JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 182015
 
USS Fort Worth (public.navy.mil)

USS Fort Worth (public.navy.mil)

 

Singapura (ANTARA News) – Empat kapal perang Amerika Serikat yang dirancang untuk peperangan di wilayah pantai yang serupa dengan perairan Asia Tenggara akan beroperasi di luar perairan Singapura pada 2018, kata pejabat senior Angkatan Laut AS seperti dikutip AFP.

Penggelaran rotasional wahana-wahana perang yang disebut dengan kapal tempur pesisir (LCS), dilakukan setelah Tiongkok terus memperkuat cengkeramannya di Laut Tiongkok Selatan dan terus tegangnya Semenanjung Korea.

“Kita akan segera menyaksikan empat LCS di sini di Singapura ketika kami menggelarkan secara rotasional kapal-kapal perang Armada Ketujuh,” kata Laksamana Muda Charles Williams.

“Kami harapkan empat kapal perang ada di sini sampai 2017 sampai kira-kira pada 2018…sampai 2018, empat kapal LCS akan digelarkan secara rotasional di sini untuk Singapura.”

Williams, panglima Gugus Tugas 73 Armada Ketujuh, berbicara kepada wartawan di geladak kapal perang USS Fort Worth, salah satu LCS yang digelarkan selama 16 bulan di Asia Tenggara.

Kapal perang ini menggantikan LCS lainnya, USS Freedom, yang baru-baru ini mengakhiri masa delapan bulan tugasnya.

USS Fort Worth akan ambil bagian dalam latihan perang Foal Eagle, yang adalah latihan perang bersama dengan Korea Selatan dari 24 Februari sampai 6 Maret.

Kapal perang ini juga akan bergabung dengan angkatan laut-angkatan laut kawasan ini dalam latihan perang bersama tahunan Kerja sama Kesiapan dan Pelatihan Apung, dan Eksibisi Pertahanan Maritim Internasional.

“Perang Angkatan Laut AS baik di Asia Tenggara maupun Asia Timur Laut adalah mengenai kehadirannya.  Ini mengenai di mana kehadiran itu penting manakala kehadiran dianggap penting,” kata Williams.

Cepat dan gesit, kapal-kapal perang LCS bisa diadaptasikan untuk misi-misi khusus melalui sistem modul dan awak tergantikan.

Angkatan Laut AS berencana membuat 52 LCS dengan total biaya 37 miliar dolar AS namun program ini menjadi kontroversial karena inflasi, desains dan masalah konstruksi.

Pada 2012  Leon Panetta yang kemudian menjadi menteri pertahanan AS, mengumumkan bahwa Washington akan menggeser sebagian besar armada lautnya ke Pasifik sampai 2020 sebagai bagian dari fokus strategis baru ke Asia.

Tiongkok terlibat dalam sengketa maritim dengan empat negara Asia Tenggara –Brunei, Malaysia, Filipina dan Vietnam — selain juga dengan Taiwan mengenai klaim di Laut Tiongkok Selatan.  Sedangkan AS ingin memastikan kebebasan berlayar di area ini, demikian AFP. (ANTARA News)

Bagikan :
 Posted by on February 18, 2015

  45 Responses to “Empat kapal perang AS tongkrongi Asia Tenggara sampai 2018”

  1.  

    wah wah…

  2.  

    Gentian saya yg hehe..

  3.  

    Apakah kehadiranya membahayakan kita..atau menguntungkan kita? kewaspadaan wajib ditingkatkan

  4.  

    Woooww

  5.  

    maunya di tempatkan ja KRI Usmah Harun di Batam……biar tambah gelisah si upil yang 1 tu…..

  6.  

    Asal jangan mengusik kita saja bung

  7.  

    yang penting kalau kapal US masuk laut wilayah RI harus diajak Passex sekaligus untuk mengawal mereka selama melintas, tidak boleh dibiarkan menyelonong masuk sendirian …. sebab kehadiran angkatan laut kita akan memberikan sinyal kuat kepada angkatan laut amerika bahwa TNI AL selalu siap mengamankan laut wilayah NKRI.

  8.  

