Era Baru Kapal Perang Rusia

Moskow – Jakartagreater.com , Semua kapal perang Rusia dari Proyek-proyek baru dapat membawa Rudal Hipersonik Tsirkon, ujar Presiden Rusia United Shipbuilding Corporation Alexei Rakhmanov kepada wartawan, Senin, 9-12-2019, dirilis TASS.

“Semua Proyek baru kapal yang kami bangun adalah universal untuk seluruh keluarga Rudal dari sudut pandang peluncur, termasuk yang Anda sebutkan,” kata Rakhmanov, menjawab pertanyaan tentang mempersenjatai kembali semua kapal perang Angkatan Laut Rusia dengan Kalibr Cruise Rudal dan senjata Hipersonik Tsirkon.

Adapun untuk mempersenjatai kembali operasional kapal perang di Angkatan Laut Rusia dengan Rudal baru, kepala pembuat kapal mengatakan dia tidak menganggap ini sebagai “masalah yang terlalu mahal.”Namun, kapal-kapal tempur dengan masa pakai yang kedaluwarsa tidak mungkin dipersenjatai dengan Rudal Hipersonik Tsirkon, tambahnya.

“Mungkin, pekerjaan seperti itu akan prematur dan ini dapat menyebabkan sebagian bahkan untuk biaya yang tidak dapat dibenarkan,” kata kepala United Shipbuilding Corporation. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada konferensi kementerian pada hari Senin 9-2-2019 bahwa Angkatan Laut Rusia akan meningkatkan jumlah kapal perang yang mampu membawa Rudal Hipersonik Tsirkon.

Rudal Hipersonik Tsirkon

Dalam pidato kenegaraannya kepada Majelis Federal pada 20 Februari 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pekerjaan pada Rudal Hipersonik Tsirkon berjalan sesuai jadwal. Seperti yang dikatakan pemimpin Rusia, Tsirkon mampu mengembangkan kecepatan Mach 9 dan kemampuan jangkauannya yang mencolok dapat melebihi 1.000 km.

Pemimpin Rusia itu juga mengatakan bahwa Tsirkon dapat menyerang target Angkatan Laut dan darat. Para ahli mengatakan Rudal Hipersonik Tsirkon tidak dapat dicegat oleh kemampuan pertahanan udara yang ada.

Sebuah sumber di industri pertahanan mengatakan kepada TASS pada akhir 2018 bahwa lebih dari sepuluh peluncuran Tsirkon telah dilakukan terhadap target Angkatan Laut hingga jarak beberapa ratus kilometer sejak dimulainya uji coba Rudal. Menurut laporan media, penembakan Rudal dari platform laut dilakukan pada 2016, 2017 dan 2018.

Kapal perang dan kapal selam Rusia yang saat ini dipersenjatai dengan Rudal Jelajah Kalibr atau Oniks diharapkan membawa senjata Hipersonik Tsirkon.

Wakil Menhan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan pada 8 November 2019 ada rencana untuk mengerahkan Rudal Tsirkon pada fregat Marshal Shaposhnikov yang saat ini menjalani modernisasi dan pada Proyek 949A kapal selam multi-guna bertenaga nuklir Irkutsk. Sebelum itu, Presiden Rusia Putin mengatakan bahwa korvet Gremyashchiy mungkin dipersenjatai dengan Rudal Hipersonik Tsirkon.

5 pemikiran pada “Era Baru Kapal Perang Rusia”

  1. nah … kaprang begini yg sangat diperlukan, biar disebut korvet tapi kemampuan tempurnya luar biasa.
    kalo gak ada perang, cost maintenance gak mahal buat patroli.
    kalo ada perang mampu menekan musuh langsung ke rumah nya.

Tinggalkan komentar