Eurofighter Typhoon Inggris Intersep Su-27B Rusia

Pesawat tempur Su-27B Rusia

Jakartagreater.com – Pesawat tempur Typhoon milik Royal Air Force, dari Skuadron ke 6 – RAF Lossiemouth, mencegat pesawat militer Rusia saat mereka terbang di atas Laut Baltik, lansir DefenseBlog.

Eurofighter Typhoon mendekati formasi pesawat Rusia untuk mengidentifikasi komposisinya dan menetapkan rombongan udara itu terdiri dari pesawat patrol maritim IL-38 ‘MAY’ dan pengawalnya dua jet tempur Su-27 Flanker B.

Ini adalah pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir Royal Air Force telah melihat dan mencegat pesawat pengintai maritim ‘MAY’ yang beroperasi di samping kapal selam OSCAR class Rusia yang difoto oleh jet Typhoon saat di permukaan ketika transit ke barat melintasi Laut Baltik.

Pada awal minggu lalu, jet tempur Typhoon juga memantau Su-27 Flanker Rusia ketika transit melalui wilayah udara internasional yang dikendalikan Lithuania.

Intersep yang dilakukan Typhoon terjadi selama minggu yang sibuk untuk Expeditionary Air Wing ke-135, Unit Angkatan Udara Inggris yang dikerahkan di Lithuania sebagai kontribusi Inggris untuk misi Baltic Air Policing NATO. EAW juga telah melakukan pelatihan interoperabilitas NATO Air Policing dengan detasemen Eurofighters Jerman yang telah dimasukkan ke dalam EAW ke 135.

Tinggalkan komentar