    Trus Proyek KRI yg selanjutnya apa nih? apa dengan PKR sigma 105 saja sudah cukup utk menghadapi ancaman di masa depan, singapura saja sudah bersiap membangun LCS juga yg akan bersanding dng Formidable class, Aussie dengan Destroyer yg baru

    •  

      Saya rasa PKR 3 biji itu kalau sudah jadi smua cukup untuk menyeimbangkan kawasan bung. Tp biar lebih mantap harusnya pemerintah tahun depan sudah menganggarkan untuk membeli destroyer.

  9.  

    Indonesia siap gk siap harus siap ,,
    Buruaaan paak muoel beli s400 ….
    Su35 , destroyer , kapal selam amur ,
    Apa lagi yaa ? ,, hmm
    Oiya tambahkan tentara cadangan nya pah ..
    Dah itu aja pa
    Biar kami bisa bobo nyenyaak paak ,

  10.  

    MEF Hrus dipercepat,paman sam udah siap2 jangan sampai udah meledak tni blm siap..

  11.  

    gak usah bingung berdoa aja moga moga kapal mereka pada tengelam oke bro

  12.  

    indonesia benar2 d kurung utara selatan timur dan barat pangkalan amerika….

  13.  

    assalamu’alaikum
    oot,
    2 kapal thailand ditangkap di natuna..
    wassalam..

  14.  

    Indonesia harus pasang kuda2 jika ada peluru /rudal nyasar…..sudah siapkah alutsista qta untuk LCS WAR????

  15.  

    empat kapal LCS akan digelarkan secara rotasional di sini untuk Singapura.

    Berarti hanya 1 kapal yang ada di Singapura.

    USS Independence bakal dapat temen, yaitu KRI Klewang. 🙂

  16.  

    Jadi teringet pernah baca soal omongan mantan presiden Soeharto di era perang dingin dulu. Panglima ABRI saat itu minta tambahan dana untuk pembelian alat2 perang. Tapi ditolak oleh pak Harto dengan alasan kira2 begini (saya juga lupa persisnya): Sebanyak apapun uang yang kita keluarkan untuk beli senjata, kita tidak akan pernah bisa mengejar kekuatan negara adidaya dan negara2 maju. Akan lebih baik uangnya kalau kita pakai untuk pembangunan demi kepentingan rakyat.

    •  

      Dan faktanya pembangunan tidak merata, banyak korupsi,,,

      •  

        Ya sebenernya sih teorinya bagus ya, cuma pelaksanaannya hahaha….. Kalo ngga ada korupsi dan anak2-nya ga ikut2 ngerusak beserta kroni2-nya, sebenernya arahnya udah benar. Dan teorinya pak Harto ini sebenernya dicontoh Lee Kuan Yew dan Mahathir Mohammad lho. Coba liat sejarah militernya Singapore dan Malaysia, mereka itu baru mulai membeli peralatan2 canggih sekitar akhir 80-an awal 90-an, setelah ekonominya dibangun dengan benar sekitar 20-25 tahun sampai kuat.

        Sekarang kembali ke persoalan diatas. Faktanya kan kita beli peralatan militer secanggih apapun, tetep aja ga bakal bisa ngalahin US. Bukan berarti lalu kita tinggalkan konsep MEF atau pembelian alutsista, tapi mau beli2 seboros apapun juga percuma kalo musuhnya Amerika. Mau mati konyol?

        Mendingan kita pinter2 berdiplomasi, biar gimana konflik US – China ga merugikan kita, tapi menguntungkan kita. Yang kedua ya percepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. Yang ketiga, percepat pertumbuhan industri militer dalam negeri.

        •  

          soal melawan asu, kita mati konyol, belum tentu juga,, yg penting kita jangan membuang-buang waktu untuk belanja yg tidak bisa kita produksi sendiri dan terus memproduksi dan mengembangkan apa yg sudah bisa dibuat,,dulu juga
          asu memiliki alutsista yg lebih modern tapi faktanya tidak mampu mengalahkan vietnam,,,

          •  

            Bung mau ngerasain hidup kayak jaman perang Vietnam? Tiap hari dibom Amerika, mau cari makan aja ga tenang. Kepergok tentara Amerika langsung diberondong tembakan?

            Saya sih ogah

          •  

            Assalamualaikumwr.wb.
            hidup itu pilihan bung
            dan setiap pilihan pasti ada resikonya
            ow ya kita beli SU 35 ya?
            ya baguslah kalau begitu hehehe

          •  

            yupp,,betul bung wong ndeso,,,

  17.  

    “Sak ombo ombone alas tetep lebih ombo alasan”….

