May 312016
 

Jakarta – TNI AL baru hari ini mengkonfirmasi peristiwa karamnya KRI Pati Unus di Perairan Balawan, Medan, Sumatera Utara, padahal peristiwa ini terjadi hampir dua pekan.

Analis militer dan pertahanan Connie Rahakundini Bakrie menilai tindakan ini adalah bagian dari dunia militer yang tertutup. “Dunia militer merupakan dunia yang tertutup. Tidak semua yang dikerjakan militer bersifat umum. Ini bagian dari rahasia negara, tidak ada kewajiban militer membuka informasi,” ujkarnya saat dihubungi Tempo di Jakarta, Selasa, 31 Mei 2016.

Karamnya KRI Pati Unus, menurut Connie, berbeda dengan kecelakaan pesawat udara yang dapat secara langsung diketahui masyarakat. “Kalau tank masuk jurang, atau seperti KRI Pati Unus yang karam, jarang sekali orang bisa tahu, kecuali ada bocoran dari dalam,” ujarnya.

Menurut Connie, pemberitaan tentang KRI Pati Unus muncul dari media sosial, bukan dari pemberitaan. Kemunculannya di media sosial, kata Connie, berbahaya. “Ini akan menjadi isu berbahaya karena ada sentimen anti-Cina apabila ada yang memberi tahu kapal kita terkena torpedo,” ucapnya.

KRI Pati Unus mengalami bocor di bagian lambung (Photo: Republika.co.id)

KRI Pati Unus mengalami bocor di bagian lambung (Photo: Republika.co.id)

Informasi karamnya kapal ini tidak langsung dibantah Pusat Penerangan Angkatan Laut, alasannya, berita ini tersebar melalui media sosial, bukan lewat media massa. Selain itu, menurut Connie, untuk membantah informasi, diperlukan izin. “Dalam militer, kecelakaan seperti ini kan berpengaruh pada kondisi karier komandan kapal selanjutnya,” ucapnya.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama Edi Sucipto membenarkan kabar karamnya KRI Pati Unus pada 13 Mei 2016 di Perairan Balawan, Medan, Sumatera Utara. Laksma Edi menjelaskan, KRI Pati Unus menabrak bangkai kapal tenggelam yang berada di bawah kapal sehingga merusak sisi haluan kiri kapal.

“KRI Pati Unus menabrak sebuah benda sehingga merusak haluan kiri. Kapal tidak tenggelam, sekarang masih berada di permukaan,” kata Laksma Edi saat dimintai konfirmasi oleh Tempo. Saat ini, evakuasi badan kapal masih berlangsung.

Sumber : Tempo.co

  57 Responses to “Evakuasi Kapal KRI Pati Unus Masih Berlangsung”

  1. Semoga berhasil…

    • Seandainya memang kena torpedo, ya maklumlah, ini di sebabkan karena minimnya patroli bawah laut kita, jumlah kasel kita tak akan mampu mencover wilayah perairan kita yg luas, bahkan jika ada puluhan kasel asing yg memasuki perairan kita, kemungkinan kecil sekali bisa terdeteksi,,,

      • masalahnya… kalau memang terpedo, yang iseng lepas terpedo ke pati unus ini siapa? nanti kalau ketahuan terus di balas lebih keras marah! ujung-ujungnya perang terbuka deh.

    • Ngawur semua, kalau kena torpedo sudah berantakan KRI pati unus, sudah ngak berbentuk
      kapal parchim itu kapal kecil, hanya 900 ton, habis sudah

      https://www.youtube.com/watch?v=Wwn7l3cZzZM

      itu sekelas Van speijk, pecah jadi dua ketika di torpedo

  2. Pertamax….

  3. ternyata cuma nabrak rumpon

  4. halah,mau blg kna torpedo gt aj kok msh jg ngeles….
    celeng….

  5. Evaluasi…..hakx militer mnutup informasi smoga damai indonesiaku klo mmg ada yg bener gangguin kedaulatan ya wajib membela diri….

