mig-35 Di Situs Yg Ada Di Bawah Di Sebutkan Bisa Mendeteksi RCS 3M Persegi Dari Jarak 200KM

            https://en.m.wikipedia.org/wiki/Zhuk_(radar)#Zhuk-A/AE

            -AN/APG-79 Milik F-18 Di Situs Bawah Ini Tertulis Bisa Mendeteksi RCS 1M Persegi Dari Jarak 150KM

            http://www.radartutorial.eu/19.kartei/08.airborne/karte014.en.html

            —————

            *Sekarang Tinggal Lihat Kemampuan Rudal AAM Yg Di Bawa Ke 2 Pespur Tsb

            Mig-35 Punya AAM Seperti:

            -R-73 Max Range 40KM

            -R-77 Max Range 190+KM

            F-18 Punya AAM Seperti:

            -Aim-9 Max Range 35KM.

            -Aim-7 Max Range 70KM.

            -Aim-120 Max Range 180KM.

            Dari Data Di Atas Sudah Jelas Siapa Yg Unggul. Dan Soal Dogfight Tak Usah Di Jelaksan Lagi.

          •  

            MIG 35 lebih unggul di Air to Ground, speed sama combat radius bung ruskye.. Utk air to air kalo cuma sekelas super horni radar Mig 35 juga lebih unggul.. Radar RCS 3m2 Mig 35 = 250km sementara super horni = 216km..

            Tp yg versi Growler dgn jamming podnya,, Mig 35 bisa wassalam.. Xixixixixixixi

          •  

            Ah.. yang bener bung Jimmy? Klo saya sih tetep yakin AS No.1 lho… No.1 nembak dan No.1 jatuh

            Xixixix

          •  

            padahal Kalibr di tembakan dari kaspia melewati 2 negara lain sebelum sampai di negara sasaran, jaraknya juga ga kira2… tetapi mengapa setiap menembakan Tomahawk seringnya dini hari, malu sama siapa sih???

          •  

            Lah Mig-35 kalo mau nyari obyek yg RCSNYA 1m3 baru ketemu diharapkan berapa?? 60 km ya?? Hhhhhhhhhh

          •  

            Ini sangat “MENARIK” ulasannya…kita ambil tengah saja Ulasan om “WELLEH”..Kalo om jimmy tentu nyeless..hahah..peace…

        •  

          teruskan perjuanganmu nak..dak usah ragu dukung apa yg kamu percaya.. walaupun sampe kejebur got ikutin aja..maaf ane mah g ikut sana sini yg penting untung doang.. hihihihihi…piss

        •  

          Artinya tomahawk jg terbatas jangkauannya jika berharap hanya dengan drone dan heli saja.

          – Sangat riskan mendekati sasaran di area musuh dng hanya bermodal rudal yg dipandu Drone atau Heli. Kemungkinan khans drone atau Heli tersebut ditembak jatuh pespur lawan sangat besar.

          – Jarak yg dpt ditempuh rudal yg dibimbing oleh heli tsb agar rudal dpt menjangkau target jg terbatas.

          – Kaprang pembawa heli tersebutpun harus mempunyai jarak yg cukup agar heli bisa memiliki batas maksimum membimbing rudal menuju sasaran target. Jika terlalu jauh maka beresiko terhadap heli pembimbing.

          Bukan begitu bung Agato 😀

          •  

            Ane bandingin platform pengangkut dan elemen udara yg bisa membantu perpanjangan mata dan telinga. Kalo udah bicara ada gangguan pesawat maka udah bisa multi platform multi ancaman. Jelas Saya lebih menjagokan armada kapal induk USN.

          •  

            Busyet CVN Ama Bodyguards… 😆

        •  

          Koreksi, bukan presisi tapi kegagalan sistem rudal kadang lebih banyak Tomahawk.

        •  

          Bung agato ini orangnya “tidak konsisten” alias mencla-mencle…tadi komplain ada warjag yg becandaan, tapi skr dianya yg clelekan !!

          #copot dulu bts’nya

          •  

            Dulu komplain jangan menghina kalau ada musibah… berikutnya malah menjadikan kisah superjet sebagai bahan untuk mengolok2 Russia… sepertinya kok pingin menange dewe….

            #mulutmu harimau di hutan

          •  

            Kalo itu bilang aja ke Sales sebelah Bung Hari. Ane gak ada urusan sama Rasabaranexport. Hhhhhhhhhh

  2.  

    Tinggal dikasih mesin yg lbh kuat mk pesawat ini bs mngalahkn semua pesawat barat dg lbh cepat.

  3.  

    Rusia Kan Hobi keroyokan tp saya setuju klo AS yang di keroyok

    •  

      AS nggak bisa dikeroyok karena dia lebih jago ngeroyok

    •  

      Ah kata siapa hanud Rusia paling canggih. Pespur Rusia emang paling slengean, tapi pernahkah pespur Rusia menerobos wilayah udara USA hingga masuk ribuan kilometer??? Alaska aja deh, gak perlu mainland. Hhhhhhhhhh.

      Kalo Rusia gak punya nuklir, udah diobrak abrik sama USA tuh wilayah abis PD2. Coba USA bisa ngeyakinin Ukraina biar gak ngembaliin 4000 hulu ledak nuklir, Padahal Rusia setelah USSR kolaps cuma punya kurang dari 2500 hulu ledak nuklir. Kalo gak dikembalikan, setidaknya yg duduk di Anggota tetap DK ya Ukraina dan Ukraina gak akan semenderita seperti sekarang, diobok-obok sama Rusia, kasihan Ukraina.