    Saya yakin,alasan Amerika nongkrong di sini bukan hanya itu tetapi banyak alasan

    yg masih disimpan rapat…

    Pasti INA adalah alasan utama mereka…..banyak perkembangan dan pergerakan

    kebijakan pemerintah maupun militer kita yg mengusik mereka….bisa disebut

    mereka benar2 mengamati perkembangan negara kita….

    IMHO

  18.  

    keinginan Us adalah menguasai/mengontrol kawasan, agar berada dlm kendali mereka, yg bisa dimanfaatkan sbg ajang operasi intelijen dlm memetakan kekuatan angkatan laut regional, baik kekuatan & kapasitas personil maupun peralatan, serta gambaran mengenai lokasi geografis (Selat Malaka).
    Us menyadari bahwa selat ini merupakan urat nadi Cina, maka dng kian menajamnya persaingan kedua negara ini dlm beberapa thn ke depan, menguasai selat merupakan langkah strategis Us menjinakkan Cina di kawasan Asia Tenggara.

  19.  

    Ga usah terlalu paranoid sama amerika, kita sama2 saling membutuhkan kok. Kita sama2 punya kepentingan pada saat ini. Klo enggak mana apache disetujui kita beli. Hanya 11 negara loh yg boleh mengakuisisi apache.

    •  

      Betul..! Saya yakin kedepannya amerikalah yg bantu kita melawan belitan sang naga. Bijimane dgn Rusia?? Russia paling2 berani ngasih bantuan diam2 ke Indonesia, tp gak akan berani terang2an seperti Amerika. Russia gak akan berani terang2an..! krn Russia jg sebenarnya msh terlibat konflik perbatasan dgn china. dan China sampai saat ini msh mengalah. kedepannya China pasti akan mengungkit kembali perbatasan mereka yg dicaplok di era soviet dulu. dan sekarang yg bernama Russia. kembali keatas Amerika akan membantu Indonesia dan sekutunya dikawasan LCS dan jepang di kepulauan sinkyoku. sedang north korea ttp seperti katak dalam tempurungnya south korea. gak akan leluasa menggerakan militernya keluar membantu China dan sebaliknya, sebelum south korea dihabisin.

      Salam..

    •  

      Dulu di era KSAD Pramono Edhie Wibowo sempat mencuat berita kalo Javelin udah confirm, bersamaan dengan Apache ini. Tapi kok ga ada beritanya lagi soal Javelin ini. Apa dibatalkan ya?

  20.  

    hehehe.. kalau senyap berarti sdh digudang. kalau msh koar2 berarti sedang diperjalanan. kalau penjajakan berarti sdh deal. bukankah begitu bung? 😛

    •  

      Tapi berdasar pengalaman, di negeri kita ini kalo ada alutsista baru biasanya dipamer-pamerin bung 😀 Lha ini kok ngga ada beritanya sama sekali? Hehehe

      •  

        Hehe.. malah sekarang yg diberitakan pemesanan 300 helm tempur utk pilot Apache? 😆 kalau utk helmnya aja sampai sebanyak 300, berarti hellfirenya harus lbh banyak dari helmnya dong? 😛
        kalo javelin disenyapkan krn ambilnya kagak banyak2, coz cm utk antidot pendekar jaguh doang. kalo utk menangkal leo si upil dan abhram srt leo aussie, sepertinya kecil kemungkinannya mrk membawa mbtnya utk invasi kemari bung? itunganya gak efesien kecuali au dan al Indonesia sdh dilumpuhkan, baru mrk menempatkan mbt dimari. beda dgn si jaguh, yg mmg sdh mendarat dan dibuatkan pangkalannya di sabah oleh si malon. 🙂

        salam.

        •  

          Betul bung, cm malon aja yg berpeluang mbt nya masuk Indonesia 😀

          Kalo kayak Anoa gitu bisa kan ya dipasangi javelin? Cukup sangar juga itu kayaknya 😀

          Kalo Apache, harapan saya ya jangan 8 lah. Digenapin minimal 16 gitu atau 24 heheehe. Jadi bisa 2 skadron.

          Salam bung

  21.  

    Dengan alasan untuk membendung dominasi china di LCS, bisa juga sebenarnya ditutujukan untuk mengawasi Indonesia mengingat sekarang ini antek2 ASu di Indonesia sudah mulai beraksi ….. !!!

 Leave a Reply