Dec 052014
 

Empat Aksi TNI AL Tenggelamkan Kapal Ikan Ilegal  

Tiga kapal perang baru milik TNI AL bermanuver saat latihan di perairan Laut Jawa, utara Semarang, Jawa Tengah, 28 September 2014.

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan TNI AL akan menenggelamkan tiga kapal nelayan asing ilegal di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat pekan ini. Ketiga kapal tersebut akan ditenggelamkan setelah seluruh awaknya menjalani proses hukum di pengadilan.

“Ini adalah upaya kami menindak tegas kapal yang melanggar hukum,” kata Manahan dalam siaran pers, Kamis, 4 Desember 2014.

Menurut Manahan, upaya menenggelamkan kapal ilegal tersebut bukan pertama kalinya dilakukan TNI AL. Angkatan Laut sedikitnya pernah empat kali menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Nusantara.  Berikut ini aksi TNI AL menenggelamkan kapal ikan ilegal:

Januari 2003
Kapal perang KRI Untung Suropati menembak hingga tenggelam empat kapal nelayan asing ilegal berbendera Filipina di perairan Sulawesi. Keempat kapal tersebut bernama F/BCA Samy, Sea Sam Pedro, F/BCA Aneka Dos, dan F/BCA Marife 02. Menurut Manahan, pemerintah Filipina sempat mengajukan protes. Namun TNI AL bergeming dengan alasan penembakan dan penenggelaman kapal sudah sesuai dengan prosedur yang benar. “Keempat kapal itu berusaha melarikan diri dan tak mengidahkan tembakan peringatan,” katanya.

April 2003
Kapal perang KRI Todak menjadi algojo bagi kapal ikan ilegal berbendera Thailand di perairan Kepulauan Anambas. Sebelum dikaramkan, awak kapal bernama KM Mina Bhakti itu sudah dievakuasi oleh KRI Todak.

Oktober 2003
Dua kapal perang TNI AL, yakni KRI Cut Nyak Dien dan KRI Anakonda, menjadi eksekutor penenggelaman dua kapal ikan ilegal berbendera Thailand. Kapal bernama KM Bumi Marina-006 dan KM Bumi Marina-027 itu tenggelam di perairan Selat Gelasa, Bangka Belitung.

November 2003
Giliran KRI Sura yang menghajar KM Karunia Laut I berbendera Thailand hingga amblas ditelan Laut Jawa. Atas peristiwa penenggelaman kapal tersebut, Perdana Menteri Thailand saat itu, Thaksin Shinawatra, menyebut aksi Indonesia terlalu berlebihan.

Sumber : TEMPO.CO

Bagikan :
 Posted by on December 5, 2014

  60 Responses to “Empat Aksi TNI AL Tenggelamkan Kapal Ikan Ilegal”

  1.  

    komennya masih kosong ?

    •  

      Numpang pertamax ya bung @Zod ,,
      Moga ajaa sekarang yg di tengelemin kapal kapal besar ,,
      Biar para petingi petingi maling tercengang ,,
      Bsok esekusi 3 kapal oleh TNI AL
      Kita tungu brita nya kawan …
      Jaya lah TNI ku ….

    •  

      kabar gembira tni al sudah menenggelamkan 3 kapal ilegal dr vietnam hari ini lebih cpat sehari dr instruksi presiden.sumber tribun siang ini maaf mau masukkan link ga tau caranya.

  2.  

    er

  3.  

    Semuanya jaman Bu Mega, he he he…

  4.  

    ternyata sudah dari dulu praktek penenggelaman terhadap kapal ilegal dilakukan oleh TNI AL…cuma mungkin dulu kabinetnya bukan “Media Darling”, jadi gak terlalu didengar / diingat oleh masyarakat .. Bravo TNI..!!

    •  

      Media darling gimana, per tahun kapal ilegal fishing yg ukuranya lebih dari 30 GT sekitar 6000 – 7500 unit sementara yg berijin cuma 1300 unit…..harusnya kalau mau lebih aktif per tahun harus berapa yg perlu di tertibkan….kalau cuma 1 atau 2 biji yg kurang banget….masak cuma dikit banget…..

    •  

      Sy pikir bukan masalah media darling bung, klo ga di publikasikan ga ada efek jeranya buat maling yg lain..

  5.  

    Ditunggu berita eksekusi peneggelaman kapal berbendera Malay_sia…

  6.  

    dari tahun 2003 sampai 2014 belum ada lagi yg di tenggelamin apa? terus patrolinya pada ngapain aja tuh!

  7.  