      •  

        Udah wilayahnya di Chernobyl dikasih muntahan limbah nuklir, gak bisa didiami ribuan tahun, ribuan hulu ledak nuklir dikasih cuma2 ke Rusia, Kapal Induk Kuznetsov dicuri paksa Rusia, yg Varyag malah jadi Liaoning eh sekarang Krimea dicaplok Rusia alasannya hadiah waktu anggota USSR. Mana ada hadiah udah dikasih direbut lagi. Untung aja Alaska itu dibeli bukan dikasih, emang dasar tuh orang Rusia. Suka seenaknya sendiri. Makanya wajar di embargo biar kelakuannya bisa direm. Eh, Beruang kan gak punya rem, apalagi suka rese kalo lagi laper. Hhhhhhhhhh

        •  

          Anda itu sebenarnya mengomentari apa to bung, kok tiba2 kesana-kesini…
          USSR lebih sibuk untuk menguasai atau mendominasi banyak negara di kawasan eropa timur daripada capek2 ngurusi USA… lagian apa untungnya ngobok2 sampai ke USA??? itu kan memang USA saja yang kepoan, selalu pingin tahu, pingin ngintip apa yang sedang dilakukan USSR… lagian kan di era Russia sudah ada perjanjian untuk keterbukaan yang sudah rutin dilakukan baik oleh USA/Russia, jadi ngapain ngintip2 kesana kesini… dan agen2 lah yang banyak berkeliaran menjadi mata2 daripada ngirim pesawat untuk ngintip…
          Mengomentari masalah Ukraina jelas tidak bisa dipisahkan dari USSR, keduanya sebelumnya merupakan mitra yang kuat, USA saja yang berusaha mengompori Ukraina secara aktif supaya berseteru dengan Russia, karena bagi USA dengan lepasnya Ukraina maka Russia sudah benar2 sekarat, dan ternyata itu tidak cukup…

      •  

        Aah, itukan menurut ketidak sadaran loe caja kalleeee

        hahhaahaaaa

  4.  

    Hahaha. Kok Saya Jadi Inget Pernyataan Si DR Tentang ‘Su-35K’ Padahal Dari Jaman Soviet Sampe Sekarang Sukhoi/Mikoyan Cuma Memberikan Kode Awalan “K” Singkatan Dari ‘Korabelny’ (Artinya Kapal) Kepada Pesawat Khusus Kapal Induk Seperti Mig-29K,Su-27K,Mig-29KUB,DLL. Dan Lucunya Lagi Si Ojek Gelap Memplesetkan Singkatan ‘K’ Dari “Korabelny” Menjadi ”Kommercheskiy” Yg Artinya Komersial.

    #ini Fakta Bukan Kata-2
    #Edisi Mau Ngaco Di Sono Tapi Gagal
    #Bagi Gripik Fansboy/Girl Yg Masih Ngeyel Silahkan Protes (Terutama Mbh Mien)

  5.  

    MiG 35 Is Now Ready For Combat

  6.  

    Cuma sayang ini mig-35 nggk dilengkapi maws ( missile approaching warning system ) ini pesawat cuma dilengkapi rwr ( radar warning receiver ) ma lwr ( laser warning receiver )

    •  

      Ya Wajar Aja Tho Bung. Ini Pesawat Sudah Paling Murah Di Kelasnya (Kecuali Klau Saingan Ama Chino)

    •  

      memang harus diakui dalam masalah sistem tempur barat lebih unggul ketimbang rusia….tapi kita juga harus paham setiap sistem mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing…!!!

      •  

        betul bung aming lee

      •  

        Makanya rusia tetep pake desain pesawat bongsor karena biar bisa ngangkut senjata banyak.. Rusia sadar kemampuan teknologi rudal utk pespurnya terbatas utk perang BVR karena ada kemungkinan meleset,, ya strateginya dgn mensalvo AAM nya pd saat musuh trkunci utk menghindari jammer rudalnya.. Yg otomatis menguras stok rudalnya pd saat head to head..

    •  

      Semua pesawat militer & heli tempur tidak asing dng MAWS, kecuali pesawat civil, tapi kalian tengok baik baik dulu MAWSwsny dipantat mig35 itu, bukan pantat ameng lee, ruskye atau agato nanti tersorong pula

      Hahhahaaaa

      •  

        Tumben Nih Lu Nggak Ngawar Ngiwir. 😆 Apa Karena Kemaren habis Ketemu Ama Mas Hari Di Malioboro. 😛

      •  

        ngawur kamu haa…!!! maws itu sistem pengecoh pemadu rudal….bukan ac apalagi kipas angin…!!!
        masih inget aja…tuu pantat pesawat…!!!

        •  

          Apa mungkin puantatmu yg sudah diingat jimsul

          Hahhaahaaaa

          •  

            laa kok bisa kamu lebih tau dari salesnya haa…?!?!?
            tapi percuma juga tuu maws kalo engak bisa untuk mengatasi tuu rudal…entar kayak sebelah orang maling ikan malah dideteksi{dimandori} took…!!!

          •  

            Aah, gak mungkin guelah yg mengatasi rudal jimsul, klu loe pun punya maws yg mengatakan, rudal mendekat, kemudian loe balaz, gak apa asik itu.

            Bah, bukan salesnya ajja yg tau, loe juga ngerasakannya

            Hahhaahaaaa

          •  

            Itu teknologi mig35 hampir setara dgn pespur cetakan barat & amerika yg bukan siluman, bukan berarti tidak bisa melumpuhkan pespur siluman? Sangat memungkinkan & harga sebetolnya dari UAC, mig35 dibandrol harga $57juta untuk versi expor

            Haahaahaaaa

          •  

            yaa hampir sama dengan su kalo gitu…dong…laa trus nii pesawat belum teruji…orang yaa jelas pilih sukoi lah…!!!