  6. Ada yg baru lagi…Bung??

  7. Kena rumpon kok…mana ada torpedo

  8. Kalau terkena torpedo hebat bgt gak sampai terbelah….

  9. Klo emang kena torpedo, negara tsb dah terang”an ngajak perang..seluruh rakyat Indonesia siap mengirim balasan langsung kenegara tsb..( kecuali yg penakut )…Hahhahaha.. ” MAJU TAK GENTAR ” PARA PEMBAWA PANJI MERAH PUTIH SIAP BERKIBAR DISELURUH NEGERI..!!! Semoga emang benar kena bangkai torpedo, ooops salah ..!! Bangkai kapal maksudnya..

  10. Armada tua yg mulai berguguran…Parchim Class..
    Ayo TNI AL percepat pengadaan Kapal yang lebih modern dan tangguh..
    Rakyat akan selalu mendukungmu…
    JALASVEVA JAYA MAHE…

  11. Ooohh… jadi bukan hoax toh….

  12. Megalodon@yakin bung tu kri kena terpedo….

  13. Kayaknya bukan china

  14. ati ati sob warjagar, jangan terprofokasi dulu biarlah TNI bekerja sesuai tugasnya, biarpun KRI terkena torpedo kita tunggu kejelasan dan kebenaranya lom tentu itu dari kasel cina, AS itu sangat licik bro pinter adu domba end banyak sabotase y yg sulit di dikte,.

  15. ati ati sob warjagar, jangan terprofokasi dulu biarlah TNI bekerja sesuai tugasnya, biarpun KRI terkena torpedo kita tunggu kejelasan dan kebenaranya lom tentu itu dari kasel cina, krna bnyk yg lgi berkepentingan memanasnya LCS, AS itu sangat licik bro pinter adu domba end banyak sabotase yg sulit di dikte,.

  16. Betul bung

  17. Pakde mana Pakde…hehehehe, jelas berita disembunyikan selama 2 minggu, dan kalaulah benar lokasi kejadian kapal karam masih disekitar perairan belawan, maka sudah jadi pemberitaan nasional dan jika memang kena rumpon atau apalah disekitar belawan sudah banyak yang karam, sepertinya kejadiannya jauh di perbatasan NKRI kita, dan sebagian dari kami sudah 2 minggu yg lalu dapat info, dan kami yakin valid bahwa kapal kita di “hajar” sesuatu dari bawah laut, dan segelintir isu sih Lontongnya Asu yg bales dendam dari perang proxy yg sedang terjadi….hehehehe …. hidup NKRI, Hidup TNI hehehehe

  18. jangan lupakan sejarah ingat sob, AS begitu licik demi menjaga kedigjayaanya, banyak tragedi besar yg di buat dan telah direncanakan oleh AS ingat tragedi 11 sept runtuhnya gedung putih semua demi kepetinganya yg kadang kita tidak bisa memahami rencana panjang strategi militer AS.

  19. Sulit di prcaya kapal tipe ASW nbrak bangkai kapl. Krunya pada ngapain ya ? Kok bisa gitu, smoga hasil investigasi di publis, supaya masarakat tau apa penybabnya dari human eroro atau teknologinya yang eror

    • mungkin klu dipublis entr alasany sistem error gtu bung….biar warga yg baik kaya saya gini….xixixixixi,g akn pegang ss karna TNI adalah ank kandung rakyat jdi TNI g rela klu rakyat yg ibu kandungny hrus pegang ss buat memperthankan ibu pertiwi….mkny kita support dan berdoa smga para ksatria TNI diberi kekuatan dan ketabahan dlam mempertahankan tiap jengkal kedaulatan indonesia….

    • hasil dan publish sudah diumumkan bung , yaitu menabrak bangkai kapal yang karam di belawan

      ???????

    • bukan nabrak bangkai!!!! tapi ditabrak belatung yang sembunyi di bangkai kapal lawas yang tenggelam duluan.

