Enigma 8×8, Trend IFV Masa Depan

31
270
IFV Enigma 8x8 Uni Emirat Arab (janes.com)
IFV Enigma 8×8 Uni Emirat Arab (janes.com)

Kndaraan Tempur Infanteri yang diberinama Enigma 8×8 diluncurkan secara resmi oleh Emirates Defense Technology (EDT) pada Pameran Alat Pertahanan IDEX 2015 di Abu Dhabi dan telah dikonfirmasi oleh IHS Jane.

Mohamed bin Jabr al-Suwaidi, selaku CEO dari EDT, mengatakan kendaraan ini dikembangkan secara khusus untuk Angkatan Darat Uni Emirat Arab (UEA). Kendaraan yang ditampilkan di IDEX ini dilengkapi dengan turret dari BMP-3 tracked IFV yang saat ini digunakan Angkatan Darat UEA.

“Musim panas mendatang UEA akan melakukan tes lebih lanjut kendaraan baru ini”, tegas Suwaid. “Kami akan fokus mengujinya pada iklim panas dan pergerakan Engima di gurun.”

Didukung oleh mesin diesel Caterpillar C13 menghasilkan 711 hp, Enigma akan memiliki berat tempur 28 ton. IFV ini menggunakan sistem suspensi Timoney Technology yang menyediakan mobilitas cross country tingkat tinggi dan dirancang untuk mudah diganti jika rusak oleh ranjau atau alat peledak IED.

Lambung IFV enigma berbentuk V terbuat dari all-welded armour dan dapat dilengkapi dengan applique armor untuk tingkat perlindungan yang lebih tinggi.

EDT mengatakan desain modular kendaraan ini dapat dilengkapi dengan berbagai senjata. Sebuah model yang ditampilkan di IDEX menunjukkan Enigma membawa howitzer ringan BAE Systems 155 mm M777.

Enigma 8x8
Enigma 8×8

Pilihan lain yang bisa menggunakan turret Rheinmetall 35 mm Skyranger air-defence dan UralVagonZavod 37 mm AU220M remote turret.

Dalam perannya sebagai IFV, Enigma mampu membawa delapan prajurit dan tiga awak dan IFV ini sepenuhnya amfibi.

Komentar
Kemunculan IFX 8×8 Enigma memberikan tekanan bagi perusahaan lain dalam kompetisi yang telah berlangsung sejak 2007, ketika pertama kali ditampilkan Patria 8×8 yang dilengkapi turret BMP-3. Para pesaing utama lainnya adalah VBCI dari Nexter.

Fakta bahwa Enigma di IDEX diresmikan oleh Jenderal Sheikh Mohammed bin Zayed al Nahyan-, putra mahkota Abu Dhabi dan wakil komandan tertinggi militer UEA, menunjukkan kendaraan tempur ini memiliki dukungan politik tingkat tinggi. (Janes.com).

31 KOMENTAR

  1. MARINIR sudah punya BTR 80A, malaysia sudah pesan pars 8×8 anti tank dari turki, tinggal TNI AD pesanan BTR4 dari ukraina batal, pesan dari pindad panser Badak/tank medium PINDAD dengan berbagai variasi Turret, anti tank buat lawan mbt negara tetangga

    • malaysia belum bisa buat, bung, TOTnya cuma perakitan bagian tertentu & perawatannya.

      (Artikel Jakarta Greater 4 Juli 2012)
      perjanjian dengan Malaysia menyebutkan komponen utama dan komponen penting dari IFV PARS akan dibangun di Turki, termasuk pembuatan disain khusus untuk Malaysia. Instalasi dan integrasi mesin, track serta sensor panser juga ditangani FNSS. Bagian-bagian tersebut akan dikapalkan ke Malaysia untuk dilakukan perakitan akhir dan ujicoba di bawah supervisi FNSS Turki. FNSS akan mengajarkan teknisi Malaysia, agar mampu menservis sendiri PARS 8×8,

      • kamu gak tahu malaysia dong jangan bikin malu di sini Pars 8×8 hasil kerjasama antara malaysia dan turkis kamu lihat pars 8×8 dan apc 8×8 buat malaysia itu, pars 8×8 gak boleh melakukan amfibia sedangkan apc 8×8 bisa berenang melakukan amfibia, pars 8×8 ketahanan baja hanya level 3 sedangkan apc8x8 malaysia ketahanan baja mencapai level 4 tahan baja pada kelibel 12.9.mm hingga 30mm sedang anoa indonesia hanya berlevel 3 hanya tahan baja tembakkan senapang ak 47 peluru 7.62mm.
        optik System di beli dari germen peusaharanan renmatal, baja dari bae system british yg terkenal ketahan baja terbaik dunia ini malah amerika dan germen pun gak boleh tandingi ketahan baja nya malah amerika sendiri akui baja tank british antara terbaik dunia ini

  2. PT.Pindad telah menerapkan sistem gugus kendali mutu terpadu dari setiap produknya yg mempunyai kualitas standar NATO, sangat mampu membuat Ranpur jenis Enigma dll, …. namun demikian diharapkan mungkin pada pengembangan Ranpur 6X6, 8X8 atau jenis Tank kedepannya agar memperhatikan segi desain rancang bangun yg lebih modern dan tidak seperti produk desain PD-II … hanya sekedar masukan saja.