          •  

            Kita butuh pesawat ini bro aming, utk mengisi kelas menengah utk patroli kalau su 35 utk fighter, daripada kita pake f16 mending inilah, emangnya posisi menengah mau diisi gripen?

            😀

          •  

            Mig35 beban bawaannya waktu terbang 6,5ton, su27 berat beban bawaannya waktu trbang 8,5ton harganya jelas berbeda, masih ada lg yg mmbedakan termasuk radius tempurnnya

            Kalau su35 full stealth dibandrol $179 juta.

            Teruji apa belum? Trgantung peminatnya pilih yg mana, apakah memilih sesuai situasi yg dibutuhkan.

            Tapi mesir sudah memiliki mig35, f16 & rafale, mungkin mesir sudah pernah uji coba keunggulan mig35 vs f16 & rafale dalam uji coba dogfight & milfight

            Hahhaahaaaa

          •  

            Klo kata kuncinya “Irit BBM” ya jelas F-16 masih lebih irit bila dibanding MiG-35 bung Bamboo

            F-16 –> $12000 per jam (bermesin tunggal)
            MiG-35 –> $15000 per jam (bermesin ganda)

          •  

            haa kamu jadi sales yang jelas napa….bok kasih perbandingan yang lengkap…biar terang dari harga sampai spesifikasinya…!!!

          •  

            Daya jangkau nya ndan lingkar, “kata kunci nya”, pesawat tidak sering turun ke pangkalan utk minum

          •  

            Betul bung Bamboo, tapi saya skeptis mengenai hal tersebut, lha wong yang beli 11 unit aja masih di awang-awang… Hihihihih

          •  

            Kalau untuk militer yg diperhitungkan bukan iritnya tapi kualitas tempurnya, kecuali tn phd lbh mementingkan iritnya sehingga tn phd disalip jimsul dipersimpangan hanya paket komisi yg lbh dulu dikantongi jimsul & ketemu lg dipersimpangan yg pd ketika tn phd lg menyirami armadanya, sembari lewat jimsul brkata taruk ajja dilaut supaya kagak ngebul lg

            Hahhaahaaaa

          •  

            Ndan lingkar, soal su 35 akibat kesalahan sendiri yaitu bikin UU yg malah bikin pusing diri sendiri wkwk

          •  

            Klo menurut saya, UU sudah bener bung Bamboo, cuma pelaksananya aja yang keblinger, apa mungkin UU menyarankan tukar guling? eh maksud saya barter?

            Padahal segala sesuatu sudah kena pajak lho sekarang, beli barang dari luar negeri aja ketika pulang ke Indonesia langsung kena pajak oleh bea cukai, padahal itu yg dibeli langsung dipakai dan dikenakan, bukan di dalam tas/koper lho…

            Trus, itu uang pajaknya pada kemana?

          •  

            Bung lingkar, sy tidak menyalahkan UU tsb dlm segi ekonomi, pengetatan impor, dan pajak karena produk UU itu bagus utk hal tsb, hanya jadi kendala akses cepat utk beli su 35, sehingga hrs perlu melibatkan beberapa kementerian.

          •  

            betul bung Bamboo

    •  

      Mig35 itu sudah dilengkapi ECM

      Hahhahaaaa

  7.  

    laa sejak kapan honda buat mesin jet…???? setau saya yaa mitsubishi yang bikin mesin mercy{mercedes benz}….!!! 😆

  8.  

    memang harus diakui dalam masalah sistem tempur barat lebih unggul ketimbang rusia….tapi kita juga harus paham setiap sistem mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing…!!!

  9.  

    ….MURAH MEMATIKAN…

  10.  

    apa dia pernah magang disana….apa jadi umbrella girl max marquez ….!!! 😆

  11.  

    MIG-35 ini memang di desain untuk bertempur sendirian, dengar pengembangan penambahan rudal baru XT, maka semakin menambah kemampuan tempur di garis depan. Semenjak pernah kelayapan ke wilayah eropa sendirian dan kepergok beberapa F16….MIG-35 ini malah ndak jiper sama sekali….justru yg jiper malah F16…manggir teman2nya si Falcon yg di pangkalan untuk bantuan di udara….

  12.  

    Sepertinya MIG ingin mengejar ketertinggalannya dari LM dan Sukhoi, terlebih lagi MIG sedang mencari partner untuk pengembangan pespur gen 5

  13.  

    Indonesia fokus KFX/IFX dulu sbg program jangka panjangnya mengingat IFX punggung utama TNI-AU & SU-35-34 sbg anti dotnya Pespur F16, F15, F18, F35 Kecuali EA-18G Growler

    •  

      Lah Emang Apa Yg Harus Di Takuti Dari Super Hornet. Itu Pespur Cuma Bisa Ngandalin ECM

      •  

        Lah, Growler tuh ibarat kalo mau berantem bawanya karung. Begitu Mig apa Sukhoi udah dikarungin mau geal geologi menghindar kayak apa kalo udah dipukul bat baseball ya modar tuh Mig. Hhhhhhhhhh

        •  

          Ralat: bukan geal geol tapi ngawar ngiwir. Hhhhhhhhhh

        •  

          Ini Sebenarnya Sales Apaan Sih. Masa Produknya Boeing Di Promosiin. Ntar Yg Ada Kamu Kena Pentung Ama Tante Galak

        •  

          Emangya MiG-35 lawan sepadan buat Growler ya bung? Apa gak salah? Koq saya malah menganggap growler cuma setara Su-24 Rusia lho… 😀 😆 xixixixi

          Kira-kira segede apa ya karungnya Su-24 yang bisa masukin kapal perang AS?