  20. Smg di beri ketabahan keluarga yg ditinggalkan……. Sunk by cina submarine + us submarine

  21. ini pasti ulah antek antek imprealis yg nyebarkan berita hoax di media sosial,kita harus pinter milih milih berita yg benar,soal nya byk tuch berita bodong yg beredar di dunia goib….eee..dunia maya

  22. Kalau KRI Pati Unus menabrak bangkai kapal, mustahillah. Kapal mancing saja memiliki alat yang bisa memetakan dasar laut (termasuk kedalaman) dan bahkan ikan yang bergerak. Lah ini kapal perang, tentunya memiliki sonar canggih yang pasti mampu memetakan dasar laut yang lebih luas. Kalau ditorpedo, tidak masuk akal juga. Pasti bantuan dari pangkalan terdekat akan berdatangan., dan pasti akan “heboh” dengan pengejaran. Mudah2an saja ini adalah upaya “bad salesmanship” agar DPR/Pemerintah secepatnya memodernisasi Alutsista TNI.

    • Pengejaran sudah dan sedang dilakukan bung. Masa yg top secret harus dipublish semua. Sama saja menyiram bensin di darah rakyat yg kadung tengah membara bung. Kabar ini juga sudah berusaha ditutup2i. Karena kadung bocor terpaksa dibuka dan dibantah dgn ‘versi fiksinya’. Seandainya peristiwa ini tak bocor, niscaya peristiwa ini selamanya tenggelam dlm pemberitaan. Kt doakan saja semoga para punggawa yg skrg tengah berburu bs mendapatkan buruannya bulat2 tanpa ada yg terluka.

  23. benar bung SL, bahkan konon hampir 90% media global di kuasai barat, bahkan AS sebelum menjalankan aksinya media binaan barat sudah menghipnotis bekerja mengarahkan kepercayaan dunia untuk meng amini aksinya.

  24. sepertinya kurang masuk akal klo sebuah kapal perang menabrak bangkai kapal karam, setiap kapal dilengkapi semacam alat perekam gps, boat nelayan pun ada menggunakannya, pastinya yg digunakan kapal perang lebih canggih lagi, tetapi klo memang benar KRI Pati Unus menabrak kapal karam saya yakin kru patu unus tidak menjalankan tugas dgn baik, maaf hanya opini saya yg pernah kerja dilaut

  25. mada@ emeng begitulah dunia militer gk semuanya dipublikasikan semua atas dasar menjaga kesetabilan negara, tentu kita sering baca sejarah besar tragedi atau kecelakaan yg di buat oleh kemiliteran kadang msh menjadi misteri hingga sekarang, untuk menenangkan situasi slalu di arahkan terhadap bencana alam, tpi biarlah munkin semua itu juga demi kebaikan menenangkan masarakat, .

  26. m.analisadaily.com/read/2-kapal-bea-cukai-bocor-di-perairan-belawan-1-kapal-tenggelam/189914/2015/11/19

    Perairan belawan memang terkenal dangkal dan berlumpur kejadian seperti ini memang sering terjadi.klo terkena terpedo gak mugkin baget kyaknya.

  27. Kalian2 bisanya caci maki!!
    Gak punya rasa nasionalisme
    Lebih baek kalian resign aja dri NKRI
    Orang kalian2 yg komen negatif sukanya mencela caci maki TNI emang hrus di BINA”sakan” dri forum ini!!

  28. Karna sabo tase lah karna torpedo lah
    Itu murni kecelakaan bro bro eth dah

  29. SAYA SETUJU KAGAK MUNGKIN KENA TERPEDO MASIH INGAT KEJADIAN TAHUN 2010 KAPAL KORVET KORSEL YANG DI TEMBAK TERPEDO SAMA KAPAL SELAM TUA KORUT ITU TERBELAH BUNG DAN SAMPAI MELEDAK DAN ITU YANG KENA TEMBAK KAPAL YANG TER BILANG CANGGIH DARI KAPAL PARCHIM KITA,MASAK KATANYA KENA TERPEDO TAPI TIDAK TERBELAH DAN HANCUR

  30. siapa yg mencaci maki siapa, emang kenyataanya begitu ko. ga mngkn k.perang pemburu kasel nabrak kapal karam, kan ada sonar canggihnya. berarti ada yg tdk menjalankan tugas dgn benar.

