Okt 092017
 

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa  ke- 100 Kodim 1505/Tidore memberikan penyuluhan tentang Emas Biru pada Jumat 6-10-2017 kepada 72 orang kelompok nelayan warga Desa Gita Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan.

Tidore, Jakartagreater.com – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 100 Kodim 1505/Tidore memberikan penyuluhan mengenai Emas Biru pada Jumat 6-10-2017 kepada 72 orang kelompok nelayan warga Desa Gita Kecamatan Oba Kota, Tidore Kepulauan.

Materi yang diberikan oleh Pasiter Kodim Tidore Kapten Inf Andi Purwanto serta tim penyuluh dari Dinas Perikanan dan Kelautan Tikep Mansyur Syarif dan Burhan Samad, Spi menyampaikan bahwa kegiatan emas biru ini adalah program Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Munardo dan Pemerintah Daerah dalam rangka menyejahterakan masyarakat dan memanfaatkan potensi wilayah yang ada, dirilis tniad.mil.id.

Emas biru bukan pula permata, melainkan hasil mengelola budidaya perikanan. Sumber daya manusia, sumber daya alam dan sarana yang ada diberdayakan. Potensi alam Desa Gita bisa diberdayakan yaitu keramba dan rumput laut yang dapat dikelola sehingga prospek dari pengembangan sektor perikanan wilayah Tidore Kepulauan sektor perikanan tangkap dan budidayanya menjadi sub sektor unggulan yang harus dikelola secara komprehensif, terarah dan terpadu.

Bila program ini berhasil masyarakat Oba khususnya Desa Gita akan sejahtera jika potensi laut dikelola dengan baik. Untuk itu perlu adanya sinergitas antara semua stakeholder perikanan yang ada di Tidore Kepulauan.

Para nelayan diberikan kemampuan serta teknologi yang ramah lingkungan (alat tangkap ikan bubu) dalam mengelola sumberdaya lautnya agar pengelolaan sektor kelautan dan perikanan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Sementara itu dalam keterangannya Dansatgas TMMD 100 Kodim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing menyampaikan bahwa penyuluhan emas biru yang merupakan program unggulan dari Kodam XVI/Pattimura akan dimasukkan kedalam sasaran non fisik dalam pelaksanaan TMMD ini sebab hal tersebut sejalan dengan kondisi geografi wilayah Maluku Utara khususnya Kecamatan Oba yang dekat dengan garis pantai.

Dengan dijadikannya sasaran TMMD, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi nelayan lokal untuk perbaikan penghasilan dan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui pengelolaan dan manajemen kelautan dan perikanan modern.

  2 Responses to “Emas Biru Masyarakat Oba Kota Tidore Kepulauan”