          •  

            Wajar Aja Bung. Spek Hampir Sama Cuma Beda Kelas. 😆 Dan Jangan Slh Loh. Itu Su-24 Pernah Bikin Onar Ama USS Donald Duck

          •  

            Nah itu dia bung Jimmy

          •  

            Ah itu hoax.. cuma propaganda penuh bullshit dari pihak Rusia. Emangnya Khibiny udah bisa dipasang di Su-24??

          •  

            Onar gimana?? Berita hoax Su-24 bisa nge-jam Donald Cook ya. Hhhhhhhhhh, sejak kapan Su-24 bisa dipasang Khibiny coba. Lagian di video atau foto waktu tuh pesawat lewat gak pake tuh Pod di sayapnya tuh.

          •  

            Su-24 dan Su-34 itu memiliki varian yang sama fungsinya seperti F-18gruwer… ngapain pakai pod kalau memang pesawat itu secara kusus difungsikan sebagai pesawat dengan fungsi perang elektronik?? memangnya mesti dipasang di Pod?? dan jelas terlihat kalau Su-24 melakukanya dengan semi profokatif dan tanpa senjata, lalu apa yang dilakukan si Cook??? ngelock??? atau membiarkan saja??? atau bingung harus apa??? mestinya pamer dong, ngelok pesawat ngawar ngiwir ga jelas… sampai pesawatnya lari terbirit2… misalnya

          •  

            Bung@jimmy bukan beda kelas.. Tp beda fungsi..xixixixixixixi
            Su-24 disiapin emang buat ngancurin kapal induk.. Kalo dibuat head to head sama fighter barat jelas kedodoranlah su24 aka wassalam.. Masa AAM lawan ASM.. Piye toh lee.. Xixixixixixixi

          •  

            Bung@Agato. Coba Perhatiin Lagi Itu Fotonya. Khibiny Itu Bukan Hanya Bisa Di Pasang Di Wingtips Tapi Jg Bisa Di Pasang Di Bawah Body.

            Bung@Welleeehh. Itu Yg Saya Maksud Beda Kelas Ialah Mig-35 Dan F-18 Bukan Antara Su-24 Dan F-18. Jelas Saya Gk Akan Bilang Klau Begitu Karena Su-24 Itu Attacker.

          •  

            Khibiny ga pernah dipasang di su-24 bing jimmy.. Su – 24 pake MR-1 Side Looking Airbone radar (SLAR),, Efir-1M Radiation monitoring POD,, SIGINT POD..

            Mungkin yg ente maksud khibiny su-34 Fullback kali.. Xixixixixixixi

          •  

            Lho Tapi Di Brosur Dan Di Miniatur Buat Promo Ada Foto Khibiny Di Bawah Perut Itu Su-24

          •  

            Khibinyyeee itu bisa dipasangkan kesemua pespur rusia

            Hahhaahaaaa

          •  

            Foto dan kit model aja dipercaya, noh kit Shtrom emgnya udah mau dikerjain?? Malah akhirnya dicancel kan?? Apalagi foto, orang kalender TNI ada gambar Kilo aja banyak dipercaya padahal hoax, yg ada tuh rencana beli Kilo. Hhhhhhhhhh

          •  

            Jelas Untuk Kalender Itu Hoax. Karena Itu Editan. Tapi Ini Miniatur Buat Promo Lho.

          •  

            Lah Shtrom itu juga dibuatin miniatur buat promo ekspor juga kan? Akhirnya batal juga.

          •  

            https://defence.pk/pdf/threads/su-30-mki-growler.37431/ ini katanya growler…katanya lho..

        •  

          Karung itu muatnya kecil doang looo… mau nangkep pake karung kalau yang ditangkep gesit ya yang ga kena2… sudah begitu karung kan padat, tau2 yang di karungi malah rekanya sendiri… kayak OVJ jadinya

          •  

            Bung Yuli gak kenal ECM ya. Seberapa kuat sih ECM Mig-35 ngadepin EA-18 Growler?? Hhhhhhhhhh, jarak ratusan km aja udah ngawar ngiwir gak jelas tuh Mig. Hhhhhhhhhh

          •  

            Hla seberapa kuat Growler ngadepin ECM nya Mig-35??? pernah nyoba???

          •  

            Ahem… Yg jelas Growler itu punya Boeing… Sekali lagi itu Produknya “Boeing” harap di catat yah… Loked mengancam warga kanada akan kehilangan ribuan pekerjaan dan menutup Pabrik di kanada jika kanada memilih Super hornet… Jadi bagi yg nagku2 sales loked tapi belain produk boeing mending ente ke laut aja yah wkkkkkk… Harap yg mengaku sales loket fokus dng dagangan sendiri agar kasus Grigoro tidak terulang xixixi…

          •  

            Ada yang pernah dengar/baca atau tau klo growler udah botol pulpen buat onar sama pespur AU Rusia ndak ya? AU Rusia lho, bukan pespur buatan Rusia apalagi pespur sekutu.

          •  

            Hahaha. Sedangkan Sukhoi Rusia Dah Battle Proven Dgn Donald Duck

          •  

            @ FNC: selama yg dihadapi adalah produk Rusia ya sah2 aja saling melindungi. Hhhhhhhhhh

            @Jimmy: Ente tau julukan orang 2 di USAF buat pilot Rusia: Mad dog aka anjing gila. Karena mereka emang gila. Lagian cuma lewat aja kok udah dicap Battle proven,pffff. Ente tau gak artinya Battle proven. Gak tau apa itu rudder aja gaya loh. Hhhhhhhhhh

          •  

            Loe yg gak tau ecm agato, ecm itu sprti peringatan ancaman pernika, jd jika mig35 dijamming? Maka ecm itu akan menjawabnya.