  31. Bekasnya gak ada image sihh..kalo torpedo kecil mungkin bisa jadi…hehe…. Sakit kan kapalnya bocor..lebih sakit hati kalo alutsista indonesia cuma kelas ecek ecek..tempe..
    Menhankam, presiden, DPR biar melek matanya…

  32. Torpedo ada yg medium dan ada yg kelas berat. Mungkin ada warjagers yg bisa kasih analisis ttg kekuatan tipe2 torpedo kelas medium dan berat. Btw kapal yg beratnya mirip parchim dulu juga ada yg dipake buat sasaran exocet tpi gak tenggelam tuh.

  33. teknik sabotase biasa y diluar perhitungan bro, slalu menyerang dan sembunyi tangan, terkadang aksinya disamarkan hingga publik hanya bisa mengira seakan kecelakaan, dan hanya diketahui oleh pihak militer atau pun pemerintah, karna sabotase biasanya hanya bertujuan menekan pemerintah secara politik silen, namun untuk kejadian KRI kali ini mudah2n benar2 kecelakaan yg bisa di atasi pihak TNI. sip lanjut dgn segelas kopi..

  34. Kok sepertinya hampir semua komentar kepengen bgt KRI PATI UNUS beritanya ditorpedo sampai ada yg ngarang cerita.

    Kenapa gak ambil jalan cerita yg lain , misalnya KRI PATI UNUS sengaja dikaramkan oleh awaknya sendiri karena kapal sudah ringkih sementara gantinya belum direncanakan, kemungkinan suatu saat tanpa ditorpedo pun kapal ini akan karam sendiri. Maka dicarilah lokasi yang cocok, dengan kriteria misalkan perairan dangkal, dekat pelabuhan sehingga memudahkan evakuasi dan banyak bangkai kapal. Dan ternyata Perairan dekat pelabuhan belawan cocok dengan karakter tersebut, jadilah itu skenario …edisi ngarang bebas……..

    Ngetiknya males bgt,, hurup kecil2 jempol kriting…hu+ppp

  35. kapal eks jerman ini sudah tidak layak pakai. sewaktu dibawa dari jerman ada satu kapal mau tenggelam dalam perjalanan menuju indonesia.

  36. Bukan torpedo…mungkin ranjau. Kalau torpedo kapal sudah terbelah dua.

  37. nasip krunya gimana tuh???

  38. KRI Pati Unus uk pjg nya 75 m, lbh kecil dr sigma. Kalau kena torpedo pasti rusak berat/tenggelam, tidak cuma bocor dan pasti ada korban. Mungkin juga kena ranjau ex PD2, krn kapal perang tdk sll berada di jalur umum/niaga. (Just opinion)

  39. Kalo emang bener tuh kapal perang kena torpedo, mungkin ini berita Satu2 nya dong dunia ada kapal perang kena torpedo gak terbelah/meledak alias bocor tok. Hadewww….torpedo produk gagal kali ya.

  40. Bisa juga dijadiin berita bahwa ” semua Kapal Perang tni al anti Torpedo”. Bisa gempar tuh pabrikan torpedo….wkwkwkwkwk

  41. Stelah kejadian ini pak menhan kirim kpl fregat tak tanggung2 jet tmpur dkirim,,,
    Nah ini ad indikasi klo kri pati unus kena sesuatu msa kpl perang anti kpl selam tdk bs deteksi dkmnakan sonarnya.
    Ken media2 luar negri sdh membrithukn tenggelmx kpl ini.

  42. Saya rakyat sipil siap perang, siapapun penjajah yg berani nginjak kaki bumi pertiwi saya sembeleh

  43. kapal secanggih pati unus kok gampang tenggelam,,, aneh juga. gimana nasib TNI yang ada di kapal kalau dalam situasi perang sungguhan. kasihan dah

 Leave a Reply