Empat Anggota NATO Bentuk ‘Komando Pasukan Khusus Regional’

Menteri Pertahanan dari Kroasia, Hongaria, Slovakia dan Slovenia menandatangani “Letter of Intent” untuk membentuk Komando Komponen Operasi Khusus Regional di sela-sela pertemuan para Menteri Pertahanan NATO di Brussels.

Juga dipahami bahwa negara mitra NATO Austria ikut ambil bagian.

Aliansi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Hongaria, empat Sekutu Eropa dan negara mitra Austria akan bekerja sama untuk membentuk R-SOCC yang dapat digunakan untuk Operasi Gabungan Kecil.

‚ÄúPerintah ini akan secara dramatis meningkatkan kemampuan kelima negara ini untuk secara efektif menggunakan Pasukan Khusus mereka. Struktur non-permanen R-SOCC memungkinkan setiap peserta untuk menggunakan kontribusinya sendiri secara terpisah, sambil mendapatkan manfaat dari struktur R-SOCC terintegrasi yang pernah diaktifkan untuk penempatan.”

Wakil Sekretaris Jenderal NATO Rose Gottemoeller memuji inisiatif ini, dengan menyatakan bahwa inisiatif itu menghadirkan “langkah maju yang signifikan dalam memperkuat kapasitas Pasukan Operasi Khusus di wilayah ini, dan menuju elemen komando daerah multinasional yang sepenuhnya terintegrasi”.

Komando multinasional baru akan dikembangkan sejalan dengan standar NATO, meningkatkan keahlian Markas Operasi Khusus NATO di Mons, Belgia.

Sementara terutama ditujukan untuk operasi NATO dan UE, perintah tersebut dapat berpartisipasi dalam misi, latihan atau pelatihan multilateral lainnya.

Sumber: ukdefencejournal

Tinggalkan komentar