            Jd gue tanya loe agato, apa pungsi growler

            Hahhaahaaaa

      •  

        Bagqimanapun pespur F-18 SH akan mendatkan paket body upgrade yang konon mendekati pespur gen 5 dan dengan system elektronik yang lebih baik.
        Pespur dengan katagori yang sudah botol pulpen akan lebih terperinci untuk menutupi kekurangannya untuk di upgrade.
        Hal yang sama ketika SU-35 yang diturunkan di Suriah, sejauh ini dari info yang di publish ke media, SU-35 akan mengalami penyempurnaan di saluran hisap udara (intake) untuk dapat menyaring partikel benda yang dapat merusak bagian mesin seperti pasir.

        •  

          Bukan intakenya tapi kipas penghisap udara dr intake yg masuk akan dibuat stealth, jadi kipasnya itu yg dibuat stealth

          Hahhaahaaaa

          •  

            Apa sih artinya stealth?
            Turbin inteke adanya di bagian dalam dan terbungkus casing mesin dan body pesawat.
            SU-35 adalah pespur yang bermesin jet, bukan pesawat komersil yang memakai baling-baling seperti turboprop yang menggantung di sayap atau di ekor pesawat.

          •  

            Bung WK, udah iyain aja deh daripada tambah ribet ngomen Ama nih orang. Orang Jimmy aja juga bilang gitu, mana ada Su-35 yg Stealth. Hhhhhhhhhh

          •  

            Belumkah sampai pada muu? Prbanyak minum air brooo, mesin pespur itu juga mengantarkan gelombang radiasi & mesin trbaru su57 hadir mnjwb itu semua, trmasuk untuk su35

            Hahhaahaaaa

          •  

            Saya bukan fansboy USA, Rusia, Eropa ataupun Asia.
            Saya berdiskusi di forum punya juragan Diego lebih dikarenakanuntuk menambah pengetahuan dengan cara berdiskusi sehat dan akurat.

          •  

            laa wong diskusi sama huha mau sehat too bung …yang ada malah sakit….!!! 😆

          •  

            @Halata Huha Hebat…!!!
            Belum lama ini mesin SU-57 yang terbaru baru saja di uji coba dan anda sudah dapat menjelaskandeekripsinya.
            Anda kelewat pintar atau kebanyakan melamun?
            Dari baling-baling ke radiasi apa hubungannya?
            Kita disini sedang membahas mesin pespur yang hi tech, bukan pesawat komersil.
            Mesin pespur SU-35 tidak diciptakan untuk full hantu, karena bahan knalpot SU-35 dengan SU-57 berbeda serta bahan untuk mereduksi panas mesin SU-35 dengan SU-56 juga berbeda dan SU-35 dapat dikatagorikan siluman lebih dikarenakan karena RCSnya tanpa di dukung coating seperti F-22
            Lalu apakah kita sedang berdiskusi SU-57?

          •  

            @aming lee : Dari hampir setiap posting dia yang rational hanya sedikit, selebihnya dia lebih berimajinasi.
            Mungkin dia kebanyakan melamun…

          •  

            Silahkan anda mau berdiskusi apa, coba apa yg mau anda diskusikan

            Hahhaahaaaa

          •  

            @ Bung WK, waktu Ane lagi di taman IPB Baranangsiang, ada orang deketin ane terus cerita panjang lebar ttg PD-3 serta konspirasinya, cerita ttg pesawat Langi t yg full Stealth Ampe cerita kalo dia udah kawin Ama tank. Ane bingung Ama dia, awal cerita sih nyambung karena Ane tau gejala2 seperti arogansi China dsb bisa memicu perang, termasuk yg di timur tengah. Lah makin lama kok makin ngelantur nih orang. Bisa jadi dulu orangnya sih cerdas terus karena pusing mikirin yg gak perlu akhirnya jadi kayak gitu.

            Makanya Ane khawatir si Huha juga jadi kayak gitu. Begitu pintar sampai segitunya. Mungkin perlu dibawa ke psikiater.

        •  

          @Agato : Hahahahaha…

          •  

            Kuncinya Klau Debat sama Huha Itu ‘Iyain Aja’. Soalnya Klau Gk Begitu Gk Kelar-2 Malahan

          •  

            Jangan keras-keras Bung WK, ntar Ente kena tampol daster baru nyaho loh. Tuh Bung Hari udah jadi korbannya, lalu Bung Seven aka Bung GP, nah sekarang Bung Aming Lee yg jadi sasaran. Orang nih anak mau Ane daftarin ke NASA buat program Mars One, dikirim langsung ke Mars sono. Hhhhhhhhhh

          •  

            Noh Sales Rosoboronexport sendiri yg bilang kan, bukan Ane loh. Hhhhhhhhhh

          •  

            Sm Aja bung @Wk tuh orang yg Ngaku sales Loket Tapi nawarin Produk Boeing juga sm sarapnya sm si huha wkkkk…

          •  

            Loh, Ane kan palugada kalo lawannya Russian fanboys. Hhhhhhhhhh

          •  

            Yg penting USA punya. Hhhhhhhhhh

          •  

            Wkkkk… Tuh kan ane bilang apa ngaku sendiri kan wkkkk…

    •  

      Indonesia jika fokus ke program IFX, menurut saya buang2 duit negara dan waktu saja. Lebih baik mengembangkan rudal, bekerja sama dengan LAPAN, Litbang TNI dan perusahaan swasta nasional, pasti bisa di kerjakan….tinggal ada ndak kemauan kapan bisa di anggarkan. Kalau sudah bisa bikin, saya yakin akan membuat varian2 baru nantinya.

