Mar 212019
 

Sistem pertahanan udara Pantsir-S1 Angkatan Darat Ethiopia © ETV Channel

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Ethiopia atau Pasukan Pertahanan Nasional Ethiopia (ENDF) telah mengoperasikan setidaknya satu sistem pertahanan anti-pesawat Pantsir-S1 buatan Rusia, berdasarkan rekaman yang dirilis oleh stasiun televisi Ethiopia – ETV – beberapa waktu yang lalu.

Sementara eksportir senjata utama Rusia Rosoboronexport (ROE) menolak berkomentar ketika ditanya tentang informasi pengiriman sistem Pantsir-S1 ke Ethiopia.

Rekaman yang ditayangkan di stasiun televisi nasional menunjukkan sistem rudal/senjata pertahanan udara Pantsir-S1 yang baru-baru ini diterima dirancang sebagai pertahanan udara pada instalasi militer, administrasi dan industri kecil serta pertahanan area untuk melawan pesawat musuh, helikopter, rudal jelajah dan senjata berpemandu presisi.

Dilansir dari laman situs Defence Blog, bahwa mereka yang akrab dengan perundingan mengatakan bahwa Ethiopia memesan sejumlah sistem pertahanan udara modern dan peningkatan radar di Rusia dan Ukraina untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Bersenjatanya.

Untuk referensi, sistem rudal Pantsir adalah keluarga sistem rudal permukaan-ke-udara yang dapat bergerak sendiri. Pantsir-S (nama pelaporan NATO SA-22 Greyhound) adalah gabungan antara rudal darat-ke-udara dan artileri anti-pesawat jarak pendek dan sedang yang diproduksi oleh KBP di Tula, Rusia.

Sistem ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari 2K22 Tunguska (nama pelaporan NATO: SA-19?/SA-N-11) yang merupakan teknologi pertahanan udara terbaru dengan menggunakan radar array bertahap untuk akuisisi dan pelacakan target.

  3 Responses to “Ethiopia Adalah Pengguna Terbaru Pantsir-S1 Rusia”

  1.  

    UNTUK MEMANGSA BURUNG PREDATOR AMRIKI CUCOK BANGET
    NAMUN NYALI TIDAK NYA PANTSIR NYA DI GUNAKAN KEMBALI KE LAPTOP.

  2.  

    Pandit s300 dan s400 kalah oleh rudal anti udara uyg kita beli

  3.  

    Kira-kira AS kenakan sanksi/embargo kepada Ethiopia gak yah???