Eurofighter Typhoon Usung Storm Shadow

Photo credit L. Caliaro of eurofighter.com
Photo credit L. Caliaro of eurofighter.com

Alenia Aermacchi Italia mengkonfirmasi fase pertama tes integrasi rudal jarak jauh Storm Shadow ke Eurofighter Typhoon telah selesai. Rudal Storm Shadow yang berkemampuan jarak jauh, segala cuaca, presisi tinggi, serta senjata penggentar (stand-off), telah digunakan Royal Air Force Inggris di pesawat Tornado. Rudal initerbukti memberikan efek yang besar dalam operasi militer di Irak dan Libya dalam menetralisir bunker komando berpelindung kuat dan target bernilai tinggi lainnya. Desain rudal yang bersifat siluman memungkinkan untuk menembus pertahanan udara berlapis. Jangkauan yang jauh dari Storm Shadow memungkinkan rudal diluncurkan di luar pertahanan musuh sehingga meningkatkan survivabilitas pesawat peluncur.

image

Dalam melakukan serangan deep-attack, pesawat Eurofighter Typhoon membawa dua rudal Storm Shadow untuk bisa mempertahankan kemampuan membawa 8 rudal udara-udara, secara bersamaan. Hal ini memungkinkan Eurofighter Typhoon melakukan pertarungan saat masuk dan keluar dari wilayah pertempuran. Alenia Aermacchi, merupakan salah satu dari tiga perusahaan mitra di belakang program Eurofighter yang saat ini mengkonfirmasi rincian tes kemampuan rudal Storm Shadow, yang telah dilakukan sejak Desember 2013.

image

Ujicoba ini telah meliputi sejumlah aspek integrasi rudal aeromechanical ke pesawat tempur dan uji coba penerbangan lanjutan telah direncanakan hingga program bisa terintegrasi penuh. (defense-update.com).

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar