Mar 122015
 
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Madrid – Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, beserta delegasi mengadakan kunjungan kerja ke Spanyol.

Duta Besar RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso kepada Antara London, Kamis, mengatakan kunjungan Menhan RI ke Spanyol kali ini merupakan langkah penting dan strategis dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Spanyol di bidang industri pertahanan. Selain sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Bidang pertahanan yang ditandatangani oleh Menhan RI dan Menhan Spanyol, di Jakarta, pada tanggal 13 Februari 2013 lalu.

MoU tersebut telah dirintis kedua negara sejak tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kerjasama baik dibidang ilmu pengetahuan terkait penggunaan sistem dan peralatan militer, maupun kerjasama operasi militer selain perang dan teknologi serta kerjasama dalam pengembangan industri penerbangan.

Pada saat ini, kerjasama Indonesia-Spanyol di bidang industri pertahanan yang telah berjalan adalah pembelian sembilan unit pesawat C-295 dimana tujuh unit pesawat diproduksi oleh Airbus Defence and Space di Sevilla dan dua unit lainnya sedang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia di Bandung.

Selain itu, Indonesia juga tengah menjajaki pembelian tujuh unit C-295 lagi untuk melengkapi kekuatan satu skuadron dan pembangunan kapal latih untuk menggantikan KRI Dewaruci.

Dalam kunjungan kerja ke Spanyol, Menhan juga menghadiri pameran teknologi keamanan dan pertahanan internasional “HOMSEC” ke-5, di IFEMA Madrid, yang berlangsung dari tanggal 10-12 Maret .

HOMSEC 2015 dibuka Menteri Dalam Negeri Spanyol, Jorge Fernandez Diaz, dan dihadiri Duta Besar RI, Yuli Mumpuni Widarso, serta seluruh kalangan pelaku industri, Menteri dan Pejabat Tinggi di bidang pertahanan keamanan dari berbagai negara.

HOMSEC adalah pameran teknologi keamanan dan pertahanan internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Madrid. Kegiatan utama pada HOMSEC terdiri dari konferensi dan workshop teknis, pertemuan bisnis serta pameran perusahaan dan produk-produk pertahanan.

HOMSEC 2013 sukses dengan kehadiran 8000 orang dari berbagai negara antara lain kalangan profesional dan 135 perusahaan peserta yang berpartispasi pada pameran sehingga merefleksikan peningkatan jumlah kehadiran masing-masing sebesar 82 dan 55 persen dari edisi sebelumnya. HOMSEC 2013 juga dihadiri 28 delegasi resmi dari kementerian dan angkatan bersenjata asing.

Selain mengunjungi pameran, Menhan dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Negara Bidang Pertahanan Spanyol, Pedro Argelles Salaverra, dalam rangka memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Spanyol di bidang pertahanan dan meninjau instalasi Airbus Defence and Space di Getafe yang memproduksi pesawat Eurofighter, pesawat angkut berat A400M dan pesawat Multi Role Tanker Transport (MRTT) A330.

Hubungan Dubes RI dan Dubes Spanyol di Jakarta juga sangat bagus. Dubes mengatakan bahwa tingkat hubungan yang sedemikian baik itu terus meningkat dan akan melibatkan pemangku kepentingan di negara masing-masing. Dubes merencanakan akan “mengawinkan” Pindad dengan mitra dari Spanyol.

Dalam kunjungan kerja ke Spanyol Menhan didampingi Mayjen TNI Rusmanto (Plt. Kabaranahan), Brigjen TNI Sisriadi (Dikersin), Brigjen TNI Ida Bagus Purwalaksana (Karo TU), Letkol Chb Iroth Sony (Interpreter), Kol. Laut (S) Yos Sumiarsa (Kabag Minmen), Letkol Czi Heru Prayitno (Kasubag Minmen), Kapten Pom Rindo Q. (ADC Menhan) dan Lettu Inf Imanuel Roy. Menhan dijadwalkan juga akan berkunjung ke Instalasi Airbus Defence & Space di Getafe dan meninjau instalasi pembuatan pesawat Eurofighter dan A400M. (Antara).

Bagikan :

  56 Responses to “Eng Ing Eng…Menhan Melakukan Kunjungan Kerja ke Spanyol”

  1.  

    Ehem

    •  

      He he he pertamax dulu mumpung pada senang semua..

    •  

      BATAL DAH SU35, menhan borong TOT. Typhoon 2 skd di bungkus

      •  

        SU-35 biasanya pura2 dibatalkan…tapi diam2 ditambah dgn cat yang sama dgn cat SU-27 dan SU-30…TOT typhoon dan KFX jalan terus…mantap kan…

      •  

        beda bung.
        ne di jelaskan di atas: sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Bidang pertahanan yang ditandatangani oleh Menhan RI dan Menhan Spanyol, di Jakarta, pada tanggal 13 Februari 2013 lalu.

        MoU tersebut telah dirintis kedua negara sejak tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kerjasama baik dibidang ilmu pengetahuan terkait penggunaan sistem dan peralatan militer, maupun kerjasama operasi militer selain perang dan teknologi serta kerjasama dalam pengembangan industri penerbangan.

        tujuan utama yaitu
        1. melihat perkembangan pembuatan kapal latih pengganti KRI DEWARUCI.
        2. tindak lanjut dari MOU 2007 ini, yang selama ini sangat di rahasiakan, . walau dalam perjalanannya sempat tersendat.. pada tahun 2007 ini di setujui mengenai pembuatan korvet untuk indonesia, tapi sangat di rahasiakan… kabarnya korvet tersebut sudah selesai. pengerjaan di spanyol, dan akan di kirim untuk perakitan senjata dsb ke galangan kapal selanjutnya sesuai dengan mou 2007….
        3. ada kemungkinan typhoon akan masuk ke barisan udara NKRI ditahun yang akan datang tetapi bukan sebagai pengganti F5. pengganti F5 besar kemungkinan SU 35… selain itu menhan juga melirik A400…

    •  

      Artikel “bantingan”. Ini yg bikin seru.