    2003, masa ny mega y

  8.  

    mblenger.. isine mung media wae.. jare mbiyen isune pemerintahan mbiyen seneng nelakoni politik pencitraan, lha saiki tambah nemen maneh..

  9.  

    Lho bukannya perintah presiden penenggelaman mulai di akftifkan tgl 14 desember mas bro…sabar kita tunggu saja setelah 14 desember…..kalau 100 unit kurang, data KKP kalap ilegal yg beroperasi 6000 – 7500 unit termasuk yg berijin 1300 an unit….paling tidak 1/4 sudah bikin jera tetangga

  10.  

    KRI Anaconda ???

  11.  

    Yang diperlukan sekarang penegakan hukum secara tegas dan konsisten, apa lagi berhubunganan dengan ” poros maritim Indonesia “, ………LAKSANAKAN DAN LANJUTKAN !!!

  12.  

    boleh juga

  13.  

    Khusu kapal malon, awak kapalnya di evakuasi terlebih dahulu tapi nakhodah nya sama kapalnya harus tenggelam bersamaan….hahahaha…malonsial pencuri.

  14.  

    hari ini ada penenggelaman kapal di natuna oleh tni al … di tunggu saja info yaaa….

  15.  

    Sebelum ditenggelamkan selfi dulu aja…lumayan bisa buat DP

  16.  

    Wah!,,warjager yg anti kanjeng pada mls coment(bingung mo de on kal’e), pdahal wkt itu tni lgi drop( embargo). Tetap salut saya, apapun kelemahannya dulu wktu memerintah. Salam …

  17.  

    Itu kan dulu….yang sekarang ini lho Bagaimana? Kapan…..? Sebaik nya segera….yang tegas Dan tidak terima suap….

  18.  

    Tahunya 2003 semua? jadi tahun 2004 smpe 2014 hanya didiemin? pantes jadi manja, jd pada kg tau diri, sudah merusak lingkungan ngambil rejeki orang.

  19.  

    “TNI AL akan menenggelamkan tiga kapal nelayan asing ilegal di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat pekan ini”
    dibaca dulu mas prof, baru di ACC 🙂

  20.  

    scorpen yang tidak bisa menyelam itu, kapal selam tapi tak boleh nyelam ya namanya kapal selam apung, kah kah kah kah … LOL

  21.  

    Dan satu lgi yg saya salut ama kanjeng mami, wktu masih wapres berani dtng ke papua.padahal wktu itu papua sdng panas membara. Toh mereka tetap datang.(selentingan kabar hotel tempat kanjeng mami berada dah di kepung askar opm, dia tetap tabah tanpa takut sedikit pun)imho

  22.  

    KAPAN EKSEKUSINYA????

  23.  

    Oiih,hik.hik..(sapean ngomong opo?bung Itto,ora ono faedae’ blass!.ngomongo sing apik ben enak di woco.)hik.hik.hik(dimengerti)..

  24.  

    Jaman SBY kok gag ada kapal nelayan asing yang ilegal di tenggelamkan ya??? 2003 kan masih jaman Mega, sby 10 thun berkuasa tumbuh subur donk yang ilegal, makanya nelayan susah nyari ikan, semoga terus di jaga laut kita dari para maling, agar nelayan terus bertambah pendapatan ikannya

  25.  

    Benar itu bung..kita aja baru tau uda 38 penenggelaman..yang penting kan efek jera tindak kriminalnya..bukan masalah si pemerintah sebelumnya orgnya tdk sombong lah,sopan santun banyak alasan tetek bengek subjektif tapi tni harus ngutang triluyan untuk bbm??
    Jangan takut untuk perubahan bangsa indonesia!

  26.  

    di langit kota q T50i sliweran aja 2 jet tempur terbang bersamaan di susul 3 jet tempur….. tp sayang bgt nga da rudal atau persenjataan yg di gotong… klo patroli kok nga bawa senjata ya…..

  27.  

    penenggalaman kapal ilegal fishing dari dulu dah sering dilakukan, kenapa sekarang baru rencana aja sudah heboh, apanya yang aneh …

  28.  

    Thanks bung infony, ada bung diego disana. Nanti ada laporan langsung dari tkp

  29.  

    Mbah bowo kemana ya?,,kangen nih??ama coment coment antagonis nya..apa lgi bobo?..monggo mbah pinarak ri’in.

  30.  

    Tuh udah ditenggelamkan, Janji Telah Ditepati…

    Mau komen apa lagi nih yg Kontra??

  31.  

    Kenapa penenggelamannya tdak memakai meriam atau rudal atau torpedo ya, cma mke peledak yg d tanam d lambung kpal, kan lumayan bisa untuk uji tembak itu

 Leave a Reply