Mar 042017
 

Kendaraan Tempur Sherpa


Indobatt menerima enam kendaraan tempur Sherpa Scout Light untuk memperkuat alutsista prajurit Garuda guna mendukung pelaksanaan tugas di wilayah Lebanon.

Kedatangan kendaraan tempur Sherpa di Indobatt 17/2/2017 langsung mendapat pengawasan dari Wakil Komandan (Wadan) PMPP TNI Kolonel Pnb Engkus Kuswara, S.IP., M.Tr (Han) beserta tim Sherpa yang telah tiba sebelumnya di Lebanon.

Sebelum dioperasikan para personel yang akan mengawaki kendaraan tempur ini, mendapat pelatihan dari tim yang didatangkan khusus dari Renault Defence tempat pembuatan Sherpa.

Pelatihan secara marathon dengan waktu singkat diberikan kepada prajurit Indobatt, mulai dari cara mengemudi, perawatan, pemeliharaan hingga pemasangan alat komunikasi serta pemasangan sistem senjata.

Kendaraan Tempur Sherpa

Selain itu para awak Sherpa diharuskan mengerti spesifikasi dan karateristik kendaraan tempur ini. Kendaraan Sherpa ini digerakkan oleh roda 4×4 dan memiliki bobot di rentang 7,9 sampai 11 ton. Kendaraan tersebut juga memiliki peran multi fungsi yang ditenagai mesin Renault 215-hp sampai 265-hp dengan perseneling otomatis 6 percepatan. Kendaraan ini juga masih aman untuk melintasi medan genangan sedalam 1,5 meter.

Bicara soal perlindungan, awak kendaraan sudah dilengkapi fasilitas proteksi nubika (nuklir, biologi dan kimia). Selain itu, awak kendaraan pun dilengkapi dengan proteksi dari bahaya api.

Sebagai kendaraan lapis baja, Sherpa dilengkapi perlindungan balistik di level B6 dan ancaman ledakan ranjau juga telah diantisipasi. Sherpa juga dapat dengan mudah dibawa pesawat angkut berat sekelas C-130 Hercules atau Airbus A400M Atlas.

Kendaraan Tempur Sherpa

Setelah selama kurang lebih empat hari melaksanakan pelatihan, mulai dari personel yang akan mengawaki, pemeliharaan hingga tes performance kendaraan. Pelatihan ditutup sekaligus serah terima kendaraan Sherpa dari Wadan PMPP TNI kepada Komandan Indobatt Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. Selain itu Sherpa Indobatt telah mendapat pemeriksaan dan sertifikasi dari tim COE ORI UNIFIL, sehingga secara langsung Sherpa siap operasi untuk mendukung tugas-tugas prajurit Garuda.

Penerangan Yonmek Konga 23-K

  7 Responses to “Enam Kendaraan Tempur Sherpa Perkuat Indobatt”

  1.  

    Makin mantap aja kerja opasukan Indobat dng Sherpa barunya. Top deh

  2.  

    sukses terus indobat

  3.  

    sherpa yg ini punya perlindungan anti ied gak yah?

  4.  

    Buatan perancis namun bernama Sherpa, seperti nama etnis yg mendiami wilayah Nepal, pegunungan Himalaya. Suku bangsa Sherpa dikenal sebagai pendaki gunung jempolan, maklum mereka memang tinggal disuatu pegunungan tertinggi di dunia, Himalaya. Banyak para pendaki pegunungan Himalaya memanfaatkan tenaga dari suku Sherpa sebagai pemandu jalan kala mendaki gunung Himalaya. Berbeda dg suku Sherpa, suku Gurkha yg sama-sama mendiami pegunungan Himalaya malah dikenal sbg petarung tangguh, yg menginspirasi angkatan perang Inggris untuk merekrut suku Gurkha sbg prajurit handal.

    Lalu mengapa kendaraan perang buatan Perancis diberi nama Sherpa? Bukankah Perancis tdk pernah menjajah India atau wilayah sekitar pegunungan Himalaya? Oo barangkali perancang kendaraan ini terinspirasi dari ketangguhan suku Sherpa dlm mendaki gunung. Dia kesemsem ketika mendaki gunung mendapat layanan petunjuk jalan orang Sherpa, yg tangguh serta cekatan mendaki gunung. Harapannya tentu kendaraan rancanganya juga setangguh dan selincah suku Sherpa. Berlari kencang tanpa kenal lelah, meliuk-liuk menghindari batu cadas dg lincah serta menerjang setiap batu penghalang.

    Semoga saja prajurit Garuda (INDOBATT) yg mengawaki Sherpa juga terinspirasi ketangguhan dan kecanggihan Sherpa, lalu diam-diam juga mempelajari serta mendalami seluk-beluk keunggulan Sherpa untuk kemudian dipakai sebagai referensi PT PINDAD mengembangkan kendaraan sejenis, lumayan dpt TOT gratisan…

  5.  

    Lha komodo dan sanca kok gk dipake