    •  

      Secara basic KFX/IFX mungkin saja sama, akan tetapi mengenai teknologinya kemungkinan besar IFX masih di bawah KFX dan semua itu akan lebih menyudutkan IFX yang dikarenakan KFX/IFX kemungkinan besar hanya dapat membawa made in USA untuk di hard pointnya, sedangkan jumlah rudal untuk total F-16 yang kita miliki masih jauh dari jumlah ideal.
      Lalu ketika kita masih butuh waktu yang panjang untuk memproduksi IFX, USA terus mengupgrade pespur mereka (F-15, F-16 dan F-18)
      Project maju kena mundur kena…

      •  

        Yang penting “punya” dulu, lagian kan “kiamat” masih jauh 😛 xixixi

      •  

        yang justru jadi perhatian adalah F-35 diproyeksikan menggantikan semuanya itu… jadi bakalan seru seperti apa kedepanya persaingan antara F-35 dengan F-16 dan F-18, mungkin F-15 terlalu berani kalau di cut off karena proyeksinya akan dijadikan gudang bom bagi F-35…
        Sekarang saja sudah terlihat betapa F-16 dan F-18 sudah seperti anak tiri dibanding F-35…

        •  

          Ya kita lihat aja nanti. Hhhhhhhhhh

        •  

          Kabarnya F-18 SH akan mendapat paket upgrade yang akan mendekati gen 5 serta paket magement system yang lebih baik.
          Kemungkinan besar Amerika kurang PD dengan F-35 hingga mereka membackup lapis keduanya (F-15 dan F-18) dengan paket upgrade yang menarik.
          SU-35 dan MIG-35 VS F-35, F-15, F-18 dan F-16

          •  

            Justru itu bung WK… kalau kurang PD, jelas akan menjadikan situasi makin rumit, karena F-35 digadang2 untuk menggantikan semua jenis pespur yang sudah ada, kalaupun nanti masih tetap eksis, apakah juga akan ada alokasi anggaran untuk menambah jumalh pesawat baru untuk F-16/F-18/F-15…
            Kalau prediksi saya, F-35 hanya akan menjadi semacam pesawat tempur komando, sedangkan sebagai ujung tombak akan tetap diperlukan yang lain2nya itu…

          •  

            Mungkin aja f35 itu sekedar tehnik dagang agar amrik dpt pemasukan duit banyak aja kale bung yuli … xixixi

          •  

            Lah Mig-35 dan Su-35 buat apa diekspor kalo ga buat teknik dagang biar Rusia dapet duit banyak juga?.. hhhhhhhhhh

          •  

            Su-35 dan Mig-35 menjadi tulang punggung armada Russia… F-35 dari beberapa analisa lebih menjadi pesawat server…

          •  

            F-15 sih yes.. Xixixixixixixi

  14.  

    ngawur kamu haa…!!! maws itu sistem pemadu rudal….bukan ac apalagi kipas angin…!!!
    masih inget aja…tuu pantat pesawat…!!!

  15.  

    akhirnya bung jimmy g pilih kasih tawarin ploduknya.. g melulu sukhoi.. tp mig juga.. yes ini baru sales top ..

  16.  

    TURUNKAN HARGA KOMEN. Komen Panjang-2 Tapi Masih Belum Keluar. 😆

  17.  

    Masalah teknologi yaa barat selangkah lebih maju dari rusia..
    Apalagi barat slalu aja buat terobosan2 baru..

    •  

      gak semuanya “selangkah lebih maju” kok

    •  

      Prettt….

    •  

      Teknologi lbh maju gk ngejamin hasil pertempuran bung. Contoh NY Nazi di WW2 teknologi lbh maju tp salah strategi. Trs perang Vietnam. Teknologi canggih As KLH sama Alam dan strategi perang.

      •  

        Kenali dirimu dan musuhmu maka kamu akan bisa memenangkan seratus peperangan (Sun Tzu)

        •  

          itu berlaku di era jaman kerajaan… kalau jaman sekarang, kenal musuh sekalipun ya susah menang, apalagi kalau musuhnya punya rudal nuklir…

          •  

            Ente pasti tau Situational Awareness, sistem itu dibangun berdasarkan konsep Sun Tzu yg ada pada buku The Art of War. Coba buka2 di Wikipedia biar nambah pengetahuan.

            https://en.m.wikipedia.org/wiki/Situation_awareness

          •  

            Saya lebih suka membaca sesuatu yang sudah terjadi dan sudah diaplikasikan, walaupun itu sangat berantakan tetapi sudah menunjukan hasil… konsep SunTzu dalam Art of War memang fenomenal dan menginspirasi, tetapi saya tidak tertarik… ada banyak hal sukses dilakukan meskipun tidak dilakukan dengan konsep matang…

          •  

            Coba kasih contoh satu aja kesuksesan yg dibangun dari konsep yg tidak matang. Bahkan di dunia militer serta bisnis sekalipun gak ada yg seperti itu. Perencanaan logistik juga dibahas dalam The Art of War, aplikasinya ada pada Supply Chain Manajemen sistem.