  2.  

    Hmm….

  3.  

    hmm … pesawatnya mau diberi mata dan telinga yang tajam?

  4.  

    Bungkilus

  5.  

    Pak menhan jgn lupa nengok tiger class ya.. he he he

  6.  

    Pertamax

  7.  

    berat

  8.  

    Bawa keranjang belanjaan yg banyak pak mentri !

  9.  

    Mborooong……..

  10.  

    A400 M juga boleh. Mumpung lagi banyak duit .. he he he

  11.  

    Kayaknya mau lihat Real Madrid atau Barcelona FC, atau cari pendamping SU 35 untuk medium Fighter

  12.  

    TOT typhoonx pak…..

  13.  

    Makin tak ada lawan sebanding nih TNI..

  14.  

    Ingat ya pak mabess TNI milihnya sukhoi 35 dari rusia lho .. Ingat lagi pak SUKHOI .. Hehehe

  15.  

    memastikan kapal latih AL sudah berapa persen pembuatannya.
    titawari tot tipun juga sama pembelian A400M. Eurofighter duet maut sama su35
    oiya lupa AL kan tidak sekedar butuh kapal latih aja. hehe

  16.  

    Su 35 penganti f5 typoon pengganti hawk aminn

  17.  

    menjauhlah typhon Eurofighter…mendekat lah A400M, Multi Role Tanker Transport (MRTT) A330 & SU-35 …hhheeee 😀

  18.  

    Itu pak Menhan ,,,matanya kok merem gtu,,,,,,, kurasa smalam begadang ni pak Menhan nonton Campion CHELSEA VS PSG,,,, ambil mikirin tuk mutusin bele Su 35,,,

  19.  

    eng.. ing… eng.. tet teret tetet.. tipun diambil

  20.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    sepertinya lebih bagus kalau pesawat tanker ni A330

  21.  

    Bawa uang berkoper2,Menhan mau shoping besar2an…warjager ada yg mau nitip gk nih..

  22.  

    tiger class di tenteng dong om…

  23.  

    Pak Menhan cuman mo ngecek penggantinya KRI DEWARUCI..

  24.  

    SU-35S akan mempunyai teman seperjuangan satu class dalam menjaga kedaulatan udara NKRI, yaitu Eurofighter Typhoon ……………. mantap,…….. jgn sampai dikadalin & di salip oleh f-16 !!!

  25.  

    Komentar yg ke sekian…tiger class nya di cek apa sudah ready to war,sedangkan pengganti dewa ruci katanya dijejali teknologi sonar terbaru???

  26.  

    Bukannya Airbus Defence di Spanyol itu untuk pesawat angkut militer?
    Memangnya Typhoon juga dirakit di Spanyol?

    •  

      mungkin sebagian dibikin di spanyol bung DZ secara terpisah entah itu sebagian avioniknya, entah itu sebagian airframenya, entah itu sebagian mesinnya.. ( kalau dalam perkapalan ada istilah modular )

  27.  

    Manteb neh mau liat macan tutul. Kayanya bawa pulang pak menhan biar adem

  28.  

    mau beli A400 M

  29.  

    haha,, saya curiga Indonesia bakal mengakusisi Su35 + EF. Typoon..manteep croot duo srigala 😀

    •  

      Kemungkinanan Su 35 untuk pengganti F 5 dan efek deter, Typhoon untuk TOT dan pengganti hawk200

      •  

        Duit’e mbah mu..!!??

        •  

          Emang klo beli harus full pake duit ya bung Ucok?? Emang blm pernah tau beli pesawat pake hasil alam/bumi?? Mangkanye punye tipi jgn buat akuarium, punya mata & telinga jgn buat pajangan,, ntu smua dikasih Tuhan punya fungsi cari info/belajar dr mana ajaa.. Oh iya yg santun klo komen bung Ucok.. Salam Persatuan,, TNI SETROOONG..!!

  30.  

    ya elah.,.,,.
    jng2 dua-duanya di beli semua.,,.,.
    dananya jng di tanya.,,.,.
    karna sangat rahasia (ghoib).,,.

  31.  

    karena meskipun sudah perwira, masih rajin masuk lapangan bung 🙂

  32.  

    Ha haa pak menhan titaat titut tututut…menang banayak pa menhan ini…jadi calo Bule barat..hix hix xix

  33.  

    bukan sekedar kunjungan biasa seperti kunjungan pejabat negara secara reguler…

  34.  

    Perkiraan saya kayanya jadi ambil dua-duanya Su-35 ama Typhoon deh….mantab kalo jadi ambil
    dua-duanya…

  35.  

    Mungkin menhan ingin mlihat a 330 mrt untuk su 35 dan f16

  36.  

    makin gak jelas nih su-35

  37.  

    Tiger class ditengok itu sdh bisa diisi amunisi rusia blom,tiger class gado2 amunisi rusia cms dan sewaconya eropa tapi ada selentingan indonesia juga menyumbang teknologi di kapal ini tapi tidak ada penjelasan di bagian apa mungkin combat sistem kali ya kalo iya ini kumgkinan indonesia sdh bisa mensinkronkan combat sistem barat dan timur mantap

 Leave a Reply