Sep 122017
 

PARS III FNSS, Turki (FNSS)

FNSS Turki telah mengirimkan kendaraan pertama dari 172 kendaraan PARS III yang sedang dikembangkan dan diproduksi untuk Angkatan Darat Kerajaan Oman, lewat sebuah upacara yang diadakan di Ankara pada 12 Juli 2017.  Kendaraan tempur PARS III merupakan  varian terbaru ini merupakan keluarga kendaraan PARS, yang mengusung turret SABER-25.

Kendaraan pertama dikirim dalam waktu kurang dari dua tahun – awalnya dimulai dengan kontrak hampir $ 500 juta yang ditandatangani dengan Oman pada tanggal 20 September 2015. Program ini meliputi pengiriman kendaraan dari berbagai konfigurasi.

Desain konsep dasar kendaraan pertama kali disetujui pada bulan Mei 2016.  Setelah disahkannya disain tersebut produksi kendaraan pertama, konfigurasi PARS III 8 × 8 dengan turret SABER-25, diluncurkan bulan Agustus 2017, setelah inspeksi awal selesai pada bulan Juni .

Pada bulan September, uji ketahanan kendaraan dan fase penerimaan akhir akan dilakukan di Oman.

Selain platform 8×8, Oman juga memesan platform 6×6.

Tes untuk Kendaraan Pengintai Lapis Baja PARS III 6 × 6  yang sedang diproduksi selesai pada bulan Agustus. Proses penerimaan akhir kendaraan PARS III 6 × 6 ini dijadwalkan bulan November 2017. Semua pengiriman dalam proyek ini diperkirakan selesai pada bulan Mei 2020.

Proyek ini mencakup desain, pengembangan, produksi, pengiriman 172 kendaraan dalam 13 konfigurasi yang berbeda, serta layanan dukungan logistik terpadu yang disediakan selama masa garansi.

Dari jumlah itu, 145 PARS III  dijadikan plaform  8 × 8 yang dikirimkan dalam delapan konfigurasi berbeda. Sisanya 27 PARS III akan menjadi kendaraan 6 × 6 yang dikirimkan dalam lima konfigurasi berbeda.

PARS III dengan Turret SABER-25

PARS III 8×8 untuk Oman sepenuhnya mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan resimen infanteri mekanis untuk kendaraan lapis baja. Ini karena kendaraan yang akan berada di garis depan tersebut memiliki meriam otomatis 25 mm berkat Turret SABER-25. (milscint.com).

  5 Responses to “Era PARS III Dimulai Bersama Angkatan Darat Oman”

  1. PT,PINDAD kok lama mengeluarkan Platform 8X8 padahal ktnya ada kerjasama dgn Pandur dan jg dr India.

  2. Mah dikita sudah bisa buat 6×6….tinggal yg 8×8….sabaaar…

  3. 8×8 oh 8×8 hanya 6×6 …… untuk ALUTSISTA “SEMAKIN TERTINGGAL”………..PANDUR MANA PANDUR…… OOOOOOO …

 Leave a Reply