          •  

            perang NAZI vs USSR… NAZI menggunakan serangan yang jelas tertata rapi dan menggunakan konsep yang pakem, USSR berantakan

          •  

            Aah gak betoel itu broo, yg pasti nazi kalah karna sekutunya jepang di lumpuhkan trlebih dahulu, kemudian brgeser mlwn nazi & disitulah kekalahan nazi, tidak memahami situasi & seluruh eropa selamat dari jajahan nazi akibat uni soviet terlibat.
            & taktik perang nazi taktik kilat, tapi tidak ampuh mlwn russia

            Hahhaahaaa

          •  

            LoL, Hhhhhhhhhh,… Ente harus baca secara menyeluruh apa penyebab kekalahan Nazi atas USSR. Dan ente nyebut rencana serangan USSR berantakan?? Kalo yg ente maksud adalah model serbuan gelombang manusia seperti waktu di Stalingrad, itu jelas bukan serangan asal2an. Itu semua terkoordinasi dg fokus kekuatan adalah jumlah penduduk yg dikerahkan untuk menyerang kota Stalingrad begitu rantai suplai tentara Jerman diputus oleh jepitan dua arah. Dan sekali lagi USA jelas membantu penuh USSR saat diserang Nazi.

          •  

            jelas2 nyerangnya saja karena kurangnya senjata orangnya nyerang berpasangan dengan satu bawa senjata dan satu hanya membawa refill senapan, begitu kok dibilang terkoordinasi dan fokus…
            Pertempuran Kursk, pertempuran antar Tank paling brutal dan cenderung ngawur karena tidak tahu kawan dan lawan saking rumitnya… begitu besar kerugian dikedua belah pihak yang menentukan perang justru karena Russia memiliki lebih banyak Tank yang bahkan keluar dari pabrik langsung dikirim ke garis depan untuk perang… begitu kok dibilang terkoordinasi dan fokus…
            Saya pernah menanggapi statement anda tentang Enemy of my enemi, dengan menunjukan contoh (USA/Iggris dengan USSR), jadi memang kala itu baik USA/Inggris/USSR bahu membahu memerangi NAZI, karena USA dan Inggris sangat kawatir ketika USSR bisa dikalahkan dan dikuasai NAZI, maka perang dengan NAZI semakin rumit dan sulit, bahkan dengan memiliki base baru di pedalaman USSR akan semakin menguatkan NAZI yang mendapatkan 2 keuntungan yaitu Geografis dan Sumber alam…
            Bahkan jet tempur USSR juga dari hasil kerja keras mendapatkanya dari Inggris yang kala itu dianggap sebagai rekan dan bukan seteru, meskipun semakin kesini hubungan keduanya makin buruk dan terbukti di perang Korea menjadi bumerang bagi USA dan Inggris

          •  

            @Huha… yang paling membunuh NAZI kala itu adalah iklim dan kondisi alam USSR yang sangat menghambat pergerakan NAZI… ada beberapa kesalahan taktik yang secara tidak sengaja membuat NAZI menjadi kalah, termasuk ketika NAZI sangat dekat dengan lapangan merah dan bahkan pasukan NAZI bisa melihat menara2 bangunan disana… tetapi justru serangan di tunda karena lebih fokus berperang dibagian selatan USSR yang menjadi ladang minyak…

          •  

            nazinya zudah habiz dimakan zi huha.

          •  

            Polandia mnjd saksi mata broo, pembebasan polandia dr jajahan nazi oleh uni soviet & seluruh eropa

            Hahhaahaaaa

        •  

          Kayak amrik pontang panting saat perang korea th 50an yaa agato? Saat Kaburnya Sampai pelabuhan sendiri di bombardir haha

          •  

            maksudnya seperti perang Irak bung, jadi ya ga ada perlawanan gitulah… kalau di Suriah kan memang mati gaya gara2 ulah yang ono…

          •  

            Sudah … Sudah… Bung yuli, sy cuma ngerjain agato aja, padahal dulu dia kasar sering bilang “goblok” sekarang jadi sopan, mungkin kena sate kerang italy kale wkwk

          •  

            Komen ku gak muncul… wkwk

          •  

            Perang Irak lagi, terus ntar dibawa ke Suriah. Hhhhhhhhhh

          •  

            Yg pontang-panting siapa coba?? Lihat dulu semua kondisi waktu perang Korea baru bicara, serangan pertama Korsel USA jelas terdesak karena belum siap dan pasukannya gak cukup. Di serangan ke empat Beijing mau dinuklir juga ma USA. Yg minta Jenderal Mac Arthur, tapi gak dibolehin sama Eisenhower. Lagian karena diancam bom nuklir makanya China milih mundur dan minta gencatan senjata di garis 38 lintang Utara seperti kesepakatan awal USA-USSR.

          •  

            saya kan hanya mengikuti gaya ente…

          •  

            Kirain mau bilang Anata. Hhhhhhhhhh..

          •  

            Eh iya… watashi wa anata o mohou shimasu

          •  

            Yg pontang panting jelas yaa amerika lah, sampai mengancam pake nuklir pula haha

        •  

          Kira2 sekutu udh perang brp x bung ? Klu udh sampe 100 tlg ingetin ya kata Sun Tzu cuma sampe 100 klu lbh ga di jamin bakal menang kkkk …

  18.  

    Bagus juga nih buat diversifikasi petarung TNI AU, layak diakuisisi, termasuk Gripen, F-16V, Rafale, Typhoon dan juga Tejas 😆 hehehehe

  19.  

    Mig 35 bagus utk patroli, jangkauan nya jauh, radar nya Bagus, rudal yg dibawa juga Bagus, harga murah pula …

    Seandainya kena kunci bidikan dari jarak 300 km, cukup balik badan 100 – 200 km, rudal musuh jatuh sendiri gak bisa ngejar …

    😀

  20.  

    pesawat kesukaan bung freedy nih xixi

  21.  

    dak usah ngomongin mesir…laa wong udah dibilangin dia dikasih dak bisa milih….selain mesir yang sudah deal..sapa aja…?!?!?!

  22.  

    ibarat kelas petinju…kelas bulu sama kelas terbang…!!! 😆

  23.  

    Wihh ramenya..ada apa ya..

  24.  

    Kirain Ane, tuh Fregat bahan bakarnya dari batok kelapa. Hhhhhhhhhh, lagian kalo asapnya Ampe ngebul gitu berarti mesinnya jelek banget. Walaupun sama2 pake solar dan ngebul juga Kaprang Produk barat juga gak Ampe pekat gitu asepnya. Pembakarannya jelas tidak sempurna dan boros bahan bakar. Jelas sekali karena teknologi mesin Rusia masih tertinggal puluhan dekade setelah sebelumnya biasa ambil dari Ukraina, apalagi sekarang kondisinya sudah bermusuhan. Padahal sejak jatuhnya USSR, dana R&D untuk segala bidang termasuk mesin, Ukraina dan Rusia udah menurun drastis sehingga pengembangan mesin baru yg bagus masih kurang. Makanya banyak ngambil sparepart dari Barat juga.

  25.  

    Lu smua sibuk ngobrolin mig-35. Gua mau nanya kira2 mau gak yah TOT . untuk isi kekosongan medium pespur tni.

  26.  

    di artikel ini bung jimmy menang banyak euy.. ayo tambahin 2 komen lg biar pas 200 komen..

  27.  

    Andai dulu pak habibie bikin pespur bukan n-250, pasti kita tdk tertinggal bbrp dekade sma reknologi barat. Pasti ifx skrang sudah full stealth. Malah korupsinya yg full stealth. Atau mungkin better koruptor aja yg di kirim ke korea bukannya insinyur DI… Gimana ide gue !

    •  

      sama aja bung, mau pesawat tempur atau pesawat penumpang ya tetep aja banyak yg nyinyir… meski beda skenario mungkin kasusnya akan berakhir sama 😛

    •  

      Pak Habibie dah bilang lebih baik bikin pesawat sipil daripada pespur karena Pespur saat itu sudah dikuasai produk barat semua, susah tembusnya. Lagian produksi pespur gak bisa tiap tahun buat buat untuk industri baru. Beda kalo pesawat sipil. Gitu alasan Pak Habibie, eh ternyata N250 dan N2130.

      Tapi harus diakui, hanya dg sebuah rancangan N2130 aja perusahaan raksasa macam Boeing dan Airbus aja bisa ketar ketir apalagi buat sejenis F-16, sayang akhirnya IPTN ditutup dan. Namanya diganti PTDI.

  28.  

    garong 5 skuadron….

  29.  

    X-35AT jelaslah pengembangan lanjut dari Kh-35 rudal jelajah subsonik anti kapal dan ground misil. Hanya saja seperti yg disebutkan di paragraf ketiga, jelas rudal ini masih dibantu oleh radar pesawat, belum bisa dikembangkan ke sistem fire and forget.

    Yg menarik adalah Mig-35 akan ditempatkan di kapal induk Kuznetsov dan rencananya di kapal induk terbaru Rusia. Jelas ini pergantian yg bagus untuk mengganti fulcrum. Yah, kalo bisa mengembangkan sistem guidance rudalnya jelas itu akan jadi ancaman serius bagi Kapal Induk USN.

  30.  

    ai lop yu pul bung agato .. muah muah muuuahh… hihihihihi

  31.  

    Beli Su-35 itu cukup 1 unit saja lengkap senjata.

    TOT nya bikin balon mirip dan segede Su-35 lengkap senjata. Tidak lupa juga minta diajarin bikin balon mirip S-400 beserta truck dan radarnya.

    Khan Rusia ahlinya bikin balon tipuan kayak gini.

    Kalau banyak balon Su-35 udah jadi lalu dijejerin 1 skuadron dan dipotret dari pinggir kena Su-35 yang asli dan juga dipotret dari atas.

    Sisa dananya untuk beli Viper.

    Xixixixixi

    •  

      Ide cerdas dan memang berguna saat perang Balkan, bahkan saat tertembaknya F-117 juga karena jebakan Batman ini, mungkin orang Rusia biru cara orang Jepang yg suka buat tipuan pesawat mirip aslinya waktu PD 2 kali ya.

    •  

      Kayak perang Irak dulu Sadam Husein pake Tank imitasi untuk ngelabui lawan, bgt jg PD di Eropa memakai Tank Imitasi jg.

    •  

      Kenapa sekarang tiba2 menjadi balon??? habis baca taktik Maskirovka Russia pasti… dan jika pelakunya adalah Russia terbukti cukup ampuh untuk menakut2i USA…
      Dan F-117 ga ada hubunganya dengan ini, justru USA yang mengira Serbia memiliki banyak batere rudal pertahanan yang setelah perang berakir baru ketahuan kalau kebanyakan adalah tipuan…

      Bukanya lebih efektif kalau jet tempurnya di cat seperti punya tetangga biar dikira punya tetangga…

    •  

      Su-35 itu nggak usah beli banyak-banyak, 1 unit aja cukup, yang penting punya. Tapi nggak usah dipublish, publishnya langsung 4 skuadron lengkap senjata (balonnya)

      Xixixixixi

  32.  

    Ediaaaaaan udah 346 komentar ?

  33.  

    Hadeeh aku komen dimana aja sih, kok malah bingung nyari nya … hihihi

    Maaf jika ada teman yg belum sy balas mengomentari krn banyaknya komentar, mata dah cekut2 …

  34.  

    haha keren bung yg lgi nge tren di indonesia yg k 410 ib , keren air suspension nya bung , di tambah lagi pakai karoseri adi putro jetbus ,, wah keren bung …

 Leave a Reply